Materi Kurikulum Merdeka Bahasa Indonesia Kelas 4 Bab 3 Lihat Sekitar

Berikut ini Materi Kurikulum Merdeka Bahasa Indonesia Kelas 4 Bab 3 Lihat Sekitar Sesuai dengan Buku Terbitan Kemdikbudristek Tahun 2022.

Pada tahun 2022 penerapan kurikulum merdeka mulai diterapkan pada satuan pendidikan yang mengikuti program Sekolah Penggerak dan Sekolah yang melaksanakan secara mandiri.

Kurikulum merdeka bertujuan memberikan pembaharuan guna meningkatkan kualitas pembelajaran yang telah dilaksanakan dari kurikulum sebelumnya. Misalnya seperti Materi Bahasa Indonesia Kelas 4 Bab 3 Lihat Sekitar ini.

Kurikulum merdeka belajar memberikan kemerdekaan pada sekolah untuk merancang proses serta materi pembelajaran yang relevan dan kontekstual perubahan dalam kurikulum merdeka ini dengan aspek yang berubah dari kurikulum sebelumnya. Contoh Materi Kurikulum Merdeka Bahasa Indonesia Kelas 4 Bab 3 Lihat Sekitar berikut ini sudah Kami Siapkan.

Materi Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka ini disusun berdasarkan struktur Kurikulum merdeka sesuai jenjang SD/MI Kelas 4 Bab 3

Materi Bahasa Indonesia Kelas 4 Bab 3 Kurikulum Merdeka

Kegiatan Utama

• Membaca teks dan memirsa gambar yang berkaitan dengan tema.

• Menulis paragraf argumentasi.

• Mendiskusikan isi teks dan gambar.

• Menuliskan kata berimbuhan ‘ber-’.

• Berdiskusi sesuai tema dan mempresentasikan hasil diskusi.

• Menulis paragraf deskripsi.

 

Kegiatan Pendukung

• Membuat rambu-rambu.

 

A. Membaca

Memahami kata-kata yang sering digunakan sehari-hari dan kata-kata baru pada teks dengan menggunakan petunjuk visual dan konteks kalimat yang mendukung.

·         Melalui kegiatan membaca cerita “Awas!” peserta didik dapat memahami dan menggunakan kata-kata dengan tepat.

·         Peserta didik membaca cerita “Awas!”, kemudian mengerjakan latihan terkait kata-kata baru.

 

Perhatikan kata-kata yang disorot kuning pada cerita “Awas!” di atas. Tahukah kalian artinya? Agar kalian lebih paham, lengkapilah kalimat di bawah ini dengan kata-kata yang sesuai.

sigap, helm, mengayuh, klakson, lampu lalu lintas, mengerem

1. Rudi membunyikan bel sepedanya, Bang Tanto membunyikan … sepeda motornya.

2. Nelayan mendayung sampan, Rudi …. sepeda.

3. Ayo, bergeraklah dengan …, jangan bermalas-malasan!

4. Rudi … sepedanya supaya berhenti.

5. … dipakai untuk melindungi kepala.

6. Jika … menyala merah, berarti kendaraan harus berhenti.

 

B. Berdiskusi

Menjelaskan penyebab terjadinya suatu masalah atau kejadian, dan mengelaborasi perasaan diri sendiri dan orang lain.

·         Melalui berdiskusi, peserta didik mampu menjelaskan penyebab terjadinya masalah pada cerita “Awas!” dan mengaitkannya dengan pengalaman pribadi.

·         Peserta didik menyampaikan pendapat untuk menanggapi pertanyaan panduan atau pernyataan teman diskusi.

 

Diskusikanlah kembali cerita “Awas!” bersama teman dan guru.

Kalian dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini sebagai bahan diskusi.

1. Di mana Rudi berada?

2. Mengapa pengendara sepeda motor itu marah kepada Rudi?

3. Mengapa Rudi memutuskan maju saat lampu lalu lintas belum berwarna hijau?

4. Menurut kalian, bagaimana perasaan Rudi?

5. Jika kalian menjadi Rudi, apa yang kalian lakukan?

6. Pernahkah kalian mengalami kejadian seperti itu? Ceritakanlah!

 

Paragraf Argumentasi

Ciri-ciri paragraf argumentasi yaitu:

         mengandung pendapat, keyakinan, dan pandangan terhadap sebuah permasalahan;

         ada data akurat yang dipakai untuk meyakinkan orang lain;

         menjelaskan permasalahan dengan cara menganalisis dan menganalogikan;

         terdapat kesimpulan dalam bentuk pendapat yang lebih luas, tetapi bukan merupakan penegasan kembali topik utama.

 

C. Menyimak

Memahami dan menjelaskan isi teks dan makna kosakata baru pada teks yang dibacakan.

         Melalui kegiatan menyimak teks yang dibacakan yang berjudul “jauh dan dekat”, peserta didik dapat menyimpulkan informasi dan memahami kosakata baru

Setelah membaca teks “Jauh dan Dekat”, berdiskusilah membahas topik kendaraan. Sebelum berdiskusi, kalian boleh mencari sumber bacaan lain tentang kendaraan. Saat berdiskusi, acungkan jari untuk meminta giliran. Berbicaralah setelah dipersilakan guru!

a.       Apa saja alat transportasi yang dapat digunakan di sungai atau di laut? Adakah yang sama?

b.       Tahukan kalian alat transportasi darat yang disebut dokar? Apa yang dapat kalian ceritakan tentang dokar?

c.       Di sebagian daerah, perahu disebut sampan. Apa sebutan untuk perahu di daerah kalian?

d.       Menurut kalian, mengapa ada begitu banyak jenis kendaraan?

 

Awalan ‘ber-’

Salah satu imbuhan di dalam bahasa Indonesia adalah awalan ‘ber-’. Fungsinya sebagai pembentuk kata kerja atau kata sifat. Kata kerja yang dibentuk oleh awalan ber- tidak membutuhkan objek, karena itu kalimat yang dihasilkannya tidak bisa dijadikan kalimat pasif.

Penulisan kata yang memiliki imbuhan ‘ber’- termasuk mudah, yaitu ‘ber-’ + kata dasar.

Namun, kalian harus berhati-hati, ada pengecualian untuk kata dasar yang diawali huruf /r/ atau yang suku kata pertamanya berakhiran /er/. Lihat contoh pada tabel di bawah ini!


D. Menulis

Menuliskan kalimat dengan unsur subjek, predikat, dan objek, sesuai ketentuan bahasa Indonesia.

         Melalui kegiatan melengkapi kalimat, peserta didik mampu menggunakan awalan ‘ber-’ dengan tepat.

 

Berilah imbuhan ‘ber-’ atau ‘ber-’ + ‘-an’ pada kata yang ada dalam kurung sehingga menjadi kalimat yang benar.

a. Capung (terbang) di udara.

b. Bibi (cermin) sambil mematut diri.

c. Bima (sekolah) di SD Tunas Mulia.

d. Adik (ajar) membaca.

e. Tuti (rambut) panjang.

f. Petani (kerja) di sawah.

g. Tina dan Tini (main) petak umpet.

h. Kerbau (rendam) di kubangan.

 

E. Mengamati

Amatilah denah berikut ini bersama-sama! Carilah air mancur bertanda Y!

Jika kalian berada di X, telusuri jalan yang harus kalian tempuh agar dapat sampai di Y.

 

Deskripsikan perjalanan itu menggunakan kata-kata seperti berjalan lurus, berbelok ke kanan, menyeberang, di sebelah kiri, dan lain-lainnya.

Gunakan bangunan atau pohon sebagai penanda. Apakah ada jalan lain yang bisa kalian tempuh? Mana yang lebih dekat?


Berikut ini kosa kata terkait arah:


F. Kreatifitas

Saatnya berkreasi!

Untuk kegiatan ini, kalian perlu bekerja bersama.

1.       Perhatikan lingkungan sekolah dan sekitar sekolah! Menurut kalian, adakah tempat-tempat yang perlu diberi rambu-rambu, misalnya tanda tempat penyeberangan di depan sekolah. Di pojok baca atau di perpustakaan kalian bisa memasang tanda larangan makan atau minum. Di halaman sekolah kalian bisa memasang petunjuk tempat membuang sampah. Tanyakan kepada guru apakah kalian boleh menciptakan rambu-rambu dengan kreativitas dan imajinasi kalian sendiri.

2.       Bersama teman-teman, buatlah gambar rambu-rambu tersebut. Kalian bisa menggunakan karton, manila, kardus bekas, atau kertas bekas. Berilah warna yang sesuai dengan tujuan rambu-rambu tersebut.

3.       Tempelkan atau pasanglah di tempat yang sesuai! Kalau perlu, mintalah bantuan guru atau orang dewasa lainnya!

Demikianlah Materi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 4 Jenjang SD/MI khususnya pada Bab 3 tentang Lihat Sekitar, semoga materi ini dapat membantu para siswa yang akan menggunakannya sebagai bahan belajar dan berlatih.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Blog ads

ADS