Soal SAS Qur'an Hadis Kelas 3 Semester Ganjil Kurikulum Merdeka

Download Soal Sumatif Akhir Semester (SAS) Ganjil Kelas 3 Qur’an Hadis Kurikulum Merdeka dalam bentuk Ms. Word lengkap dengan Kunci Jawaban. Bapak/ibu guru, telah kami siapkan File untuk persiapan menjelang Penilaian Akhir Semester / Penilaian Sumatif Akhir Semester. Soal ini telah kami susun dengan rapi, sehingga bapak / ibu tinggal merubah kop soal saja.

Soal Sumatif Akhir Semester (SAS)

 

Sumatif Akhir Semester (SAS) adalah salah satu komponen penting dalam sistem pendidikan yang bertujuan untuk menilai capaian belajar siswa setelah mereka menyelesaikan satu semester pembelajaran. SAS biasanya digunakan sebagai alat penilaian yang kuat untuk mengukur sejauh mana siswa telah memahami dan menguasai materi pelajaran yang telah diajarkan selama satu semester. Kita akan membahas lebih lanjut mengenai pentingnya SAS, bagaimana SAS disusun, dan dampaknya terhadap siswa dan proses pendidikan secara keseluruhan. Download Soal Sumatif Akhir Semester (SAS) atau PAS Kelas 3 untuk Mapel Qur’an Hadis Semester Ganjil Kurmer Tahun 2023, 2024, 2025, 2026, 2027.

Salah satu tujuan utama dari SAS Qur’an Hadis Kelas 3 Semester Ganjil adalah untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. SAS biasanya mencakup berbagai jenis tes, tugas, dan proyek yang dirancang untuk menguji pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman siswa. Dengan demikian, hasil dari SAS memberikan gambaran yang jelas tentang sejauh mana siswa telah mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Ini membantu guru untuk menilai efektivitas metode pengajaran mereka dan memberikan umpan balik kepada siswa untuk meningkatkan pemahaman mereka.

SAS merupakan salah satu wujud asesmen yang dicoba oleh satuan pendidikan dengan tujuan untuk mengenali ketercapaian Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) pada Capaian Pembelajaran (CP) yang sudah dijalani oleh peserta didik sepanjang satu semester/6 bulan.

SAS juga merupakan alat yang penting dalam proses penilaian pendidikan. Hasil SAS Kelas 3 digunakan untuk menentukan apakah siswa layak naik ke tingkat berikutnya atau mendapatkan kelulusan. Oleh karena itu, hasil dari SAS sangat memengaruhi jenjang pendidikan siswa. Ini juga berpengaruh pada citra sekolah dan guru, karena hasil SAS sering digunakan untuk mengukur kinerja mereka.

Proses penyusunan SAS melibatkan beberapa tahap yang cermat. Guru harus merencanakan dan merancang instrumen penilaian yang sesuai dengan kurikulum dan tujuan pembelajaran. Instrumen tersebut dapat berupa tes tertulis, proyek, presentasi, atau jenis penilaian lainnya. Selain itu, guru juga harus mempertimbangkan berbagai aspek penting seperti kesetaraan, validitas, dan reliabilitas instrumen penilaian.

Selama pelaksanaan SAS Qur’an Hadis Kelas 3 Semester Ganjil Kurikulum Merdeka, siswa diuji sesuai dengan instrumen penilaian yang telah disusun. Guru harus memastikan bahwa ujian dilaksanakan secara adil dan berintegritas. Selain itu, mereka juga perlu memberikan bimbingan dan dukungan kepada siswa agar mereka bisa menunjukkan potensi terbaik mereka dalam menghadapi SAS.

Hasil SAS Ganjil Kurmer memiliki dampak yang signifikan pada siswa. Hasil positif dalam SAS Qur’an Hadis dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa dan memberikan dorongan motivasi untuk belajar lebih baik. Namun, hasil negatif dalam SAS juga bisa menjadi pelajaran berharga yang mengingatkan siswa untuk bekerja lebih keras dan memperbaiki pemahaman mereka. Oleh karena itu, SAS bukan hanya alat penilaian, tetapi juga alat pembelajaran yang berharga.

Selain itu, hasil SAS Qur’an Hadis Kelas 3 Semester Ganjil juga memengaruhi sistem pendidikan secara keseluruhan. Hasil ini digunakan untuk mengukur efektivitas kurikulum dan metode pengajaran yang diterapkan di sekolah. Hasil SAS juga dapat mengungkapkan kebutuhan untuk perubahan atau perbaikan dalam sistem pendidikan. Oleh karena itu, SAS merupakan alat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.

Dalam kesimpulannya, Sumatif Akhir Semester (SAS) Qur’an Hadis Kelas 3 Semester Ganjil Kurikulum Merdeka adalah penilaian yang penting dalam sistem pendidikan. SAS membantu mengukur capaian belajar siswa, memengaruhi jenjang pendidikan siswa, dan memengaruhi proses pendidikan secara keseluruhan. Dalam proses penyusunannya, perlu memperhatikan kesetaraan, validitas, dan reliabilitas instrumen penilaian. Hasil SAS memberikan dampak besar pada siswa dan sistem pendidikan. Oleh karena itu, penting untuk memperlakukan SAS Qur’an Hadis Kelas 3 Semester Ganjil dengan serius dan menggunakan hasilnya untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan.

Unduh Soal SAS Qur’an Hadis Kelas 3 Semester Ganjil Kurikulum Merdeka

  • Semester 1 : Semester 2 : Qur’an Hadis

Latihan Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Sumatif Akhir Semester (SAS) Ganjil/ Gasal Al Quran Hadis Kelas 3 MI


1. Surah Al fatihah disebut surah pembukaan. Pernyataan yang tepat adalah ....

a. surah Al fatihah merupakan surah di Al Qur'an yang diturunkan pertama kali

b. surah Al fatihah selalu dibaca pada setiap awal melakukan sesuatu

c. surah Al fatihah berada pada permulaan al Qur'an

d. surah Al fatihah digunakan untuk membuka kota Mekah

Jawaban : C


2. Alasan bahwa Surah Al fatihah disebut juga sebagai umul Qur'an atau induk Al-Qur'an adalah ....

a. isinya mencakup seluruh isi al Qur'an

b. selalu dibaca pada saat akan memulai membaca surah- surah dalam Al Qur'an

c. selalu diulang- ulang dalam membacanya

d. menyimpan kandungan hukum- hukum dan pelajaran

Jawaban : A


3. Surah al-Fātihah juga disebut as- Sab’ul Matsani, artinya ....

a. selalu di baca dalam semua keadaan

b. surah yang paling banyak di baca dalam al-Quran

c. surah yang memiliki tujuh ayat

d. tujuh ayat yang selalu diulang- ulang dalam shalat

Jawaban : D


4. Melalui surah Al fatihah, kita meyakini bahwa segala puji dan ucapan syukur atas suatu nikmat itu bagi Allah Swt. Hal tersebut tentunya dapat ....

a. memperkecil keimanan kita terhadap Allah Swt

b. mempertebal keimanan kepada Allah Swt

c. mengetahui pelajaran yang berharga di dunia

d. mengingatkan perjuangan para nabi dalam mengajak umat menyembah Allah Swt

Jawaban : B


5. Surah Al Fatihah berisikan kandungan tentang kisah para nabi dan umat terdahulu agar manusia ....

a. dapat meneladani sifat- sifat nabi dan mengambil hikmah dari kisah umat terdahulu

b. mengetahui situasi yang terjadi pada masa lalu

c. selalu berusaha lebih keras dalam mewujudkan cita- citanya

d. menjadi teladan generasi berikutnya

Jawaban : A


6. Surah An-Nas berisikan perintah berlindung kepada Allah dari segala macam kejahatan ....

a. jin

b. manusia

c. jin dan manusia

d. setan

Jawaban : C


7. Allah Swt. telah memerintahkan kepada Nabi Muhammad Saw. dan seluruh manusia agar selalu memohon perlindungan hanya kepada ....

a. manusia

b. malaikat

c. Allah Swt

d. jin dan manusia

Jawaban : C


8. Orang yang Memohon perlindungan kepada selain Allah Swt disebut ....

a. musyrik

b. fasik

c. munafik

d. murtad

Jawaban : A


9. Pokok-pokok isi kandungan dari surah an-Nās adalah ....

a. perintah kepada manusia agar selalu beribadah kepada Allah Swt

b. perintah kepada manusia agar berlindung dan berdo’a kepada Allah Swt

c. perintah kepada manusia untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah Swt

d. perintah kepada manusia untuk mendirikan shalat

Jawaban : B


10. Dalam al Qur'an, surah An Nas merupakan urutan surah ke ....

a. 112

b. 113

c. 114

d. 115

Jawaban : C


11. Pernyataan yang tepat tentang surah Al Falaq adalah ....

a. surah Al Falaq diturunkan setelah nabi hijrah ke kota Madinah

b. surah Al Falaq tergolong dalam surah Makkiyah

c. surah Al Falaq diturunkan di kota Madinah

d. surah Al Falaq merupakan surat permulaan dalam Al Quran

Jawaban : B


12. Kata Al Falaq diambil dari ayat pertama yang artinya ....

a. waktu terbenam

b. waktu subuh

c. waktu malam

d. tengah malam

Jawaban : B


13. Surah Al Falaq bersikan perintah agar kita berlindung kepada Allah Swt dari segala macam kejahaan termasuk dari tukang hasud (pendengki). Pendengki adalah ....

a. orang yang selalu memamerkan harta kekayaannya

b. orang yang tidak mau mengalah

c. orang yang tidak suka dengan kesenangan dan kenikmatan yang dimiliki orang lain

d. orang yang bertindak keji dan jahat kepada sesamanya

Jawaban : C


14. Surah An-Nas dan Al-Falaq disebut mu‟awwidzatain, artinya ....

a. perlindungan

b. satu perlindungan

c. dua perlindungan

d. perlindungan Allah Swt

Jawaban : C


15. Dalam Al Qur'an, surah Al Falaq menempati urutan surat ke ....

a. 112

b. 113

c. 114

d. 115

Jawaban : B


16. Al Ikhlas artinya ....

a. memurnikan keesaan Allah

b. menjelaskan ciptaan Allah

c. perlindungan dari Allah

d. pertolongan Allah

Jawaban : A


17. Kita mengharap ridho dan ampunan hanya kepada ....

a. Allah Swt

b. malaikat

c. manusia

d. manusia dan malaikat

Jawaban : A


18. Surat Al Ikhlas diturunkan di kota ....

a. Madinah

b. Mekkah

c. Riyadh 

d. Jeddah

Jawaban : B


19. Jumlah ayat pada surah Al Ikhlas terdiri adalah ....

a. 4 ayat

b. 5 ayat

c. 6 ayat

d. 7 ayat

Jawaban : A


20. Di bawah ini yang merupakan kandungan dari surah Al Ikhlas adalah ....

a. memerintahkan manusia untuk selalu memurnikan keesaan Allah Swt

b. menjelaskan tentang kisah- kisah nabi dan umat terdahulu

c. memberikan perintah untuk selalu meminta perlindungan kepada Allah Swt

d. memberikan perintah untuk melaksanakan kewajiban- kewajiban Allah Swt

Jawaban : A


21. Menurut bahasa, arti qalqalah adalah ....

a. memantul

b. samar

c. jelas

d. berdengung

Jawaban : A


22. Qalqalah sugra merupakan salah satu jenis qalqalah  yang bunyi pantulannya....

a. kuat

b. sedang

c. besar

d. kecil

Jawaban : D


23. Berikut ini adalah ciri- ciri dari qalqalah kubro, kecuali ....

a. huruf qalqalah mati tidak asli

b. dibaca terang dan memantul

c. bunyi pantulannya kecil

d. terdapat di akhir ayat

Jawaban : C


24. Salah satu ciri dari qalqalah sugra adalah huruf qalqalah yang mati asli, artinya ....

a. huruf yang mati karena bersukun

b. huruf yang mati karena diwaqafkan

c. huruf yang mati karena di akhir ayat

d. jawaban a, b benar

Jawaban : A


25.  Shalat merupakan rukun Islam ....

a. pertama

b. kedua

c. ketiga

d. keempat

Jawaban : B


26. Berdasarkan hadis, shalat berjamaah itu lebih utama dari shalat sendirian dengan pahala ....

a. 12 derajat

b. 17 derajat

c. 27 derajat

d. 35 derajat

Jawaban : C


27. Pernyataan yang tepat tentang shalat berjamaah adalah ....

a. shalat berjamaah hanya dikerjakan di masjid

b. shalat berjamah dikerjakan oleh dua orang atau leebih secara bersama- sama

c. shalat berjamaah memiliki keutamaan yang sama dengan shalat sendirian

d. shalat berjamaah hanya untuk shalat fardhu

Jawaban : B


28. Shalat berjamaah dilakukan paling sedikit ....

a. satu imam dan satu makmum

b. satu imam dan dua makmum

c. satu imam dan tiga makmum

d. satu imam dan empat makmum

Jawaban : A


29. Di bawah ini yang bukan merupakan keutamaan dari shalat berjamaah adalah ....

a. setiap langkah kaki menuju shalat berjamaah diberikan satu pahala dan dihapuskan satu dosa

b. mendapatkan pahala saat menunggu waktu shalat

c. mendapatkan naungan kelak pada hari kiamat

d. mendapatkan pujian dari jamaah lainnya 

Jawaban : D


30. Makmum yang mendapatkan kesempatan yang cukup untuk membaca fatihah bersama imam atau dapat mengikuti imam mulai dari awal shalat berjamaah disebut ....

a. makmum

b. makmum muwafiq

c. makmum masbuq

d. munfarid  

Jawaban : B



Super Lengkap : Soal Sumatif Akhir Semester Ganjil dan Genap 

 

Soal SAS Qur’an Hadis Kelas 3 Semester Ganjil Kurikulum Merdeka

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Blog ads

ADS