Soal PPKn Kelas 7 Bab 6 Bekerja Sama dan Bergotong Royong

Berikut ini Soal PPKn Kelas 7 Bab 6 Bekerja Sama dan Bergotong Royong Sesuai dengan Kurikulum Merdeka Tahun 2022.

Soal tentang Bekerja Sama dan Bergotong Royong ini kami siapkan lengkap untuk anda lengkap dengan kunci jawaban, dimana mudah digunakan sebagai latihan dalam kegiatan belajar PPKn di Kelas 7 Bab 6.

Sahabat Guru Mata Pelajaran PPKn Jenjang SMP/MTs yang saya banggakan. Portal Edukasi ini merupakan Website Pendidikan yang menyediakan Materi PPKn Kelas 7 Sesuai dengan Kurikulum Merdeka.

Untuk Siswa/i yang sedang duduk di jenjang SMP/MTs Kelas 7 ingin belajar Materi Bekerja Sama dan Bergotong Royong, Lansung saja simak pembahasanya pada postingan ini yang juga dimanfaatkan wali murid di rumah untuk bahan latihan anaknya, guna mengevaluasi maupun mengukur sejauh mana materi PPKn Kelas 7 SMP/MTs terserap.

Soal PPKn Kelas 7 Bab 6 Kurikulum Merdeka Bekerja Sama dan Bergotong Royong

1. Manusia merupakan makhluk hidup yang selalu berinteraksi dengan sesama, tidak dapat hidup sendiri, dan sangat membutuhkan peran orang lain. Hal inilah menguatkan bahwa manusia adalah sebagai makhluk ....
A. individualis
B. sosial
C. pribadi
D. humanis


2. Suatu bentuk interaksi sosial antara perseorangan atau kelompok manusia untuk mencapai satu atau beberapa tujuan bersama merupakan definisi dari ....
A. gotong royong
B. musyawarah
C. kerja sama
D. koalisi



3. Salah satu manfaat dari kerja sama yang dilakukan dalam mencapai tujuan bersama adalah terwujudnya ....
A. pertikaian
B. kebersamaan
C. persaingan
D. kebencian



4. Salah satu bentuk kerja sama yang merupakan ciri khas bangsa Indonesia yang dilakukan sebagai solidaritas sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat adalah ....
A. gotong royong
B. siskamling
C. musyawarah
D. ronda malam



5. Berikut ini adalah merupakan faktor pendorong adanya kerja sama, kecuali ....
A. adanya tantangan bersama
B. pekerjaan yang memerlukan tenaga bersama
C. memperoleh keuntungan sepihak
D. menghindari persaingan bebas



6. Contoh kerja sama yang dilakukan semata- mata untuk meringankan beban penderitaan orang lain  dengan tanpa pamrih adalah ....
A. mengumpulkan dana untuk korban bencana banjir
B. membela tanah air dari ancaman dan gangguan negara lain
C. menyelesaikan tugas kelompok
D. menjaga kemanan dan ketertiban bersama



7. Di bawah ini yang bukan merupakan tujuan kerja sama adalah ....
A. sikap saling menghargai satu sama lain
B. memunculkan sikap toleransi
C. mencapai tujuan bersama
D. terbentuknya peraturan baru yang mengikat masyarakat


8. Perilaku yang harus dihindari dalam prinsip kerja sama adalah ....
A. sikap saling menghargai
B. toleransi antar masyarakat
C. mementingkan diri sendiri
D. sikap sukarela dan tanpa mengharap imbalan apapun



9. Contoh bentuk kerjasama yang dilakukan di lingkungan sekolah adalah ....
A. kerjasama saat mengerjakan ulangan
B. mengerjakan tugas pribadi
C. melaksanakan piket kelas
D. membayar uang sekolah



10. Hasil dan tujuan yang baik akan dapat terlaksana melalui kerjasama bila setiap pihak yang terlibat dalam kerjasama tersebut ....
A. mementingkan diri sendiri
B. bersilang pendapat
C. acuh tak acuh
D. peduli satu sama lain



11. Wujud kerjasama atau gotong royong dalam membangun perekonomian Indonesia yang sesuai dengan pasal 33 UUD 1945 adalah ....
A. perseroan
B. korporasi
C. perusahaan swasta
D. koperasi



12. Di daerah Jawa Tengah, kerja sama disebut dengan istilah ....
A. Marsiadapari
B. Mapalus
C. Gugur gunung
D. Rereongan



13. Orang Bali mengenal kerja sama disebut dengan sebutan ....
A. Marsiadapari
B. Mapalus
C. Ngayah
D. Rereongan


14. Orang Batak menyebut gotong royong dengan istilah ....
A. Marsiadapari
B. Mapalus
C. Ngayah
D. Rereongan



15. Kebiasaan warga Sunda secara bersama mengumpulkan sejumlah dana, bisa juga bersifat iuran, sebagai dana cadangan masyarakat disebut ....
A. Rereongan sarumpi
B. Ngayah
C. Mapalus
D. Marsiadapari



16. Dalam kerjasama, setiap orang akan mengerti bahwa di balik kekurangan masing-masing, setiap orang ternyata selalu memiliki kelebihan. Oleh karenanya kegiatan kerja sama dan gotong royong harus dibangun dengan nilai ....
A. saling membela
B. saling menghargai
C. saling mencela
D. saling mendebat



17. Dalam kerja sama dan gotong royong tidak boleh ada pihak yang diuntungkan dan dirugikan. Dari hal tersebut, semangat yang dapat diambil dari kerja sama dan gotong royong adalah ....
A. kemandirian
B. kebersamaan
C. individual 
D. kekuatan



18. Olah hati merupakan karakter yang mencitrakan ....
A. ketelitian
B. penuh pertimbangan 
C. cinta damai
D. disiplin



19. Menurut konsep karakter holistik, olah hati dapat disebut sebagai karakter ....
A. hijau
B. biru
C. kuning
D. merah


20. Olah Pikir merupakan karakter yang menyatakan ....
A. komunikatif
B. penuh pertimbangan 
C. cinta damai
D. teguh



21. Menurut konsep karakter holistik, olah oikir dapat disebut sebagai karakter ....
A. hijau
B. biru
C. kuning
D. merah 



22. Olah Raga merupakan karakter yang merepresentasikan sikap ....
A. komunikatif
B. teliti
C. kreatif
D. disiplin



23. Menurut konsep karakter holistik, olah Raga dapat disebut sebagai karakter ....
A. hijau
B. biru
C. kuning
D. merah 



24. Olah rasa dan karsa merupakan karakter yang sifatnya ....
A. komunikatif
B. teliti
C. tekun
D. disiplin



25. Menurut konsep karakter holistik, olah Rasa dan Karsa dapat disebut sebagai karakter ....
A. hijau
B. biru
C. kuning
D. merah 


Demikianlah Soal Latihan Mata Pelajaran PPKn Kelas 7 Jenjang SMP/MTs khususnya pada materi Bab 6 tentang Bekerja Sama dan Bergotong Royong, semoga latihan soal ini dapat membantu para siswa yang akan menggunakannya sebagai bahan belajar dan berlatih.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Blog ads

ADS