Kunci Jawaban IPAS Kelas 4 Halaman 115 Kurikulum Merdeka

Berikut ini Kunci Jawaban IPAS Kelas 4 Halaman 115 Kurikulum Merdeka Sesuai dengan Buku Siswa Bab 4 Mengubah Bentuk Energi. Jawaban dibawah ini bisa digunakan sebagai Referensi Oleh Orang Tua / Wali Murid dalam mengerjakan Tugas Dirumah.



Kunci Jawaban IPAS Kelas 4 Halaman 115 Bab 4 Mengubah Bentuk Energi. Kurikulum Merdeka Lengkap kami informasikan dibawah ini :

Jawaban Bab 4 Topik C. Energi yang Bergerak Buku Siswa Kelas 4 IPAS Kurikulum Merdeka Halaman 115

Percobaan 1: Energi Cahaya
Alat dan bahan

1. Kotak dus dengan ukuran cukup besar, seperti dus makanan atau sepatu.
2. Kertas hitam untuk alas.
3. Gunting/cutter.
4. Pensil.
5. Senter.
6. Penggaris

Langkah Percobaan:

1. Buatlah lubang kecil ukuran 0,5-1 cm pada sisi depan dan belakang kardus. Pastikan lubang dalam posisi yang sama. Gunakan penggaris sebagai alat bantu.
2. Pastikan dus tidak dalam kondisi tertutup dan kalian bisa melihat bagian dalam dus.
3. Simpan dus di atas kertas hitam.
4. Nyalakan senter dan arakan sinarnya ke lubang pada dus.
5. Amati bagian dalam dus dan cahaya di lubang yang lain.
6. Diskusikan dengan kelompok kalian pertanyaan berikut.


a. Transformasi energi apa yang terjadi pada senter?

Jawaban

Transformasi dari energi kimia yang tersimpan dalam baterai senter menjadi energi listrik yang bisa menimbulkan energi cahaya.

b. Apa yang terlihat pada bagian dalam dus saat disinari dengan senter?

Jawaban

yang terjadi adalah terlihat sinar kecil sebasar lobang pada dus tersebut

c. Apa yang terlihat pada lubang satunya saat disinari dengan senter?

Jawaban

yang terjadi adalah terlihat sinar kecil sebasar lobang pada dus tersebut

d. Bisakah kalian mengamati pergerakan cahayanya? Ke mana cahaya bergerak?

Jawaban

Karena tidak ada pergerakan cahaya jadi tidak dapat melihat kemana cahaya bergerak

7. Tuliskan hasil diskusi pada buku tugas.

Jawaban Bab 4 Topik C. Energi yang Bergerak Buku Siswa Kelas 4 IPAS Kurikulum Merdeka Halaman 115

Percobaan 2: Energi Bunyi

Alat dan bahan
1. 2 buah gelas plastik.
2. Benang kasur minimal 1 m.
3. Gunting.
4. Jarum.

Langkah Percobaan

1. Buatlah telepon benang dari gelas plastik. Lubangi bagian dasar gelas dengan jarum dan masukkan benang ke dalamnya.
2. Ikat benang dari bagian dalam gelas agar tidak copot.
3. Cobalah untuk berbicara dengan teman kalian melalui telepon ini. Pastikan benang berada dalam posisi tegak dan tegang.
4. Saat berbicara, teman kalian yang lain akan memegang benang dan merasakannya.
5. Diskusikan dengan teman kelompok pertanyaan berikut.


a. Energi apa saja yang ada di percobaan ini?

Jawaban

Energi yang ada di percobaan ini adalah energi bunyi dan energi gerak.

b. Apa transformasi energi yang kalian lihat?

Jawaban

Transformasi energi yang aku lihat adalah energi bunyi menjadi energi gerak.

c. Apakah menurut kalian yang membuat benang terasa bergetar?

Jawaban

Yang membuat benang terasa bergetar adalah adanya pengaruh energi bunyi.

d. Apakah kalian bisa melihat pergerakan bunyi pada percobaan ini? Menurut kalian ke mana bunyi bergerak?

Jawaban

Aku bisa melhat pergerakan bunyi melalui tali. Bunyi bergerak ke semua arah.

6, Tuliskan hasil diskusi pada buku tugas.


Jawaban Bab 4 Topik C Buku Siswa Kelas 4 IPAS Kurikulum Merdeka Halaman 117
Percobaan 3: Energi Panas

Alat dan bahan
1. Air panas (sebaiknya simpan dalam termos).
2. Cangkir.
3. Sendok teh berbahan stainless steel 2 buah

Langkah Percobaan
1. Tuangkan air panas dalam cangkir.
2. Simpan 1 sendok teh dalam cangkir.
3. Tunggu selama 5 menit. Peganglah ujung sendok bagian atasyang tidak tercelup air
4. Bandingkan rasanya dengan sendok yang tidak dicelupkan dalam air.
5. Diskusikan dengan teman kelompok pertanyaan berikut.


a. Energi apa saja yang ada di percobaan ini?
Jawaban
Energi yang ada di percobaan ini adalah energi panas

b. Benda apakah yang berperan sebagai sumber panas?
Jawaban
Benda yang berperan sebagai sumber panas adalah secangkir teh panas.

c. Apa perbedaan sendok yang dicelupkan ke air panas dengan yang tidak?
Jawaban
Perbedaan sendok yang dicelupkan ke air panas dengan yang tidak adalah, sendok yang dicelupkan ujungnya juga panas, sendok yang tidak dicelupkan tidak panas sama sekali.

d. Apakah kalian bisa melihat pergerakan panas pada percobaan ini? Menurut kalian ke mana panas bergerak?
Jawaban
Aku bisa melhat pergerakan panas melalui sendok. Panas bergerak dari suhu tinggi ke suhu rendah.

6. Tuliskan hasil diskusi pada lembar kerja

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Blog ads

ADS