Kunci Jawaban IPAS Kelas 4 Bab 5 Halaman 140 Kurikulum Merdeka

Berikut ini Kunci Jawaban IPAS Kelas 4 Halaman 140 Kurikulum Merdeka Sesuai dengan Buku Siswa Bab 5 Cerita Tentang Daerahku. Jawaban dibawah ini bisa digunakan sebagai Referensi Oleh Orang Tua / Wali Murid dalam mengerjakan Tugas Dirumah.



Kunci Jawaban IPAS Kelas 4 Halaman 140 Bab 5 Cerita Tentang Daerahku. Kurikulum Merdeka Lengkap kami informasikan dibawah ini :

Kunci Jawaban Bab 5 Topik B Daerahku dan Kekayaan Alamnya Buku Siswa Kelas 4 IPAS Kurikulum Merdeka Halaman 140


Mari Refleksikan
1. Menurut kalian, apa kekayaan daerah kalian yang paling penting? Mengapa?
Jawaban
Daerah Jawa Tengah, daerah tersebut memiliki kekayaan padi,karena padi berperan penting bagi sebagian besar masyarakat kita karena padi tersebut adalah makanan pokok manusia

2. Menurut kalian, adakah keterkaitan antara kenampakan alam/ bentang alam daerah tempat tinggal kalian dengan potensi kekayaan alam yang dimiliki daerah kalian? Coba ceritakan dengan singkat.
Jawaban
Ada keterkaitan kenampakan alam/ bentang alam daerah satu dengan yang lainnya contohnya

Kehidupan masyarakat sangat bergantung pada keadaan alam di sekitarnya. Orang yang tinggal di wilayah pantai cenderung bekerja sebagai nelayan .sedangkan sebagian besar penduduk pegunungan memanfaatkan tanah untuk bercocok tanam.

Sumber daya alam yg ada di sekitar ku adalah listrik , air , angin , dan api dan itu semua tidak bisa di perbarui tapi jika sumber energi dari manusia bisa di daur ulang dan bisa di buat menjadi sesuatu yg bermanfaat dan pembuatannya pun sering di lakukan di pabrik pabrik di sekitartempat tinggalku

3. Apa saja yang sudah dilakukan masyarakat daerah kalian untuk memanfaatkan kekayaan alam di daerah tempat tinggal kalian?
Jawaban
Cara masyarakat memanfaatkan SDA yaitu dengan menambang barang tambang (menggunakan alat/mesin maupun manual). Memelihara tumbuhan ataupun hewan yang dapat menghasilkan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

4. Menurut kalian, seberapa penting mengelola kekayaan alam dengan bijak? Mengapa?
Jawaban
Kekayaan alam yang dikelola dengan baik akan memberi dampak positif bagi masyarakat sekitar dan bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sebab, jika kekayaan alam yang dikelola dengan bijak akan tetap terjaga ketersediaannya dan juga kualitasnya untuk masa sekarang dna masa yang akan datang.

5. Apakah menurut kalian masyarakat di daerah tempat tinggal kalian sudah bijak dalam mengelola kekayaan alamnya dengan baik?
Jawaban
Menurut saya masyarakat didaerah tempat tinggalku sudah cukup bijak dalam memngelola kekayaan alam karena mengelola kekayaan alam dengan bijak adalah hal yang paling penting dan paling utama. Selain menjaga, mengelola kekayaan alam dengan bijak menjadi kunci terpeliharanya sumber kekayaan alam tersebut.

Kekayaan alam yang dikelola dengan baik akan memberi dampak positif bagi masyarakat sekitar dan bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari.

6. Menurut kalian, apa hal yang dapat diupayakan untuk menjaga kelestarian kekayaan alam yang dimiliki daerah kalian, hingga dapat terus dinikmati oleh generasi berikutnya?
Jawaban
Upaya untuk menjaga kelestarian kekayaan alam yang dimiliki daerah, di antaranya:

1) Memanfaatkan kekayaan alam dengan bijak
2) Tidak serakah dalam menggunakan kekayaan alam yang ada
3) Menghemat penggunaan kekayaan alam yang ada
4) Menggunakan bahan-bahan organik sebagai sumber daya alam
5) Menghemat kekayaan alam yang tidak dapat diberbarui
6) Mengadakan penghijauan atau reboisasi
7) Tidak mengeksploitasi kekayaan alam secara besar-besaran
8) Melakukan konservasi untuk kekayaan alam

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Blog ads

ADS