Materi PAI Kelas 4 Kurikulum Merdeka Bab 6 Mari Mengaji dan Mengkaji Q.S. At-Tīn dan Hadis tentang Silaturahmi

Rangkuman Materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 4 SD Semester 2 Kurikulum Merdeka Bab 6 Mari Mengaji dan Mengkaji Q.S. At-Tīn dan Hadis tentang Silaturahmi



1. Surah at-Tīn adalah surah ke-95 dalam Al-Qur’an terdiri atas 8 ayat.

2. Surah at-Tīn termasuk surah Makkiyah atau surah yang diturunkan ketika Rasul saw. berada di periode Mekkah atau sebelum hijrah. 

3. Nama at-Tīn diambil dari kata pada ayat pertama surah yang berarti buah tin

4. Penjelasan Q.S at Tin
a. ayat 1 -3
- Buah Tin dan Zaitun banyak tumbuh di Syam (sekarang negara Palestina, Suriah, Yordania dan Lebanon) dan Baitul Maqdis (Yerusalem Palestina) tempat dimana para nabi diutus, yaitu Nabi Isa a.s., Gunung Sinai di Mesir adalah tempat Nabi Musa a.s.  bermunajat dan Makkah adalah tempat kelahiran dan pengutusan Nabi Muhammad saw.
- Nabi Isa a.s, Nabi Musa a.s, dan Nabi Muhammad saw memiliki misi yang sama yaitu mengajak manusia menuju tauhid atau mengesakan Allah

b. ayat 4
- Allah telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya, jauh lebih sempurna daripada hewan. 
- Allah juga membekali manusia dengan akal dan sifat-sifat yang unggul
- Allah memberikan amanat kepada manusia sebagai pemimpin di bumi yang bertugas untuk melestarikan bumi.

c. ayat 5
- Manusia akan dikembalikan ke tempat yang serendah-rendahnya, yaitu ke neraka apabila berbuat durhaka kepada Allah swt
- Jika berbuat durhaka, Tubuh manusia yang sempurna tidak akan dapat menyelamatkan manusia dari adzab Allah swt 

d. ayat 6
- Orang-orang yang benar-benar beriman dan mengerjakan kebajikan akan dibalas dengan pahala yang tidak ada putus-putusnya dan diselamatkan dari neraka.

e. ayat 7
- Allah swt menciptakan manusia dengan bentuk yang sempurna yang merupakan bukti yang paling jelas tentang kekuasaan Allah.
- Allah swt Mahakuasa untuk membangkitkan manusia dari kematian jadi tidak ada alasan untuk manusia untuk mendustakan tentang hari pembalasan yaitu hari kiamat setelah adanya keterangan- keterangan yang jelas tersebut

f. ayat 8
- Allah swt Maha Adil. Allah swt telah menurunkan aturan syariat. - Allah swt akan memberi putusan dengan adil yaitu memberi pahala kepada orang yang taat dan menghukum orang yang bersalah.

5. Silaturahmi artinya tali persahabatan atau persaudaraan

6. Hadis Silaturahmi

Artinya :
Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maka hendaklah mempererat silaturahmi (Muttafaq ‘Alaih dari Abu Hurairah r.a.).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Blog ads

ADS