Soal SAS Fiqih Kelas 4 Semester Ganjil Kurikulum Merdeka
byBTM•
0
Download Soal Sumatif Akhir Semester (SAS) Ganjil Kelas 4 Fiqih Kurikulum Merdeka dalam bentuk Ms. Word lengkap dengan Kunci Jawaban. Bapak/ibu guru, telah kami siapkan File untuk persiapan menjelang Penilaian Akhir Semester / Penilaian Sumatif Akhir Semester. Soal ini telah kami susun dengan rapi, sehingga bapak / ibu tinggal merubah kop soal saja.
Sumatif Akhir Semester (SAS) adalah salah satu komponen penting dalam sistem pendidikan yang bertujuan untuk menilai capaian belajar siswa setelah mereka menyelesaikan satu semester pembelajaran. SAS biasanya digunakan sebagai alat penilaian yang kuat untuk mengukur sejauh mana siswa telah memahami dan menguasai materi pelajaran yang telah diajarkan selama satu semester. Kita akan membahas lebih lanjut mengenai pentingnya SAS, bagaimana SAS disusun, dan dampaknya terhadap siswa dan proses pendidikan secara keseluruhan. Download Soal Sumatif Akhir Semester (SAS) atau PAS Kelas 4 untuk Mapel Fiqih Semester Ganjil Kurmer Tahun 2023, 2024, 2025, 2026, 2027.
Salah satu tujuan utama dari SAS Fiqih Kelas 4 Semester Ganjil adalah untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. SAS biasanya mencakup berbagai jenis tes, tugas, dan proyek yang dirancang untuk menguji pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman siswa. Dengan demikian, hasil dari SAS memberikan gambaran yang jelas tentang sejauh mana siswa telah mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Ini membantu guru untuk menilai efektivitas metode pengajaran mereka dan memberikan umpan balik kepada siswa untuk meningkatkan pemahaman mereka.
SAS merupakan salah satu wujud asesmen yang dicoba oleh satuan pendidikan dengan tujuan untuk mengenali ketercapaian Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) pada Capaian Pembelajaran (CP) yang sudah dijalani oleh peserta didik sepanjang satu semester/6 bulan.
SAS juga merupakan alat yang penting dalam proses penilaian pendidikan. Hasil SAS Kelas 4 digunakan untuk menentukan apakah siswa layak naik ke tingkat berikutnya atau mendapatkan kelulusan. Oleh karena itu, hasil dari SAS sangat memengaruhi jenjang pendidikan siswa. Ini juga berpengaruh pada citra sekolah dan guru, karena hasil SAS sering digunakan untuk mengukur kinerja mereka.
Proses penyusunan SAS melibatkan beberapa tahap yang cermat. Guru harus merencanakan dan merancang instrumen penilaian yang sesuai dengan kurikulum dan tujuan pembelajaran. Instrumen tersebut dapat berupa tes tertulis, proyek, presentasi, atau jenis penilaian lainnya. Selain itu, guru juga harus mempertimbangkan berbagai aspek penting seperti kesetaraan, validitas, dan reliabilitas instrumen penilaian.
Selama pelaksanaan SAS Fiqih Kelas 4 Semester Ganjil Kurikulum Merdeka, siswa diuji sesuai dengan instrumen penilaian yang telah disusun. Guru harus memastikan bahwa ujian dilaksanakan secara adil dan berintegritas. Selain itu, mereka juga perlu memberikan bimbingan dan dukungan kepada siswa agar mereka bisa menunjukkan potensi terbaik mereka dalam menghadapi SAS.
Hasil SAS Ganjil Kurmer memiliki dampak yang signifikan pada siswa. Hasil positif dalam SAS Fiqih dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa dan memberikan dorongan motivasi untuk belajar lebih baik. Namun, hasil negatif dalam SAS juga bisa menjadi pelajaran berharga yang mengingatkan siswa untuk bekerja lebih keras dan memperbaiki pemahaman mereka. Oleh karena itu, SAS bukan hanya alat penilaian, tetapi juga alat pembelajaran yang berharga.
Selain itu, hasil SAS Fiqih Kelas 4 Semester Ganjil juga memengaruhi sistem pendidikan secara keseluruhan. Hasil ini digunakan untuk mengukur efektivitas kurikulum dan metode pengajaran yang diterapkan di sekolah. Hasil SAS juga dapat mengungkapkan kebutuhan untuk perubahan atau perbaikan dalam sistem pendidikan. Oleh karena itu, SAS merupakan alat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.
Dalam kesimpulannya, Sumatif Akhir Semester (SAS) Fiqih Kelas 4 Semester Ganjil Kurikulum Merdeka adalah penilaian yang penting dalam sistem pendidikan. SAS membantu mengukur capaian belajar siswa, memengaruhi jenjang pendidikan siswa, dan memengaruhi proses pendidikan secara keseluruhan. Dalam proses penyusunannya, perlu memperhatikan kesetaraan, validitas, dan reliabilitas instrumen penilaian. Hasil SAS memberikan dampak besar pada siswa dan sistem pendidikan. Oleh karena itu, penting untuk memperlakukan SAS Fiqih Kelas 4 Semester Ganjil dengan serius dan menggunakan hasilnya untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan.
Unduh Soal SAS Fiqih Kelas 4 Semester Ganjil Kurikulum Merdeka
Semester 1 : Semester 2 : Fiqih
Latihan Soal Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) Ganjil Fikih Kelas 4 MI Kurikulum Merdeka Tahun 2023/ 2024
1. Berikut ini yang merupakan tanda memasuki usia balig bagi anak laki- laki adalah ....
a. mengalami ihtilam
b. mengalami haid
c. suara yang nyaring
d. mampu membedakan baik dan buruk
2. Tanda bagi perempuan yang memasuki usia balig adalah mengalami ....
a. ihtilam
b. pertumbuhan badan yang cepat
c. tumbuhnya jakun
d. haid
3. Pernyataan yang tepat ketika laki- laki dan perempuan memasuki usia balig adalah ....
a. anak yang memasuki usia balig tidak diwajibkan untuk mengerjakan hukum syara seperti ketika usia anak- anak
b. anak yang memasuki usia balig sudah diwajibkan untuk mengerjakan hukum syara seperti ketika usia anak- anak
c. anak yang memasuki usia balig sudah dapat membedakan baik dan buruk
d. anak yang memasuki usia balig harus memenuhi syarat berusia 15 tahun sebelum mereka diwajibkan melaksanakan hukum syara
4. Sebelum masa balig tiba, maka orang tua dapat memerintahkan anak- anaknya untuk melaksanakan shalat ketika mereka berusia ....
a. 4 tahun
b. 5 tahun
c. 6 tahun
d. 7 tahun
5. Jika seorang anak sudah memasuki usia balig dan mengalami tenda- tanda dari masa akil balig, ketika ia meninggalkan kewajiban dalam hukum syarak, maka ....
a. ia tidak terkena dosa karena masih dianggap sebagai anak- anak
b. sudah dikenai dosa
c. tidak dikenai hukum
d. dapat terkena dosa atau tidak terkena dosa, tergantung dari kewajiban yang dilakukan
6. Berikut ini batasan aurat bagi laki- laki adalah ....
a. dari tangan sampai mata kaki
b. seluruh anggota badan kecuali muka dan telapak tangan
c. antara pusar hingga lutut kaki
d. dari kepala hingga lutut kaki
7. Perhatikan hal- hal berikut ini,
(1) darah keluar dari kemaluan wanita dalam keadaan normal selama sehari semalam
(2) masa keluar darah maksimal 15 hari namun umumnya berlangsung selama 7 atau 8 hari
(3) Keluarnya didahului oleh lendir kuning kecoklatan namun ada yang berupa darah merah yang kental.
Ciri- ciri di atas menunjukkan dari keluarnya darah pada wanita yang mengalami ....
a. haid
b. nifas
c. wiladah
d. istihadah
8. Menurut QS Al Baqarah ayat 222, bahwa petunjuk masa haid berakhir adalah ....
a. berdasarkan jumlah hari tertentu
b. setelah kering dan terhentinya darah
c. berdasarkan usia
d. menurut frekuensi keluarnya darah haid
9. Di bawah ini ibadah yang dapat dilaksanakan selama haid adalah ....
a. melakukan shalat
b. melakukan tawaf
c. menyentuh mushaf
d. berdzikir
10. Ketika bangun pagi, Rizki mendapati dirinya mengalami mimpi basah yang mana celananya basah oleh air mani. Untuk mensucikan dirinya, maka ia wajib melakukan ....
a. mandi sunah
b. mandi biasa
c. wudu
d. mandi besar
11. Perhatikan hal- hal berikut ini,
(1) membaca basmalah
(2) berwudu sebelum mandi
(3) niat
(4) membersihkan najis
(5) menjalankan tangan ke seluruh tubuh
(6) mendahulukan anggota badan yang kanan
Sunah mandi wajib ditunjukkan oleh nomor ....
a. 1, 2, 3, 4
b. 1, 2, 4, 6
c. 1, 2, 5, 6
d. 1, 3, 5, 6
12. Perhatikan hal- hal berikut ini,
(1) niat
(2) membersihkan najis
(3) dilakukan secara terus menerus
(4) mendahulukan bagian kanan
(5) menyiramkan air ke seluruh tubuh
Yang termasuk rukun mandi wajib adalah ....
a. 1, 2, 3
b. 1, 2, 5
c. 2, 3, 4
d. 3, 4, 5
13. Selepas masa haid, Fira melakukan mandi wajib dengan melaksanakan rukun - rukun mandi secara benar. Adapun hukum mandi wajib tersebut adalah ....