Soal STS Bahasa Indonesia Kelas 4 Semester 2 / Genap Kurikulum Merdeka

Download Soal Sumatif Tengah Semester (STS) Genap Kelas 4 Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka dalam bentuk Ms. Word lengkap dengan Kunci Jawaban. Bapak/ibu guru, telah kami siapkan File untuk persiapan menjelang Penilaian Tengah Semester 2 / Penilaian Sumatif Tengah Semester Genap. Soal ini telah kami susun dengan rapi, sehingga bapak / ibu tinggal merubah kop soal saja.

Sumatif Tengah Semester (STS) adalah salah satu komponen penting dalam sistem pendidikan yang bertujuan untuk menilai capaian belajar siswa setelah mereka menyelesaikan 1,2 atau 3 bab semester pembelajaran. STS biasanya digunakan sebagai alat penilaian yang kuat untuk mengukur sejauh mana siswa telah memahami dan menguasai materi pelajaran yang telah diajarkan selama setengah semester (Tiga Bulan). Kita akan membahas lebih lanjut mengenai pentingnya STS, bagaimana STS disusun, dan dampaknya terhadap siswa dan proses pendidikan secara keseluruhan. Download Soal Sumatif Tengah Semester (STS) atau PAS Kelas 4 untuk Mapel Bahasa Indonesia Semester Genap Kurmer Tahun 2023, 2024, 2025, 2026, 2027.

Salah satu tujuan utama dari STS Bahasa Indonesia Kelas 4 Semester Genap adalah untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. STS biasanya mencakup berbagai jenis tes, tugas, dan proyek yang dirancang untuk menguji pengetahuan dan pemahaman siswa. Dengan demikian, hasil dari STS memberikan gambaran yang jelas tentang sejauh mana siswa telah mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Ini membantu guru untuk menilai efektivitas metode pengajaran mereka dan memberikan umpan balik kepada siswa untuk meningkatkan pemahaman mereka.

STS merupakan salah satu wujud asesmen yang dicoba oleh satuan pendidikan dengan tujuan untuk mengenali ketercapaian Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) pada Capaian Pembelajaran (CP) yang sudah dijalani oleh peserta didik sepanjang satu semester/6 bulan.

STS juga merupakan alat yang penting dalam proses penilaian pendidikan. Hasil STS Kelas 4 digunakan untuk menentukan apakah siswa layak naik ke tingkat berikutnya atau mendapatkan kelulusan. Oleh karena itu, hasil dari STS sangat memengaruhi jenjang pendidikan siswa. Ini juga berpengaruh pada citra sekolah dan guru, karena hasil STS sering digunakan untuk mengukur kinerja mereka.

Proses penyusunan STS melibatkan beberapa tahap yang cermat. Guru harus merencanakan dan merancang instrumen penilaian yang sesuai dengan kurikulum dan tujuan pembelajaran. Instrumen tersebut dapat berupa tes tertulis, proyek, presentasi, atau jenis penilaian lainnya. Selain itu, guru juga harus mempertimbangkan berbagai aspek penting seperti kesetaraan, validitas, dan reliabilitas instrumen penilaian.

Selama pelaksanaan STS Bahasa Indonesia Kelas 4 Semester Genap Kurikulum Merdeka, siswa diuji sesuai dengan instrumen penilaian yang telah disusun. Guru harus memastikan bahwa ujian dilaksanakan secara adil dan berintegritas. Selain itu, mereka juga perlu memberikan bimbingan dan dukungan kepada siswa agar mereka bisa menunjukkan potensi terbaik mereka dalam menghadapi STS.

Hasil STS Genap Kurmer memiliki dampak yang signifikan pada siswa. Hasil positif dalam STS Bahasa Indonesia dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa dan memberikan dorongan motivasi untuk belajar lebih baik. Namun, hasil negatif dalam STS juga bisa menjadi pelajaran berharga yang mengingatkan siswa untuk bekerja lebih keras dan memperbaiki pemahaman mereka. Oleh karena itu, STS bukan hanya alat penilaian, tetapi juga alat pembelajaran yang berharga.

Selain itu, hasil STS Bahasa Indonesia Kelas 4 Semester Genap juga memengaruhi sistem pendidikan secara keseluruhan. Hasil ini digunakan untuk mengukur efektivitas kurikulum dan metode pengajaran yang diterapkan di sekolah. Hasil STS juga dapat mengungkapkan kebutuhan untuk perubahan atau perbaikan dalam sistem pendidikan. Oleh karena itu, STS merupakan alat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.

Dalam kesimpulannya, Sumatif Tengah Semester (STS) Bahasa Indonesia Kelas 4 Semester Genap Kurikulum Merdeka adalah penilaian yang penting dalam sistem pendidikan. STS membantu mengukur capaian belajar siswa, memengaruhi jenjang pendidikan siswa, dan memengaruhi proses pendidikan secara keseluruhan. Dalam proses penyusunannya, perlu memperhatikan kesetaraan, validitas, dan reliabilitas instrumen penilaian. Hasil STS memberikan dampak besar pada siswa dan sistem pendidikan. Oleh karena itu, penting untuk memperlakukan STS Bahasa Indonesia Kelas 4 Semester Genap dengan serius dan menggunakan hasilnya untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan.

Unduh Soal STS Bahasa Indonesia Kelas 4 Semester Genap Kurikulum Merdeka

  • Semester 1 : Cek Disini
  • Semester 2 : Bahasa Indonesia


I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar !

1. Perhatikan kutipan cerita berikut ini!
    Angsa buruk rupa telah berubah menjadi Angsa yang cantik. Sayangnya, ia menjadi Angsa yang sombong. Angsa tidak mau berteman dengan siapa pun. Lama-kelamaan, tak ada yang berani menyapa Angsa. Angsa pun merasa kesepian. Angsa mendatangi teman-temannya. Ia berjanji tidak akan sombong lagi.
Amanat cerita tersebut adalah ….
a. Kita harus rendah hati meskipun memiliki kelebihan.
b. Kita harus memiliki teman-teman yang senasib.
c. Sebaiknya kita berteman saat dalam kesedihan.
d. Sebaiknya kita selalu tampil paling anggun.

2. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini!
(1) Membaca bacaan dengan cermat.
(2) Menentukan objek pengamatan penting.
(3) Mencatat hal-hal penting dari bacaan.
(4) Menulis berdasarkan hal-hal penting.
Cara membuat ringkasan yang baik ditunjukkan oleh nomor....
a. (1), (2), dan (3)
b. (1), (2), dan (4)
c. (1), (3), dan (4)
d. (2), (3), dan (4)

3. Bacalah cerita di bawah ini!
    SD Budi Luhur memiliki ekstrakurikuler dokter kecil. Anak-anak senang dengan kegiatan ini. Bagi mereka, kegiatan ini berguna untuk menolong orang lain. Kegiatan ini dimulai pukul 15.00 setiap hari Rabu.
Kalimat utama paragraf di atas adalah....
a. SD Budi Luhur memiliki ekstrakurikuler dokter kecil.
b. Anak-anak senang dengan kegiatan ini.
c. Bagi mereka kegiatan ini berguna untuk menolong orang lain.
d. Kegiatan ini dimulai pukul 15.00 setiap hari Rabu.

4. Beberapa orang-orang melarikan diri dari kebakaran.
Kalimat efektif yang tepat dari kalimat tersebut adalah ....
a. Banyak orang-orang yang melarikan diri dari kebakaran.
b. Beberapa orang yang melarikan diri dari kebakaran.
c. Banyak orang-orang melarikan diri dari kebakaran.
d. Beberapa orang melarikan diri dari kebakaran.

5. Para penduduk semua sangat khawatir akan masa depan mereka sekalian.
Perbaikan kalimat tersebut adalah ....
a. Penduduk semua sangat khawatir akan masa depan mereka sekalian.
b. Penduduk sangat khawatirkan masa depan mereka.
c. Para penduduk sangat khawatir akan masa depan mereka.
d. Para penduduk sangat khawatir akan masa depan mereka sekalian.

6. Perhatikan bacaan berikut ini!
Pada hari Minggu kemarin, terjadi kebakaran di Kompleks Perumahan Pondok Indah. Saat itu, situasi sangat genting. Beberapa orang-orang berteriak-teriak. Banyak pula yang menyelamatkan barang-barangnya.

Perbaikan yang tepat untuk kalimat bergaris bawah adalah ....
a. Orang-orang banyak berteriak.
b. Beberapa orang berteriak-teriak.
c. Beberapa orang sedang berteriak-teriak.
d. Orang-orang banyak sekali berteriak-teriak.

7. Kalimat berikut yang mengandung majas metafora adalah ….
a. Air matanya menganak sungai melihat anak ayamnya dimakan kucing.
b. Lihatlah tarian ombak yang sangat indah di sana!
c. Suaranya sangat merdu hingga para penontonnya menutup telinganya.
d. Dia belum mampu melupakan peristiwa si jago merah yang menghanguskan tokonya.

8. Kalimat yang menggunakan majas metafora adalah ....
a. Pena menari-nari di atas kertas.
b. Dewi malam bersembunyi di balik awan.
c. Halilintar bersahut-sahutan di tengah derasnya hujan.
d. Kecantikan gadis itu laksana malaikat tanpa sayap.

9. Berikut ini yang termasuk laporan kunjungan adalah ….
a. Bertamasya ke Candi Prambanan
b. Naiknya harga BBM
c. Biografi Chairul Tanjung
d. Pengamatan Pembibitan Buah Naga

10. Nadia bermain biola di teras rumahnya.
Predikat pada kalimat tersebut adalah ….
a. Nadia
b. biola
c. di teras
d. bermain

Bacalah cerita berikut dengan saksama untuk mengerjakan soal nomor 11 - 13!
    Pada saat pulang sekolah hujan lebat. Dewi pulang sambil memakai payung. Dewi berjalan sendiri melewati jalan beraspal yang sudah banyak berlubang. Tiba-tiba sebuah sepeda motor melaju sangat kencang di sebelahnya, sehingga air yang bercampur lumpur itu menyemprot seluruh tubuhnya. Pakaian, sepatu, dan tas sekolah Dewi menjadi kotor. Pengendara motor itu terus melaju tanpa menoleh sedikit pun kepada Dewi. Dewi merasa kasihan kepada pengendara motor yang tidak bertanggung jawab.
11. Latar waktu dari penggalan cerita di atas adalah ....
a. Saat pulang sekolah dalam kondisi hujan.
b. Dewi pulang sendirian dan kehujanan.
c. Tempat pengungsian warga desa.
d. Kondisi hujan dan berada di jalan beraspal.

12. Watak tokoh utama dalam penggalan cerita tersebut adalah....
a. tidak bertanggung jawab
b. sangat peduli
c. besar hati
d. seenaknya sendiri

13. Amanat yang dapat diambil dari penggalan cerita tersebut adalah ....
a. Kita harus mau bertanggung jawab atas segala tindakan kita.
b. Kita biarkan saja tindakan orang lain yang mencelakakan kita.
c. Perbuatan jahat harus mendapat balasan yang setimpal.
d. Setiap tindakan perlu kita sampaikan kepada orang lain.

Bacaan berikut ini untuk soal nomor 14 - 15!
              Pakaian Adat Minang
    Setiap daerah mempunyai pakaian adat. Pakaian adat bagi wanita Minang sering disebut Limpapeh Rumah Nan Gadang. Pakaian adat ini terdiri atas beberapa bagian. Setiap bagian memiliki keunikan masing-masing. Bagian paling atas adalah penutup kepala berbentuk runcing (gonjong) menyerupai bentuk atap rumah Minangkabau. Penutup kepala ini disebut tingkuluak.

14. Informasi yang didapat dari bacaan di atas adalah ....
a. rumah adat di minang disebut rumah nan gadang.
b. pakaian adat wanita minang adalah limpapeh rumah nan gadang.
c. rumah adat nan gadang berada di Sumatra Barat.
d. pakaian adat wanita Minang disebut tingkuluak.

15. Kalimat tanya yang sesuai dengan bacaan di atas adalah....
a. Apa nama pakaian adat bagi wanita Minang?
b. Mengapa Sumatra Barat disebut Minang?
c. Bagaimana pakaian adat bagi pria Minang?
d. Mengapa setiap daerah memiliki pakaian adat?

16. Harga buku tulis itu delapan ribu lima ratus rupiah. Nilai uang pada kalimat di atas jika dituliskan dalam angka adalah ....
a. Rp 8.500,00
b. Rp.8.500,00
c. Rp8.500,00
d. Rp 8.500,-

17. Diana membeli sepatu seharga Rp130.500,00 per buah. Nilai uang pada kalimat di atas jika dituliskan dalam huruf adalah ....
a. seratus tiga puluh lima ribu rupiah
b. seratus tiga puluh ribu lima ratus rupiah
c. seratus tiga ribu lima ratus rupiah
d. seratus tiga puluh ribu lima puluh rupiah

Perhatikan prosedur berikut untuk menjawab soal nomor 18 - 20!
• Ambil satu butir telur ayam.
• Pecahkan telur dan masukkan isinya dalam wadah kecil.
• Ambil dua siung bawang merah dan iris tipis kemudian masukkan ke wadah kecil
• Tambah sedikit garam pada wadah kecil.
• Aduk adonan hingga tercampur rata
• Panaskan minyak goreng pada penggorengan
• Tuang adonan ke penggorengan 

18.  Langkah yang tepat untuk melengkapi prosedur teks tersebut adalah ....
a. Setelah adonan berwarna cokelat segera angkat dan sajikan.
b. Masukkan semua bahan ke dalam wadah..
c. Masukkan nasi putih sebagai bahan utama masakan.
d. Tambahkan cuka untuk membuat lunak adonan.

19. Judul yang tepat untuk prosedur tersebut adalah ....
a. Cara Membuat Bakmi Jawa
b. Cara Membuat Nasi Goreng
c. Cara Membuat Telur Dadar
d. Cara Membuat Tahu Isi

20. Bahan yang tidak terdapat dalam teks prosedur tersebut adalah ....
a. minyak goreng
b. bawang merah
c.. telur ayam
d. nasi putih

21. Hutan Lindung Sungai Wain menjadi tempat konservasi bagi satwa dari tumbuhan endemik Balikpapan.
Istilah yang dicetak tebal memiliki arti ....
a. komunitas organik
b. pelestarian atau perlindungan
c. tempat hidup organisme
d. keseluruhan flora dan fauna

22. Halaman sekolah yang kotor, akan menimbulkan penyakit.
Makna dari kata penyakit adalah ....
a. terasa sakit
b. selalu sakit-sakitan
c. sesuatu yang menyebabkan terjadinya gangguan pada makhluk hidup
d. bersusah payah untuk mencapai sesuatu

Cerita berikut untuk nomor 23 dan 24.
       Sungai Kawat
    Zaman dahulu kala, di salah satu anak sungai Kapuas yaitu sungai Kawat, ada seorang nelayan yang pergi memancing. Namun, setelah lama menunggu ia tidak mendapat satu tangkapan pun. Saat ia hampir putus asa tiba-tiba pancingnya ditarik. Ia mengira ini ikan besar, tapi ternyata saat ia mengangkatnya ternyata itu kawat emas, karena senang ia menariknya sekuat tenaga. Lalu tiba-tiba ada suara entah dari mana "Jika kau menginginkan itu, potonglah kawat itu lalu bawa ke tepian!". Namun, ia tidak menghiraukanya. Semangat membawa pulang kawat emas sebanyak-banyaknya menjadikan ia lupa diri. Karena kawat itu sangat berat, akhirnya kapal, kawat emas, dan nelayan itu tenggelam di sungai Kawat itu.

23. Nelayan pada cerita di atas mempunyai watak ....
a. pekerja keras
b. penyabar
c. baik hati
d. serakah

24. Pesan moral dari penggalan cerita tersebut adalah .... 
a. Jadilah sabar dengan memancing.
b. Keserakahan sering membuat orang buta mata dan hatinya.
c. Sungai Kapuas banyak mengandung emas.
d. Lupa diri membuat emas hilang.

25. Alur disebut juga dengan ....
a. maju
b. setting
c. latar
d. plot

26. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
(1) Amanda pergi ke sekolah, kemudian ke rumah temannya untuk belajar.
(2) Petani harus rajin agar hasil panennya melimpah.
(3) Suasana di rumahnya sepi sekali.
(4) Taman itu merupakan adalah tempat kesukaannya.
Kalimat tidak efektif ditunjukkan oleh nomor ....
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)

27. Berikut ini merupakan contoh kalimat efektif adalah ....
a. Bagi para murid-murid diharapkan hadir pukul 07.00 WIB.
b. Adik hanya mempunyai dua pasang sepatu saja.
c. Siswa kelas IV suka mengoleksi buku cerita.
d. Cara untuk merawat kesehatan kulit ialah sangatlah gampang.

28. Kalimat di bawah ini yang tidak efektif adalah....
a. Semua bola di gudang sudah rusak.
b. Murid-murid sedang istirahat di halaman sekolah.
c. Para guru sedang rapat di aula sekolah.
d. Setiap warga-warga harus membayar iuran kebersihan.

29. Kalimat berikut yang mengandung majas metafora adalah ....
a. Singa terkenal dengan kekuatannya sehingga dijuluki raja hutan.
b. Adik tidak puas jika belum minum teh Sosro.
c. Perilakunya licin dan gesit bagaikan belut sawah.
d. Suaranya menggelegar saat menjadi pemimpin upacara di sekolahnya.

30. Fani baru saja mengunjungi Candi Borobudur bersama teman sekelasnya. Setelah pulang, Fani dan teman-temannya membuat karya ilmiah yang disebut ….
a. laporan
b. tugas
c. narasi
d. laporan perjalanan

II. Isilah titik-titik berikut dengan jawaban yang benar !
Teks berikut untuk soal nomor 1-2.
Si Harimau baru saja memakan hasil buruannya dengan lahap di dalam hutan. Dia menyisakan sepotong daging untuk dibawa ke sarang dengan mulutnya. Untuk kembali ke sarangnya, si Harimau harus melewati jembatan penyeberangan sungai kecil. Ketika melintas, dia melihat harimau lain di dalam sungai membawa potongan daging yang lebih besar.
Si Harimau tergiur, Harimau melepaskan daging yang digigitnya dan menerkam daging yang dibawa harimau dalam sungal, Byur... Sadarlah si Harimau. Ternyata yang diterkamnya adalah bayangannya sendiri. Dengan menyesal, ia naik ke tepi sungai dalam keadaan lelah, lapar, dan kesal.

1. Watak tokoh utama dalam cerita tersebut adalah ………………………………………………………….
2. Amanat yang terkandung dalam cerita tersebut adalah …………………………………………………...

3. Bacalah paragraf berikut ini!
Puluhan hektare tanaman padi yang menguning telah habis. Puluhan ribu tanaman padi yang mulai dipetik petani juga tidak bisa terhindar dari ancaman ini. Bahkan, tanaman sayuran yang berada di lahan satu meter lebih tinggi dan tinggal beberapa hari lagi siap dipanen, juga tergenang air. Itulah akibat dan
bencana banjir.

Gagasan utama dari teks bacaan tersebut adalah ……………………………………………………………

4. Selain dikenal pemalu dan pendiam, Heni anak yang baik. Mungkin karena sudah watak dan pembawaan Heni yang tidak mudah bergaul dan cenderung menutup diri.
Paragraf di atas melukiskan karakter tokoh Heni yang ……………………………………………………….

5. Perhatikan teks berikut ini!
Air merupakan salah satu zat yang penting dalam hidup kita. Setiap makhluk  hidup di dunia ini pastilah membutuhkan air untuk menyambung hidup. Tumbuhan memerlukan air dalam proses fotosintesis. Manusia membutuhkan air untuk beraktivitas sehari-hari, begitu juga dengan hewan.

Pikiran utama pada paragraf di atas adalah ….
6. Gagasan atau ide yang menjadi dasar penulisan suatu paragraf disebut ………………………………
7. Tokoh yang banyak menjadi idola dalam sebuah cerita fiksi adalah tokoh ..........................................
8. Dalam sebuah cerita, Adrian digambarkan sebagai seorang yang suka memusuhi dan pendendam.
Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Adrian memiliki watak ……………………………………………….
9. Para siswa-siswa sedang belajar di kelas.
Kalimat di atas adalah kalimat yang tidak efektif, perbaikan yang benar agar menjadi kalimat yang efektif adalah ………………………………………………………………………………………………………
10. Karena tidak mampu bersaing, usahanya gulung tikar.
Makna frase kata yang dicetak tebal adalah …………………………………………………………………

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang jelas dan benar!
Teks cerita untuk soal nomor 1 dan 2.
Aldi tidak pernah belajar dan selalu mengulur waktu, Hari-harinya selalu diisi dengan bermain game dan pergi ke warnet. Hampir setiap hari, Aldi pulang terlambat, karena mampir ke warnet sampai sore hari. Lalu, ia sering bermain game sampai larut malam. Ayah dan ibunya sudah sangat letih menasihati anaknya itu. Saat penerimaan rapor, Aldi sangat sedih karena nilainya buruk. Ibunya kecewa. Aldi hanya bisa menyesal dan menangis.
1. Jelaskan watak Aldi dalam penggalan cerita di atas!
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………......

2. Tulislah amanat dari penggalan cerita di atas!
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………......

3. Bacalah teks berikut ini!
Bersepeda merupakan olahraga yang menyehatkan tubuh. Olahraga ini dapat dilakukan oleh siapa saja. Dengan mengayuh sepeda, otot perut, kaki, tangan, dan jantung akan bergerak. Otot organ tubuh yang bergerak akan merangsang keluarnya keringat. Semakin banyak keringat yang keluar semakin banyak pula lemak yang keluar dari dalam tubuh. Semakin sedikit tumpukan lemak semakin lancar peredaran darah.
Tuliskan kalimat utama dari paragraf tersebut!
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………......

4. Apa yang dimaksud dengan subjek, predikat, dan objek ?
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………......

5. Ubahlah kalimat berikut menjadi kalimat efektif!
a. Seminar tersebut diikuti semua mahasiswa-mahasiswa,
b. Karena anaknya demam, maka ia pergi ke rumah sakit.
c. Setelah sarapan, kemudian Dio berangkat sekolah.
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………......


Kunci Jawaban Room I

1. a. Kita harus rendah hati meskipun memiliki kelebihan.
2. c. (1), (3), dan (4)
3. a. SD Budi Luhur memiliki ekstrakurikuler dokter kecil.
4. d. Beberapa orang melarikan diri dari kebakaran.
5. c. Para penduduk sangat khawatir akan masa depan mereka.
6. b. Beberapa orang berteriak-teriak.
7. d. Dia belum mampu melupakan peristiwa si jago merah yang menghanguskan tokonya.
8. b. Dewi malam bersembunyi di balik awan.
9. a. Bertamasya ke Candi Prambanan
10. d. bermain
11. a. Saat pulang sekolah dalam kondisi hujan.
12. c. besar hati
13. a. Kita harus mau bertanggung jawab atas segala tindakan kita.
14. b. pakaian adat wanita minang adalah limpapeh rumah nan gadang.
15. a. Apa nama pakaian adat bagi wanita Minang?
16. c. Rp8.500,00
17. b. seratus tiga puluh ribu lima ratus rupiah
18.  a. Setelah adonan berwarna cokelat segera angkat dan sajikan.
19. c. Cara Membuat Telur Dadar
20. d. nasi putih
21. b. pelestarian atau perlindungan
22. c. sesuatu yang menyebabkan terjadinya gangguan pada makhluk hidup
23. d. serakah
24. b. Keserakahan sering membuat orang buta mata dan hatinya.
25. d. plot
26. d. (4)
27. c. Siswa kelas IV suka mengoleksi buku cerita.
28. d. Setiap warga-warga harus membayar iuran kebersihan
29. a. Singa terkenal dengan kekuatannya sehingga dijuluki raja hutan.
30. d. laporan perjalanan

Kunci Jawaban Room II

1. tamak
2. kita harus selalu bersyukur dengan yang kita miliki. Jangan tergiur milik orang lain yang kelihatannya lebih besar dari yang kita miliki
3. gagal panen akibat bencana banjir
4. tertutup
5. Pentingnya air untuk kehidupan
6. ide pokok
7. protagonis
8. jahat
9. Para siswa sedang belajar di kelas.
10. bangkrut

Kunci Jawaban Room III

1. Watak Aldi dalam penggalan cerita di atas adalah pemalas
2. Amanat dari penggalan cerita di atas adalah sebagai pelajar yang harus diutamakan adalah belajar, kurangi bermain game, dan patuhi nasihat orang tua
3. Bersepeda merupakan olahraga yang menyehatkan tubuh.

4. Subjek adalah pelaku atau benda yang melakukan pekerjaan
Predikat adalah aktivitas yang dilakukan oleh subjek.
Objek adalah sesuatu yang kenai pekerjaan oleh subjek.

5. a. Seminar tersebut diikuti semua mahasiswa
b. Karena anaknya demam, ia pergi ke rumah sakit.
c. Setelah sarapan, Dio berangkat sekolah.

Super Lengkap : Soal Sumatif Tengah Semester Genap dan Genap 

 

Soal STS Bahasa Indonesia Kelas 4 Semester Genap Kurikulum Merdeka

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Blog ads

ADS