Soal PPKn Kelas 7 Bab 1 Sejarah Kelahiran Pancasila

Berikut ini Soal PPKn Kelas 7 Bab 1 Sejarah Kelahiran Pancasila Sesuai dengan Kurikulum Merdeka Tahun 2022.

Soal tentang Sejarah Kelahiran Pancasila ini kami siapkan lengkap untuk anda lengkap dengan kunci jawaban, dimana mudah digunakan sebagai latihan dalam kegiatan belajar PPKn di Kelas 7 Bab 1.


Sahabat Guru Mata Pelajaran PPKn Jenjang SMP/MTs yang saya banggakan. Portal Edukasi ini merupakan Website Pendidikan yang menyediakan Materi PPKn Kelas 7 Sesuai dengan Kurikulum Merdeka.

Untuk Siswa/i yang sedang duduk di jenjang SMP/MTs Kelas 7 ingin belajar Materi Sejarah Kelahiran Pancasila, Lansung saja simak pembahasanya pada postingan ini yang juga dimanfaatkan wali murid di rumah untuk bahan latihan anaknya, guna mengevaluasi maupun mengukur sejauh mana materi PPKn Kelas 7 SMP/MTs terserap.

Soal PPKn Kelas 7 Bab 1 Kurikulum Merdeka

1. Salah satu bukti peninggalan purba pada masa pra aksara yang menunjukkan nilai- nilai Pancasila khususnya nilai ketuhanan adalah ….
A. lukisan goa dan patung- patung purba
B. nekara dan gong perunggu
C. patung- patung purba dan batu bertulis
D. nekara dan lukisan goa

Jawaban :B

2. Jejak- jejak peradaban lama seperti lukisan- lukisan goa di berbagai tempat di Indonesia menunjukkan perwujudan nilai Pancasila ….
A. nilai kerakyatan dan kemanusiaan
B. nilai persatuan dan keadilan
C. nilai ketuhanan dan kemanusiaan
D. nilai kemanusiaan dan persatuan

Jawaban : D

3. Patung- patung purba seperti di Lembah Bada, Sulawesi Tengah ataupun di gunung Dempo, Sumatra Selatan menunjukkan adanya jejak peradaban lama yang mencerminkan nilai ….
A. ketuhanan
B. kemanusiaan
C. persatuan
D. kerakyatan

Jawaban :B

4. Adanya prasasti batu bertulis menunjukkan pola pikir masyarakat yang sudah berkembang dan maju. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya prasasti batu bertulis yang menandakan keberadaan kerajaan pada masa lalu seperti kerajaan Hindu tertua yaitu ….
A. Tarumanegara
B. Kutai
C. Mataram Hindu
D. Kalingga

Jawaban :B

5. Ketentraman masyarakat pada masa kerajaan Kutai, Tarumanegara dan Kalingga dibuktikan dengan adanya tulisan di berbagai prasasti batu bertulis. Hal tersebut menjadi penanda bahwa pada masa kerajaan- kerajaan tersebut sudah tercermin nilai- nilai ….
A. persatuan dan keadilan
B. kerakyatan, kemanusiaan, ketuhanan
C. persatuan, kerakyatan, keadilan sosial
D. kemanusiaan dan persatuan

Jawaban :C

6. Kerajaan Sriwijaya merupakan kerajaan besar yang berkembang pada akhir abad ke-7. Kerajaan tersebut bercorak agama ….
A. Buddha
B. Hindu
C. Hindu – Buddha
D. Islam

Jawaban :A

7. Candi Borobudur sebagai candi Buddha terbesar di dunia menunjukkan adanya nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, hingga keadilan sosial yang kuat. Candi tersebut didirikan raja pada masa dinasti Syailendra yaitu ….
A. Sanjaya
B. Samaratungga
C. Rakai Pikatan
D. Rakai Panangkaran

Jawaban :B

8. Kerajaan besar nusantara yang mampu menytukan wilayah- wilayah di baik di dalam maupun luar nusantara yang meliputi wilayah Singapura, Malaysia, Brunei, Filipina, Kamboja dan Vietnam selatan adalah ….
A. kerajaan Samudra pasai
B. kerajaan Kediri
C. kerajaan Majapahit
D. kerajaan Mataram

Jawaban :C

9. Kerajaan yang membawa perkembangan sangat pesat dalam perkembangan perdagangan dan kesenian termasuk wayang sehingga dijuluki sebagai era kebangkitan nusantara oleh budayawan WS REndra adalah ….
A. kerajaan Pajang
B. kerajaan Demak
C. kerajaan Samudra Pasai
D. kerajaan Ternate

Jawaban :B

10. Kerajaan Samudra Pasai, Demak dan Ternate merupakan kerajaan- kerajaan bercorak Islam yang berhasil mengembangkan nilai- nilai Pancasila yaitu ….
A. ketuhanan dan keadilan sosial
B. kemanusiaan dan persatuan
C. kemanusiaan, persatuan, dan kerakyatan
D. ketuhanan, keadilan sosial, kemanusiaan, persatuan, dan kerakyatan

Jawaban 😀

11. Orang- orang asing dari Tiongkok, India Arab dan Eropa datang ke bumi nusantara dengan tujuan mula- mula untuk ….
A. berperang
B. berdagang
C. menyebarkan agama
D. menjajah

Jawaban :B

12. Bangsa- bangsa Eropa seperti Belanda, Inggris, Spanyol, dan Inggris datang ke Indonesia pada mulanya untuk berdagang, kemudian mulai untuk menduduki atau menjajah Indonesia. Bangsa Eropa yang pertama kali menjajah Indonesia adalah ….
A. Inggris
B. Belanda
C. Portugis
D. Spanyol

Jawaban :C

13. Perlawanan rakyat Indonesia melawan penjajah terjadi di berbagai tempat, salah satunya yang dilakukan oleh Tuanku Imam Bondjol pada perang Paderi antara tahun …..
A. 1803-1837
B. 1873 -1904
C. 1825-1830
D. 1845-1847

Jawaban :A

14. Perlawanan melawan penjajah yang dilakukan di berbagai tempat seperti di daerah Kalimantan yang dipimpin oleh ….
A. Pangeran Diponegoro
B. Pangeran Antasari
C. Pattimura
D. I Gusti Ketut Jelantik

Jawaban :B

15. Perlawanan melawan penjajah yang dilakukan di daerah Maluku dipimpin oleh ….
A. Pangeran Diponegoro
B. Pangeran Antasari
C. Pattimura
D. I Gusti Ketut Jelantik

Jawaban :C

Demikianlah Soal Latihan Mata Pelajaran PPKn Kelas 7 Jenjang SMP/MTs khususnya pada materi Bab 1 tentang Sejarah Kelahiran Pancasila, semoga latihan soal ini dapat membantu para siswa yang akan menggunakannya sebagai bahan belajar dan berlatih.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Blog ads

ADS