Soal STS Bahasa Indonesia Kelas 3 Semester 2 / Genap Kurikulum Merdeka

Download Soal Sumatif Tengah Semester (STS) Genap Kelas 3 Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka dalam bentuk Ms. Word lengkap dengan Kunci Jawaban. Bapak/ibu guru, telah kami siapkan File untuk persiapan menjelang Penilaian Tengah Semester 2 / Penilaian Sumatif Tengah Semester Genap. Soal ini telah kami susun dengan rapi, sehingga bapak / ibu tinggal merubah kop soal saja.

Sumatif Tengah Semester (STS) adalah salah satu komponen penting dalam sistem pendidikan yang bertujuan untuk menilai capaian belajar siswa setelah mereka menyelesaikan 1,2 atau 3 bab semester pembelajaran. STS biasanya digunakan sebagai alat penilaian yang kuat untuk mengukur sejauh mana siswa telah memahami dan menguasai materi pelajaran yang telah diajarkan selama setengah semester (Tiga Bulan). Kita akan membahas lebih lanjut mengenai pentingnya STS, bagaimana STS disusun, dan dampaknya terhadap siswa dan proses pendidikan secara keseluruhan. Download Soal Sumatif Tengah Semester (STS) atau PAS Kelas 3 untuk Mapel Bahasa Indonesia Semester Genap Kurmer Tahun 2023, 2024, 2025, 2026, 2027.

Salah satu tujuan utama dari STS Bahasa Indonesia Kelas 3 Semester Genap adalah untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. STS biasanya mencakup berbagai jenis tes, tugas, dan proyek yang dirancang untuk menguji pengetahuan dan pemahaman siswa. Dengan demikian, hasil dari STS memberikan gambaran yang jelas tentang sejauh mana siswa telah mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Ini membantu guru untuk menilai efektivitas metode pengajaran mereka dan memberikan umpan balik kepada siswa untuk meningkatkan pemahaman mereka.

STS merupakan salah satu wujud asesmen yang dicoba oleh satuan pendidikan dengan tujuan untuk mengenali ketercapaian Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) pada Capaian Pembelajaran (CP) yang sudah dijalani oleh peserta didik sepanjang satu semester/6 bulan.

STS juga merupakan alat yang penting dalam proses penilaian pendidikan. Hasil STS Kelas 3 digunakan untuk menentukan apakah siswa layak naik ke tingkat berikutnya atau mendapatkan kelulusan. Oleh karena itu, hasil dari STS sangat memengaruhi jenjang pendidikan siswa. Ini juga berpengaruh pada citra sekolah dan guru, karena hasil STS sering digunakan untuk mengukur kinerja mereka.

Proses penyusunan STS melibatkan beberapa tahap yang cermat. Guru harus merencanakan dan merancang instrumen penilaian yang sesuai dengan kurikulum dan tujuan pembelajaran. Instrumen tersebut dapat berupa tes tertulis, proyek, presentasi, atau jenis penilaian lainnya. Selain itu, guru juga harus mempertimbangkan berbagai aspek penting seperti kesetaraan, validitas, dan reliabilitas instrumen penilaian.

Selama pelaksanaan STS Bahasa Indonesia Kelas 3 Semester Genap Kurikulum Merdeka, siswa diuji sesuai dengan instrumen penilaian yang telah disusun. Guru harus memastikan bahwa ujian dilaksanakan secara adil dan berintegritas. Selain itu, mereka juga perlu memberikan bimbingan dan dukungan kepada siswa agar mereka bisa menunjukkan potensi terbaik mereka dalam menghadapi STS.

Hasil STS Genap Kurmer memiliki dampak yang signifikan pada siswa. Hasil positif dalam STS Bahasa Indonesia dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa dan memberikan dorongan motivasi untuk belajar lebih baik. Namun, hasil negatif dalam STS juga bisa menjadi pelajaran berharga yang mengingatkan siswa untuk bekerja lebih keras dan memperbaiki pemahaman mereka. Oleh karena itu, STS bukan hanya alat penilaian, tetapi juga alat pembelajaran yang berharga.

Selain itu, hasil STS Bahasa Indonesia Kelas 3 Semester Genap juga memengaruhi sistem pendidikan secara keseluruhan. Hasil ini digunakan untuk mengukur efektivitas kurikulum dan metode pengajaran yang diterapkan di sekolah. Hasil STS juga dapat mengungkapkan kebutuhan untuk perubahan atau perbaikan dalam sistem pendidikan. Oleh karena itu, STS merupakan alat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.

Dalam kesimpulannya, Sumatif Tengah Semester (STS) Bahasa Indonesia Kelas 3 Semester Genap Kurikulum Merdeka adalah penilaian yang penting dalam sistem pendidikan. STS membantu mengukur capaian belajar siswa, memengaruhi jenjang pendidikan siswa, dan memengaruhi proses pendidikan secara keseluruhan. Dalam proses penyusunannya, perlu memperhatikan kesetaraan, validitas, dan reliabilitas instrumen penilaian. Hasil STS memberikan dampak besar pada siswa dan sistem pendidikan. Oleh karena itu, penting untuk memperlakukan STS Bahasa Indonesia Kelas 3 Semester Genap dengan serius dan menggunakan hasilnya untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan.

Unduh Soal STS Bahasa Indonesia Kelas 3 Semester Genap Kurikulum Merdeka

  • Semester 1 : Cek Disini
  • Semester 2 : Bahasa Indonesia

 

Contoh Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 3 SD Semester 2 dan Jawaban


Cermati cerita ini untuk menjawab soal nomor 1-4

Hari Pasar

Minggu depan, di sekolah ada Hari Pasar. Pada hari itu, para siswa akan berlatih jual beli. Ardi dan teman sekelompoknya berunding.
"Bagaimana kalau jual mainan?" usul Edo.
"Jual makanan saja, yuk! Makanan lebih cepat laku," ajak Rahman.
"Setuju. Kalau tidak laku, kita makan sendiri," sambung Sugeng.
Semua tergelak.

1. Pada Hari Pasar, siswa akan melakukan...

A. Latihan jual beli
B. Belajar ekonomi
C. Membeli mainan
D. Membantu pedang di pasar

Jawaban: A

2. Apa yang akan dijual oleh Ardi dan kawannya?

A. Mainan
B. Barang bekas
C. Makanan
D. Pakaian

Jawaban: C

3. Bagaimana jika barang yang mereka jual tidak laku?

A. Menjualnya ke keluarga
B. Menghabiskannya sendiri
C. Menjualnya kembali besok
D. Menitipkan ke pedang lain

Jawaban: B

4. Tergelak artinya..

A. Terjatuh
B. Tertawa
C. Berdiskusi
D. Tidak laku

Jawaban: B

Bacalah teks ini untuk menjawab nomor 5-7!

Berburu Resep

Ardi, Edo, Rahman, dan Sugeng bersepakat. Mereka akan menjual kue bola-bola cokelat. Kini saatnya berburu resep kue terenak. Edo membaca buku resep milik ibunya. Sugeng menelepon tantenya. Ardi dan Rahman menggunakan internet.

5. Apa yang mereka sepakati?

A. Membaca buku resep ibu
B. Belajar menggunakan internet
C. Menjual kue-kue bola
D. Berburu resep terenak

Jawaban: C

6. Siapa yang bertugas mencari resep kue lewat buku?

A. Edo
B. Sugeng
C. Ardi
D. Rahman

Jawaban: A

7. Apa itu internet?

A. Semacam alat komunikasi berupa telepon
B. Jaringan yang terhubung dan membuat orang bisa berkomunikasi lewat handphone
C. Cara berkomunikasi zaman sekarang
D. Teknologi yang berfungsi meniru tingkah manusia

Jawaban: B

Simak pengumuman ini untuk menjawab nomor 8-11!

Ting tong ting tong ting tong ting tong ....
Penumpang yang kami hormati. Di jalur tiga dari arah timur akan melintas Kereta Api Turangga dari Stasiun Surabaya Gubeng tujuan akhir Stasiun Bandung. Harap berhati-hati dan tidak melintas di jalur tiga

8. Di mana kah pengumuman tersebut bisa didengarkan?

A. Terminal
B. Halte
C. Pelabuhan
D. Stasiun

Jawaban: D

9. Apa tujuan kereta api yang hendak melintas?

A. Surabaya Gubeng-Bandung
B. Turangga-Bandung
C. Bandung-Surabaya Gubeng
D. Surabaya-Gubeng

Jawaban: A

10. Petugas kereta api yang bertanggung jawab mengemudikan kereta api dan memastikan keselamatan penumpang adalah...

A. Masinis
B. Kondektur
C. Security
D. Teknisi

Jawaban: A

11. Rel artinya...

A. Berlalu dengan cepat
B. Tempat penumpang menunggu
C. Jalur kereta api
D. Tempat masinis mengemudikan kereta api

Jawaban: C

Bacalah teks ini dengan seksama untuk menjawab pertanyaan nomor 12-15!

Pukul 09.00 aku dan Ibu sampai di stasiun tujuan.
Ketika Ibu menata barang bawaan, aku meminta izin ke kamar kecil.
Kuikuti petunjuk arah berupa tanda panah dan tulisan "Toilet".
Oh, ternyata aku harus berbelok beberapa kali.
Setelah selesai buang air kecil, aku mencuci tangan dan segera kembali.
Kuingat-ingat belokan yang tadi kulewati.
Aku menoleh ke kanan dan kiri, tetapi Ibu tidak terlihat.
Bagaimana ini? Di mana aku?
Dadaku mulai berdebar-debar.
Mungkin aku salah belok, aku harus bagaimana?

12. Apa judul yang tepat untuk teks tersebut?

A. Berlibur
B. Di Mana Aku?
C. Pergi ke Toilet
D. Buang Air Kecil

Jawaban: B

13. Apa yang terjadi pada tokoh 'aku'?

A. Tersesat
B. Tidak kuat menahan buang air kecil
C. Buang air kecil bersama ibu
D. Naik kereta api

Jawaban: A

14. Apa yang dirasakan oleh 'aku' dalam teks tersebut?

A. Bingung
B. Senang
C. Biasa saja
D. Tenang

Jawaban: A

15. Apa arti dari 'menoleh'?

A. Melihat dengan memalingkan muka
B. Mencermati
C. Fokus pada satu objek
D. Memejamkan mata

Jawaban: A

16. Yang merupakan kata untuk kalimat larangan adalah...

A. Ayo
B. Lakukan
C. Sebaiknya
D. Hindari

Jawaban: D

17. Yang merupakan kata untuk kalimat anjuran adalah...

A. Dilarang
B. Hindari
C. Hentikan
D. Lakukan

Jawaban: D

18. Mana yang termasuk contoh larangan?

A. Ayo kita menanam pohon kecil di sekitar rumah!
B. Jangan membuang makanan yang tidak habis!
C. Mari berdansa dan menari bersamaku!
D. Sebaiknya kamu belajar sebelum ujian!

Jawaban: B

19. Di bawah ini adalah contoh kalimat anjuran, kecuali..

A. Seharusnya ibu beristirahat jika sakit
B. Alangkah baiknya jika setelah bertengkar kemudian saling memaafkan
C. Dilarang bermain ponsel di kelas!
D. Sebaiknya makan siang di kantin saja ya?

Jawaban: C

20. Apa hal yang biasanya dilarang dilakukan di dalam kelas?

A. Membaca buku
B. Mewarnai buku gambar
C. Membuat kreasi seni
D. Bermain ponsel

Jawaban: D


Soal STS Bahasa Indonesia Kelas 3 Semester Genap Kurikulum Merdeka

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Blog ads

ADS