Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 10 Kurikulum Merdeka Tahun 2023

Berikut ini Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 10 Kurikulum Merdeka Tahun 2023 Lengkap Semester 1 dan Semester 2.


Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa yang digunakan sebagai alat komunikasi internasional. Penguasaan bahasa Inggris yang baik akan mempermudah proses interaksi lintas budaya dan akan membuat seseorang lebih percaya diri dalam mengekspresikan diri dan bersosialisasi, baik dengan lingkungan sekitar maupun dengan masyarakat internasional. Seperti yang kita ketahui, di era ini komunikasi terselenggara secara real-time dengan lebih mudah  dan kesempatan kerja pun mulai tidak mengenal batas-batas negara akibat dari digitalisasi di segala bidang.

Pembelajaran bahasa Inggris umum dalam kurikulum nasional berfokus pada pencapaian peserta didik pada kompetensi tertentu dan pada batas standar minimal tertentu, memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk membuka wawasan yang berkaitan dengan diri sendiri, hubungan sosial, kebudayaan, dan kesempatan kerja yang  tersedia secara global.

Pembelajaran bahasa Inggris difokuskan pada penguatan kemampuan menggunakan bahasa Inggris dalam enam keterampilan berbahasa, yakni menyimak, berbicara, membaca, memirsa, menulis, dan mempresentasikan secara terpadu, dalam berbagai jenis teks.

Capaian Pembelajaran  minimal keenam keterampilan bahasa Inggris ini mengacu pada Common European Framework of Reference for Languages: Learning, Teaching, Assessment CEFR)  dan setara level B1. Level B1 (CEFR) mencerminkan spesifikasi yang dapat dilihat dari kemampuan peserta didik untuk:

- mempertahankan interaksi dan menyampaikan sesuatu yang diinginkan, dalam berbagai konteks dengan artikulasi jelas;

- mengungkapkan pokok pikiran utama yang ingin disampaikan secara komprehensif; dan

- mempertahankan komunikasi walaupun terkadang masih terdapat jeda.

Langkah-langkah pembelajaran ilmiah dalam pembelajaran bahasa Inggris merupakan paradigma pergeseran model pembelajaran yang akan membuat peserta didik lebih aktif mencari tahu, berbuat dan melakukan praktik yang menumbuhkan dan mengembangkan sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Pembelajaran bahasa Inggris tidak lagi ‘contentbased’ tetapi ‘activity-based’. Peserta didik harus lebih banyak berperan aktif.


Capaian Pembelajaran Bahasa Inggris Fase E

Umumnya untuk Kelas X (SMA/MA/Program Paket C) Pada akhir Fase E, peserta didik menggunakan teks lisan, tulisan dan visual dalam bahasa Inggris untuk berkomunikasi sesuai dengan situasi, tujuan, dan pemirsa/pembacanya. Berbagai jenis teks seperti narasi, deskripsi, prosedur, eksposisi, recount, report, dan teks otentik menjadi rujukan utama dalam mempelajari bahasa Inggris di fase ini. Peserta didik menggunakan bahasa Inggris untuk menyampaikan keinginan/perasaan dan berdiskusi mengenai topik yang dekat  dengan keseharian mereka atau isu yang hangat sesuai usia peserta didik di fase ini. 

Mereka membaca teks tulisan untuk mempelajari sesuatu/mendapatkan informasi. Keterampilan inferensi tersirat ketika memahami informasi, dalam bahasa Inggris mulai berkembang. Peserta didik memproduksi teks tulisan dan visual yang lebih beragam, dengan kesadaran terhadap tujuan dan target pembaca. 


Elemen Menyimak – Berbicara

Pada akhir Fase E, peserta didik menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi  dengan guru, teman sebaya dan orang lain dalam berbagai macam situasi dan tujuan. Mereka menggunakan dan merespons pertanyaan dan menggunakan strategi untuk memulai dan mempertahankan percakapan dan diskusi. Mereka memahami dan mengidentifikasi ide utama dan detail relevan dari diskusi atau presentasi mengenai topik yang dekat dengan kehidupan pemuda. Mereka menggunakan bahasa Inggris untuk menyampaikan opini terhadap isu yang dekat dengan kehidupan pemuda dan untuk membahas minat. Mereka memberikan pendapat dan membuat perbandingan. Mereka menggunakan elemen non-verbal seperti bahasa tubuh, kecepatan bicara, dan nada suara untuk dapat dipahami dalam sebagian konteks.


Elemen Membaca – Memirsa

Pada akhir Fase E, peserta didik membaca dan merespon berbagai macam teks seperti narasi, deskripsi, prosedur, eksposisi, recount, dan report. Mereka membaca untuk mempelajari sesuatu atau untuk mendapatkan informasi. Mereka mencari dan mengevaluasi detail spesifik dan inti dari berbagai macam jenis teks. Teks ini dapat berbentuk cetak atau digital, termasuk di antaranya teks visual, multimodal, atau interaktif. Pemahaman mereka terhadap ide pokok, isu-isu atau pengembangan plot dalam berbagai macam teks mulai berkembang. Mereka mengidentifikasi tujuan penulis dan mengembangkan keterampilannya untuk melakukan inferensi sederhana dalam memahami informasi tersirat dalam teks. 


Elemen Menulis – Mempresentasikan

Pada akhir Fase E, peserta didik menulis berbagai jenis teks fiksi dan  non-fiksi, melalui aktivitas yang dipandu, menunjukkan kesadaran  peserta didik terhadap tujuan dan target pembaca. Mereka membuat  perencanaan, menulis, mengulas, dan menulis ulang berbagai jenis tipe  teks dengan menunjukkan strategi koreksi diri, termasuk tanda baca  dan huruf besar. Mereka menyampaikan ide menggunakan kosakata  dan kata kerja umum dalam tulisannya. Mereka menyajikan informasi  menggunakan berbagai mode presentasi untuk menyesuaikan dengan  pembaca/pemirsa dan untuk mencapai tujuan yang berbeda-beda,  dalam bentuk cetak dan digital. 


Lengkap Download Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 10 Kurikulum Merdeka :

Unduh : Lesson I  Hi, My Name is 

Unduh : Lesson II  What’s Up?

Unduh : Lesson III  Congratulations, You Deserved It!

Unduh : Lesson IV  What’s Your Plan?

Unduh : Lesson V  The Traditional Rumah Gadang

Unduh : Lesson VI  The Suramadu Bridge

Unduh : Lesson VII  Breaking News

Unduh : Lesson VIII  Past Events

Unduh : Lesson IX  Aunt Lucy Has Arrived

Unduh : Lesson X  The Take Over

Unduh : Lesson XI  Boasting Brings You Nowhere

Unduh : Lesson XII  Performing Arts


Demikian Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 10 Kurikulum Merdeka Tahun 2023 sesuai dengan Buku Kurikulum Merdeka.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Blog ads

ADS