Soal SAS MTK Kelas 4 Semester Ganjil Kurikulum Merdeka

Download Soal Sumatif Akhir Semester (SAS) Ganjil Kelas 4 MTK Kurikulum Merdeka dalam bentuk Ms. Word lengkap dengan Kunci Jawaban. Bapak/ibu guru, telah kami siapkan File untuk persiapan menjelang Penilaian Akhir Semester / Penilaian Sumatif Akhir Semester. Soal ini telah kami susun dengan rapi, sehingga bapak / ibu tinggal merubah kop soal saja.

Soal Sumatif Akhir Semester (SAS)

 

Sumatif Akhir Semester (SAS) adalah salah satu komponen penting dalam sistem pendidikan yang bertujuan untuk menilai capaian belajar siswa setelah mereka menyelesaikan satu semester pembelajaran. SAS biasanya digunakan sebagai alat penilaian yang kuat untuk mengukur sejauh mana siswa telah memahami dan menguasai materi pelajaran yang telah diajarkan selama satu semester. Kita akan membahas lebih lanjut mengenai pentingnya SAS, bagaimana SAS disusun, dan dampaknya terhadap siswa dan proses pendidikan secara keseluruhan. Download Soal Sumatif Akhir Semester (SAS) atau PAS Kelas 4 untuk Mapel MTK Semester Ganjil Kurmer Tahun 2023, 2024, 2025, 2026, 2027.

Salah satu tujuan utama dari SAS MTK Kelas 4 Semester Ganjil adalah untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. SAS biasanya mencakup berbagai jenis tes, tugas, dan proyek yang dirancang untuk menguji pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman siswa. Dengan demikian, hasil dari SAS memberikan gambaran yang jelas tentang sejauh mana siswa telah mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Ini membantu guru untuk menilai efektivitas metode pengajaran mereka dan memberikan umpan balik kepada siswa untuk meningkatkan pemahaman mereka.

SAS merupakan salah satu wujud asesmen yang dicoba oleh satuan pendidikan dengan tujuan untuk mengenali ketercapaian Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) pada Capaian Pembelajaran (CP) yang sudah dijalani oleh peserta didik sepanjang satu semester/6 bulan.

SAS juga merupakan alat yang penting dalam proses penilaian pendidikan. Hasil SAS Kelas 4 digunakan untuk menentukan apakah siswa layak naik ke tingkat berikutnya atau mendapatkan kelulusan. Oleh karena itu, hasil dari SAS sangat memengaruhi jenjang pendidikan siswa. Ini juga berpengaruh pada citra sekolah dan guru, karena hasil SAS sering digunakan untuk mengukur kinerja mereka.

Proses penyusunan SAS melibatkan beberapa tahap yang cermat. Guru harus merencanakan dan merancang instrumen penilaian yang sesuai dengan kurikulum dan tujuan pembelajaran. Instrumen tersebut dapat berupa tes tertulis, proyek, presentasi, atau jenis penilaian lainnya. Selain itu, guru juga harus mempertimbangkan berbagai aspek penting seperti kesetaraan, validitas, dan reliabilitas instrumen penilaian.

Selama pelaksanaan SAS MTK Kelas 4 Semester Ganjil Kurikulum Merdeka, siswa diuji sesuai dengan instrumen penilaian yang telah disusun. Guru harus memastikan bahwa ujian dilaksanakan secara adil dan berintegritas. Selain itu, mereka juga perlu memberikan bimbingan dan dukungan kepada siswa agar mereka bisa menunjukkan potensi terbaik mereka dalam menghadapi SAS.

Hasil SAS Ganjil Kurmer memiliki dampak yang signifikan pada siswa. Hasil positif dalam SAS MTK dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa dan memberikan dorongan motivasi untuk belajar lebih baik. Namun, hasil negatif dalam SAS juga bisa menjadi pelajaran berharga yang mengingatkan siswa untuk bekerja lebih keras dan memperbaiki pemahaman mereka. Oleh karena itu, SAS bukan hanya alat penilaian, tetapi juga alat pembelajaran yang berharga.

Selain itu, hasil SAS MTK Kelas 4 Semester Ganjil juga memengaruhi sistem pendidikan secara keseluruhan. Hasil ini digunakan untuk mengukur efektivitas kurikulum dan metode pengajaran yang diterapkan di sekolah. Hasil SAS juga dapat mengungkapkan kebutuhan untuk perubahan atau perbaikan dalam sistem pendidikan. Oleh karena itu, SAS merupakan alat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.

Dalam kesimpulannya, Sumatif Akhir Semester (SAS) MTK Kelas 4 Semester Ganjil Kurikulum Merdeka adalah penilaian yang penting dalam sistem pendidikan. SAS membantu mengukur capaian belajar siswa, memengaruhi jenjang pendidikan siswa, dan memengaruhi proses pendidikan secara keseluruhan. Dalam proses penyusunannya, perlu memperhatikan kesetaraan, validitas, dan reliabilitas instrumen penilaian. Hasil SAS memberikan dampak besar pada siswa dan sistem pendidikan. Oleh karena itu, penting untuk memperlakukan SAS MTK Kelas 4 Semester Ganjil dengan serius dan menggunakan hasilnya untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan.

Unduh Soal SAS MTK Kelas 4 Semester Ganjil Kurikulum Merdeka

  • Semester 1 : Semester 2 : MTK

Latihan Soal Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) Ganjil Matematika Kelas 4 SD/ MI Kurikulum Merdeka Tahun 2023/ 2024

1. Angka 4 pada bilangan 6.435 menempati nilai tempat ....
a. ribuan 
b. ratusan 
c. puluhan 
d. satuan 

2. Perhatikan bilangan berikut ini,
Tempat ribuan pada bilangan di atas ditempati oleh angka .... 
a. 5
b. 6
c. 8 
d. 9


3. Lambang bilangan delapan ribu enam ratus tujuh puluh tiga adalah ....
a. 8.637
b. 8.763
c. 8.673
d. 8.736


4. Perhatikan lambang bilangan berikut ini,
Lambang bilangan di atas dibaca ....
a. sembilan ribu enam puluh 
b. sembilan ribu dua puluh enam 
c. sembilan ribu dua ratus enam 
d. sembilan ribu enam 


5. Perhatikan bilangan- bilangan berikut ini,
7.625; 7.652 ; 6.712 ; 6.721

Urutan bilangan tersebut dari yang terkecil adalah ....
a. 6.721; 6.712; 7.652; 7.625 
b. 6.712; 6.721; 7.625; 7.652
c. 6.712; 6.721; 7.652; 7.625
d. 6.721; 6.712; 7.625; 7.652

6. Hasil dari 567 + 254 adalah ....
a. 831
b. 861
c. 821
d. 811


7. Seorang penjual buah memiliki 456 buah mangga. Seorang pembeli datang dan membeli 388 buah mangga. Sisa buah mangga milik penjual adalah ....
a. 58
b. 68
c. 78
d. 88


8. Operasi pengurangan bilangan berikut ini yang benar adalah ....
a. 917 - 261 = 656
b. 821 - 356 = 565
c. 569 - 298 = 271 
d. 723 - 361 = 352


9. Operasi penjumlahan berikut ini yang benar adalah ....
a. 365 + 471 = 846
b. 336 + 562 = 888
c. 639 + 348 = 977
d. 438 + 225 = 663


10. Pak Rudi memiliki sebidang tanah yang ditanami buah mangga dan jambu. Pada musim panen kali ini, pak Rudi berhasil mengumpulkan buah mangga sebanyak 557 buah dan buah jambu sebanyak 376 buah. Jumlah keseluruhan panen mangga dan jambu pak Rudi adalah ....
a. 923
b. 933
c. 913
d. 833


11. Hasil dari 6 ✕ 37 adalah ....
a. 212 
b. 222
c. 312
d. 322

12. Pada peringatan Hari Guru Nasional 2023, panitia lomba membeli 17 pak buku untuk hadiah. Jika setiap pak berisi 5 buku, maka banyak buku yang disediakan untuk hadiah lomba adalah ....
a. 65 
b. 75 
c. 85 
d. 95 


13. Berikut ini hasil perkalian bilangan yang benar adalah .... (jawaban lebih dari satu)
a. 36 ✕ 6 = 216 
b. 35 ✕ 7 = 235
c. 24 ✕ 9 = 216
d. 37 ✕ 5 = 235


14. Sebuah toko kelontong memiliki persediaan 9 sak gula. Setiap sak tepung beratnya 55 kg. Berat seluruh tepung yang ada di toko kelontong tersebut adalah ....
a. 450 kg 
b. 485 kg 
c. 495 kg 
d. 465 kg 


15. Luna membeli 8 kotak permen. Apabila setiap kotak tersebut berisi 45 permen cokelat, maka banyak permen cokelat yang dibeli Luna adalah ....
a. 270 
b. 320 
c. 360 
d. 380 


16. Hasil dari 92 : 4 adalah ....
a. 21
b. 23
c. 24 
d. 26


17. Hasil pembagian berikut ini yang hasilnya adalah 36 adalah .... (jawaban lebih dari satu)
a. 144 : 6
b. 144 : 4
c. 108 : 4
d. 108 : 3

18. Bu Lani ingin mengemas kaos pesanan pelanggan. Jika jumlah kaos ada 96 dan rencananya kaos tersebut akan dimasukkan ke dalam 8 kantong dalam jumlah yang sama banyak, maka tiap kantong berisi ....
a. 9
b. 12
c. 16
d. 18


19. Ayah memiliki 75 ekor itik. Setiap itik akan ditempatkan kedalam 5 kandang yang sama banyak. Jumlah itik pada tiap kandang adalah ....
a. 20 
b. 17 
c. 16 
d. 15 


20. Raya baru saja pulang dari Yogya. Dia membeli oleh- oleh berupa gantungan kunci sebanyak 48 buah. Dia ingin membagikannya kepada teman- temannya yaitu Mira, Randu, Mila, Safa, Dina dan Alya. Banyak gantungan kunci yang diterima oleh masing- masing temannya adalah ....
a. 6
b. 7
c. 8
d. 9


21. Perhatikan gambar berikut,

Nilai pecahan pada gambar di atas adalah ....
a. 5/9 
b. 5/10 
c. 4/9
d. 4/8

22. Lambang bilangan dari enam per delapan adalah ....
a. 6/8 
b. 6/9
c. 9/6
d. 6/10


23.Pecahan yang senilai dengan 5/6 adalah ....
a. 15/12
b. 20/24
c. 15/16
d. 24/30


24. Bentuk pecahan desimal dari 5,6% adalah ....
a. 0,056
b. 0,0056
c. 0,0056
d. 0,56


25. Bentuk pecahan biasa dari 0,45 adalah ....
a. 3/10
b. 9/20
c. 8/21
d. 9/25


26. Jumlah siswa kelas 4 SD Insan Teladan adalah 40 siswa. Dari jumlah siswa tersebut, 30 siswa mengikuti Pramuka. Persentase siswa yang mengikuti Pramuka adalah ....
a. 25 %
b. 75 %
c. 80 %
d. 90 %


27. Suatu sekolah memilih wakil untuk mengikuti lomba atletik. Dari 100 siswa, terpilih 25 siswa yang akan diikutkan lomba. Persentase siswa yang akan maju mengikuti lomba adalah ....
a. 25 %
b. 30 %
c. 40 %
d. 50 %

28. Ibu mempunyai satu buah semangka dan memotongnya menjadi 8 bagian. Ayah kemudian mengambil 2 bagian dan memakannya. Jika ditulis dalam bentuk pecahan, bagian yang dimakan ayah adalah ....
a. 1/8
b. 1/4
c. 1/2
d. 3/8


29. Ayah membeli dua pizza. Pizza pertama dipotong menjadi empat bagian yang sama besar dan pizza kedua dipotong menjadi 8 bagian yang sama besar. Ayah ingin membagikan kepada keponakan di rumah yaitu Nana, Seza, Alma dan Rindu mendapatkan satu potong dari pizza pertama. Sedangkan Nuri, Lisa, Fara, dan Yuna mendapat satu potong dari potongan pizza yang kedua. 

Pernyataan yang benar adalah ....
a. bagian Liza lebih besar daripada potongan Seza
b. Nana dan Rindu mendapat 1/4 bagian pizza
c. Bagian pizza yang diterima Rindu dan Nana lebih kecil daripada bagian yang diterima Lisa dan Fara
d. Alma dan Rindu mendapat 1/8 bagian


30. Urutan pecahan yang benar adalah ....
a.  2/6, 2/5, 2/3
b. 1/4, 3/4, 2/4
c. 5/9, 5/5, 5/7
d. 6/7, 5/7, 2/7 


Sumber : Ahzaa net

Super Lengkap : Soal Sumatif Akhir Semester Ganjil dan Genap 

 

Soal SAS MTK Kelas 4 Semester Ganjil Kurikulum Merdeka

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Blog ads

ADS