Berikut ini Soal Informatika Kelas 7 Bab 2 Berpikir Komputasional Sesuai dengan Kurikulum Merdeka Tahun 2022.
Soal tentang Berpikir Komputasional ini kami siapkan lengkap untuk anda lengkap dengan kunci jawaban, dimana mudah digunakan sebagai latihan dalam kegiatan belajar Informatika di Kelas 7 Bab 2.
Sahabat Guru Mata Pelajaran Informatika Jenjang SMP/MTs yang saya banggakan. Portal Edukasi ini merupakan Website Pendidikan yang menyediakan Materi Informatika Kelas 7 Sesuai dengan Kurikulum Merdeka.
Untuk Siswa/i yang sedang duduk di jenjang SMP/MTs Kelas 7 ingin belajar Materi Berpikir Komputasional, Lansung saja simak pembahasanya pada postingan ini yang juga dimanfaatkan wali murid di rumah untuk bahan latihan anaknya, guna mengevaluasi maupun mengukur sejauh mana materi Informatika Kelas 7 SMP/MTs terserap.
Soal Informatika Kelas 7 Bab 2 Kurikulum Merdeka
1. Di bawah ini pengertian dari berpikir komputational yang tepat adalah ....
a.berpikir seperti komputer
b.pemberian perintah ke sistem komputer
c.penggunaan berbagai macam teknik dan pendekatan untuk membantu menyelsaikan suatu masalah
d.penggunaan sintaks tertentu dalam menyelesaikan masalah
2. Salah satu alasan kita harus berpikir secara komputasional adalah ....
a.untuk membantu kita dalam memprogram
b.membantu kita untuk menyelesaikan masalah yang rumit dengan mudah
c.membantu kita berpikir layaknya sebuah komputer
d.meringankan beban kerja kita dalam segala hal
3. Berikut ini yang tidak termasuk dalam teknik berpikir komputational adalah ....
a.dekomposisi
b.koding
c.pengenalan pola
d.abstraksi
4. Berikut ini salah satu contoh dari berpikir komputational adalah ....
a.merencanakan rute jalan saat akan bertemu dengan teman
b.berjalan ke arah yang tidak menentu saat akan bertemu dengan teman
c.meminta bantuan saudara untuk merencanakan bertemu dengan teman
d.menyuruh teman menjemput kita di rumah kita saat akan bertemu
5. Di bawah ini yang bukan merupakan contoh dari berpikir komputasional adalah ....
a.merencanakan apa yang harus dilakukan dan kemana langkah yang tepat untuk menyelesaikan level permainan video game
b.merencanakan tentang bagaimana mengalahkan musuh dalam sebuah permainan video game
c.menyelesaikan permainan video game dengan tidak sengaja
d.mengenali musuh- musuh dalam video game dan aspek kelemahan mereka
6. Dalam berpikir komputasional, kita harus menyelesaikan masalah yang kompleks dengan langkah yang mudah. Masalah kompleks dalam berpikir komputasional diartikan sebagai ....
a.sebuah masalah yang awalnya sulit untuk diselesaikan
b.sebuah masalah yang awalnya sulit untuk dimengerti
c.sebuah masalah yang awalnya tidak mudah untuk diselesaikan atau untuk dimengerti
d.sebuah masalah yang dipandang tidak akan dapat diselesaikan dengan mudah
7. Teknik berpikir komputasional dimana teknik pemecahan masalahnya dengan cara memecah masalah- masalah menjadi bagian- bagian yang kecil adalah ....
a.dekomposisi
b.abstraksi
c.algoritma
d.pengenalan pola
8. Salah satu alasan yang mendasari dilakukannya dekomposisi dalam menyelesaikan suatu masalah adalah ....
a.membuat masalah lebih sulit untuk dipecahkan
b.mengatasi masalah dengan cara - cara yang mudah
c.mengubah masalah yang ada
d.mencari pemecahan dengan sumber yang baru
9. Di bawah ini yang termasuk contoh dari dekomposisi dalam sebuah bengkel sepeda adalah ....
a.melihat seorang teknisi memperbaiki sepeda
b.mencari kesamaan pada berbagai sepeda yang berbeda jenisnya
c.mencari tahu sistem kerja dari bagian- bagian sepeda (sparepart) penyusun sepeda
d.mencari tahu nama- nama bagian sepeda
10. Berikut ini pernyataan yang tepat tentang pemecahan masalah dengan dekomposisi adalah ....
a.dekomposisi tidak terlalu efektif dalam pemecahan masalah yang kompleks
b.dekomposisi sering kita lakukan dalam keseharian meskipun tanpa disadari
c.dekomposisi kadang dilakukan karena kita tidak membutuhkannya
d.dekomposisi tidak perlu diterapkan dalam menyelesaikan masalah
Kunci Jawaban :
1. C
2. B
3. B
4. A
5. C
6. C
7. A
8. B
9. C
10. B
Demikianlah Soal Latihan Mata Pelajaran Informatika Kelas 7 Jenjang SMP/MTs khususnya pada materi Bab 2 tentang Berpikir Komputasional, semoga latihan soal ini dapat membantu para siswa yang akan menggunakannya sebagai bahan belajar dan berlatih.