Materi Kurikulum Merdeka MTK Kelas 4 Bab 1 Bilangan Cacah Besar

Berikut ini Materi Kurikulum Merdeka MTK Kelas 4 Bab 1 Bilangan Cacah Besar Sesuai dengan Buku Terbitan Kemdikbudristek Tahun 2022.

Pada tahun 2022 penerapan kurikulum merdeka mulai diterapkan pada satuan pendidikan yang mengikuti program Sekolah Penggerak dan Sekolah yang melaksanakan secara mandiri.

Kurikulum merdeka bertujuan memberikan pembaharuan guna meningkatkan kualitas pembelajaran yang telah dilaksanakan dari kurikulum sebelumnya. Misalnya seperti Materi MTK Kelas 4 Bab 1 Bilangan Cacah Besar ini.

Kurikulum merdeka belajar memberikan kemerdekaan pada sekolah untuk merancang proses serta materi pembelajaran yang relevan dan kontekstual perubahan dalam kurikulum merdeka ini dengan aspek yang berubah dari kurikulum sebelumnya. Contoh Materi Kurikulum Merdeka MTK Kelas 4 Bab 1 Bilangan Cacah Besar berikut ini sudah Kami Siapkan.

Materi MTK Kurikulum Merdeka ini disusun berdasarkan struktur Kurikulum merdeka sesuai jenjang SD/MI Kelas 4 Bab 1

Materi MTK Kelas 4 Bab 1 Kurikulum Merdeka

Tujuan Pembelajaran Pada Unit 1 / Bab 1 ini yaitu sebagai berikut :

Siswa mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana bilangan cacah dinyatakan dalam notasi desimal.


1. Bilangan Cacah Besar

Ayo, baca jumlah penduduk Indonesia. 257.913.000 orang

1. Berada di nilai tempat manakah angka 5?

Jawab :

Angka 5 berada pada nilai tempat puluh jutaan.

 

2. Berada di nilai tempat manakah angka 2?

Jawab:

Angka 2 berada pada nilai tempat ratus jutaan.

 

Bilangan yang terdiri dari 10 kumpulan 10 juta ditulis 100.000.000, dan dibaca seratus juta.

Seratus juta adalah suatu bilangan dengan 10.000 kumpulan 10 ribu.

 

Bacalah jumlah penduduk Indonesia yang disajikan pada tabel di bawah ini:

Bilangan di atas dibaca “dua ratus lima puluh tujuh juta sembilan ratus tiga belas ribu”

 

Tulislah bilangan-bilangan berikut ini.

a. Bilangan yang menyatakan jumlah 10 kumpulan 100 juta adalah 1 miliar, ditulis ……….

b.Bilangan yang menyatakan jumlah 10 kumpulan 1 miliar adalah 10 miliar, ditulis …………….

c.Bilangan yang menyatakan jumlah 10 kumpulan 10 miliar adalah 100 miliar, ditulis ………………

 

Jawaban :

a. 10 kumpulan 100 juta adalah 1.000.000.000

(1 miliar)

 

b. 10 kumpulan 1 miliar adalah 10.000.000.000

(10 miliar)

 

c. 10 kumpulan 10 miliar adalah 100.000.000.000

(100 miliar)

Bilangan berikut ini menyatakan jarak tempuh cahaya dalam waktu 1 tahun.

9.460.000.000.000 km

1. Berada di nilai tempat manakah angka 4?

Jawab :

Angka 4 berada pada nilai tempat ratus milyaran.

 

2. Berada di nilai tempat manakah angka 9?

Jawab :

Angka 9 berada pada nilai tempat triliunan.

10 kumpulan 100 miliar ditulis 1.000.000.000.000, dan disebut satu triliun.

Bilangan tersebut juga ditulis 1 triliun. Satu triliun merupakan bilangan dengan 10.000 kumpulan seratus juta.

Ketika kita membaca suatu bilangan yang besar, satuan, pulu[1]han, dan ratusan dipertimbangkan sebagai satu kesatuan. Pisah[1]kan bilangan tersebut per 3 angka menggunakan “satu, sepuluh, dan seratus”. Setiap kumpulan 3 angka dibaca sebagai “satuan, ri[1]buan, jutaan, miliaran, dan triliunan” dari kanan.

 

Cara Membaca Bilangan dengan Setiap 3-Angka

Kita menentukan suatu unit baru untuk setiap 3-angka dari suatu bilangan bulat.

Ada banyak bilangan yang dapat kita temukan di sekitar kita yang ditandai dengan tanda titik untuk memisahkan setiap 3-angka.

Perhatikan contoh berikut: 9.387.416.025.710.364

 

2. Sistem Bilangan untuk Bilangan Bulat Besar

Ayo, perhatikan bilangan: 6.441.900.000.000.000

a. Berada di nilai tempat manakah kedua angka 4 tersebut?

Jawab: Angka 4 sebelah kiri berada pada tempat 100 triliunan dan angka 4 sebelah kanan berada pada tempat 10 triliunan.

b. Berapa kali nilai 4 yang disebelah kiri dibandingkan dengan nilai 4 yang di sebelah kanannya?
Jawab: Nilai 4 sebelah kiri 10 kali lebih besar dibandingkan dengan nilai 4 yang di sebelah kanan.

Setiap bilangan bulat, berapapun besarnya bilangan itu, dapat ditulis dengan menggunakan angka-angka berikut: 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9.

  

Tulislah bilangan yang sesuai pada kotak yang disediakan, terkait bilangan 30.980.000.000.000

1). Bilangan di atas merupakan jumlah dari 30 kumpulan 1 triliun dan (….) kumpulan seratus juta.

2). Bilangan di atas merupakan jumlah dari (….) kumpulan 10 triliun, (….) kumpulan seratus miliar, dan 8 kumpulan 10 miliar.
3). Bilangan di atas merupakan jumlah dari (….) kumpulan seratus juta.

Jawaban :

a. Bilangan di atas merupakan jumlah dari 30 kumpulan 1 triliun dan (9.800) kumpulan seratus juta.

b. Bilangan di atas merupakan jumlah dari (3) kumpulan 10 triliun dan (9) kumpulan seratus miliar, dan 8 kumpulan 10 miliar
c. Bilangan di atas merupakan jumlah dari (309.800) kumpulan seratus juta.

30.980.000.000.000 dapat ditulis sebagai 30 triliun dan 980 miliar.

Pada setiap bilangan bulat, hubungan antara nilai-nilai tempat dapat dijelaskan sebagai berikut. Mengalikan bilangan dengan 10 meningkatkan nilai tempatnya ke satu tingkat lebih besar. Mengalikan bilangan dengan 1/10 , yaitu sama dengan membaginya dengan 10, akan menurunkan nilai tempatnya ke satu tingkat lebih kecil. 

Bilangan yang Lebih Besar dari 1 Triliun

Kita telah mempelajari tentang 1 triliun, 10 triliun, 100 triliun, dan 1.000 triliun. 1.000 triliun merupakan bilangan yang sangat besar. Sebagai contoh, jika kamu berhitung satu bilangan per detik, itu memerlukan waktu 30 juta tahun untuk berhitung dari 1 sampai 1.000 triliun (satu kuadriliun).

Bagaimanapun juga, ada nilai tempat yang lebih besar dari 1000 triliun dalam sistem bilangan. Suatu sistem penulisan bilangan diperkenalkan dari Cina pada abad ke-7. Berikut ini adalah beberapa penulisan bilangan tersebut. Satu, sepuluh, seratus, seribu, 10 ribu, 100 ribu, 100 juta, 1 triliun, 10 kuadriliun, 100 kuantiliun, 1 septiliun, 10 oktiliun, 100 noniliun, 1 undesiliun, 10 duodesiliun, 100 tridesiliun, dan seterusnya.

 

3. Perhitungan Bilangan Bulat Besar

Suatu perpustakaan didirikan di kota Marina tinggal. Biayanya adalah 1.200.000.000 rupiah untuk membeli lahan, dan 3.300.000.000 rupiah untuk pembangunan gedung.

1. Berapakah biaya total untuk pembagunan gedung perpustakaan dan pembelian lahannya?

Bandingkan kalimat matematika berikut ini.

A. 1.200.000.000 + 3.300.000.000

B. 1.200 juta + 3.300 juta

Jawab: 
A 1.200.000.000 + 3.300.000.000 = 4.500.000.000
B 1.200 juta + 3.300 juta = 4 miliar 500 juta
Total biaya = 4.500.000.000 atau 4 miliar 500 juta

Demikianlah Materi Mata Pelajaran MTK Kelas 4 Jenjang SD/MI khususnya pada Bab 1 tentang Bilangan Cacah Besar, semoga materi ini dapat membantu para siswa yang akan menggunakannya sebagai bahan belajar dan berlatih.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Blog ads

ADS