Soal SAS PJOK Kelas 2 Semester Ganjil Kurikulum Merdeka

Download Soal Sumatif Akhir Semester (SAS) Ganjil Kelas 2 PJOK Kurikulum Merdeka dalam bentuk Ms. Word lengkap dengan Kunci Jawaban. Bapak/ibu guru, telah kami siapkan File untuk persiapan menjelang Penilaian Akhir Semester / Penilaian Sumatif Akhir Semester. Soal ini telah kami susun dengan rapi, sehingga bapak / ibu tinggal merubah kop soal saja.

Soal Sumatif Akhir Semester (SAS)

 

Sumatif Akhir Semester (SAS) adalah salah satu komponen penting dalam sistem pendidikan yang bertujuan untuk menilai capaian belajar siswa setelah mereka menyelesaikan satu semester pembelajaran. SAS biasanya digunakan sebagai alat penilaian yang kuat untuk mengukur sejauh mana siswa telah memahami dan menguasai materi pelajaran yang telah diajarkan selama satu semester. Kita akan membahas lebih lanjut mengenai pentingnya SAS, bagaimana SAS disusun, dan dampaknya terhadap siswa dan proses pendidikan secara keseluruhan. Download Soal Sumatif Akhir Semester (SAS) atau PAS Kelas 2 untuk Mapel PJOK Semester Ganjil Kurmer Tahun 2023, 2024, 2025, 2026, 2027.

Salah satu tujuan utama dari SAS PJOK Kelas 2 Semester Ganjil adalah untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. SAS biasanya mencakup berbagai jenis tes, tugas, dan proyek yang dirancang untuk menguji pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman siswa. Dengan demikian, hasil dari SAS memberikan gambaran yang jelas tentang sejauh mana siswa telah mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Ini membantu guru untuk menilai efektivitas metode pengajaran mereka dan memberikan umpan balik kepada siswa untuk meningkatkan pemahaman mereka.

SAS merupakan salah satu wujud asesmen yang dicoba oleh satuan pendidikan dengan tujuan untuk mengenali ketercapaian Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) pada Capaian Pembelajaran (CP) yang sudah dijalani oleh peserta didik sepanjang satu semester/6 bulan.

SAS juga merupakan alat yang penting dalam proses penilaian pendidikan. Hasil SAS Kelas 2 digunakan untuk menentukan apakah siswa layak naik ke tingkat berikutnya atau mendapatkan kelulusan. Oleh karena itu, hasil dari SAS sangat memengaruhi jenjang pendidikan siswa. Ini juga berpengaruh pada citra sekolah dan guru, karena hasil SAS sering digunakan untuk mengukur kinerja mereka.

Proses penyusunan SAS melibatkan beberapa tahap yang cermat. Guru harus merencanakan dan merancang instrumen penilaian yang sesuai dengan kurikulum dan tujuan pembelajaran. Instrumen tersebut dapat berupa tes tertulis, proyek, presentasi, atau jenis penilaian lainnya. Selain itu, guru juga harus mempertimbangkan berbagai aspek penting seperti kesetaraan, validitas, dan reliabilitas instrumen penilaian.

Selama pelaksanaan SAS PJOK Kelas 2 Semester Ganjil Kurikulum Merdeka, siswa diuji sesuai dengan instrumen penilaian yang telah disusun. Guru harus memastikan bahwa ujian dilaksanakan secara adil dan berintegritas. Selain itu, mereka juga perlu memberikan bimbingan dan dukungan kepada siswa agar mereka bisa menunjukkan potensi terbaik mereka dalam menghadapi SAS.

Hasil SAS Ganjil Kurmer memiliki dampak yang signifikan pada siswa. Hasil positif dalam SAS PJOK dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa dan memberikan dorongan motivasi untuk belajar lebih baik. Namun, hasil negatif dalam SAS juga bisa menjadi pelajaran berharga yang mengingatkan siswa untuk bekerja lebih keras dan memperbaiki pemahaman mereka. Oleh karena itu, SAS bukan hanya alat penilaian, tetapi juga alat pembelajaran yang berharga.

Selain itu, hasil SAS PJOK Kelas 2 Semester Ganjil juga memengaruhi sistem pendidikan secara keseluruhan. Hasil ini digunakan untuk mengukur efektivitas kurikulum dan metode pengajaran yang diterapkan di sekolah. Hasil SAS juga dapat mengungkapkan kebutuhan untuk perubahan atau perbaikan dalam sistem pendidikan. Oleh karena itu, SAS merupakan alat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.

Dalam kesimpulannya, Sumatif Akhir Semester (SAS) PJOK Kelas 2 Semester Ganjil Kurikulum Merdeka adalah penilaian yang penting dalam sistem pendidikan. SAS membantu mengukur capaian belajar siswa, memengaruhi jenjang pendidikan siswa, dan memengaruhi proses pendidikan secara keseluruhan. Dalam proses penyusunannya, perlu memperhatikan kesetaraan, validitas, dan reliabilitas instrumen penilaian. Hasil SAS memberikan dampak besar pada siswa dan sistem pendidikan. Oleh karena itu, penting untuk memperlakukan SAS PJOK Kelas 2 Semester Ganjil dengan serius dan menggunakan hasilnya untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan.

Unduh Soal SAS PJOK Kelas 2 Semester Ganjil Kurikulum Merdeka

  • Semester 1 : Semester 2 : PJOK

 

Super Lengkap : Soal Sumatif Akhir Semester Ganjil dan Genap 

 

Latihan Soal Sumatif Akhir Semester (SAS)/ Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil PJOK Kelas 2 SD/ MI Kurikulum Merdeka Tahun 2023/ 2024

1. Pernyataan yang tepat tentang gerak lokomotor adalah ....
a. gerakan dilakukan tanpa perpindahan tempat 
b. gerakan dilakukan dengan perpindahan tempat 
c. tidak ada gerakan sama sekali 


2. Di bawah ini contoh gerakan lokomotor adalah ....
a. berdiri 
b. duduk 
c. melompat 



3. Permainan tradisional yang memiliki gerakan dasar jalan, lari, lompat dan meloncat adalah ....
a. gobak sodor 
b. engklek 
c. ular naga 



4. Nama gerakan seperti gambar di bawah ini adalah ....


a. gerakan berjalan dan meloncat sejauh- jauhnya 
b. gerakan berjalan dan meloncat setinggi- tingginya 
c. gerakan berjalan, berlari dan melompat melewati gawang 



5. Gerakan yang tidak disertai dengan perpindahan tempat disebut ....
a. gerak lokomotor 
b. gerak non lokomotor 
c. gerak manipulatif 



6. Gerak lokomotor bertujuan untuk ....
a. melatih kecepatan 
b. melatih keseimbangan 
c. melatih keterampilan 



7. Pada saat melakukan gerakan memutar lengan di depan dada, maka pandangam diarahkan ....
a. ke samping 
b. lurus ke atas 
c. lurus ke depan 


8. Sikap permulaan saat melakukan gerakan memutar lengan di depan dada menggunakan gelang raja adalah ....
a. badan membungkuk ke depan dan kedua kaki direnggangkan 
b. badan berdiri tegak dengan kedua kaki dirapatkan 
c. badan condong ke kanan dan kedua kaki direnggangkan 



9. Perhatikan gambar di bawah ini,



Gerakan yang dilakukan tersebut menggunakan alat bantu berupa ....
a. gelang karet 
b. simpai 
c. tali 



10. Gerakan yang dilakukan seperti di bawah ini disebut ....

a. gerakan menekuk lutut 
b. gerakan menekuk lutut ke belakang 
c. gerakan menekuk lutut ke depan



11. Gerakan yang dilakukan seperti di bawah ini disebut ....


a. gerakan menekuk lutut 
b. gerakan menekuk lutut ke belakang 
c. gerakan menekuk lutut ke depan


12. Permainan melempar bola dan menangkap bola termasuk dalam gerak ....
a. lokomotor 
b. non lokomotor 
c. manipulatif 



13. Perhatikan gambar di bawah ini,



Pernyataan yang tepat adalah ....
a. gerakan dilakukan dengan menggelindingkan bola untuk merobohkan menara 
b. gerakan dilakukan dengan melempar bola mendatar untuk mengenai sasaran 
c. gerakan dilakukan dengan melempar bola melewati tali 



14. Gerakan di bawah ini dilakukan dengan bagian kaki ....


a. ujung kaki 
b. kaki bagian dalam
c. punggung kaki 



15. Gerakan di bawah ini dilakukan dengan bagian kaki ....



a. ujung kaki 
b. kaki bagian dalam
c. punggung kaki 


16. Gerakan yang dilakukan sesuai gambar adalah ....



a. gerakan menahan bola dengan kaki bagian dalam dan telapak kaki
b. gerakan menahan bola dari atas dengan punggung kaki
c. gerakan menahan bola dengan kaki bagian dalam



17. Gerakan yang dilakukan sesuai gambar adalah ....



a. gerakan menahan bola dengan kaki bagian dalam dan telapak kaki
b. gerakan menahan bola dari atas dengan punggung kaki
c. gerakan menahan bola dengan kaki bagian dalam



18. Pada saat melakukan gerakan menggiring bola, maka pandangan harus tertuju ke ....
a. samping 
b. arah datangnya bola 
c. atas 



19. Berikut ini, yang termasuk permainan yang mengandung unsur- unsur gerak dominan senam adalah ....
a. permainan gobak sodor 
b. permainan engklek 
c. permainan lompat tali 


20. Contoh dari pola gerak dominan adalah ....
a. lompat jauh 
b. lompat tinggi 
c. semua jawaban benar 



21. Gerakan yang dilakukan untuk menjauhi permukaan tanah atau lantai, yang dilakukan secara horizontal, ke depan, ke samping atau ke belakang dan menggunakan otot kaki dalam melakukannya disebut ....
a. gerakan melompat 
b. gerakan meloncat 
c. gerakan melayang



22. Gerakan yang dilakukan untuk menjauhi permukaan tanah atau lantai, dilakukan secara vertikal atau ke atas yang menggunakan otot kaki dalam melakukannya dsiebut ....
a. gerakan melompat 
b. gerakan meloncat 
c. gerakan melayang



23. Pada gerakan berikut ini, tolakan dilakukan dengan ....


a. satu kaki 
b. dua kaki 
c. dua kaki berurutan 



24. Pada gerakan berikut ini, tolakan dilakukan dengan ....



a. satu kaki 
b. dua kaki 
c. dua kaki berurutan 


25. Gerakan yang sesuai dengan gambar adalah ....



a. gerakan melompat ke belakang tolakan dua kaki
b. gerakan melompat ke belakang tolakan satu kaki
c. gerakan melompat ke depan tolakan dua kaki

Soal SAS PJOK Kelas 2 Semester Ganjil Kurikulum Merdeka

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Blog ads

ADS