Soal SAS Akidah Ahlak Kelas 3 Semester Ganjil Kurikulum Merdeka

Download Soal Sumatif Akhir Semester (SAS) Ganjil Kelas 3 Akidah Ahlak Kurikulum Merdeka dalam bentuk Ms. Word lengkap dengan Kunci Jawaban. Bapak/ibu guru, telah kami siapkan File untuk persiapan menjelang Penilaian Akhir Semester / Penilaian Sumatif Akhir Semester. Soal ini telah kami susun dengan rapi, sehingga bapak / ibu tinggal merubah kop soal saja.

Soal Sumatif Akhir Semester (SAS)

 

Sumatif Akhir Semester (SAS) adalah salah satu komponen penting dalam sistem pendidikan yang bertujuan untuk menilai capaian belajar siswa setelah mereka menyelesaikan satu semester pembelajaran. SAS biasanya digunakan sebagai alat penilaian yang kuat untuk mengukur sejauh mana siswa telah memahami dan menguasai materi pelajaran yang telah diajarkan selama satu semester. Kita akan membahas lebih lanjut mengenai pentingnya SAS, bagaimana SAS disusun, dan dampaknya terhadap siswa dan proses pendidikan secara keseluruhan. Download Soal Sumatif Akhir Semester (SAS) atau PAS Kelas 3 untuk Mapel Akidah Ahlak Semester Ganjil Kurmer Tahun 2023, 2024, 2025, 2026, 2027.

Salah satu tujuan utama dari SAS Akidah Ahlak Kelas 3 Semester Ganjil adalah untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. SAS biasanya mencakup berbagai jenis tes, tugas, dan proyek yang dirancang untuk menguji pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman siswa. Dengan demikian, hasil dari SAS memberikan gambaran yang jelas tentang sejauh mana siswa telah mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Ini membantu guru untuk menilai efektivitas metode pengajaran mereka dan memberikan umpan balik kepada siswa untuk meningkatkan pemahaman mereka.

SAS merupakan salah satu wujud asesmen yang dicoba oleh satuan pendidikan dengan tujuan untuk mengenali ketercapaian Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) pada Capaian Pembelajaran (CP) yang sudah dijalani oleh peserta didik sepanjang satu semester/6 bulan.

SAS juga merupakan alat yang penting dalam proses penilaian pendidikan. Hasil SAS Kelas 3 digunakan untuk menentukan apakah siswa layak naik ke tingkat berikutnya atau mendapatkan kelulusan. Oleh karena itu, hasil dari SAS sangat memengaruhi jenjang pendidikan siswa. Ini juga berpengaruh pada citra sekolah dan guru, karena hasil SAS sering digunakan untuk mengukur kinerja mereka.

Proses penyusunan SAS melibatkan beberapa tahap yang cermat. Guru harus merencanakan dan merancang instrumen penilaian yang sesuai dengan kurikulum dan tujuan pembelajaran. Instrumen tersebut dapat berupa tes tertulis, proyek, presentasi, atau jenis penilaian lainnya. Selain itu, guru juga harus mempertimbangkan berbagai aspek penting seperti kesetaraan, validitas, dan reliabilitas instrumen penilaian.

Selama pelaksanaan SAS Akidah Ahlak Kelas 3 Semester Ganjil Kurikulum Merdeka, siswa diuji sesuai dengan instrumen penilaian yang telah disusun. Guru harus memastikan bahwa ujian dilaksanakan secara adil dan berintegritas. Selain itu, mereka juga perlu memberikan bimbingan dan dukungan kepada siswa agar mereka bisa menunjukkan potensi terbaik mereka dalam menghadapi SAS.

Hasil SAS Ganjil Kurmer memiliki dampak yang signifikan pada siswa. Hasil positif dalam SAS Akidah Ahlak dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa dan memberikan dorongan motivasi untuk belajar lebih baik. Namun, hasil negatif dalam SAS juga bisa menjadi pelajaran berharga yang mengingatkan siswa untuk bekerja lebih keras dan memperbaiki pemahaman mereka. Oleh karena itu, SAS bukan hanya alat penilaian, tetapi juga alat pembelajaran yang berharga.

Selain itu, hasil SAS Akidah Ahlak Kelas 3 Semester Ganjil juga memengaruhi sistem pendidikan secara keseluruhan. Hasil ini digunakan untuk mengukur efektivitas kurikulum dan metode pengajaran yang diterapkan di sekolah. Hasil SAS juga dapat mengungkapkan kebutuhan untuk perubahan atau perbaikan dalam sistem pendidikan. Oleh karena itu, SAS merupakan alat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.

Dalam kesimpulannya, Sumatif Akhir Semester (SAS) Akidah Ahlak Kelas 3 Semester Ganjil Kurikulum Merdeka adalah penilaian yang penting dalam sistem pendidikan. SAS membantu mengukur capaian belajar siswa, memengaruhi jenjang pendidikan siswa, dan memengaruhi proses pendidikan secara keseluruhan. Dalam proses penyusunannya, perlu memperhatikan kesetaraan, validitas, dan reliabilitas instrumen penilaian. Hasil SAS memberikan dampak besar pada siswa dan sistem pendidikan. Oleh karena itu, penting untuk memperlakukan SAS Akidah Ahlak Kelas 3 Semester Ganjil dengan serius dan menggunakan hasilnya untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan.

Unduh Soal SAS Akidah Ahlak Kelas 3 Semester Ganjil Kurikulum Merdeka

  • Semester 1 : Semester 2 : Akidah Ahlak
Latihan Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Sumatif Akhir Semester (SAS) Ganjil/ Gasal Akidah Akhlak Kelas 3 MI

1. Kufur nikmat merupakan sikap yang harus dihindari dan dihilangkan. Contoh perbuatan tersebut adalah ....
a. membeli kebutuhan yang benar- benar diperlukan
b. merasa kurang atas apa yang dimiliki
c. mengucap terima kasih kepada kedua orang tua atas uang saku yang diberikan berapapun nominalnya
d. tetap semangat belajar meskipun pembelajaran terbatas akibat pandemi Covid-19

2. Kita diberikan segala nikmat dari Allah Swt termasuk nikmat jasmani. Salah satu cara untuk bersyukur atas nikmat jasmani adalah ....
a. menjaga kebersihan tubuh agar tidak terkena penyakit
b. menonton Tv sampai larut malam
c. bermain HP sepanjang waktu
d. bermalas- malasan dan tidur- tiduran saat hari libur



3. Kita diberikan mata untuk melihat, telinga untuk mendengar, kaki untuk berjalan, mulut untuk berbicara dan sebagainya. Hal- hal tersebut termasuk dalam nikmat ....
a. jasmani
b. rohani
c. rezeki
d. jasmani dan rohani



4. Cara mensyukuri nikmat ruhani di lingkungan sekolah dapat ditunjukkan dengan ....
a. rajin beribadah
b. mematuhi aturan sekolah
c. berbakti kepada orang tua
d. semangat bekerja



5. Dalam Al Quran Surat Ibrahim ayat 7 disebutkan bahwa Apabila kita bersyukur maka Allah Swt akan ....
a. menghilangkan nikmat kita
b. menambah nikmat kita
c. mengurangi nikmat kita
d. menghentikan nikmat



6. Semua ibadah yang kita kerjakan merupakan pemberian dan bentuk kasih sayang serta pertolongan Allah Swt, oleh karenanya kita seharusnya ....
a. bersyukur
b. mengingkari
c. melupakan
d. memberi pengakuan



7. Maksud dari Al Wahhab dalam asmaul husna adalah bahwa Allah Swt ....
a. senantiasa memelihara segala sesuatu
b. mengetahui segala sesuatu
c. menguasai urusan makhluknya dengan kasih sayang dan pertolongan
d. senantiasa memberikan karunia kepada seluruh makhluk ciptaannya

8. Manusia yang meyakini bahwa Allah Swt memiliki sifat Al Wahhab, maka orang tersebut ....
a. akan merasa sombong
b. bergantung perlindungan sepenuhnya pada Allah Swt
c. selalu bersyukur atas apa yang diberikan Allah Swt kepadanya
d. menjaga diri dan lingkungannya dengan baik



9. Cara meneladani sifat Allah Swt al Wahhab adalah ....
a. berbagi sebagian kelebihan yang kita miliki
b. belajar giat 
c. bersemangat dalam bekerja
d. bekerja sama dengan orang lain



10. Salah satu cara meneladani sifat Allah Swt ar Razzaaq adalah ....
a. mematuhi aturan yang berlaku
b. bersedekah dan berbagi kepada orang yang membutuhkan
c. semangat dalam bekerja
d. mencukupi kebutuhan diri sendiri



11. Percaya adanya malaikat merupakan salah satu perwujudan Iman  ....
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat



12. Malaikat merupakan makhluk Allah Swt yang diciptakan dari ....
a. api
b. tanah
c. cahaya
d. udara



13. Di bawah ini yang merupakan sifat dari malaikat adalah ....
a. selalu menjalankan perintah Allah Swt dan tidak pernah melanggar larangan-Nya
b. sikap yang sombong
c. merasa lebih mulia daripada manusia
d. suka melanggar aturan Allah Swt

14. Malaikat memiliki wujud gaib , artinya ....
a. dapat dilihat, diraba, maupun dirasa oleh indera manusia
b. tidak dapat dilihat, diraba, maupun dirasa oleh indera manusia
c. wujud yang hanya dapat dilihat oleh golongan manusia tertentu
d. wujud yang hanya dapat dilihat oleh golongan jin



15. Di bawah ini pernyataan yang benar tentang malaikat dan tugasnya adalah ....
a. malaikat Mikail bertugas memeriksa amal manusia di alam kubur
b. malaikat Munkar bertugas menanyai manusia ketika di alam kubur
c. malaikat Mikail bertugas membagikan rezeki
d. malaikat Izrail bertugas meniup sangkakala sebagai tanda kiamat



16. Malaikat Izrail bertugas ....
a. meniup sangkakala sebagai tanda kiamat
b. mencabut nyawa
c. mencatat amal perbuatan baik manusia
d. mencatat amal buruk manusia



17. Sikap yang sesuai dengan bentuk keimanan kita terhadap malaikat Rakib dan Atid adalah ....
a. bertindak semaunya sendiri
b. selalu berbuat baik 
c. mempercayai adanya surga dan neraka
d. semangat bekerja untuk bekal di dunia



18. Mengimani adanya malaikat merupakan kewajiban kita sebagai orang Islam karena ....
a. perwujudan rukun Islam
b. kodrat manusia sejak diciptakan pertama kali
c. perwujudan rukun iman 
d. merupakan salah satu perbuatan baik



19. Ikut merasakan penderitaan  dari orang yang kekurangan merupakan salah satu hikmah dari  ....
a. berpuasa
b. shalat di awal waktu
c. berdzikir
d. berperilaku secara islami

20. Melaksanakan shalat di awal waktu dan berjamaah dapat melatih kita untuk bersikap ....
a. seenaknya
b. malas
c. disiplin
d. dermawan



21. Atas rezeki yang Allah Swt karuniakan kepada kita, maka kita wajib mempergunakannya ....
a. sesuai dengan keinginan kita
b. di jalan kebaikan dan diridhai oleh Allah Swt
c. sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kita
d. sekecil mungkin



22. Meyakini ajaran rasul tidaklah cukup sebagai bentuk ketaatan kita terhadap rasul. Oleh karenanya kita harus melengkapinya dengan ....
a. mengikuti
b. mengamalkan
c. mengikuti dan mengamalkannya
d. mengikuti dalam hal- hal tertentu saja



23. Salah satu cara menghormati orang tua dilakukan dengan sikap ....
a. menemui apabila ada perlunya
b. berbicara dengan keras
c. rajin berdoa untuk keselamatan orang tua baik di dunia maupun di akhirat
d. melakukan perbuatan semaunya sendiri



24. Saat guru sedang menjelaskan pelajaran di kelas, maka sikap kita ....
a. memperhatikan dengan baik
b. berbicara dengan teman
c. bermain- main sendiri
d. selalu menyela perkataan guru



25. Nabi Ismail As adalah putra dari ....
a. nabi Suaib As
b. nabi Yakub As
c. nabi Ibrahim As
d. nabi Ilyas As



26. Nabi Ibrahim diperintahkan oleh Allah Swt untuk untuk menempatkan istrinya yaitu Siti Hajar beserta bayinya Ismail di suatu lembah yang sangat tandus yang sekarang bernama kota ....
a. Madinah
b. Riyadh
c. Mekah
d. Jeddah



27. Pada saat Ibu dari Isma'il As yaitu Siti Hajar, kehabisan bekal di lembah yang tandus di tanah Makkah, beliau mencari kemana- mana sampai berlari lari dari satu bukit ke bukit lainnya yang bernama ....
a. Safa- Marwah
b. Nur- Qubais
c. Tsur - Rohmah
d. Nur - Qubais



28. Pada saat nabi Ibrahim kembali ke Mekkah dan tinggal bersama Hajar dan Ismail As, beliau mendapat wahyu untuk mengurbankan anaknya. Tanggapan Ismail As atas peristiwa tersebut adalah ....
a. menolak dengan keras
b. mematuhi perintah Allah Swt dan ikhlas menerimanya
c. membangkang akan perintah Allah Swt
d. membujuk ayahnya untuk membatalkan perintah Allah Swt



29. Nabi Ibrahim As mengajak nabi Ismail berdialog untuk melaksanakan perintah Allah Swt  dan nabi Ismail As mengatakan dengan lembut bahwa semuanya merupakan ujian dari Allah Swt. Hal ini menunjukkan bahwa nabi Ismail As  bersikap ....
a. tegas
b. sopan terhadap orang tuanya
c. keras terhadap orang tuanya
d. menolak perintah orang tuanya



30. Kisah Ismail As mengajarkan kita banyak hal. Salah satunya yaitu menghormati orangtua dalam kondisi apapun. Adapun cara menghormati orang tua dilakukan dengan cara - cara berikut ini, kecuali....
a. membantu orangtua untuk dapat memenuhi perintah Allah
b. mematuhi nasihat orangtua
c. membangkan perintah orang tua
d. selalu mendoakan orangtua



Super Lengkap : Soal Sumatif Akhir Semester Ganjil dan Genap 

 

Soal SAS Akidah Ahlak Kelas 3 Semester Ganjil Kurikulum Merdeka

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Blog ads

ADS