Soal STS Bahasa Indonesia Kelas 5 Semester 2 / Genap Kurikulum Merdeka

Download Soal Sumatif Tengah Semester (STS) Genap Kelas 5 Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka dalam bentuk Ms. Word lengkap dengan Kunci Jawaban. Bapak/ibu guru, telah kami siapkan File untuk persiapan menjelang Penilaian Tengah Semester 2 / Penilaian Sumatif Tengah Semester Genap. Soal ini telah kami susun dengan rapi, sehingga bapak / ibu tinggal merubah kop soal saja.

Sumatif Tengah Semester (STS) adalah salah satu komponen penting dalam sistem pendidikan yang bertujuan untuk menilai capaian belajar siswa setelah mereka menyelesaikan 1,2 atau 3 bab semester pembelajaran. STS biasanya digunakan sebagai alat penilaian yang kuat untuk mengukur sejauh mana siswa telah memahami dan menguasai materi pelajaran yang telah diajarkan selama setengah semester (Tiga Bulan). Kita akan membahas lebih lanjut mengenai pentingnya STS, bagaimana STS disusun, dan dampaknya terhadap siswa dan proses pendidikan secara keseluruhan. Download Soal Sumatif Tengah Semester (STS) atau PAS Kelas 5 untuk Mapel Bahasa Indonesia Semester Genap Kurmer Tahun 2023, 2024, 2025, 2026, 2027.

Salah satu tujuan utama dari STS Bahasa Indonesia Kelas 5 Semester Genap adalah untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. STS biasanya mencakup berbagai jenis tes, tugas, dan proyek yang dirancang untuk menguji pengetahuan dan pemahaman siswa. Dengan demikian, hasil dari STS memberikan gambaran yang jelas tentang sejauh mana siswa telah mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Ini membantu guru untuk menilai efektivitas metode pengajaran mereka dan memberikan umpan balik kepada siswa untuk meningkatkan pemahaman mereka.

STS merupakan salah satu wujud asesmen yang dicoba oleh satuan pendidikan dengan tujuan untuk mengenali ketercapaian Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) pada Capaian Pembelajaran (CP) yang sudah dijalani oleh peserta didik sepanjang satu semester/6 bulan.

STS juga merupakan alat yang penting dalam proses penilaian pendidikan. Hasil STS Kelas 5 digunakan untuk menentukan apakah siswa layak naik ke tingkat berikutnya atau mendapatkan kelulusan. Oleh karena itu, hasil dari STS sangat memengaruhi jenjang pendidikan siswa. Ini juga berpengaruh pada citra sekolah dan guru, karena hasil STS sering digunakan untuk mengukur kinerja mereka.

Proses penyusunan STS melibatkan beberapa tahap yang cermat. Guru harus merencanakan dan merancang instrumen penilaian yang sesuai dengan kurikulum dan tujuan pembelajaran. Instrumen tersebut dapat berupa tes tertulis, proyek, presentasi, atau jenis penilaian lainnya. Selain itu, guru juga harus mempertimbangkan berbagai aspek penting seperti kesetaraan, validitas, dan reliabilitas instrumen penilaian.

Selama pelaksanaan STS Bahasa Indonesia Kelas 5 Semester Genap Kurikulum Merdeka, siswa diuji sesuai dengan instrumen penilaian yang telah disusun. Guru harus memastikan bahwa ujian dilaksanakan secara adil dan berintegritas. Selain itu, mereka juga perlu memberikan bimbingan dan dukungan kepada siswa agar mereka bisa menunjukkan potensi terbaik mereka dalam menghadapi STS.

Hasil STS Genap Kurmer memiliki dampak yang signifikan pada siswa. Hasil positif dalam STS Bahasa Indonesia dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa dan memberikan dorongan motivasi untuk belajar lebih baik. Namun, hasil negatif dalam STS juga bisa menjadi pelajaran berharga yang mengingatkan siswa untuk bekerja lebih keras dan memperbaiki pemahaman mereka. Oleh karena itu, STS bukan hanya alat penilaian, tetapi juga alat pembelajaran yang berharga.

Selain itu, hasil STS Bahasa Indonesia Kelas 5 Semester Genap juga memengaruhi sistem pendidikan secara keseluruhan. Hasil ini digunakan untuk mengukur efektivitas kurikulum dan metode pengajaran yang diterapkan di sekolah. Hasil STS juga dapat mengungkapkan kebutuhan untuk perubahan atau perbaikan dalam sistem pendidikan. Oleh karena itu, STS merupakan alat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.

Dalam kesimpulannya, Sumatif Tengah Semester (STS) Bahasa Indonesia Kelas 5 Semester Genap Kurikulum Merdeka adalah penilaian yang penting dalam sistem pendidikan. STS membantu mengukur capaian belajar siswa, memengaruhi jenjang pendidikan siswa, dan memengaruhi proses pendidikan secara keseluruhan. Dalam proses penyusunannya, perlu memperhatikan kesetaraan, validitas, dan reliabilitas instrumen penilaian. Hasil STS memberikan dampak besar pada siswa dan sistem pendidikan. Oleh karena itu, penting untuk memperlakukan STS Bahasa Indonesia Kelas 5 Semester Genap dengan serius dan menggunakan hasilnya untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan.

Unduh Soal STS Bahasa Indonesia Kelas 5 Semester Genap Kurikulum Merdeka

  • Semester 1 : Cek Disini
  • Semester 2 : Bahasa Indonesia


1. Suatu topik yang dibahas dalam suatu teks disebut juga dengan istilah …..

A. gagasan pokok

B. gagasan pendukung

C. informasi pendukung

D. informasi penjelas

Jawaban: A


2. Informasi tambahan pada suatu teks paragraf dinamakan …..

A. gagasan pendukung

B. gagasan pokok

C. isi cerita

D. pikiran utama

Jawaban: A


3. Nama lain dari gagasan pokok yang terdapat dalam teks bacaan adalah …..

A. pikiran utama

B. pikiran penjelas

C. gagasan pendukung

D. informasi tambahan

Jawaban: A


4. Dalam suatu paragraf terdapat ….. gagasan pokok

A. satu

B. dua 

C. tiga

D. empat

Jawaban: A


5. Gagasan pendukung merupakan kalimat ….. dari gagasan pokok.

A. penjelas

B. inti

C. utama

D. pertama

Jawaban: A


6. Perhatikan paragraf berikut!

Tari Piring merupakan tari yang berasal dari suku Minangkabau, Sumatera Barat. Untuk menampilkan tari piring perlu diiringi oleh dua alat musik. Alat musik tersebut berupa talempong dan saluang. Talempong adalah alat musik pukul dari kayu, kuningan, atau batu. Bentuknya mirip dengan bonang. Saluang adalah alat musik tiup yang terbuat dari bambu, mirip dengan suling. Selain itu, gemerincing cincin yang dikenakan penari dapat mengiringi tari piring.

Gagasan pokok paragraf di atas adalah …..

A. tari piring berasal dari Minangkabau, Sumatera Barat

B. talempong dan saluang pengiring tari piring

C. alat musik sederhana untuk tari piring

D. kelincahan penari tari piring

Jawaban: A


7. Perhatikan paragraf berikut!

Tongkonan adalah rumah tradisional Toraja yang berdiri di atas tumpukan kayu dan dihiasi dengan ukiran berwarna merah, hitam dan kuning. Kata “tongkonan” berasal dari bahasa Toraja yang artinya duduk. Tongkonan merupakan pusat kehidupan sosial suku Toraja.

Gagasan pokok paragraf di atas adalah …..

A. asal usul suku Toraja

B. kebudayaan suku Toraja

C. rumah adat suku Toraja

D. bahasa suku Toraja

Jawaban: C


8. Perhatikan teks berikut!

Istirahat dan tidur berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Setelah belajar dan melakukan kegiatan, tubuh perlu istirahat. Istirahat yang baik adalah tidur. Sebaiknya kita tidur selama tujuh jam setiap hari. Istirahat dan tidur yang cukup dan berkualitas membuat kita tetap aktif sepanjang hari.

Berapa jumlah kalimat pendukung dalam teks di atas?

A. 5 kalimat

B. 4 kalimat

C. 3 kalimat

D. 1 kalimat

Jawaban: B


9. Perhatikan paragraf berikut!

Biji bunga matahari dapat diolah menjadi minyak goreng atau minyak campuran salad. Daunnya dapat dijadikan makanan ternak atau pupuk. Tanaman bungan matahari juga dapat menjadi tanaman hias. Banyak sekali kegunaan tanaman bunga matahari.

Kalimat utama pada paragraf di atas ada pada kalimat …..

A. 4

B. 3

C. 2

D. 1

Jawaban: A


10. Tanda baca di akhir kalimat tanya adalah …..

A. Tanda titik

B. Tanda seru

C. Tanda tanya

D. Tanda koma

Jawaban: C


11. Jumlah suku kata pada pantun …..

A. 8-12

B. 9-10

C. 9-13

D. 8-10

Jawaban: A


12. Baris 1 dan 2 pantun disebut …..

A. makna

B. baris          

C. isi  

D. sampiran

Jawaban: D


13. Baris yang menunjukkan makna pantun yaitu …..

A. 1 dan 2

B. 1 dan 3

C. 3 dan 4

D. 2 dan 4

Jawaban: C


14. Perhatikan pantun berikut!

Jalan jalan ke kota Medan

Pulangnya ke kota Jakarta

Hai kawan ayo kita perhatikan

Kesehatan penting bagi tubuh kita

Pantun di atas adalah jenis pantun …..

A. teka-teki

B. jenaka

C. nasihat

D. orang muda

Jawaban: C


15. Perhatian pantun berikut ini!

Kalau piknik di tepi pantai

Pulanglah sebelum hari senja

…..

…..


Isi untuk melengkapi pantun di atas adalah …..

A. Kalau adik ingin pandai

Belajarlah sambil berdoa

B. Berkawanlah jangan bertengkar

Agar kita banyak uangnya

C. Mari kawan hidup santai

Hidup kita pasti kan senang

D. Kalau kamu ingin pandai

Jangan lupa belajar

Jawaban: A


16. Perhatikan pantun berikut!

Mengangkat batu setinggi bahu

Batu diangkat berat rasanya

Jikalau boleh aku tahu

Baju biru siapa namanya

Makna pantun di atas adalah …..

A. Saat berkenalan sebaiknya dilakukan dengan sopan

B. Kita harus mengangkat batu supaya sehat

C. Kita harus bertanya kepada orang berbaju biru

D. Kita harus berhati-hati mengangkat batu

Jawaban: A


17. Pantun memiliki baris berjumlah …..

A. 3

B. 5

C. 4

D. 6

Jawaban: C


18. Pantun memiliki sajak …..

A. b – a – a – b

B. a – b – a – b

C. a – a – b – b

D. a – b – b – a

Jawaban: B


19. Perhatikan pantun berikut!

Berakit-rakit kehulu

Berenang-renang ketepian

Bersakit-sakit dahulu

Bersenang-senang kemudian

Pantun di atas termasuk pantun …..

A. Jenaka

B. Teka – Teki

C. Nasihat

D. Kiasan

Jawaban: C


20. Pantun yang berisi hal-hal lucu dan menarik dinamakan pantun …..

A. Nasihat

B. Teka – Teki

C. Jenaka

D. Kiasan

Jawaban: C


21. Perhatikan pantun berikut!

Cari makan ke arah dapur

Ada nasi tinggal sedikit

Pola makan harus diatur

Agar tubuh tidak mudah sakit

Amanat dari pantun di atas adalah …..

A. Makan nasi dapat menghilangkan lapar walau sedikit

B. Mengatur pola makan itu penting agar tubuh tidak mudah sakit

C. Makan nasi bisa mencegah sakit

D. Agar tubuh tidak mudah sakit maka pola makan harus dengan nasi

Jawaban: B


22. Perhatikan pantun berikut!

Siang-siang makan di restoran

Makannya menu pecel

Ayo kita main tebakan

Ayam apa yang bikin sebel?

Pantun di atas termasuk jenis pantun …..

A. teka-teki

B. jenaka

C. orang muda

D. nasihat

Jawaban: A


23. Perhatikan pantun berikut!

Padi kering karna dijemur

Masukkan karung diikat tali

Jika kamu berbudi luhur

…..

Lengkapilah isi dari pantun di atas!

A. Tentu akan masuk sumur

B. Tentu tahu membalas budi

C. Tentu akan panjang umur

D. Tentu akan dapat saudara

Jawaban: B


24. Perhatikan pantun berikut!

Ke pasar cermai membeli kacang polong

…..

Jika tidak ingin menjadi ompong

Janganlah malas menyikat gigi

Lengkapilah sampiran pantun di atas!

A. Melihat nelayan berkacamata

B. Dipakai selalu untuk alas berdoa

C. Malu sendiri akibatnya

D. Jatuh di jalan di injak petani

Jawaban: D  


25. Berikut ini yang merupakan definisi dari pantun adalah …..

A. seni tulis

B. ungkapan perasaan

C. puisi lama yang terdiri dari empat baris dimana baris satu dua sebagai sampiran dan tiga empat sebagai isi

D. karangan fiksi buatan manusia

Jawaban: C


26. Perhatikan pantun berikut!

Jangan kamu menyimpan dendam

Karena justru menjadi luka

Hewan apa bergigi tajam

Jika berjemur mulut terbuka

Jawaban pantun teka – teki di atas adalah …..

A. Gajah

B. Buaya

C. Semut

D. Ular

Jawaban: B


27. Kata-kata penting dalam teks disebut …..

A. kata depan

B. kata kunci

C. kata berimbuhan

D. kata penting


28. Kata tanya selalu diakhiri dengan tanda …..

A. (.)

B. (?)

C. (!)

D. (,)

Jawaban: B


29. ….. upacara penurunan bendera Merah Putih Kemerdekaan dilaksanakan?

A. Kapan

B. Apa

C. Bagaimana

D. Mengapa?

Jawaban: A


30. SD Dharma Suci terletak di Komplek Pluit Mas, Penjaringan Jakarta Utara. Kalimat tanya yang sesuai adalah …..

A. Apakah alamat SD Dharma Suci?

B. Bagaimana cara datang ke SD Dharma Suci?

C. Dimana alamat SD Dharma Suci?

D. Kapan SD Dharma Suci berada?

Jawaban: C


31. Kata tanya untuk menanyakan tujuan adalah …..

A. Kapan

B. Dimana

C. Kemana

D. Darimana

Jawaban: C


32. _____ orangkah yang akan menyertai rombongan ke Monas?

A. Berapa

B. Bila            

C. Siapa

D. Apa

Jawaban: A


33. Menanyakan benda atau sesuatu, keadaan atau perbuatan, dan segala sesuatu yang berkaitan dengan isi merupakan fungsi dari kata tanya …..

A. mengapa

B. apa

C. siapa

D. di mana

Jawaban: B


34. Kata tanya yang berfungsi untuk menanyakan alasan atau sebab akibat adalah …..

A. siapa

B. apa

C. berapa

D. mengapa

Jawaban: D


35. Komik adalah salah satu sarana menyampaikan pesan melalui …..

A. Suara

B. Bunyi

C. Gambar

D. Tulisan

Jawaban: C


Super Lengkap : Soal Sumatif Tengah Semester Genap dan Genap 

 

Soal STS Bahasa Indonesia Kelas 5 Semester Genap Kurikulum Merdeka

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Blog ads

ADS