Soal PAI Kelas 4 Bab 2 Teladan Mulia Asmaulhusna

Berikut ini Soal PAI Kelas 4 Bab 2 Teladan Mulia Asmaulhusna Sesuai dengan Kurikulum Merdeka Tahun 2022.

Soal tentang Teladan Mulia Asmaulhusna ini kami siapkan lengkap untuk anda lengkap dengan kunci jawaban, dimana mudah digunakan sebagai latihan dalam kegiatan belajar PAI di Kelas 4 Bab 2.


Sahabat Guru Mata Pelajaran PAI Jenjang SD/MI yang saya banggakan. Portal Edukasi ini merupakan Website Pendidikan yang menyediakan Materi PAI Kelas 4 Sesuai dengan Kurikulum Merdeka.

Untuk Siswa/i yang sedang duduk di jenjang SD/MI Kelas 4 ingin belajar Materi Teladan Mulia Asmaulhusna, Lansung saja simak pembahasanya pada postingan ini yang juga dimanfaatkan wali murid di rumah untuk bahan latihan anaknya, guna mengevaluasi maupun mengukur sejauh mana materi PAI Kelas 4 SD/MI terserap.

Soal PAI Kelas 4 Bab 2 Kurikulum Merdeka

1. Apa maksudnya beriman kepada Allah melalui alam semesta? Jelaskan!

Jawaban:

Beriman kepada Allah melalui alam semesta ialah yakin dan percaya bahwa Allah Tuhan Pencipta alam. Allah takbisa dilihat oleh mata, namun kita bisa beriman kepada Allah melalui bukti-bukti yang tampak seperti segala sesuatu yang Allah ciptakan di alam semesta ini mulai dari tumbuhan, hewan, manusia, gunung-gunung, benda hidup, benda mati, dan sebagainya.

2. Apa maksudnya beriman kepada Allah melalui kitab suci? Jelaskan!

Jawaban:

Beriman kepada Allah melalui kitab suci yaitu yakin dan percaya bahwa Allah menurunkan Al-Qur'an sebagai wahyu, juga dengan kitab-kitab sebelumnya. Melalui Al-Qur'an kita dapat mengenal Allah SWT.

3. Apa maksudnya beriman kepada Allah melalui asma’-Nya? Jelaskan!

Jawaban:

Beriman kepada Allah melalui asma'-Nya yaitu yakin dan percaya bahwa Allah memiliki nama-nama baik yang jumlahnya ada 99 nama. Dari nama-nama-Nya kita bisa mengenal Allah.

4. Bagaimana kita bisa yakin bahwa Allah itu ada, padahal Allah tidak bisa dilihat oleh mata manusia?

Jawaban:

Walaupun Allah tidak bisa dilihat oleh mata manusia, namun kita bisa yakin bahwa Allah itu ada dengan mengenal ciptaan-Nya; sebagai buktinya, kita tidak bisa menciptakan sesuatu sedangkan Allah bisa menciptakan. Selain itu, kita bisa menyakini bahwa Allah itu ada melalui firman-Nya yang tertuang dalam Al-Qur'an.

5. Apa manfaatnya kamu mengetahui sifat Allah itu al-Basir? Jelaskan!

Jawaban:

Dengan mengetahui sifat Allah itu al-Basir, kita semakin yakin bahwa apa-apa yang kita lakukan dalam setiap waktunya selalu dilihat dan disaksikan oleh Allah SWT. Dengan begitu, kita pun meyakini bahwa setiap perbuatan yang kita lakukan di dunia ini akan ada balasannya, karena Allah menyaksikan sendiri perbuatan tersebut.

Selain itu, dengan mengetahui sifat Allah Maha Melihat, kita akan terdorong untuk tidak melakukan perbuatan-perbuatan buruk karena semata-mata takut kepada Allah SWT.

6. Apa manfaatnya kamu mengetahui sifat Allah itu al-‘Adl? Jelaskan!

Jawaban:

Dengan mengetahui sifat Allah itu al-Adl, maka kita sebagai manusia menyadari bahwa antara kita dengan orang lain itu sama di sisi Allah. Allah Maha Adil yang menciptakan manusia dengan bentuk sebaik-baiknya. Allah Maha Adil, yang tidak akan menukar rezeki hamba-Nya, Allah Maha Adil, yang tidak membeda-bedakan manusia, kecuali dari sisi takwa.

7. Apa manfaatnya kamu mengetahui sifat Allah itu al-‘Azim? Jelaskan!

Jawaban:

Dengan mengetahui sifat Allah itu al-'Azim, kita sebagai manusia bisa dijauhkan dari sifat mengagungkan diri sendiri, dijauhkan dari sifat sombong. Karena sejatinya setiap manusia itu pasti membutuhkan pertolongan orang lain, sedangkan Allah sama sekali tidak membutuhkan pertolongan.

8. Bagaimana kita bisa meyakini adanya rasul-rasul Allah? Jelaskan!

Jawaban:

Kita bisa meyakini adanya Rasul-Rasul Allah melalui adanya wahyu, karena Rasul adalah manusia pilihan yang Allah utus ke muka bumi dan diberikan wahyu, kemudian wahyu tersebut disampaikan kepada umat manusia sebagai pedoman hidup agar selamat dunia-akhirat.

9. Apa yang dimaksud dengan beriman kepada rasul-rasul Allah? Jelaskan!

Jawaban:

Beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT yaitu percaya dan yakin bahwa Rasul-rasul itu adalah utusan Allah, dan kita juga mengikuti apa yang diajarkan dan dikatakan oleh Rasul.

10. Sebutkan sepuluh nabi dan rasul yang kamu ketahui.

Jawaban:

  1. Adam AS
  2. Idris AS
  3. Nuh AS
  4. Hud AS
  5. Saleh AS
  6. Ibrahim AS
  7. Luth AS
  8. Ismail AS
  9. Ishaq AS
  10. Ya'qub AS
  11. Yusuf AS
  12. Ayyub AS
  13. Syu'aib AS
  14. Musa AS
  15. Harun AS
  16. Dzulkifli AS
  17. Daud AS
  18. Sulaiman AS
  19. Ilyas AS
  20. Ilyasa AS
  21. Yunus AS
  22. Zakaria AS
  23. Yahya AS
  24. Isa AS
  25. Muhammad SAW


Demikianlah Soal Latihan Mata Pelajaran PAI Kelas 4 Jenjang SD/MI khususnya pada materi Bab 2 tentang Teladan Mulia Asmaulhusna, semoga latihan soal ini dapat membantu para siswa yang akan menggunakannya sebagai bahan belajar dan berlatih.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Blog ads

ADS