Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 41 - 44 Kurikulum Merdeka Bab 1 Hakikat Ilmu Sains dan Metode Ilmiah

Berikut ini adalah  Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 41 - 44 Kurikulum Merdeka Bab 1 Hakikat Ilmu Sains dan Metode Ilmiah.



Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 41 - 44 Review Bab 1 Kurikulum Merdeka

1. Ada enam cabang utama ilmu Sains, yaitu Astronomi, Biologi, Fisika, Kimia, Geologi dan Ekologi. Sebutkan fokus masing-masing cabang ilmu tersebut. 

Jawaban :

Biologi: Mempelajari makhluk hidup

Fisika: Mempelajari gejala dan fenomena alam, sifat benda-benda

Kimia: Zat atau materi dan perubahannya (reaksi kimia)

Astronomi: Tata Surya

Geologi: Bumi dan perubahannya

Ekologi: Interaksi makhluk hidup dengan lingkungan


2. Identifikasikan lima hal yang akan menimbulkan masalah keselamatan di laboratorium IPA dalam gambar berikut ini. Berikan alasan kalian mengapa hal tersebut menjadi masalah. 

Jawaban :

1) Berlarian di laboratorium bisa membahayakan karena ada kemungkinan menyenggol orang yang sedang membawa bahan kimia.

2) Mengarahkan tabung reaksi ke wajah ketika memanaskan cairan di dalamnya. Cairan yang akan menguap bisa mengenai wajahnya.

3) Tidak menggunakan jas laboratorium, kacamata pengamat dan sarung tangan.

4) Mencampurkan bahan kimia tanpa instruksi guru. Bahan kimia yang digunakan mungkin saja berbahaya/ korosif, dapat menyebabkan kebakaran/ ledakan atau menghasilkan gas beracun.

5) Rambut yang panjang tidak diikat ketika menggunakan api. Rambut bisa terbakar ketika kena api.


3. Apakah nama alat-alat laboratorium di bawah ini? Terbuat dari bahan apakah alat-alat tersebut dan apa saja kegunaan alat-alat itu? Tuliskan jawaban kalian dengan lengkap. 

Jawaban :

a) Nama: Gelas kimia

Terbuat dari gelas atau plastik

Untuk mencampur/ memanaskan bahan kimia

b) Nama: Tabung reaksi

Terbuat dari gelas/ kaca

Untuk mencampur/ memanaskan bahan kimia dalam jumlah sedikit

c) Nama: Cawan porselen

Terbuat dari keramik

Untuk menguapkan cairan dalam suatu campuran

d) Nama: Gelas ukur

Terbuat dari gelas atau plastik

Untuk mengukur volume cairan

e) Nama: Corong

Terbuat dari gelas atau plastik

Untuk menyaring campuran

f) Nama: Labu Erlenmeyer

Terbuat dari gelas atau kaca

Untuk mencampur/ memanaskan bahan kimia, tertama yang menghasilkan gas, juga untuk menyaring

g) Nama: Termometer

Terbuat dari gelas dan air raksa/ alkohol

Untuk mengukur suhu

h) Nama: Kaki tiga

Terbuat dari logam

Untuk menopang alat lain dalam proses pemanasan


4. Apakah perbedaan antara besaran pokok dan besaran turunan? Sebutkan masing-masing dua contoh. 

Jawaban :

Besaran pokok adalah besaran yang dijadikan dasar untuk menetapkan besaran lain. Contohnya adalah massa, waktu, suhu dan panjang.

Besaran turunan adalah besaran yang ditetapkan dari besaran pokok. Contohnya adalah luas, kecepatan, volume, gaya dan sebagainya.


5. Tuliskanlah hasil pengukuran di bawah ini disertai dengan satuannya yang benar. 

Jawaban :

a) 41°C

b) 220 mL

c) 17,4 cm

d) 100 gram

kunci jawaban ipa kelas 7 halaman 41 - 44 review bab 1 kurikulum merdeka www.kosingkat.id


6. Berdasarkan gambar di bawah ini, tentukan volume batu. 

Jawaban :

Volume batu = volume akhir - volume awal

= 40 - 20

= 20 mL

Jadi, volume batu tersebut adalah 20 mL.


7. Bagas, Raffen, Nyongki dan Daniel ingin mengetahui apakah waktu untuk mendidihkan air akan lebih cepat apabila airnya diberikan garam terlebih dahulu atau tidak. Bantulah mereka: 

a) menentukan tujuan percobaan 

b) menentukan variabel-variabel dalam percobaan mereka 

c) tuliskan langkah-langkah kerja/ prosedur mengerjakan percobaan ini.

Jawaban :

a) Tujuan percobaan: menyelidiki pengaruh penambahan garam pada waktu mendidihnya air

b) Variabel bebas: jumlah garam yang ditambahkan

variabel terikat: waktu mendidihnya air

variabel kontrol: jumlah air yang digunakan, jenis dan merk mie yang digunakan, pengadukan dan wadah yang digunakan

c) Langkah-langkah / prosedur :

1. Tuangkanlah air ke dalam2 gelas kimia sama banyak

2. Tambahkan garam pada salah satu gelas kimia berisi air

3. Panaskan gelas kimia di atas api.

4. Perhatikan stopwatch, hitung waktu memulai memanaskan air dan hentikan stopwatch saat pada saat air mulai mendidih.

5. Hitung dan bandingkan waktu, lebih cepat mana air mendidih.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Blog ads

ADS