Kunci Jawaban IPAS Kelas 4 Halaman 8 Kurikulum Merdeka

Berikut ini Kunci Jawaban IPAS Kelas 4 Halaman 8 Kurikulum Merdeka Sesuai dengan Buku Siswa Bab 1 Tumbuhan, Sumber Kehidupan di Bumi. Jawaban dibawah ini bisa digunakan sebagai Referensi Oleh Orang Tua / Wali Murid dalam mengerjakan Tugas Dirumah.



Kunci Jawaban IPAS Kelas 4 Halaman 8 Bab 1 Tumbuhan, Sumber Kehidupan di Bumi Kurikulum Merdeka Lengkap kami informasikan dibawah ini :

Mengamati Tulang Daun IPAS Halaman 8

  1. Cari tahu mengenai tulang daun dan macamnya pada guru kalian!
  2. Amati daun-daun yang ada di sekitar kalian!
  3. Carilah daun-daun yang memiliki bentuk tulang daun berbeda!
  4. Cobalah untuk menggambar tulang daun itu pada buku tugas kalian!
  5. Jika kalian sudah menyelesaikan tantangan ini, ceritakanlah hasilnya kepada teman dan guru di sekolah. Selamat mencoba!

Jawaban:

Mengamati Tulang Daun

Tulang daun adalah salah satu bagian daun yang satu ini berperan sebagai penopang agar daun menjadi kuat seperti tulang pada tubuh manusia atau binatang. Selain itu, tulang daun berfungsi sebagai penopang, tulang daun merupakan salah satu organ pengangkut zat-zat yang dibutuhkan tanaman dalam proses pertumbuhan dan perkembangan.

Berdasarkan susunannya tulang daun bisa dibagi menjadi beberapa macam. Macam tulang daun ini bisa membedakan satu daun tanaman dengan daun tanaman lainnya. Beberapa macam tulang daun yang ada diantaranya adalah melengkung, menyirip, menjari, dan sejajar. Yuk kita bahas satu persatu.

Macam Tulang Daun Berdasarkan Susunannya

Tulang Daun Melengkung

Jenis tulang yang pertama adalah tulang daun melengkung atau cervinervis. Jenis ini memiliki karakteristik berupa tulang besar yang berada di bagian tengah daun. Sementara itu, tulang lainnya memanjang mengikuti alur tepi daun.

Alur tulang besar pada daun tersebut kemudian akan memisah, tetapi kembali menjadi satu arah di bagian ujung daun. Kamu umumnya akan menemukan jenis tulang daun ini pada tumbuhan berbiji tunggal atau secara istilah disebut dengan monocotyl.

Beberapa contoh tanaman yang memiliki tulang daun melengkung adalah Daun sirih, Daun gembili, Daun gadung, Daun lada, Daun eceng gondok, Daun kencur,dan Daun waru

Tulang Daun Menyirip

Jenis tulang pada daun selanjutnya, adalah jenis tulang daun menyirip. Tulang daun jenis ini memiliki ciri-ciri tulang diantaranya adalah Susunan tulang daunnya mirip dengan sirip ikan. Daun menyirip memiliki satu buah ibu tulang yang memanjang dari pangkal hingga ke bagian ujung daun.

Selain itu, bagian ujung ibu tulang yang terdapat dalam daun ini keluar menjadi tulang-tulang cabang yang lebih kecil dari ibu tulang. Panjang tulang daun ini kemudian memanjang sampai ke bagian tangkai daun.

Beberapa contoh tulang daun yang menyirip yang bisa kamu temukan pada sekitar rumahmu diantaranya adalah Daun nangka, Daun mangga, Daun rambutan, Daun durian, Daun belimbing, Daun sirsak, Daun jambu air, dan Daun salam.

Tulang Daun Menjari

Selanjutnya adalah Jenis tulang daun menjari. Sesuai dengan namanya, tulang daun menjari memiliki tulang daun yang cenderung besar-besar, sehingga mirip dengan jari manusia. Adapun ciri cirinya adalah Susunan tulang pada daunnya besar layaknya jari-jari manusia.

Selain itu, tulang daunnya tersusun dari bagian ujung yang kemudian terbagi dalam beberapa tulang pada daun yang mirip dengan jari. Pada umumnya, tanaman yang memiliki tulang daun menjari merupakan tanaman dengan biji terbelah.

Beberapa contoh tanaman dengan macam atau jenis tulang daun menjari diantaranya adalah daun singkong, Daun pepaya, Daun ubi jalar, Daun labu, Daun bunga matahari, Daun semangka, Daun melon, Daun murbei dan Daun kapas.

Tulang Daun Sejajar

Selanjutnya ada jenis tulang daun sejajar atau rectinervis. Beberapa ciri tulang daun sejajar adalah Tulang daunnya berupa garis lurus yang sejajar, mulai dari pangkal daun hingga ujung daun. Setiap ujung tulang daunnya menyatu dan pada umumnya, bentuk daunnya panjang.

Tulang daun sejajar biasanya merupakan jenis tumbuhan yang berbiji tunggal seperti Daun jagung, Daun tebu, Daun padi, Daun bambu, Daun serai, Daun alang-alang dan rumput teki

Tulang Daun Berduri

Bagian tulang pada daun tanaman yang berikutnya, yaitu tulang daun berduri. Ciri-ciri tulang daun berduri adalah Daunnya memiliki duri sehingga akan cukup tajam jika disentuh dan Memiliki stomata yang cekung untuk mencegah kekeringan pada tanaman.

Beberapa tanaman yang memiliki tulang daun berduri, yaitu tanaman konifer seperti daun pinus dan daun pohon cemara. Berikut ini adalah beberapa gambar jenis tulang daun seperti yang sudah disebutkan di atas

Apa yang Sudah Aku Pelajari?

Tumbuhan mempunyai bagian tubuh yang berfungsi untuk membantu pertumbuhan, melindungi diri, dan berkembang biak. Umumnya, hampir semua tumbuhan memiliki beberapa bagian seperti

  1. Akar: untuk menyerap air dari dalam tanah dan menahan tumbuhan tertanam kuat di tanah;
  2. Batang: untuk menyalurkan air dan makanan ke seluruh bagian tubuh tumbuhan. Batang juga membuat tumbuhan dapat berdiri kokoh;
  3. Daun: sebagai tempat menghasilkan makanan.

Bunga berfungsi sebagai alat perkembangbiakan tumbuhan. Dan Buah merupakan hasil perkembangbiakan tumbuhan. Pada buah terdapat biji yang diselimuti daging.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Blog ads

ADS