Materi Kurikulum Merdeka Bahasa Indonesia Kelas 4 Bab 1 Sudah Besar

Berikut ini Materi Kurikulum Merdeka Bahasa Indonesia Kelas 4 Bab 1 Sudah Besar Sesuai dengan Buku Terbitan Kemdikbudristek Tahun 2022.

Pada tahun 2022 penerapan kurikulum merdeka mulai diterapkan pada satuan pendidikan yang mengikuti program Sekolah Penggerak dan Sekolah yang melaksanakan secara mandiri.

Kurikulum merdeka bertujuan memberikan pembaharuan guna meningkatkan kualitas pembelajaran yang telah dilaksanakan dari kurikulum sebelumnya. Misalnya seperti Materi Bahasa Indonesia Kelas 4 Bab 1 Sudah Besar ini.

Kurikulum merdeka belajar memberikan kemerdekaan pada sekolah untuk merancang proses serta materi pembelajaran yang relevan dan kontekstual perubahan dalam kurikulum merdeka ini dengan aspek yang berubah dari kurikulum sebelumnya. Contoh Materi Kurikulum Merdeka Bahasa Indonesia Kelas 4 Bab 1 Sudah Besar berikut ini sudah Kami Siapkan.

Materi Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka ini disusun berdasarkan struktur Kurikulum merdeka sesuai jenjang SD/MI Kelas 4 Bab 1

Materi Bahasa Indonesia Kelas 4 Bab 1 Kurikulum Merdeka

A. Membaca

1. Peserta didik membaca teks Cerita “Tak Muat Lagi” dengan nyaring, lalu menjawab pertanyaan terkait teks.
  • Sampaikan kembali cerita “Tak Muat Lagi” dalam tiga kalimat buatanmu sendiri!
  • Mengapa Lala kesal kepada Kiki?
  • Dari mana Lala mengetahui baju itu tidak muat lagi untuknya?
  • Menurutmu, bagaimana perasaan Lala setelah memutuskan akan memberikan bajunya kepada Kiki?
  • Apakah kalian juga punya adik? Bagaimana perasaan kalian jika barang kalian diminta adik?
  • Bayangkan diri kalian sebagai Kiki. Bagaimana perasaan kalian jika memiliki kakak seperti Lala?
2. Peserta didik membaca cerita “Suka dan Tidak Suka” dengan nyaring, guru memperhatikan pengucapan peserta didik.

B. Berdiskusi

Materi pokok “Hubungan kakak-adik”. Peserta didik melakukan aktivitas menyampaikan pendapat tentang bagaimana hubungan kakak-adik yang baik.

C. Menulis

1. Peserta didik membaca ulang cerita “Tak Muat Lagi” lalu menyalin Kalimat Transitif dan Intransitif di buku tulis masing-masing.
Kalian tentu ingat unsur-unsur yang membentuk sebuah kalimat, yaitu Subjek, Predikat, Objek, dan Keterangan. Ada kalimat yang hanya terdiri atas Subjek dan Predikat. Ada pula kalimat yang memerlukan Objek. Kalimat transitif adalah kalimat yang memerlukan objek. Tanpa objek, kalimat transitif menjadi tidak lengkap dan salah. Kalimat intransitif adalah kalimat yang tidak memerlukan objek.

2. Materi pokok “Kalimat transitif dan intransitif Tanda baca”. Peserta didik melakukan aktivitas menuliskan pengalamannya di rumah terkait barang-barangnya yang tidak dipakai lagi.
Bagaimana kebiasaan di rumah kalian terhadap barang-barang yang sudah tidak kalian pakai? Apakah baju, sepatu, tas, atau buku kalian dijual, diberikan kepada adik, atau disumbangkan? Ceritakan dan tuliskan di buku tulis kalian. Ketika menulis, perhatikan untuk:
  • Menggunakan tanda baca yang tepat; dan
  • Menggunakan setidaknya 2 kalimat transitif dan 2 kalimat intransitif
3. Materi pokok “Menulis kalimat”. Peserta didik mencari arti kata dalam kamus kemudian menggunakan kata-kata tersebut dalam kalimat berstruktur SPOK.

a. Cara Mencari Mata di Dalam Kamus Cetak
  • Perhatikan kata-kata yang ada di dalam kamus cetak. Urutan kata-kata tersebut disusun sesuai abjad.
  • Perhatikan huruf pertama kata yang kalian cari. Bukalah kamus pada bagian huruf tersebut.
  • Jika kata tersebut kata berimbuhan, kenali kata dasarnya terlebih dahulu. Perhatikan huruf pertama kata dasar tersebut.
  • Kalian tidak perlu mengurutkan kata satu per satu, cukup perhatikan huruf kedua dan ketiga dari kata yang kalian cari.
  • Lihatlah huruf sebelum arti kata. Huruf itu menunjukkan kelas kata tersebut.
b. Cara Mencari Mata di Dalam Kamus Online
  • Bukalah laman kbbi.kemdikbud.go.id
  • Ketikkan kata yang kalian cari di kotak pencarian.
  • Dapatkan artinya.
  • Lihatlah huruf sebelum arti kata. Huruf tersebut menunjukkan kelas kata yang dimaksud.
4. Materi pokok “Menulis surat Kosakata baru Kalimat transitif intransitif”. Setelah mendapat penjelasan dari guru, peserta didik menulis surat kepada sepupu/temannya.

D. Menyimak

Peserta didik menyimak teks “Teks Fobia” yang dibacakan guru, kemudian menjawab pertanyaan yang diajukan.
  • Dari teks “Fobia” tersebut, apa perbedaan ketakutan biasa dengan fobia?
  • Apakah di antara kalian atau orang yang kalian kenal ada yang mengidap fobia? Fobia apa?
  • Apa yang harus dilakukan jika teman atau saudara kalian mengalami serangan fobia?
  • Carilah informasi tentang fobia di buku ensiklopedia atau di internet. Tuliskan jenis-jenis fobia lain yang kalian temukan dan artinya.

Demikianlah Materi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 4 Jenjang SD/MI khususnya pada Bab 1 tentang Sudah Besar, semoga materi ini dapat membantu para siswa yang akan menggunakannya sebagai bahan belajar dan berlatih.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Blog ads

ADS