Soal SAS PJOK Kelas 3 Semester Ganjil Kurikulum Merdeka

Download Soal Sumatif Akhir Semester (SAS) Ganjil / 1 Kelas 3 PJOK Kurikulum Merdeka dalam bentuk Ms. Word lengkap dengan Kunci Jawaban. Bapak/ibu guru, telah kami siapkan File untuk persiapan menjelang Penilaian Akhir Semester / Penilaian Sumatif Akhir Semester. Soal ini telah kami susun dengan rapi, sehingga bapak / ibu tinggal merubah kop soal saja.

Soal Sumatif Akhir Semester (SAS)

 

Sumatif Akhir Semester (SAS) adalah salah satu komponen penting dalam sistem pendidikan yang bertujuan untuk menilai capaian belajar siswa setelah mereka menyelesaikan satu semester pembelajaran. SAS biasanya digunakan sebagai alat penilaian yang kuat untuk mengukur sejauh mana siswa telah memahami dan menguasai materi pelajaran yang telah diajarkan selama satu semester. Kita akan membahas lebih lanjut mengenai pentingnya SAS, bagaimana SAS disusun, dan dampaknya terhadap siswa dan proses pendidikan secara keseluruhan. Download Soal Sumatif Akhir Semester (SAS) atau PAS Kelas 3 untuk Mapel PJOK Semester Ganjil Kurmer Tahun 2023, 2024, 2025, 2026, 2027.

Salah satu tujuan utama dari SAS PJOK Kelas 3 Semester Ganjil adalah untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. SAS biasanya mencakup berbagai jenis tes, tugas, dan proyek yang dirancang untuk menguji pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman siswa. Dengan demikian, hasil dari SAS memberikan gambaran yang jelas tentang sejauh mana siswa telah mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Ini membantu guru untuk menilai efektivitas metode pengajaran mereka dan memberikan umpan balik kepada siswa untuk meningkatkan pemahaman mereka.

SAS merupakan salah satu wujud asesmen yang dicoba oleh satuan pendidikan dengan tujuan untuk mengenali ketercapaian Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) pada Capaian Pembelajaran (CP) yang sudah dijalani oleh peserta didik sepanjang satu semester/6 bulan.

SAS juga merupakan alat yang penting dalam proses penilaian pendidikan. Hasil SAS Kelas 3 digunakan untuk menentukan apakah siswa layak naik ke tingkat berikutnya atau mendapatkan kelulusan. Oleh karena itu, hasil dari SAS sangat memengaruhi jenjang pendidikan siswa. Ini juga berpengaruh pada citra sekolah dan guru, karena hasil SAS sering digunakan untuk mengukur kinerja mereka.

Proses penyusunan SAS melibatkan beberapa tahap yang cermat. Guru harus merencanakan dan merancang instrumen penilaian yang sesuai dengan kurikulum dan tujuan pembelajaran. Instrumen tersebut dapat berupa tes tertulis, proyek, presentasi, atau jenis penilaian lainnya. Selain itu, guru juga harus mempertimbangkan berbagai aspek penting seperti kesetaraan, validitas, dan reliabilitas instrumen penilaian.

Selama pelaksanaan SAS PJOK Kelas 3 Semester Ganjil Kurikulum Merdeka, siswa diuji sesuai dengan instrumen penilaian yang telah disusun. Guru harus memastikan bahwa ujian dilaksanakan secara adil dan berintegritas. Selain itu, mereka juga perlu memberikan bimbingan dan dukungan kepada siswa agar mereka bisa menunjukkan potensi terbaik mereka dalam menghadapi SAS.

Hasil SAS Ganjil Kurmer memiliki dampak yang signifikan pada siswa. Hasil positif dalam SAS PJOK dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa dan memberikan dorongan motivasi untuk belajar lebih baik. Namun, hasil negatif dalam SAS juga bisa menjadi pelajaran berharga yang mengingatkan siswa untuk bekerja lebih keras dan memperbaiki pemahaman mereka. Oleh karena itu, SAS bukan hanya alat penilaian, tetapi juga alat pembelajaran yang berharga.

Selain itu, hasil SAS PJOK Kelas 3 Semester Ganjil juga memengaruhi sistem pendidikan secara keseluruhan. Hasil ini digunakan untuk mengukur efektivitas kurikulum dan metode pengajaran yang diterapkan di sekolah. Hasil SAS juga dapat mengungkapkan kebutuhan untuk perubahan atau perbaikan dalam sistem pendidikan. Oleh karena itu, SAS merupakan alat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.

Dalam kesimpulannya, Sumatif Akhir Semester (SAS) PJOK Kelas 3 Semester Ganjil Kurikulum Merdeka adalah penilaian yang penting dalam sistem pendidikan. SAS membantu mengukur capaian belajar siswa, memengaruhi jenjang pendidikan siswa, dan memengaruhi proses pendidikan secara keseluruhan. Dalam proses penyusunannya, perlu memperhatikan kesetaraan, validitas, dan reliabilitas instrumen penilaian. Hasil SAS memberikan dampak besar pada siswa dan sistem pendidikan. Oleh karena itu, penting untuk memperlakukan SAS PJOK Kelas 3 Semester Ganjil dengan serius dan menggunakan hasilnya untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan.

Unduh Soal SAS PJOK Kelas 3 Semester Ganjil Kurikulum Merdeka

  • Semester 1 : Semester 2 : PJOK


Latihan Soal Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) Ganjil PJOK Kelas 3 SD/ MI Kurikulum Merdeka

1. Di bawah ini pengertian yang tepat tentang gerak lokomotor adalah ....
a. gerakan yang dilakukan tanpa berpindah tempat 
b. gerakan yang dilakukan dengan berpindah tempat 
c. posisi diam tanpa melakukan gerakan apapun 
d. gerakan dengan menggunakan bantuan alat 


2. Di bawah ini yang termasuk gerakan lokomotor adalah ....
a. berdiri diam 
b. gerakan meroda
c. gerakan melempar bola 
d. berdiri 



3. Suatu proses melangkahkan kaki secara bergantian ketika bergerak ke depan dalam posisi tegak disebut ....
a. berlari
b. berdiam 
c. berjalan
d. melompat



4. Pada saat melakukan gerakan berjalan, maka lengan dan kaki bergerak ....
a. seirama 
b. ke atas 
c. ke samping 
d. berlawanan 



5. Gerak perpindahan tubuh dari satu posisi ke posisi yang lainnya, dengan melangkahkan kaki secara bergantian tapi dengan kecepatan yang lebih tinggi disebut ....
a. berlari 
b. berjalan 
c. melompat 
d. meloncat 



6. Tanda start pada lintasan lari merupakan ....
a. titik awal untuk berlari 
b. titik akhir untuk berlari 
c. batas pelari ketika berlari 
d. batas antara pelari satu dengan lainnya 



7. Berikut ini yang termasuk dalam variasi berjalan adalah ....
a. jalan cepat dan lari lambat 
b. jalan cepat dan jalan lambat
c. jalan cepat dan lari cepat 
d. jalan lambat dan lari cepat 


8. Variasi berlari dibedakan menjadi dua jenis yaitu ....
a. lari lambat dan lari maraton 
b. lari lambat dan lari cepat 
c. lari cepat dan lari bertahap 
d. lari lambat dan lari berjarak 



9. Gerakan memutar lengan termasuk dalam gerakan ....
a. lokomotor 
b. nonlokomotor 
c. manipulatif 
d. rekayasa 



10. Perhatikan gambar di bawah ini,


Aktivitas yang dilakukan sesuai gambar di atas adalah ....
a. permainan jongkok
b. permainan berdiri 
c. permainan berpindah tempat dengan jongkok 
d. permainan jongkok dan berdiri bergantian 




11. Gerakan di bawah ini disebut ....


a. gerakan melambaikan tangan 
b. gerakan menggerakkan tangan ke atas 
c. gerakan mengayunkan lengan 
d. gerakan menurunkan lengan 


12. Saat melakukan gerakan meliukkan badan, maka sikap permulaan badan adalah ....


a. berdiri tegak dengan kedua kaki rapat 
b. berdiri tegak dengan kaki dibuka selebar bahu 
c. berdiri agak condong ke depan dengan kedua kaki rapat 
d. berdiri agak condong ke depan dengan kedua kaki direnggangkan 



13. Gerakan yang dilakukan sesuai gambar adalah ....


a. meliukkan badan ke samping kiri dan kanan 
b. meliukkan badan ke depan 
c. meliukkan badan ke samping kiri 
d. meliukkan badan ke samping kanan 



14. Gerakan membungkuk dilakukan dengan sikap permulaan ....



a. berdiri membungkukkan badan kedua kaki rapat 
b. berdiri tegak kedua kaki rapat
c. berdiri tegak kedua kaki renggang 
d. berdiri membungkuk kedua kaki renggang 


15. Gerakan di bawah ini dilakukan untuk merenggangkan otot ....



a. kaki 
b. jari 
c. lengan 
d. punggung



16. gerakan menekuk kaki dilakukan dengan sikap permulaan berdiri dengan ....


a. satu kaki lurus ke depan 
b. dua kaki rapat
c. dua kaki renggang 
d. satu kaki menekuk ke belakang 



17. Di bawah ini yang bukan merupakan gerakan manipulatif adalah ....
a. melempar 
b. menendang 
c. berlari 
d. memukul 


18. Permainan melempar dan menangkap bola dilakukan secara ....
a. individu 
b. sendiri 
c. beregu 
d. beramai- ramai 



19. Pada saat melakukan aktivitas melempar dan menangkap bola kasti di tempat secara individu, maka pandangan ditujukan ....
a. ke depan 
b. ke bawah 
c. ke samping 
d. ke arah bola 



20. Saat melakukan gerakan melempar dan menangkap bola kasti di tempat secara berpasangan, maka tinggi lemparan ....
a. di atas kepala 
b. setinggi dada 
c. dekat dengan tanah 
d. setinggi- tingginya 



21. Bagian kaki yang digunakan untuk melakukan tendangan pada gerakan menendang dan menghentikan bola di tempat adalah ....
a. kaki bagian dalam 
b. kaki bagian luar 
c. punggung kaki 
d. semua jawaban benar



22. Posisi statis dalam senam berarti bahwa posisi tubuh ....
a. bergerak ke segala arah 
b. keadaan diam 
c. bertumpu pada satu kaki 
d. sambil melompat 



23. Gerakan yang dilakukan adalah ....

a. gerakan keseimbangan bertumpu pada tangan dan kaki
b. gerakan keseimbangan bertumpu pada tangan
c. gerakan keseimbangan bertumpu pada salah satu kaki
d. gerakan keseimbangan bertumpu pada salah satu kaki

24. Gerakan yang dilakukan adalah ....


a. gerakan keseimbangan bertumpu pada tangan dan kaki
b. gerakan keseimbangan bertumpu pada tangan
c. gerakan keseimbangan bertumpu pada salah satu kaki
d. gerakan keseimbangan bertumpu pada salah satu kaki



25. Saat melakukan gerakan keseimbangan dengan satu kaki ke belakang, maka sikap permulaan dilakukan ....
a. berdiri dengan kedua kaki dirapatkan
b. berdiri dengan kedua kaki direnggangkan 
c. berdiri dengan satu kaki di angkat ke belakang 
d. berdiri dengan satu kaki di angkat ke depan



26. Aktivitas berikut disebut sebagai gerakan ....


a. sikap keseimbangan 
b. sikap lilin 
c. sikap kayang 
d. sikap meroda



27. Saat melakukan sikap lilin, maka posisi kaki yang diangkat adalah ....
a. ditekuk 
b. lurus dan rapat 
c. lurus dan renggang 
d. diangkat setengah badan 


28. Perhatikan langkah berikut ini,
(1) kedua tangan dan dahi diletakkan di lantai atau matras
(2) punggung menghadap ke tembok
(3) luruskan kedua kaki ke depan hingga badan dan kedua kaki hampir membentuk sudut siku-siku
(4) luruskan kedua kaki ke atas sampai tumit menyentuh dinding

Langkah- langkah di atas dilakukan sebagai gerakan ....
a. sikap lilin 
b. berdiri dengan tangan 
c. berdiri dengan kepala 
d. berdiri dengan lengan 



29. Aktivitas gerakan melompat di tempat dapat dilakukan dengan bantuan alat berupa ....
a. simpai 
b. ban 
c. tali 
d. bola 



30. Saat melakukan gerakan melompati peti lompat, tumpuan kaki pada ban dilakukan dengan menggunakan ....
a. satu kaki
b. dua kaki bergantian 
c. dua kaki bersamaan 
d. kaki yang terkuat

Sumber : Ahzaa Net

Super Lengkap : Soal Sumatif Akhir Semester Ganjil dan Genap 

 

Soal SAS PJOK Kelas 3 Semester Ganjil Kurikulum Merdeka

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Blog ads

ADS