Soal PPKn Kelas 7 Bab 4 Kebinekaan Indonesia

Berikut ini Soal PPKn Kelas 7 Bab 4 Kebinekaan Indonesia Sesuai dengan Kurikulum Merdeka Tahun 2022.

Soal tentang Kebinekaan Indonesia ini kami siapkan lengkap untuk anda lengkap dengan kunci jawaban, dimana mudah digunakan sebagai latihan dalam kegiatan belajar PPKn di Kelas 7 Bab 4.

Sahabat Guru Mata Pelajaran PPKn Jenjang SMP/MTs yang saya banggakan. Portal Edukasi ini merupakan Website Pendidikan yang menyediakan Materi PPKn Kelas 7 Sesuai dengan Kurikulum Merdeka.

Untuk Siswa/i yang sedang duduk di jenjang SMP/MTs Kelas 7 ingin belajar Materi Kebinekaan Indonesia, Lansung saja simak pembahasanya pada postingan ini yang juga dimanfaatkan wali murid di rumah untuk bahan latihan anaknya, guna mengevaluasi maupun mengukur sejauh mana materi PPKn Kelas 7 SMP/MTs terserap.

Soal PPKn Kelas 7 Bab 4 Kurikulum Merdeka

1. Persatuan dalam keragaman masyarakat Indonesia memiliki arti penting ....
A. tercipta keamanan dalam lingkungan masyarakat
B. terwujudnya kehidupan masyarakat yang serasi, selaras, dan seimbang
C. terbentuknya aturan untuk mengatur hubungan masyarakat
D. mempererat hubungan antar suku

2. Sikap yang harus dihindari dalam mewujudkan persatuan dalam keragaman masyarakat Indonesia adalah ....
A. memandang rendah suku atau budaya lain
B. tidak menganggap suku dan budayanya paling baik
C. menerima keragaman suku bangsa sebagai kekayaan bangsa
D. mengutamakan negara daripada kepentingan daerah atau suku



3. Keragaman suku dan budaya  merupakan kekayaan bangsa yang tidak ternilai harganya. Oleh karena itu kita jangan sampai mengabaikan suku dan budaya sendiri. Langkah yang tepat untuk dilakukan dalam melestarikan suku dan budaya bangsa tersebut adalah ....
A. menerima budaya asing sebagai budaya kita juga
B. mengenalkan budaya ke anak cucu dengan membuat program dan fasilitas yang relevan. 
C. menyaring budaya asing yang masuk
D. lebih sering menggunakan budaya asing ketimbang budaya sendiri karena lebih menarik



4. Bangsa Indonesia disebut negara yang memiliki keberagaman dalam berbagai bidang. Kondisi tersebut menjadikan bangsa Indonesia disebut sebagai bangsa yang ....
A. tunggal
B. majemuk
C. terpisah
D. besar



5. Suku adalah kelompok manusia yang terikat oleh kesadaran dan jati diri mereka akan kesatuan kebudayaan mereka. Setiap suku bangsa memiliki ciri- ciri yang khas. Berikut ini termasuk aspek yang merupakan ciri- ciri yang khas dari suku bangsa adalah ....
A. bahasa, adat istiadat, dan kesenian
B. pandangan hidup, mata pencaharian, dan agama
C. ciri fisik, keturunan, dan mata pencaharian
D. keyakinan masyarakat, keturunan dan pandangan hidup



6. Salah satu hal yang harus dipupuk dalam membina sikap saling hormat menghormati dalam kehidupan beragama adalah ....
A. bersifat reaktif dan menyerang
B. toleransi antarumat beragama
C. tolong menolong hanya bagi yang seagama saja
D. suka berdebat dan memaksakan pendapat orang lain



7. Sikap yang harus dihindari dalam keberagaman ras agar tidak terjadi konflik di dalam masyarakat adalah ....
A. toleransi
B. tenggang rasa
C. diskriminasi
D. kedudukan yang sama

8. Berikut ini adalah akibat yang ditimbulkan oleh sikap diskriminasi terhadap ras tertentu, kecuali ....
A. tidak tercapainya hubungan yang serasi, selaras dan seimbang antar sesama manusia
B. kesulitan dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia
C. tercapainya tujuan nasional Negara Kesatuan republik Indonesia
D. terjadi pelanggaran hak asasi manusia



9. Menganggap suku bangsa sendiri lebih maju, unggul, dan baik disebut sifat ....
A. ekstrimisme
B. primordialisme
C. chauvinisme
D. sekularisme



10. Salah satu contoh bentuk toleransi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara adalah ....
A. tidak mau bergaul dan berbaur dengan suku lain
B. perasaan senasib sepenanggungan
C. kepentingan pribadi lebih penting daripada kepentingan golongan
D. menganggap suku sendiri lebih baik daripada suku lainnya



11. Contoh perilaku toleran dapat tercermin dari perilaku berikut ini, kecuali ....
A. menghormati umat lain yang sedang mengerjakan ibadah agamanya
B. memberi kesempatan umat lain untuk menjalankan ibadah agamanya
C. berusaha mempelajari ajaran agama lain
D. membantu teman yang tertimpa musibah tanpa memandang keyakinan mereka



12. Perilaku toleran dalam berbagai aspek kehidupan dapat memperkuat ....
A. integrasi bangsa
B. disintegrasi bangsa
C. sifat rasisme
D. rasa kedaerahan



13. Perilaku yang dapat dilakukan untuk menyikapi keberadaan ras dan suku di Indonesia adalah ....
A. memandang rendah ras orang lain
B. menonjolkan perbedaan ras
C. mengutamakan kepentingan negara daripada kepentingan ras masing- masing
D. bersikap bahwa setiap ras memiliki harkat dan martabat yang berbeda


14. Berikut ini adalah manfaat penanaman sikap toleransi dalam keberagaman bangsa Indonesia kecuali ....
A. terciptanya kehidupan masyarakat yang tenteram
B. terwujudnya persatuan bangsa
C. terciptanya kelompok dan golongan baru dalam masyarakat
D. kemudahan dalam mewujudkan tujuan nasional 



15. Saat pemeluk agama lain menjalankan ibadah agamanya, hal yang patut dilakukan adalah ....
A. ikut serta menjalankan ibadah agama mereka
B. membuat keramaian disekitar tempat ibadahnya
C. mengganggu mereka agar tidak khusuk menjalankan ibadahnya
D. bersikap tenang dan tidak membuat gaduh 



16. Kekayaan bangsa Indonesia akan nampak dari keanekaragaman budaya daerahnya. Berikut ini adalah ciri khas budaya yang dimiliki suatu daerah, kecuali ....
A. alat musik tradisional
B. rumah adat
C. bahasa nasional
D. makanan tradisional



17. Laki- laki dan perempuan memiliki hak yang sama dalam jabatan tertentu dalam sebuah pekerjaan. hal tersebut merupakan bentuk harmoni keberagaman ....
A. gender
B. ekonomi
C. agama
D. hak



18. Di bawah ini yang bukan termasuk contoh kesetaraan keberagaman gender dalam masyarakat adalah ....
A. adanya emansipasi wanita
B. perlakuan yang berbeda bagi pria dan wanita dalam ruang publik
C. wanita berhak mendapatkan pendidikan yang tinggi
D. tidak ada kesenjangan di lingkungan pekerjaaan antara wanita dan pria 



19. Kegiatan yang dapat dilakukan oleh pemerintah dalam mengurangi ketidakadilan gender di masyarakat yang diskriminatif adalah dalam bidang....
A. pendidikan
B. sosialisasi
C. penyuluhan
D. kegiatan rohani

20. Dalam pemilihan ketua OSIS, baik calon yang berjenis kelamin laki- laki maupun perempuan memiliki hak yang sama. Hal tersebut merupakan  contoh dari ....
A. ketimpangan gender 
B. ketidakadilan gender
C. pemenuhan kesetaraan gender
D. pemaksaan aturan pemilihan

Demikianlah Soal Latihan Mata Pelajaran PPKn Kelas 7 Jenjang SMP/MTs khususnya pada materi Bab 4 tentang Kebinekaan Indonesia, semoga latihan soal ini dapat membantu para siswa yang akan menggunakannya sebagai bahan belajar dan berlatih.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Blog ads

ADS