Materi Kurikulum Merdeka Informatika Kelas 7 Bab 4 Sistem Komputer

Berikut ini Materi Kurikulum Merdeka Informatika Kelas 7 Bab 4 Sistem Komputer Sesuai dengan Buku Terbitan Kemdikbudristek Tahun 2023.

Pada tahun 2022 penerapan kurikulum merdeka mulai diterapkan pada satuan pendidikan yang mengikuti program Sekolah Penggerak dan Sekolah yang melaksanakan secara mandiri.

Kurikulum merdeka bertujuan memberikan pembaharuan guna meningkatkan kualitas pembelajaran yang telah dilaksanakan dari kurikulum sebelumnya. Misalnya seperti Materi Informatika Kelas 7 Bab 4 Sistem Komputer ini.

Kurikulum merdeka belajar memberikan kemerdekaan pada sekolah untuk merancang proses serta materi pembelajaran yang relevan dan kontekstual perubahan dalam kurikulum merdeka ini dengan aspek yang berubah dari kurikulum sebelumnya. Contoh Materi Kurikulum Merdeka Informatika Kelas 7 Bab 4 Sistem Komputer berikut ini sudah Kami Siapkan.

Materi Informatika Kurikulum Merdeka ini disusun berdasarkan struktur Kurikulum merdeka sesuai jenjang SMP/MTs Kelas 7 Bab 4

Materi Informatika Kelas 7 Bab 4 Kurikulum Merdeka Sistem Komputer

1. Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer yang terhubung dalam jaringan

2. Komputer pada jaringan komputer terhubung dengan menggunakan media kabel, fiber optik, atau media tanpa kabel (wireless)

3. Beberapa tipe jaringan komputer adalah  
- Local Area Network (LAN);  jaringan komputer lokal pada ruangan terbatas, seperti rumah, ruang tertentu, dan lainnya
- Corporate Area Network (CAN); jaringan komputer yang terbatas pada perusahaan tertentu, yang bisa terdiri atas beberapa LAN
- Metropolitan Area Network (MAN);  jaringan komputer pada area kota metropolitan
- Wide Area Network (WAN); jaringan komputer yang lebih luas dari metropolitan dengan jaringan yang lebih handal

4. Internet dikenal pada tahun 1849 dengan istilah internetted yang berarti interconnected. 

5. Internet pada masa kini mengacu pada sistem jaringan komputer global yang digunakan untuk berkomunikasi antarperangkat komputer maupun antarjaringan komputer menggunakan protokol TCP/ IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). TCP/IP merupakan protokol pertukaran paket data yang digunakan di internet. Sementara  Istilah “protokol” ini mengacu pada sekumpulan aturan yang mengatur bagaimana sebuah peranti berkomunikasi dalam suatu jaringan internet.

6. World Wide Web yang sering disebut sebagai “web” atau situs web adalah sistem informasi/aplikasi yang dapat diakses menggunakan internet.

7. Web diakses oleh pengguna menggunakan perangkat lunak yang disebut peramban web dengan menuliskan alamat web yang disebut Uniform Resource Locators (URL,, https://www.ahzaa.net/)

8. Web atau situs web memiliki halaman- halaman web (web page) yang berisi data dan informasi yang tersimpan di web server dalam bentuk hyper text markup language (html) file.

9. Interaksi dan transaksi secara elektronik
a. Electronic Mail (Email) atau dalam bahasa Indonesia disebut surat elektronik (surel) adalah aplikasi yang memungkinkan para pengguna internet untuk saling berkirim surat/pesan melalui internet.
b. Electronic Mail (Email) atau dalam bahasa Indonesia disebut surat elektronik adalah aplikasi yang memungkinkan para pengguna internet untuk saling berkirim surat/pesan melalui internet. 
c. Electronic Learning (e-Learning) merupakan sebagai sebuah bentuk penerapan teknologi informasi di bidang pendidikan dalam bentuk sekolah secara virtual (maya).
d. e-Commerce adalah aktivitas penjualan, pembelian, pemasaran produk (barang dan jasa), dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi seperti internet dan jaringan komputer.
e. e-government atau e-govt adalah suatu upaya untuk adalah aplikasi perangkat lunak mengembangkan penyelenggaraan pemerintahan yang berbasis elektronik.

10. Wireless LAN (WLAN) adalah jaringan komputer lokal nirkabel yang menghubungkan dua atau lebih perangkat menggunakan komunikasi nirkabel untuk membentuk jaringan area lokal (LAN) dalam area terbatas, seperti rumah, sekolah, laboratorium komputer, kampus, atau gedung kantor. 

11. Wi-Fi sering disebut Wireless Fidelity  merupakan istilah umum yang mengacu pada standar komunikasi untuk jaringan nirkabel.

12. Tethering atau Phone-as-modem (PAM) adalah berbagi koneksi internet perangkat seluler (smartphone, tablet, dan lainnya) dengan komputer/ perangkat seluler lain.

13. Enkripsi adalah suatu metode yang mengodekan data sedemikian rupa sehingga tidak dapat dibaca sebelum dikembalikan ke bentuk aslinya (didecrypt).

Demikianlah Materi Mata Pelajaran Informatika Kelas 7 Jenjang SMP/MTs khususnya pada Bab 4 tentang Sistem Komputer, semoga materi ini dapat membantu para siswa yang akan menggunakannya sebagai bahan belajar dan berlatih.


Materi Kurikulum Merdeka Informatika Kelas 7 Bab 4

1. Komputer (computer) adalah kata dari bahasa Inggris to compute yang artinya menghitung. Komputer saat ini dimaknai sebagai sebuah peranti elektronik yang dapat menerima data masukan (input)/perintah, memproses (process) data masukan tersebut, memproduksi keluaran (output), dan menyimpan data dalam penyimpanan sekunder (secondary storage)

2. Komputer berkembang menjadi sistem komputer yang merupakan kombinasi dari perangkat keras dan perangkat lunak yang mampu melakukan pekerjaan tertentu. 

3. Perangkat keras adalah perangkat komputer yang memiliki wujud fisik yang nyata, dapat disentuh atau dipindahkan, yang dapat berguna sebagai perangkat masukan (input), keluaran (output), pemroses (processor), memori dan penyimpan (storage). 
a. Perangkat Masukan (Input Devices), merupakan peranti yang mengirimkan data ke komputer untuk diolah. Contoh : Mouse, keyboard, scanner, joystick, microphone, barcode reader

b. Pemroses
Pemroses akan menerima data atau perintah untuk kemudian diproses oleh komputer
(1) Unit Pusat Pemrosesan (Central Processing Unit), merupakan bagian utama dari komputer yang bertugas untuk melaksanakan keseluruhan operasi yang dilakukan oleh komputer seperti operasi aritmatika, logika, pengendalian, dan input/ output dasar. 
Jenis CPU : 
- register
- unit kendali/ Control Unit (CU)
- unit logika aritmatika/ Arithmetic-Logic Unit (ALU)

(2) Random Access Memory (RAM) dan Read Only Memory (ROM)
- RAM adalah jenis memori sangat cepat yang di gunakan untuk menyimpan data sementara saat kom puter memproses data atau mengeksekusi perintah
- ROM adalah memori pada komputer yang digunakan untuk menyimpan instruksi yang ditulis oleh produsen komputer untuk proses booting

c. Alat Output (Output Devices)
Peranti keluaran adalah peralatan yang menyajikan informasi dari komputer yang bisa berupa tampilan di layar monitor, gambar tercetak, suara yang dihasilkan oleh speaker, dan lainnya
Contoh : Layar Monitor, printer, speaker

d. Peranti Penyimpanan Sekunder (Secondary Storage Device)
Peranti penyimpanan sekunder adalah tempat penyimpanan data elektronis yang bersifat permanen.
Contoh : 
Hard Disk Drive (HDD), merupakan media penyimpanan data dalam lapisan magnet pada piringan bulat (cakram) disk tipis. Komponen pada Hard Disk mencakup Piringan logam (platter sebagai tempat penyimpan data dengan lapisan bahan magnet, Head baca tulis untuk proses baca tulis dan rangkaian elektronik pada PCB yang terdiri atas DSP untuk memperoses sinyal digital, memori chip, konektor serta spindle dan actuator arm monitor
Solid State Drive (SSD), peranti penyimpanan data dengan solid-state yang menggunakan lash memory
Kelebihan SSD adalah lebih tahan terhadap guncangan fisik, beroperasi tanpa menimbulkan suara, dan memiliki waktu akses yang lebih cepat serta latensi (keterlambatan) yang lebih rendah
Flash Drive, alat penyimpan data secara permanen yang portabel
Compact Disk, merupakan format penyimpanan data cakram optik digital sebagai penyimpanan data.
Memory Card (SD Card), media penyimpanan yang hampir sama dengan hard disk pada komputer namun seringkali digunakan pada piranti portabel seperti smartphone, kamera digital dan tablet.
Cloud storage, merupakan metode penyimpanan data di sejumlah server yang dikelola pihak penyedia layanan internet, atau Internet Service Provider (ISP). Cloud storage memiliki kelebihan dibanding media penyimpanan lain karena data dapat diakses menggunakan peranti apapun dan dimanapun, asalkan terkoneksi dengan internet, pengguna dapat berbagi (sharing) data dis erver ke pihak- pihak lain dengan cepat dan mudah serta penyedia layanan dapat memberikan jaminan keamanan dan keutuhan data. 
Contoh penyedia cloud storage adalah pCLoud, Dropbox, Google Drive, tresorit, sync.com

4. Peranti lainnya
a. Motherboard/Mainboard, merupakan papan sirkuit utama yang menghubungkan peranti-peranti pada komputer seperti tempat untuk memasang processor, memori, harddisk, dan komponen lainnya.
b. VGA (Video Graphic Array) Card, merupakan peranti komputer yang berfungsi untuk memproses keluaran dari CPU untuk ditampilkan ke layar monitor.
c. Sound Card, merupakan alat yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal suara ke speaker.  
d. Graphical Processing Unit (GPU), merupakan sirkuit elektronik khusus yang dirancang untuk mempercepat pembuatan gambar keluaran ke peranti tampilan komputer 

5. Perangkat Lunak
- Perangkat lunak merupakan kumpulan instruksi dan data yang dikerjakan oleh komputer
- Perangkat lunak merupakan penghubung antara pengguna dan
komputer sebagai perangkat keras
- Perangkat lunak berisi perintah dari pengguna, dan perangkat keras yang akan melaksanakan perintah tersebut secara nyata

6. Penggolongan perangkat lunak berdasar lisensinya,
a. Freeware, artinya software tersebut gratis untuk digunakan, tanpa batasan jumlah dan waktu pemakaian, tetapi source code yang ada tidak bisa dilihat dan tidak boleh dimodiikasi.
Contoh :
Avira, CCleaner, Smadav, Winamp, LibreOffice Writer

b. Shareware, artinya software tersebut dapat diunduh dan digunakan pengguna hanya untuk dicoba sementara hingga batasan waktu tertentu. 
Contoh :
Corel Draw, Microsoft Oice, IDM (Internet Download Manager), Wondershare Filmora, Norton Antivirus

c. Adware, artinya software tersebut gratis, tetapi ada iklan yang muncul ketika dijalankan
Contoh :
Addon Windows Live Manager

d. Commercial/Proprietary Software, artinya software yang dibuat dengan tujuan untuk dijual dan berbayar kepada pengembang software.
Contoh :
Microsoft Windows, Adobe Photoshop,
Adobe Flash, Kaspersky

7. Penggolongan software berdasar fungsinya
a. Sistem Operasi (Operating System)
(1) Sistem Operasi merupakan perangkat lunak utama yang memungkinkan komputer dapat beroperasi.
(2) Sistem operasi sering disebut perangkat lunak sistem, yang merupakan perangkat lunak pertama yang dijalankan pada saat komputer dinyalakan
(3) Fungsi sistem operasi
- manajemen proses, mencakup penyiap an, penjadwalan, dan pemantauan proses (program) yang sedang dijalankan pada komputer 
- Manajemen sumber daya: berkaitan dengan pengendalian penggunaan sumber daya komputer yang sedang dipakai oleh perangkat lunak sistem maupun perangkat lunak aplikasi lain yang sedang berjalan
- Manajemen data berupa pengendalian terhadap data masukan dan keluaran, termasuk dalam hal pengalokasian dalam piranti penyimpanan sekunder maupun dalam memori utama
Contoh sistem operasi : 
Dekstop ; Microsoft Windows, MacOS dari Apple Inc, Linux (Debian, Fedora, Ubuntu)
Smartphone dan tablet ; Android, dan Apple iOS

b. Program Aplikasi
Program Aplikasi merupakan perangkat lunak siap pakai yang di gunakan untuk membantu melaksanakan pekerjaan penggunanya 
 
8. Penggolongan software berdasar sumbernya
a. Open Source Software adalah perangkat lunak yang kode sumbernya sudah dibuka ke publik,  sehingga bisa dimodiikasi dan didistribusikan atau dipublikasikan hasil modiikasinya dengan syarat-syarat tertentu
Contoh :
Audacity, XAMPP, Linux, Notepad++, Android

b. Closed Source Software atau proprietary software adalah perangkat lunak atau software yang ada secara publik, tetapi tanpa diberikan source codenya.
Contoh :
Microsoft Windows, Adobe Photoshop, CorelDraw

9. Interaksi antarperangkat memungkinkan komunikasi atau interaksi dua perangkat elektronik. 
a. Bluetooth
Bluetooth merupakan standar teknologi tanpa kabel (nirkabel) yang digunakan untuk bertukar data antara perangkat tetap dan seluler dalam jarak dekat menggunakan gelombang radio Ultra High Frequency (UHF) dari 2,402 GHz hingga 2,480 GHz, dan dapat digunakan untuk membangun jaringan area pribadi (PAN). Bluetooth dapat menghubungkan laptop dan ponsel, ponsel dan headphones, ponsel dan televisi

b. Tethering
koneksi peranti seluler dengan peranti lain menggunakan sistem WLAN/ Wi-Fi dari peranti telepon sebagai modem. Tethering dapat dilakukan melalui WLAN, sehingga tercipta hotspot seluler, yang memungkinkan peranti telepon berfungsi sebagai router portabel

10. Sistem bilangan biner memainkan peran penting pada komputer karena bilangan biner ini adalah representasi semua jenis informasi yang disimpan di komputer. 


Materi Informatika Kelas 7 Bab 4 Sistem Komputer

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Blog ads

ADS