Modul Ajar IPA SMA Kls 10 Kurikulum Merdeka (Premium)

CP, ATP dan Modul Ajar IPA SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka (Premium) ini Spesial dipublikasikan untuk pengunjung. 



Karakteristik Mapel Fisika, Kimia, dan Biologi

IPA mencakup Fisika, Kimia, dan Biologi dan mencakup produk dan proses. Produk yang dimaksud adalah pengetahuan tentang sains. Fisika berkaitan dengan materi beserta gerak dan perilakunya dalam lingkup ruang serta waktu, serta gaya dan energi. Kimia berkaitan dengan susunan, struktur, sifat, dan perubahan materi. Biologi berkaitan dengan makhluk hidup dan segala proses yang terjadi.Topik-topik  yang dipelajari pada IPA kelas X adalah materi yang berkaitan dengan permasalahan kehidupan untuk  menunjang pembangunan yang berkelanjutan serta pengetahuan yang bersifat kekinian untuk menarik minat dan kecintaan terhadap IPA. Adapun proses mencakup keterampilan  proses sains dalam mendapatkan pengetahuan itu sendiri.

Melalui pembelajaran IPA, peserta didik dilatih memecahkan masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan materi IPA. Hal ini penting untuk mempersiapkan peserta didik dalam menghadapi hidupnya pada masa kini dan masa depan. Selama proses pembelajaran sains, peserta didik melakukan aktivitas kerja ilmiah sehingga akan 

berkembang keterampilan ilmiah, sikap ilmiah dan Profil Pelajar Pancasila. Selain itu, pembelajaran IPA di kelas X jenjang SMA juga memberikan keterampilan dan pemahaman yang berguna dalam lingkup yang luas dan untuk pembelajaran selanjutnya di SMA kelas XI dan XII.

Strategi Pembelajaran

Pembelajaran IPA di kelas X diajarkan dengan sistem blok sesuai dengan mata pelajaran Fisika, Kimia dan Biologi. Bab 1 dan 6 pada buku siswa merupakan  topik pada mata pelajaran Fisika, Bab 2 dan 7 pada buku siswa merupakan topik pada mata pelajaran Biologi, Bab 3, 4 dan
5 merupakan topik pada mata pelajaran Kimia, sedangkan Bab 8 merupakan topik terintegrasi antara mata pelajaran Fisika, Kimia, dan Biologi. Sekolah memiliki kewenangan melakukan pengaturan dan pemilihan strategi implementasi terkait pengaturan jadwal pelaksanaan untuk ketiga mata pelajaran tersebut.
Secara umum, strategi yang dapat diterapkan dalam pembelajaran IPA di kelas X adalah strategi yang dapat menstimulus, mengembangkan dan memperkuat elemen dalam Fase E yang mencakup pengetahuan dan keterampilan proses, serta sikap ilmiah dan Profil Pelajar Pancasila. Untuk  itu, dalam setiap topik terdapat proyek yang harus dilakukan. Dengan demikian, pendekatan pembelajaran yang disarankan adalah pendekatan yang mendorong siswa aktif, misalnya pendekatan kontekstual dan pendekatan saintifik dalam melaksanakan 

proses pembelajaran. Model pembelajaran yang digunakan adalah model-model pembelajaran yang bukan hanya berorientasi pada penguasaan konsep, melainkan juga pengembangan keterampilan ilmiah dan sikap ilmiah, misalnya inkuiri, penemuan (discovery), dan pembelajaran berbasis masalah.
Penugasan kepada siswa baik berupa latihan soal maupun proyek dirancang untuk melatih proses berpikir peserta didik. Dalam buku ini, peserta didik juga dilatih untuk melakukan refleksi terhadap proses dan capaian belajarnya agar dapat lebih meningkatkan capaian belajarnya. 

Capaian  Pembelajaran Mata Pelajaran Fisika

Pada akhir fase E, peserta didik memiliki kemampuan untuk responsif terhadap isu-isu global dan berperan aktif dalam memberikan penyelesaian  masalah. Kemampuan tersebut, antara lain mengamati, mempertanyakan dan memprediksi, merencanakan dan melakukan penyelidikan, memproses dan menganalisis data dan informasi, mengevaluasi dan refleksi, mengomunikasikan hasil dalam bentuk proyek sederhana atau simulasi visual menggunakan aplikasi teknologi yang tersedia terkait dengan energi alternatif, pemanasan global, pencemaran lingkungan, nanoteknologi, bioteknologi, kimia dalam kehidupan sehari-hari, pemanfaatan limbah dan bahan alam, pandemi akibat infeksi virus. Semua upaya tersebut diarahkan pada pencapaian tujuan pembangunan yang berkelanjutan  (Sustainable Development Goals/SDGs). Melalui pengembangan sejumlah pengetahuan tersebut dibangun pula akhlak mulia dan sikap ilmiah seperti jujur, objektif, bernalar kritis, kreatif, mandiri, inovatif, bergotong royong, dan berkebinekaan global.

Capaian  Pembelajaran  Mata Pelajaran Kimia

Pada akhir fase E, peserta didik memiliki kemampuan untuk merespons isu-isu global dan berperan aktif dalam memberikan penyelesaian masalah. Kemampuan tersebut, antara lain mengidentifikasi, mengajukan gagasan, merancang solusi, mengambil keputusan, dan mengomunikasikan dalam  bentuk  proyek sederhana atau  simulasi visual menggunakan aplikasi teknologi yang tersedia terkait dengan energi alternatif, pemanasan global, pencemaran lingkungan, nanoteknologi, bioteknologi, kimia dalam kehidupan sehari-hari, pemanfaatan limbah dan bahan alam, dan pandemi akibat infeksi virus. Semua upaya tersebut diarahkan pada pencapaian tujuan pembangunan yang berkelanjutan (Sustainable  Development  Goals/ SDGs). Melalui pengembangan sejumlah pengetahuan tersebut dibangun pula akhlak mulia dan sikap ilmiah seperti jujur, objektif, bernalar kritis, kreatif, mandiri, inovatif, bergotong royong, dan berkebinekaan global.

Capaian  Pembelajaran Mata Pelajaran Biologi

Pada akhir fase E, peserta didik memiliki kemampuan untuk responsif terhadap isu-isu global dan berperan aktif dalam memberikan penyelesaian  masalah. Kemampuan tersebut, antara lain mengamati, mempertanyakan dan memprediksi, merencanakan dan melakukan penelitian, memproses dan menganalisis data dan informasi, mengevaluasi dan merefleksi, serta mengomunikasikan dalam bentuk proyek sederhana atau simulasi visual menggunakan aplikasi teknologi yang tersedia terkait dengan energi alternatif, pemanasan global, pencemaran lingkungan, nanoteknologi, bioteknologi, kimia dalam kehidupan sehari-hari, pemanfaatan limbah dan bahan alam, pandemi akibat infeksi virus. Semua upaya tersebut diarahkan pada pencapaian tujuan pembangunan yang berkelanjutan (SDGs). Melalui keterampilan proses juga dibangun sikap ilmiah dan profil pelajar Pancasila.

Download Modul Ajar IPA Kelas 10 Lengkap Semester 1 dan 2 :

Semester 1
Modul Ajar IPA Bab 1 : Unduh
Modul Ajar IPA Bab 2 : Unduh
Modul Ajar IPA Bab 3 : Unduh
Modul Ajar IPA Bab 4 : Unduh

Semester 2
Modul Ajar IPA Bab 5 : Unduh
Modul Ajar IPA Bab 6 : Unduh
Modul Ajar IPA Bab 7 : Unduh
Modul Ajar IPA Bab 8 : Unduh

Download Juga Bahan Ajar PPT IPA Kelas 10 Semester 1 dan 2 2024.

Jangan Lupa Share ke Teman Guru Anda, Agar mereka juga mendapatkan file ini. Terimakasih.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Blog ads

ADS