Soal PPKn Kelas 7 Bab 3 Kesatuan Indonesia dan Karakteristik Daerah

Berikut ini Soal PPKn Kelas 7 Bab 3 Kesatuan Indonesia dan Karakteristik Daerah Sesuai dengan Kurikulum Merdeka Tahun 2023.

Soal tentang Kesatuan Indonesia dan Karakteristik Daerah ini kami siapkan lengkap untuk anda lengkap dengan kunci jawaban, dimana mudah digunakan sebagai latihan dalam kegiatan belajar PPKn di Kelas 7 Bab 3.

Sahabat Guru Mata Pelajaran PPKn Jenjang SMP/MTs yang saya banggakan. Portal Edukasi ini merupakan Website Pendidikan yang menyediakan Materi PPKn Kelas 7 Sesuai dengan Kurikulum Merdeka.

Untuk Siswa/i yang sedang duduk di jenjang SMP/MTs Kelas 7 ingin belajar Materi Kesatuan Indonesia dan Karakteristik Daerah, Lansung saja simak pembahasanya pada postingan ini yang juga dimanfaatkan wali murid di rumah untuk bahan latihan anaknya, guna mengevaluasi maupun mengukur sejauh mana materi PPKn Kelas 7 SMP/MTs terserap.

Soal PPKn Kelas 7 Bab 3 Kurikulum Merdeka

1. Mahapatih Gajahmada pernah mengucapkan sumpah yang sangat terkenal di bawah kerajaan Majapahit yang terkenal dengan sumpah Palapa. Sumpah tersebut mengandung maksud ….
A. mempersatukan raja- raja di wilayah nusantara
B. mempersatukan kepulauan nusantara
C. memperluas daerah taklukan kerajaan Majapahit
D. memperluas koneksi perdagangan

Jawaban : B

2. Berkaitan dengan pembatasan wilayah Indonesia, Muhammad yamin mengusulkan pada sidang kedua BPUPK mencakup wilayah ….
A. Sumatra, Jawa, Bali dan Kalimantan
B. Sumatra sampai Papua, daerah Timor leste, Borneo Utara dan Malaya
C. Sumatra, Jawa, Bali dan Nusa Tenggara
D. Sumatra sampai Borneo Utara, Malaya namun tidak termasuk Papua

Jawaban : B

3. Salah satu alasan yang mendasari bahwa wilayah Papua termasuk dalam wilayah Indonesia menurut Muhammad Yamin adalah ….
A. Papua termasuk wilayah pemerintah Hindia Belanda
B. Papua merupakan satu rumpun dengan Indonesia
C. Papua pada masa lalu merupakan bagian dari kesultanan Ternate
D. Papua memiliki kesamaan geografis dengan wilayah Indonesia bagian timur

Jawaban : C

4. Ir. Soekarno berpendapat bahwa wilayah Indonesia mencakup daerah – daerah dari Sumatra sampai Papua. Hal ini didasari oleh ….
A. kesamaan wilayah geografis
B. letak astronomis wilayah- wilayah tersebut
C. landasan historis kekuasaan Majapahit yang mencakup daerah Sumatra hingga Papua
D. kesamaan pandangan dengan tokoh lain yaitu Muhammad Yamin

Jawaban : C

5. Ketua BPUPK Dr. Radjiman Wedyodiningrat dalam sidang BPUPK memberikan pilihan untuk menetapkan wilayah Indonesia. Berikut ini adalah pilihan- pilihan wilayah tersebut, kecuali ….
A. seluruh Hindia Belanda
B. seluruh Hindia Belanda ditambah Malaya, Borneo Utara, Timor, dan Papua
C. seluruh Hindia ditambah Borneo Utara
D. seluruh Hindia ditambah Malaya dan Borneo Utara

Jawaban : C

6. Prof Dr. Soepomo menyebut adanya tata negara Indonesia yang asli dalam sidang BPUPK. Hal yang termasuk dalam tata negara Indonesia yang asli adalah ….
A. pemimpin bersatu jiwa dengan rakyat
B. semangat gootng royong dan semangat kekeluargaan antargolongan rakyat
C. perwakilan dalam permusyawaratan
D. jawaban A, B benar

Jawaban : D

7. Salah satu tokoh yang berpendapat dalam sidang BPUPK berkaitan dengan pembahasan negara kesatuan yang menyebut bahwa sebaiknya negara Indonesia adalah negara federal ….
A. Drs. Moh Hatta
B. Prof Dr. Soepomo
C. Muhammad Yamin
D. Ir. Soekarno

Jawaban : A

8. Beberapa tokoh meyakini bahwa bentuk negara kesatuan dipandang lebih cocok daripada bentuk negara serikat atau federal. Hal ini dikarenakan ….
A. sesuai dengan tatanegara asli Indonesia
B. sesuai prinsip kekeluargaan
C. sesuai semangat sumpah pemuda
D. semua jawaban benar

Jawaban : D

9. Berikut ini hal- hal yang mendasari beberapa pendapat tokoh tentang negara serikat lebih tepat diterapkan di Indonesia pada sidang BPUPK, kecuali ….
A. suku dan budaya yang beragam
B. daerah lebih bebas mengatur diri sendiri
C. kondisi wilayah geografis yang mendukung
D. contoh negara- negara lain yang menerapkan negara serikat

Jawaban : C

10. Terbentuknya Negara kesatuan Republik Indonesia secara resmi disahkan pada tanggal ….
A. 17 Agustus 1945
B. 18 Agustus 1945
C. 19 Agustus 1945
D. 20 Agustus 1945

Jawaban : B

11. Sikap dan perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah adalah ….
A. belajar dengan giat
B. menaati peraturan sekolah
C. tolong menolong saat ujian
D. saling menghormati antarteman

Jawaban : D

12. Kebhinekaan atau keberagaman pada masyarakat Indonesia dapat menjadi sebuah hambatan persatuan dan kesatuan. Hal ini dikarenakan ….
A. adanya toleransi tinggi dalam kehidupan masyarakat
B. tumbuhnya perasaan kedaerahan yang berlebihan
C. solidaritas antarmasyarakat yang tinggi
D. sikap gotong royong yang masih lestari

Jawaban : B

13. Berikut ini adalah perilaku yang mencerminkan wujud kebanggaan sebagai bangsa Indonesia, kecuali ….
A. menyukai untuk berlibur keluar negeri
B. menggunakan produk dalam negeri
C. mempelajari tari-tarian tradisional
D. menerapkan nilai tata krama yang baik

Jawaban : A

14. Di bawah ini yang bukan merupakan keunggulan Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah ….
A. jumlah dan potensi penduduknya yang cukup besar
B. memiliki keanekaragaman dalam berbagai aspek kehidupan sosial
C. konsep persatuan dan kesatuan dalam berbagai aspek
D. sifat mencintai secara berlebihan terhadap suku masing- masing (sukuisme)

Jawaban : D

15. Prinsip kesatuan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia dipertegas melalui pembukaan UUD Negara Republik Indonesia alenia ….
A. pertama
B. kedua
C. ketiga
D. keempat

Jawaban : D

16. Perpindahan penduduk dari desa ke kota untuk menetap atau tinggal lama merupakan pengertian dari ….
A. urbanisasi
B. transmigrasi
C. imigrasi
D. emigrasi

Jawaban : A

17. Karakter budaya yang paling dominan di daerah Sulawesi adalah ….
A. Batak
B. Bugis
C. Sasak
D. Jawa

Jawaban : B

18. Daerah yang memiliki karakteristik mirip dengan daerah Lombok di Nusa Tenggara Barat adalah ….
A. Nusa Tenggara Timur
B. Bali
C. Sulawesi
D. Papua

Jawaban : B

19. Budaya bakar batu merupakan budaya khas ….
A. Sulawesi
B. Nusa Tenggara Timur
C. Papua
D. Bali

Jawaban : C

20. Suku Sasak merupakan salah satu suku dari daerah ….
A. Nusa Tenggara Barat
B. Bali
C. Sulawesi Tenggara
D. Kalimantan barat

Jawaban : A

21. Salah satu cara menjaga dan mempertahankan persatuan dan kesatuan di lingkungan keluarga dapat dilakukan dengan ….
A. memaksakan kehdendak terhadap anggota keluarga lain
B. menganggap pendapat sendiri paling benar
C. menghormati dan menghargai anggota keluarga lainnya
D. tidak bertegur sapa dengan anggota bila tidak sependapat

Jawaban : C

22. Ketika bermusyawarah keluarga, sikap yang harus dilakukan adalah ….
A. memaksakan kehendak pribadi untuk dilaksanakan bersama
B. mendengarkan pendapat apabila pendapat tersebut sesuai keinginan kita
C. mendengarkan dengan baik apabila anggota lainnya mengemukakan pendapat
D. tidak melaksanakan keputusan musyawarah karena dirasa tidak cocok dengan kita

Jawaban : C

23. Contoh sikap spiritual yang dapat dipupuk dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan di lingklungan keluarga adalah ….
A. makan bersama
B. beribadah bersama
C. saling membantu menjalankan tugas keluarga
D. bersikap adil terhadap anggota keluarga lain

Jawaban : B

24. Sikap yang harus dilakukan dalam menjaga persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah adalah ….
A. menaati peraturan yang ditetapkan
B. beribadah dengan tekun
C. belajar mandiri
D. membaca buku di perpustakaan

Jawaban : A

25. Membangun lingkungan sosial yang baik di sekolah dapat dilakukan dengan ….
A. mengikuti upacara bendera
B. mengikuti kegiatan – kegiatan pelajar
C. menaati peraturan sekolah
D. ikut menjaga kebersihan kelas

Jawaban : B

Demikianlah Soal Latihan Mata Pelajaran PPKn Kelas 7 Jenjang SMP/MTs khususnya pada materi Bab 3 tentang Kesatuan Indonesia dan Karakteristik Daerah, semoga latihan soal ini dapat membantu para siswa yang akan menggunakannya sebagai bahan belajar dan berlatih.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Blog ads

ADS