Download Soal Sumatif Tengah Semester (STS) Genap Kelas 2 Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka dalam bentuk Ms. Word lengkap dengan Kunci Jawaban. Bapak/ibu guru, telah kami siapkan File untuk persiapan menjelang Penilaian Tengah Semester 2 / Penilaian Sumatif Tengah Semester Genap. Soal ini telah kami susun dengan rapi, sehingga bapak / ibu tinggal merubah kop soal saja.
Sumatif Tengah Semester (STS) adalah salah satu komponen penting dalam sistem pendidikan yang bertujuan untuk menilai capaian belajar siswa setelah mereka menyelesaikan 1,2 atau 3 bab semester pembelajaran. STS biasanya digunakan sebagai alat penilaian yang kuat untuk mengukur sejauh mana siswa telah memahami dan menguasai materi pelajaran yang telah diajarkan selama setengah semester (Tiga Bulan). Kita akan membahas lebih lanjut mengenai pentingnya STS, bagaimana STS disusun, dan dampaknya terhadap siswa dan proses pendidikan secara keseluruhan. Download Soal Sumatif Tengah Semester (STS) atau PAS Kelas 2 untuk Mapel Bahasa Indonesia Semester Genap Kurmer Tahun 2023, 2024, 2025, 2026, 2027.
Salah satu tujuan utama dari STS Bahasa Indonesia Kelas 2 Semester Genap adalah untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. STS biasanya mencakup berbagai jenis tes, tugas, dan proyek yang dirancang untuk menguji pengetahuan dan pemahaman siswa. Dengan demikian, hasil dari STS memberikan gambaran yang jelas tentang sejauh mana siswa telah mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Ini membantu guru untuk menilai efektivitas metode pengajaran mereka dan memberikan umpan balik kepada siswa untuk meningkatkan pemahaman mereka.
STS merupakan salah satu wujud asesmen yang dicoba oleh satuan pendidikan dengan tujuan untuk mengenali ketercapaian Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) pada Capaian Pembelajaran (CP) yang sudah dijalani oleh peserta didik sepanjang satu semester/6 bulan.
STS juga merupakan alat yang penting dalam proses penilaian pendidikan. Hasil STS Kelas 2 digunakan untuk menentukan apakah siswa layak naik ke tingkat berikutnya atau mendapatkan kelulusan. Oleh karena itu, hasil dari STS sangat memengaruhi jenjang pendidikan siswa. Ini juga berpengaruh pada citra sekolah dan guru, karena hasil STS sering digunakan untuk mengukur kinerja mereka.
Proses penyusunan STS melibatkan beberapa tahap yang cermat. Guru harus merencanakan dan merancang instrumen penilaian yang sesuai dengan kurikulum dan tujuan pembelajaran. Instrumen tersebut dapat berupa tes tertulis, proyek, presentasi, atau jenis penilaian lainnya. Selain itu, guru juga harus mempertimbangkan berbagai aspek penting seperti kesetaraan, validitas, dan reliabilitas instrumen penilaian.
Selama pelaksanaan STS Bahasa Indonesia Kelas 2 Semester Genap Kurikulum Merdeka, siswa diuji sesuai dengan instrumen penilaian yang telah disusun. Guru harus memastikan bahwa ujian dilaksanakan secara adil dan berintegritas. Selain itu, mereka juga perlu memberikan bimbingan dan dukungan kepada siswa agar mereka bisa menunjukkan potensi terbaik mereka dalam menghadapi STS.
Hasil STS Genap Kurmer memiliki dampak yang signifikan pada siswa. Hasil positif dalam STS Bahasa Indonesia dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa dan memberikan dorongan motivasi untuk belajar lebih baik. Namun, hasil negatif dalam STS juga bisa menjadi pelajaran berharga yang mengingatkan siswa untuk bekerja lebih keras dan memperbaiki pemahaman mereka. Oleh karena itu, STS bukan hanya alat penilaian, tetapi juga alat pembelajaran yang berharga.
Selain itu, hasil STS Bahasa Indonesia Kelas 2 Semester Genap juga memengaruhi sistem pendidikan secara keseluruhan. Hasil ini digunakan untuk mengukur efektivitas kurikulum dan metode pengajaran yang diterapkan di sekolah. Hasil STS juga dapat mengungkapkan kebutuhan untuk perubahan atau perbaikan dalam sistem pendidikan. Oleh karena itu, STS merupakan alat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.
Dalam kesimpulannya, Sumatif Tengah Semester (STS) Bahasa Indonesia Kelas 2 Semester Genap Kurikulum Merdeka adalah penilaian yang penting dalam sistem pendidikan. STS membantu mengukur capaian belajar siswa, memengaruhi jenjang pendidikan siswa, dan memengaruhi proses pendidikan secara keseluruhan. Dalam proses penyusunannya, perlu memperhatikan kesetaraan, validitas, dan reliabilitas instrumen penilaian. Hasil STS memberikan dampak besar pada siswa dan sistem pendidikan. Oleh karena itu, penting untuk memperlakukan STS Bahasa Indonesia Kelas 2 Semester Genap dengan serius dan menggunakan hasilnya untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan.
Unduh Soal STS Bahasa Indonesia Kelas 2 Semester Genap Kurikulum Merdeka
- Semester 1 : Cek Disini
- Semester 2 : Bahasa Indonesia
Latihan soal PTS/UTS Bahasa Indonesia kelas 2 SD semester 2 Kurikulum Merdeka lengkap dengan kunci jawaban.
Bacalah puisi di bawah ini untuk mengerjakan soal nomor 1-3!
Covid-19
Kau datang ke hadapan kami
Mematikan apa yang kau lewati
Kami terpaksa mengurung diri
Hingga bersekolah pun harus menyendiri Masker dan hand sanitizer kami beli
Cuci tangan tak pernah terlewati
Olahraga dan makan bergizi
Agar terhindar dari penyakit ini
Oh Tuhan, hanya satu pinta kami Lenyapkan Covid-19 dari bumi ini
Supaya tenteram bumi ini
Agar kami dapat bersekolah lagi
1. Untuk menghindari penyakit Covid-19, salah satu hal yang harus kita lakukan adalah ....
a. Melewatkan cuci tangan
b. Makan makanan bergizi
c. Malas memakai masker
Jawaban : B
2. "Oh Tuhan, hanya satu pinta kami" Makna kata "pinta" pada puisi di atas adalah ....
a. Permohonan
b. Persembahan
c. Peringatan
Jawaban : A
3. Jika Covid-19 lenyap, maka bumi menjadi ....
a. Indah
b. Sejuk
c. Tenteram
Jawaban : C
Bacalah puisi di bawah ini untuk mengerjakan soal nomor 4-5!
Alamku
Saat bangun pagi
Aku bertemu matahari
Yang memberi sinar bumi
Sehingga semua tampak berseri
Bumiku terlihat jadi indah
Bunga-bunga aneka warna
Kumbang dan kupu-kupu
Terbang dan menari gembira
4. Puisi di atas menggambarkan suasana ....
a. Pagi
b. Siang
c. Sore
Jawaban : A
5. Yang terbang dan menari gembira pada puisi di atas adalah ....
a. Bunga-bungaan
b. Kupu-kupu
c. Pepohonan
Jawaban : B
Perhatikan percakapan di bawah ini untuk menjawab soal nomor 6-7!
Beni : "Ibu, Beni minta maaf, karena telah memecahkan vas bunga kesayangan Ibu."
Ibu : “Ya Nak, Ibu maafkan. Tapi lain kali Beni harus lebih berhati-hati ya."
Beni : "Ya, Bu."
6. Beni meminta maaf kepada ibu karena ....
a. Memecahkan vas bunga kesayangan Ibu
b. Memecahkan piring kecil kesayangan Ibu
c. Memecahkan pot bunga kesayangan Ibu
Jawaban : A
7. Sikap Ibu ketika Beni meminta maaf adalah ....
a. Memarahi Beni
b. Menghukum Beni
c. Memaafkan Beni
Jawaban : C
Perhatikan percakapan di bawah ini untuk menjawab soal nomor 8-10!
Edo : "Maafkan saya Udin, saya tidak sengaja menyenggolmu tadi."
Udin : "Tidak apa-apa Edo, tapi lain kali lebih hati-hati ya?"
Edo : “Baik Din, terima kasih.”
8. Alasan Edo meminta maaf kepada Udin adalah ....
a. Edoi mencurangi Udin
b. Edo menyenggol Udin
c. Edo tidak berhati-hati
Jawaban : B
9. Pesan yang disampaikan Udin kepada Edo adalah ....
a. Lain kali harus berjalan dengan rapi
b. Lain kali harus lebih waspada
c. Lain kali harus lebih hati-hati
Jawaban : C
10. Sikap Udin ketika Edo meminta maaf adalah ....
a. Memaafkannya
b. Memarahinya
c. Mengacuhkannya
Jawaban : A
Perhatikan percakapan di bawah ini untuk menjawab soal nomor 11-12!
Dayu : "Siti, tolong ambilkan boneka yang ada di atas meja."
Siti : "Baiklah. Ini bonekanya Dayu."
Dayu : "Terima kasih Siti."
Siti : "Sama-sama Dayu."
11. Dayu meminta tolong kepada Siti agar ....
a. Mau bermain bersama
b. Meminjamkan boneka
c. Mengambilkan boneka
Jawaban : C
12. Sikap Siti ketika Dayu meminta tolong kepadanya adalah ....
a. Mengabaikannya
b. Menolongnya
c. Mengacuhkannya
Jawaban : B
Perhatikan percakapan di bawah ini untuk menjawab soal nomor 13-15!
Lani : "Kakak, bolehkah aku minta tolong?"
Kakak : "Minta tolong apa Lan?"
Lani : "Tolong ambilkan buku cerita yang ada di atas lemari Kak. Saya tidak bisa menjangkaunya karena terlalu tinggi"
Kakak : "Baik Lani, Kakak ambilkan."
Lani : "Terima kasih, Kak."
13. Alasan Lani meminta tolong adalah ....
a. Ingin dibelikan buku cerita baru oleh kakaknya
b. Tidak bisa menjangkau buku yang letaknya terlalu tinggi
c. Lani kerepotan sehingga tidak bisa menjangkau buku
Jawaban : B
14. Sikap Kakak ketika Lani meminta tolong adalah ....
a. Mengacuhkannya
b. Memarahinya
c. Menolongnya
Jawaban : C
15. Yang diucapkan Lani setelah diambilkan buku oleh Kakak adalah ....
a. Tolong
b. Terima kasih
c. Maaf
Jawaban : B
Soal STS Bahasa Indonesia Kelas 2 Semester Genap Kurikulum Merdeka