Materi PAIBP Kelas 4 Kurikulum Merdeka Bab 7 Beriman Kepada Rasul- Rasul Allah

Rangkuman Materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 4 SD Semester 2 Kurikulum Merdeka Bab 7 Beriman Kepada Rasul- Rasul Allah 



1. Iman artinya percaya. Iman kepada rasul-rasul Allah berarti kalian percaya bahwa Allah mengutus rasul-rasul-Nya sebagai teladan dan contoh bagi manusia.

2. Allah mengangkat seseorang menjadi rasul, karena memiliki empat sifat yang baik yaitu sidik, tablig, amanah, dan fatanah
a. Sidik artinya berucap dan bertingkah laku yang benar. Rasul tidak pernah berbohong (kizib).
b. Tablig artinya menyampaikan seluruh wahyu kepada umatnya dan tidak menyembunyikannya sedikit pun (kitman).
c. Amanah artinya dapat dipercaya. Rasul tidak mengkhianati manusia dalam sikap atau titipan yang diamanatkan kepada-Nya.
d. Fatanah artinya cerdas. Rasul  memahami dengan baik apa yang diwahyukan kepadanya dan beliau tidak pernah salah paham (baladah).

3. Jumlah Nabi dan Rasul
- Salah seorang sahabat bernama Abu Żar r.a. yang bertanya kepada Nabi Muhammad saw., “Berapa banyak nabi dan rasul?” Nabi Muhammad saw. menjawab, “Ada seratus dua puluh empat ribu nabi dan tiga ratus tiga belas rasul.”
- Allah Swt. berfirman dalam al-Qur’an, “Dan sungguh, Kami telah mengutus beberapa rasul sebelum engkau (Muhammad), di antara mereka ada yang Kami ceritakan kepadamu dan di antaranya ada (pula) yang tidak Kami ceritakan kepadamu.” (Q.S. Gafir/40: 78). 
- Rasul yang wajib diimani ada 25. Nama-nama rasul ini diceritakan dalam Al-Qur’an.

4. Nabi adalah lelaki pilihan Allah Swt. yang dikarunia wahyu oleh Allah untuk dirinya sendiri dan tidak wajib menyampaikan kepada orang lain. 

5. Rasul adalah lelaki pilihan Allah Swt. yang dikarunia wahyu oleh Allah untuk dirinya sendiri dan wajib menyampaikan kepada orang lain. 

6. Tugas Rasul
- Rasul diutus dengan tugas menyampaikan pesan berupa kabar gembira dan  kabar buruk. Kabar gembira bagi siapa pun yang beriman dan beramal saleh. Kabar buruk berupa peringatan agar menghindarkan diri dari amal buruk. 
- Rasul diutus untuk menyempurnakan akhlak manusia. Rasulullah saw. bersabda: ”Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak manusia.” (H.R. al-Bukhari dan Muslim).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Blog ads

ADS