Soal PPKn Kelas 4 Unit 5 Pola Hidup Gotong Royong

Berikut ini Soal PPKn Kelas 4 Unit 5 Pola Hidup Gotong Royong sesuai dengan Kurikulum Merdeka.



Pada unit 5 ini akan dipelajari tentang materi sebagai berikut,

  1. Gotong royong
  2. Manfaat dari gotong royong
  3. Contoh kerukunan dan saling tolong-menolong dalam kehidupan sehari-hari baik di rumah, sekolah dan masyarakat
  4. Pentingnya kerukunan dalam kehidupan

Soal PPKn Kelas 4 Unit 5 Pola Hidup Gotong Royong dan jawaban

1. Di bawah ini yang bukan termasuk nilai- nilai budaya untuk mempersatukan bangsa Indonesia adalah ....
A. gotong royong
B. rasisme
C. toleransi
D. tenggang rasa



2. Salah satu bentuk kerja sama yang merupakan ciri khas bangsa Indonesia yang dilakukan sebagai solidaritas sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat adalah ....
A. gotong royong
B. siskamling
C. musyawarah
D. ronda malam



3. Wujud kerjasama atau gotong royong dalam membangun perekonomian Indonesia yang sesuai dengan pasal 33 UUD 1945 adalah ....
A. perseroan
B. korporasi
C. perusahaan swasta
D. koperasi



4. Gotong royong dapat diwujudkan dengan cara ....
A. hidup rukun
B. hidup rukun dan saling berbagi
C. hidup rukun, saling berbagi, saling tolong menolong
D. hidup rukun, saling berbagi, saling tolong menolong, saling berkehendak



5. Gobak sodor merupakan salah satu permainan yang mengandung nilai gotong royong. Dalam kaitannya dengan nilai gotong royong,  permainan ini ....
A. diperlukan strategi yang baik
B. menambah kemampuan berlari
C. membangun tim untuk kebersamaan
D. melatih pengambilan keputusan



6. Salah satu tujuan dari gotong royong adalah ....
A. memberatkan pekerjaan
B. menambah tali silaturahmi
C. membuat pekerjaan terasa ringan
D. menciptakan suasana damai



7. Gotong royong tidak dapat diterapkan pada kegiatan ....
A. membersihkan lingkungan
B. membersihkan kelas
C. mengerjakan ujian
D. membantu korban bencana



8. Dalam gotong royong, kepentingan yang diutamakan adalah ....
A. kepentingan pribadi
B. kepentingan golongan
C. kepentingan umum
D. kepentingan kelompok tertentu



9. Menjaga kebersihan lingkungan sekolah merupakan tanggung jawab ....
A. kepala sekolah
B. guru
C. penjaga sekolah
D. seluruh warga sekolah



10. Nilai yang dapat dipetik dari kegiatan gotong royong adalah ....
A. permusuhan
B. pertengkaran
C. persaudaraan
D. kebencian

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Blog ads

ADS