Kunci Jawaban IPAS Kelas 4 Halaman 61 Kurikulum Merdeka

Berikut ini Kunci Jawaban IPAS Kelas 4 Halaman 61 Kurikulum Merdeka Sesuai dengan Buku Siswa Bab 2 Wujud Zat dan Perubahannya . Jawaban dibawah ini bisa digunakan sebagai Referensi Oleh Orang Tua / Wali Murid dalam mengerjakan Tugas Dirumah.



Kunci Jawaban IPAS Kelas 4 Halaman 61 Bab 2 Wujud Zat dan Perubahannya. Kurikulum Merdeka Lengkap kami informasikan dibawah ini :

Jawaban Bab 2 Topik C Buku Siswa Kelas 4 IPAS Kurikulum Merdeka Halaman 61

Uji Pemahaman

1. Kalian dan Shinta ingin membuat es dari jus mangga yang baru saja ia buat. Tetapi sayangnya Shinta kebingungan bagaimana caranya. Berdasarkan ilmu yang sudah kalian dapatkan setelah mempelajari bab ini, berikan saran pada Shinta, apa yang harus ia lakukan!

Jawaban

Cara yang bisa dilakukan untuk membuat es dari jus mangga yaitu meletakkan jus mangga ke dalam cetakan es krim atau cup khusus. Setelah itu diberi tusuk atau pegangan es krim Setelah itu, masukkan atau simpan jus mangga tersebut di dalam freezer atau lemari es pendingin supaya membeku selama beberapa jam.


2. Kalian dan Shinta berhasil membuat es mangga! Kalian mengambil sepotong es mangga dan mulai menikmatinya. Tidak lama kemudian ibu Shinta memanggil dan meminta tolong Shinta untuk mengambil pakaian yang sedang dijemur. Shinta meletakkan es di dalam gelas yang ada di hadapan kalian. Beberapa menit kemudian kalian melihat es mangga yang ada di gelas Shinta berubah menjadi cair. Shinta datang dan menangis karena esnya tidak padat lagi. Menurut kalian mengapa hal itu bisa terjadi? Coba jelaskan kepada Shinta mengapa bisa terjadi hal itu.

Jawaban

Shinta meletakkan es krim yang baru saja dimakan di luar lemari pendingin, otomatis suhu lingkungannya lebih panas. Hal ini yang menyebabkan es mangga Shinta mencair.

Sehingga, bisa disimpulkan bahwa penyebab es mangga Shinta mencair adalah es yang diletakkan di luar lemari pendingin beberapa saat. Karena suhu di luar lemari pendingin lebih tinggi atau panas, menyebabkan es yang beku mencair atau meleleh


3. Ah, tidak! Kapur barus yang baru saja kalian beli terinjak dan hancur menjadi berbentuk serpihan dan serbuk. Padahal kalian baru saja berjanji pada ibu kalian untuk membawakan kapur barus yang utuh. Sekarang serbuk kapur barus itu bercampur dengan pasir yang ada di tanah. Menurut kalian, apa yang harus dilakukan agar bisa memisahkan campuran kapur barus dari campuran pasir?

Jawaban

Caranya yaitu memanaskan campuran kapur barus dengan pasir yang diletakkan dalam gelas kaca. Lalu, tutup gelas kaca menggunakan kaca arloji dan diberi potongan es batu. Tujuan pemanasan campuran kapur barus yang diberi tutup kaca arloji dan potongan es batu adalah untuk menguapkan kapur barus dan mendinginkannya kembali.

Sehingga, serbuk kapur barus yang menguap akan menempel ke permukaan bawah kaca arloji dan memadat kembali karena suhu dingin dari es batu.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Blog ads

ADS