Materi Kurikulum Merdeka PAI Kelas 4 Bab 2 Teladan Mulia Asmaulhusna

Berikut ini Materi Kurikulum Merdeka PAI Kelas 4 Bab 2 Teladan Mulia Asmaulhusna Sesuai dengan Buku Terbitan Kemdikbudristek Tahun 2022.

Pada tahun 2022 penerapan kurikulum merdeka mulai diterapkan pada satuan pendidikan yang mengikuti program Sekolah Penggerak dan Sekolah yang melaksanakan secara mandiri.

Kurikulum merdeka bertujuan memberikan pembaharuan guna meningkatkan kualitas pembelajaran yang telah dilaksanakan dari kurikulum sebelumnya. Misalnya seperti Materi PAI Kelas 4 Bab 2 Teladan Mulia Asmaulhusna ini.

Kurikulum merdeka belajar memberikan kemerdekaan pada sekolah untuk merancang proses serta materi pembelajaran yang relevan dan kontekstual perubahan dalam kurikulum merdeka ini dengan aspek yang berubah dari kurikulum sebelumnya. Contoh Materi Kurikulum Merdeka PAI Kelas 4 Bab 2 Teladan Mulia Asmaulhusna berikut ini sudah Kami Siapkan.

Materi PAI Kurikulum Merdeka ini disusun berdasarkan struktur Kurikulum merdeka sesuai jenjang SD/MI Kelas 4 Bab 2

Materi PAI Kelas 4 Bab 2 Kurikulum Merdeka

Arti Asmaulhusna (Al-Mālik, Al-‘Azīz, Al-Quddūs, As-Salām dan Al-Mu’min)

Al-Mālik

Al-Mālik adalah salah satu nama Allah Swt yang agung. Al-Mālik berarti Maharaja, Penguasa atas semua makhluk-Nya. Allah Swt. sendiri yang mengatur segala urusan mahkluk, karena hanya Allah Swt yang Mahakaya dan Pemberi rezeki. Dia yang menguasai serta mengatur kehidupan dan kematian semua makhluk.

Al-‘Azīz

Al-‘Azīz adalah nama yang mencerminkan kemuliaan dan kebesaran zat-Nya. Allah Swt mempunyai kedudukan yang Mahatinggi. Dia pemilik tunggal segala kemuliaan dan Dia yang memberikan kemuliaan kepada siapa saja yang dikehendaki.


Al-Quddūs

Al-Quddūs memiliki arti bahwa Allah Swt adalah Zat yang tersucikan dari segala macam kekurangan. Allah Swt. adalah satu-satunya sembahan bagi semua makhluk. Al-Quddūs juga menunjukkan bahwa Allah Swt. Mahasuci dari keserupaan makhluk dengan-Nya dan Mahasuci dari adanya sesuatu yang menyerupai-Nya.

As-Salām

As-Salām berarti Allah Swt. Mahasejahtera dan Maha menyelamatkan. Makna yang terkandung dalam Asmaulhusna ini adalah Dia selamat dari segala aib maupun kekurangan karena kesempurnaan Zat, sifat dan perbuatan-Nya. Allah Swt. pemberi keselamatan pada hamba-hamba-Nya.

As-Salām juga mencerminkan sebuah kasih sayang dan kedamaian. Allah Swt. adalah Tuhan yang selalu mengayomi serta memberikan rasa damai bagi hamba-Nya. Kedamaian adalah simbol kebahagiaan seluruh umat manusia. Nama As-Salām mengajarkan kita untuk selalu menyebarkan kedamaian dan menghindari pertengkaran.

Al-Mu’min

Al-Mu’min mengandung arti bahwa Allah Swt. adalah Tuhan yang memberi rasa aman pada seluruh makhluk-Nya. Dialah yang mengayomi dan menyediakan segala fasilitas bagi hamba-hamba-Nya, sehingga mereka dapat hidup tenteram. Karena Allah bersifat demikian, maka kitapun harus berusaha untuk menciptakan keamanan bagi setiap orang di sekeliling kita, seperti keluarga, tetangga dan teman.

Al-Mu’min juga mempunyai pengertian bahwa:


  • Allah Swt memberikan keamanan bagi hamba-Nya yang beriman dan bertakwa dari siksa.
  • Allah Swt menepati janji-Nya kepada seluruh hamba yang beriman dan bertakwa dengan memberi kemenangan yang besar serta memasukkan ke surga yang penuh kenikmatan.
  • Allah Swt memberi rasa aman bagi orang-orang yang takut.

Berakhlak dengan Lima Asmaulhusna (Al-Mālik, Al-‘Azīz, Al-Quddūs, As-Salām dan Al-Mu’min)

Beberapa contoh akhlak untuk meneladani sifat Allah dalam lima Asmaulhusna al-Mālik, al-Azīz, al-Quddūs, as-Salām dan al-Mu’min antara lain:

  • Menahan diri

Menahan diri dari perbuatan yang merugikan diri sendiri dan orang lain merupakan wujud dari kemampuan menguasai diri. Menahan diri dapat diterapkan dalam banyak hal. Contohnya menahan diri dari membeli sesuatu yang tidak penting, menahan diri dari bermain yang berlebihan, menahan diri dari berbuat curang.

  • Mandiri

Mandiri artinya mengerjakan segala sesuatu sendiri tanpa mengandalkan orang lain. Kebiasaan hidup mandiri harus dimulai sejak dini. Makan sendiri, mandi sendiri, berpakaian sendiri, menyiapkan alat sekolah sendiri. Hidup mandiri akan melahirkan anak yang tangguh, optimis dan percaya diri dalam hidupnya. Ia tidak mudah menggantungkan pekerjaannya kepada orang lain, baik orang tua, saudara atau teman.

  • Cinta kebersihan

Memperhatikan kebersihan bukan hanya kebersihan badan, pakaian dan tempat. Namun yang paling penting lagi adalah kebersihan hati. Islam meminta kita untuk menjauhi penyakit hati seperti sombong, dengki, riya, dan bangga diri.

  • Menjaga lisan

Gunakanlah lisan untuk berzikir, membaca Al-Qur’an, menasehati dalam kebaikan, mengajarkan ilmu dan amal salih lainnya sesuai tuntunan. Jauhkan dari dosa-dosa lisan seperti adu domba, fitnah, gibah, mencela membuka aib seseorang. Kita harus selalu menjaga lisan dari perkataan yang menyakiti hati orang lain. Dengan demikian berarti kita telah membuat orang lain tenteram dan damai. Inilah salah satu perilaku yang meneladani Asmaulhusna As-Salām.

  • Hidup tertib

Kepatuhan pada aturan harus dibiasakan. Di manapun kita berada dan kapanpun waktunya. Ketika kalian berada di rumah, sekolah, masjid atau tempat lainnya, maka ikutilah aturan! Inilah kunci mewujudkan rasa aman di tengah masyarakat. Mengikuti aturan inilah yang disebut tertib. Menciptakan ketertiban sehingga membuat orang lain merasa aman merupakan salah satu teladan dari Asmaulhusna Al-Mu’min.


Soal PAI Kelas 4 Bab 2 Teladan Mulia Asmaulhusna

1. Q.S al-A’rāf 7:180 menjelaskan tentang nama-nama baik yang dimiliki oleh Allah SWT, yang terdapat dalam Al quran jumlahnya 99 nama yang disebut dengan ...

a. Asmaulhusna

b. Jaiz Issunnah

c. Kidzib

d. Khianah

Jawaban : a. Asmaulhusna


2. Nama baik Allah yang memiliki arti maharaja, penguasa alam semesta dan mahluk-Nya adalah ...

a. Al Malik

b. AL Quddus

c. As Salam

d. Al Mukmin

Jawaban : a. Al Malik


3. Mengampuni dosa, mengangkat dan merendahkan derajat seseorang, memuliakan orang yang terhina, menghinakan orang yang mulia merupakan contoh nyata bahwa Allah memiliki sifat ...

a. Al Aziz

b. Al Malik

c. AL Quddus

d. As Salam

Jawaban : b. Al Malik


4. Nama baik Allah SWT yang mencerminkan kemuliaan, kebesaran dan kedudukan yang Mahatinggi adalah ...

a. Al Malik

b. AL Quddus

c. Al Aziz

d. As Salam

Jawaban : c. Al Aziz


5. Di lingkungan sekitar kita ataupun di kabar berita kita pernah mendengar bahwa seseorang yang awalnya kaya raya tiba-tiba menjadi miskin dan tidak punya apa-apa begitu pula sebaliknya. Hal itu bisa terjadi karena Allah memiliki sifat ..

a. AL Quddus

b. Al Aziz

c. As Salam

d. Al Malik

Jawaban : b. Al Aziz


6. Allah SWT adalah zat yang tersucikan dari segala macam kekurangan, keserupaan dengan mahluk-Nya dan sesuatu yang menyerupai-Nya merupakan. Hal tersebut merupakan sifat ... yang dimiliki Allah SWT.

a. AL Quddus

b. Al Aziz

c. As Salam

d. Al Malik

Jawaban : a. AL Quddus


7. Allah SWT memiliki sifat yang maha sejahtera dan maha menyelamatkan yang kita kenal dengan sebutan ...

a. Al Aziz

b. As Salam

c. Al Malik

d. AL Quddus

Jawaban : b. As Salam

8. Nama baik dari Allah SWT yang mengajarkan kita untuk selalu menyebarkan kedamaian dan menghindari pertengkaran adalah ...

a. As Salam

b. Al Malik

c. AL Quddus

d. Al Aziz

Jawaban : a. As Salam


9. Salah satu dari 99 nama baik Allah yang berarti Tuhan yang memberi rasa aman pada seluruh makhluk-Nya adalah ...

a. As Salam

b. Al Malik

c. AL Quddus

d. Al Mu'min

Jawaban : d. Al Mu'min


10. Pernyataan berikut ini merupakan pengertian Al-Mu’min yang tepat kecuali ...

a. Allah SWT memberikan keamanan bagi hamba-Nya yang beriman dan bertakwa dari siksa.

b. Allah SWT menepati janji-Nya kepada seluruh hamba yang beriman dan bertakwa.

c. Allah SWT memberi rasa aman bagi orang-orang yang takut.

d. Allah SWT merupakan penguasa alam dan semua mahluk-Nya.

Jawaban : d. Allah SWT merupakan penguasa alam dan semua mahluk-Nya.

Demikianlah Materi Mata Pelajaran PAI Kelas 4 Jenjang SD/MI khususnya pada Bab 2 tentang Teladan Mulia Asmaulhusna, semoga materi ini dapat membantu para siswa yang akan menggunakannya sebagai bahan belajar dan berlatih.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Blog ads

ADS