Soal SAS SKI Kelas 4 Semester Ganjil Kurikulum Merdeka

Download Soal Sumatif Akhir Semester (SAS) Ganjil Kelas 4 SKI Kurikulum Merdeka dalam bentuk Ms. Word lengkap dengan Kunci Jawaban. Bapak/ibu guru, telah kami siapkan File untuk persiapan menjelang Penilaian Akhir Semester / Penilaian Sumatif Akhir Semester. Soal ini telah kami susun dengan rapi, sehingga bapak / ibu tinggal merubah kop soal saja.

Soal Sumatif Akhir Semester (SAS)

 

Sumatif Akhir Semester (SAS) adalah salah satu komponen penting dalam sistem pendidikan yang bertujuan untuk menilai capaian belajar siswa setelah mereka menyelesaikan satu semester pembelajaran. SAS biasanya digunakan sebagai alat penilaian yang kuat untuk mengukur sejauh mana siswa telah memahami dan menguasai materi pelajaran yang telah diajarkan selama satu semester. Kita akan membahas lebih lanjut mengenai pentingnya SAS, bagaimana SAS disusun, dan dampaknya terhadap siswa dan proses pendidikan secara keseluruhan. Download Soal Sumatif Akhir Semester (SAS) atau PAS Kelas 4 untuk Mapel SKI Semester Ganjil Kurmer Tahun 2023, 2024, 2025, 2026, 2027.

Salah satu tujuan utama dari SAS SKI Kelas 4 Semester Ganjil adalah untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. SAS biasanya mencakup berbagai jenis tes, tugas, dan proyek yang dirancang untuk menguji pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman siswa. Dengan demikian, hasil dari SAS memberikan gambaran yang jelas tentang sejauh mana siswa telah mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Ini membantu guru untuk menilai efektivitas metode pengajaran mereka dan memberikan umpan balik kepada siswa untuk meningkatkan pemahaman mereka.

SAS merupakan salah satu wujud asesmen yang dicoba oleh satuan pendidikan dengan tujuan untuk mengenali ketercapaian Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) pada Capaian Pembelajaran (CP) yang sudah dijalani oleh peserta didik sepanjang satu semester/6 bulan.

SAS juga merupakan alat yang penting dalam proses penilaian pendidikan. Hasil SAS Kelas 4 digunakan untuk menentukan apakah siswa layak naik ke tingkat berikutnya atau mendapatkan kelulusan. Oleh karena itu, hasil dari SAS sangat memengaruhi jenjang pendidikan siswa. Ini juga berpengaruh pada citra sekolah dan guru, karena hasil SAS sering digunakan untuk mengukur kinerja mereka.

Proses penyusunan SAS melibatkan beberapa tahap yang cermat. Guru harus merencanakan dan merancang instrumen penilaian yang sesuai dengan kurikulum dan tujuan pembelajaran. Instrumen tersebut dapat berupa tes tertulis, proyek, presentasi, atau jenis penilaian lainnya. Selain itu, guru juga harus mempertimbangkan berbagai aspek penting seperti kesetaraan, validitas, dan reliabilitas instrumen penilaian.

Selama pelaksanaan SAS SKI Kelas 4 Semester Ganjil Kurikulum Merdeka, siswa diuji sesuai dengan instrumen penilaian yang telah disusun. Guru harus memastikan bahwa ujian dilaksanakan secara adil dan berintegritas. Selain itu, mereka juga perlu memberikan bimbingan dan dukungan kepada siswa agar mereka bisa menunjukkan potensi terbaik mereka dalam menghadapi SAS.

Hasil SAS Ganjil Kurmer memiliki dampak yang signifikan pada siswa. Hasil positif dalam SAS SKI dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa dan memberikan dorongan motivasi untuk belajar lebih baik. Namun, hasil negatif dalam SAS juga bisa menjadi pelajaran berharga yang mengingatkan siswa untuk bekerja lebih keras dan memperbaiki pemahaman mereka. Oleh karena itu, SAS bukan hanya alat penilaian, tetapi juga alat pembelajaran yang berharga.

Selain itu, hasil SAS SKI Kelas 4 Semester Ganjil juga memengaruhi sistem pendidikan secara keseluruhan. Hasil ini digunakan untuk mengukur efektivitas kurikulum dan metode pengajaran yang diterapkan di sekolah. Hasil SAS juga dapat mengungkapkan kebutuhan untuk perubahan atau perbaikan dalam sistem pendidikan. Oleh karena itu, SAS merupakan alat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.

Dalam kesimpulannya, Sumatif Akhir Semester (SAS) SKI Kelas 4 Semester Ganjil Kurikulum Merdeka adalah penilaian yang penting dalam sistem pendidikan. SAS membantu mengukur capaian belajar siswa, memengaruhi jenjang pendidikan siswa, dan memengaruhi proses pendidikan secara keseluruhan. Dalam proses penyusunannya, perlu memperhatikan kesetaraan, validitas, dan reliabilitas instrumen penilaian. Hasil SAS memberikan dampak besar pada siswa dan sistem pendidikan. Oleh karena itu, penting untuk memperlakukan SAS SKI Kelas 4 Semester Ganjil dengan serius dan menggunakan hasilnya untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan.

Unduh Soal SAS SKI Kelas 4 Semester Ganjil Kurikulum Merdeka

  • Semester 1 : Semester 2 : SKI


Latihan Soal Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) Ganjil SKI Kelas 4 SD/ MI Kurikulum Merdeka Tahun 2023/ 2024

1. Di bawah ini pengertian hijrah yang tepat adalah ....
a. hijrah merupakan kembalinya seseorang ke tempat yang lama ia tinggalkan
b. hijrah merupakan perpindahan dari suatu tempat ke tempat baru yang lebih baik 
c. hijrah merupakan perpindahan dari suatu tempat yang padat penduduknya ke tempat yang jarang penduduknya 
d. hijrah merupakan perpindahan dari suatu tempat yang berkonflik ke tempat yang aman 


2. Lama Nabi Muhammad Saw berdakwah secara sembunyi- sembunyi adalah ....
a. 10 tahun 
b. 12 tahun 
c. 13 tahun 
d. 14 tahun 



3. Pernyataan yang tepat berkaitan dengan hijrahnya para sahabat Nabi Saw ke Habasyah adalah .... (jawaban bisa lebih dari satu)
a. para sahabat nabi Saw berhijrah ke Habasyah setelah Nabi Saw melakukan hijrah 
b. para sahabat nabi Saw berhijrah karena ketaatan mereka kepada Allah Swt
c. para sahabat nabi Saw berangkat ke Habasyah dengan penuh rasa ikhlas
d. para sahabat nabi Sae berangkat ke Habsyah karena ditekan oleh kaum kafir Quraisy



4. Tempat hijrah pertama yang menjadi tujuan Nabi Saw dan para sahabatnya adalah ....
a. Thaif 
b. Habasyah 
c. Yatsrib 
d. Syam 



5. Di bawah ini yang menjadi pemimpin pertama hijrahnya kaum muslimin ke Habasyah adalah ....
a. Abu Hudzaifah 
b. Mus'ab bin Umair 
c. Usman bin Affan 
d. Usman bin Madz'un 



6. Beberapa wanita ikut dalam hijrahnya kaum muslimin ke Habasyah tahap pertama. Di bawah ini para wanita yang ikut dalam rombongan tersebut, kecuali ....
a. Ummu Salamah
b. Ruqayyah  
c. Fatimah Azzahra 
d. Sahlah binti Suhail



7. Pernyataan yang tepat tentang waktu hijrah kaum muslimin ke Habasyah adalah ....
a. hijrah ke Habasyah dilaksanakan pada bulan Rajab tahun ke enam kenabian 
b. hijrah ke Habasyah dilaksanakan pada bulan Rajab tahun ke lima kenabian
c. hijrah ke Habasyah dilaksanakan pada bulan Rajab tahun ke empat kenabian
d. hijrah ke Habasyah dilaksanakan pada bulan Rajab tahun ke tiga kenabian

8. Sambutan penduduk Habasyah terhadap kedatangan kaum muslimin yang hijrah adalah ....
a. menolak dengan keras
b. menerima dengan syarat tertentu 
c. menerima dengan ramah dan penuh persahabatan 
d. menerima dengan berat hati 



9. Setelah kaum muhajirin tinggal di Habasyah, mereka mendengar suatua kabar. Pernyataan yang tepat adalah ....
a. Mekah dikuasai oleh kaum kafir Quraisy 
b. Islam semakin berkembang di Mekah namun masih dibawah tekanan kaum Quraisy 
c. Islam semakin aman dan berkembang di Mekah
d. Islam semakin terancam di Mekah 



10. Di bawah ini rombongan yang ikut hijrah ke Habasyah tahap kedua adalah ....
a. 83 pria dan 20 wanita 
b. 83 pria dan 19 wanita
c. 83 pria dan 18 wanita 
d. 83 pria dan 14 wanita



11. Pada masa sekarang, Habasyah termasuk dalam wilayah negara ....
a. Mesir 
b. Irak 
c. Iran 
d. Ethiopia 



12. Alat transportasi yang digunakan oleh para kaum muslimin ketika hijrah ke Habasyah adalah ....
a. onta 
b. perahu
c. kuda 
d. berjalan kaki 



13. Nabi Muhammad Saw hijrah ke Thaif dengan cara ....
a. berjalan kaki 
b. naik unta 
c. naik kuda 
d. dengan perahu


14. Perhatikan pernyataan - pernyataan berikut ini,
(1) Tekanan kaum Quraisy
(2) Wafatnya Abu Thalib
(3) Penduduk Thaif yang ramah 
(4) Letak Thaif yang diluar pengaruh kaum kafir Quraisy

Pernyataan yang menunjukkan sebab hijrahnya Nabi Muhammad Saw ke Tahif ditunjukkan oleh nomor ....
a. 1
b. 1, 2
c. 1, 2, 3
d. 1, 2, 3, 4



15. Para penduduk Thaif memperlakukan Rasulullah Saw dengan tidak baik ketika beliau berdakwah di Thaif. Mereka bahkan mengganggu Rasulullah Saw dengan melemparkan ....
a. kotoran onta 
b. batu 
c. kotoran kuda 
d. tanah liat 



16. Nabi Muhammad berhijrah ke Tahif ditemani oleh sahabatnya yang bernama ....
a. Abu Bakar 
b. Zaid bin Haritsah 
c. Usman bin Affan 
d. Ali bin Abi Thalib 



17. Berikut ini kondisi yang menggambarkan kota Thaif adalah ....
a. gersang dan kering 
b. tanah yang subur dan udara yang sejuk 
c. tanah tandus dan bergurun 
d. tanah tandus dan udara yang kering 



18. Nabi Muhammad Saw berhijrah ke Thaif dengan tujuan  ....
a. menghindari kaum kafir Quraisy 
b. mendapatkan dukungan dari saudara nabi di kota Thaif 
c. ingin hidup damai dan tenang 
d. memperluas dakwah Islam di kota Thaif

19. Nabi mendapat perlakuan yang buruk selama hijrahnya ke Thaif. Pernyataan yang tepat berkaitan dengan hal tersebut adalah ....
a. Nabi Saw akan membalas segala perlakuan penduduk Thaif 
b. Nabi Saw merasa marah akan perlakuan penduduk Thaif 
c. Nabi Saw bersikap sabar atas perlakuan penduduk Thaif 
d. Nabi Saw akan mencoba kembali berdakwah di Thaif meskipun mendapat perlakuan buruk 



20. Di bawah ini pernyataan yang tepat tentang sikap nabi Saw menghadapi kekejaman kaum Quraisy adalah ....
a. nabi Saw tetap tabah menjalani dan mendoakan orang- orang yang dzolim kepada beliau 
b. nabi Saw tidak menerima segala perlakuan buruk kaum Quraisy terhadap beliau dan para sahabatnya 
c. nabi Saw selalu mendoakan agar Allah Swt menurunkan balasan yang setimpal terhadap orang yang mendzolimi beliau
d. nabi Saw bersikap marah terahadap kekejaman orang- orang kafir Quraisy



21. Hijrahnya Nabi Saw ke Thaif dilakukan pada ....
a. bulan Rajab tahun kesembilan kenabian
b. bulan Syawal tahun kesembilan kenabian 
c. bulan Syawal tahun kesepuluh kenabian 
d. bulan Syawal tahun kesebelas kenabian 



22. Di bawah ini salah satu kekejaman kaum Quraisy yang menyebabkan penderitaan kepada Nabi Saw dan pengikutnya hingga menyebabkan kesengsaraan, kemiskinan dan kelaparan  bagi kaum muslimin sampai selama lebih kurang 3 tahun adalah ....
a. pengusiran kepada kaum muslimin dari kota Mekah 
b. pemboikotan dan pengucilan kaum muslimin oleh kaum kafir Quraisy
c. pembunuhan para tokoh kaum muslimin
d. penyiksaan terhadap kaum muslimin



23. Rasulullah Saw merasakan cobaan yang sangat berat karena wafatnya Abu Thalib dan Ummul Mukminin Khadijah. Sebagai seorang manusia, beliau sangat bersedih hati. Tahun wafatnya Abu Thalib dan Khadijah disebut juga sebagai Amul Huzni, yang berarti ....
a. tahun perlindungan
b. tahun duka cita
c. tahun yang berat 
d. tahun rintangan 



24. Salah satu tempat yang menjadi saksi kekejaman kaum Quraisy terhadap kaum muslimin dengan cara memboikot secara sosial dan ekonomi adalah ....
a. Gua Tsur 
b. lembah Al Asilah  
c. Lembah Syi'ib
d. bukit Shafa


25. Wafatnya Abu Thalib  terjadi pada ....
a. bulan Rajab tahun kesepuluh kenabian 
b. bulan Rajab tahun kesebelas kenabian
c. bulan Rajab tahun keduabelas kenabian
d. bulan Rajab tahun ketigabelas kenabian



26. Orang kafir Quraisy yang melemparkan kotoran ke punggung Nabi Saw ketika beliau sedang bersujud adalah ....
a. Utbah bin Rabi'ah 
b. Harts bin Amir 
c. Nadhar bin Haritsah
d. Uqbah bin Mu'ith 



27. Di bawah ini adalah alasan yang menjadi penyebab hijrahnya Nabi Saw ke Yatsrib, kecuali ....
a. tekanan kaum Quraisy yang semakin keras 
b. penerimaan dakwah para penduduk yatsrib 
c. kondisi wilayah Yatsrib yang lebih subur daripada Mekah 
d. jaminan keamanan penduduk Yatsrib terhadap dakwah Nabi Saw



28. Kota Yatsrib saat ini adalah ....
a. Riyadh 
b. Madinah 
c. Jeddah 
d. Thaif 



29. Perhatikan hal- hal berikut ini,
(1) pemarah 
(2) ramah 
(3) suka menolong 
(4) keras

Sifat yang dimiliki oleh penduduk Yatrsib ditunjukkan oleh nomor ....
a. 1
b. 1, 4
c. 2, 3
d. 2, 4



30. Kaum muslimin pengikut Nabi saw yang ikut hijrah ke Yatsrib disebut ....
a. ansar 
b. muslimin 
c. muhajirin 
d. Tsamud 


Jawablah Benar dan Salah pada pernyataan berikut ini

 31. Masjid yang dibangun oleh Nabi Saw ketika pertama kali tiba di Yatsrib adalah masjidil Aqsa  Benar/ Salah
 32. Nabi Muhammad Saw menciptakan persaudaraan antara kaum Ansar dan Muhajirin dengan cara membuat perjanjian Piagam Madinah Benar/ Salah
 33. Umar bin Khattab adalah sahabat Nabi yang diutus untuk mengajarkan agama Islam kepada orang- orang Yatsrib Benar/ Salah

Jawaban no.31 - 33

31.

32. 

33. 

34. Peran Zaid bin Tsabit di Madinah adalah ....



35. Kondisi Kota Yatsrib ketika Nabi Saw hijrah adalah ....




Super Lengkap : Soal Sumatif Akhir Semester Ganjil dan Genap 

 

Soal SAS SKI Kelas 4 Semester Ganjil Kurikulum Merdeka

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Blog ads

ADS