Soal STS Fisika Kelas 11 Semester 2 / Genap Kurikulum Merdeka

Download Soal Sumatif Tengah Semester (STS) Genap Kelas 11  Fisika Kurikulum Merdeka dalam bentuk Ms. Word lengkap dengan Kunci Jawaban. Bapak/ibu guru, telah kami siapkan File untuk persiapan menjelang Penilaian Tengah Semester 2 / Penilaian Sumatif Tengah Semester Genap. Soal ini telah kami susun dengan rapi, sehingga bapak / ibu tinggal merubah kop soal saja.

Sumatif Tengah Semester (STS) adalah salah satu komponen penting dalam sistem pendidikan yang bertujuan untuk menilai capaian belajar siswa setelah mereka menyelesaikan 1,2 atau 3 bab semester pembelajaran. STS biasanya digunakan sebagai alat penilaian yang kuat untuk mengukur sejauh mana siswa telah memahami dan menguasai materi pelajaran yang telah diajarkan selama setengah semester (Tiga Bulan). Kita akan membahas lebih lanjut mengenai pentingnya STS, bagaimana STS disusun, dan dampaknya terhadap siswa dan proses pendidikan secara keseluruhan. Download Soal Sumatif Tengah Semester (STS) atau PAS Kelas 11 untuk Mapel  Fisika Semester Genap Kurmer Tahun 2023, 2024, 2025, 2026, 2027.

Salah satu tujuan utama dari STS  Fisika Kelas 11 Semester Genap adalah untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. STS biasanya mencakup berbagai jenis tes, tugas, dan proyek yang dirancang untuk menguji pengetahuan dan pemahaman siswa. Dengan demikian, hasil dari STS memberikan gambaran yang jelas tentang sejauh mana siswa telah mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Ini membantu guru untuk menilai efektivitas metode pengajaran mereka dan memberikan umpan balik kepada siswa untuk meningkatkan pemahaman mereka.

STS merupakan salah satu wujud asesmen yang dicoba oleh satuan pendidikan dengan tujuan untuk mengenali ketercapaian Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) pada Capaian Pembelajaran (CP) yang sudah dijalani oleh peserta didik sepanjang satu semester/6 bulan.

STS juga merupakan alat yang penting dalam proses penilaian pendidikan. Hasil STS Kelas 11 digunakan untuk menentukan apakah siswa layak naik ke tingkat berikutnya atau mendapatkan kelulusan. Oleh karena itu, hasil dari STS sangat memengaruhi jenjang pendidikan siswa. Ini juga berpengaruh pada citra sekolah dan guru, karena hasil STS sering digunakan untuk mengukur kinerja mereka.

Proses penyusunan STS melibatkan beberapa tahap yang cermat. Guru harus merencanakan dan merancang instrumen penilaian yang sesuai dengan kurikulum dan tujuan pembelajaran. Instrumen tersebut dapat berupa tes tertulis, proyek, presentasi, atau jenis penilaian lainnya. Selain itu, guru juga harus mempertimbangkan berbagai aspek penting seperti kesetaraan, validitas, dan reliabilitas instrumen penilaian.

Selama pelaksanaan STS  Fisika Kelas 11 Semester Genap Kurikulum Merdeka, siswa diuji sesuai dengan instrumen penilaian yang telah disusun. Guru harus memastikan bahwa ujian dilaksanakan secara adil dan berintegritas. Selain itu, mereka juga perlu memberikan bimbingan dan dukungan kepada siswa agar mereka bisa menunjukkan potensi terbaik mereka dalam menghadapi STS.

Hasil STS Genap Kurmer memiliki dampak yang signifikan pada siswa. Hasil positif dalam STS  Fisika dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa dan memberikan dorongan motivasi untuk belajar lebih baik. Namun, hasil negatif dalam STS juga bisa menjadi pelajaran berharga yang mengingatkan siswa untuk bekerja lebih keras dan memperbaiki pemahaman mereka. Oleh karena itu, STS bukan hanya alat penilaian, tetapi juga alat pembelajaran yang berharga.

Selain itu, hasil STS  Fisika Kelas 11 Semester Genap juga memengaruhi sistem pendidikan secara keseluruhan. Hasil ini digunakan untuk mengukur efektivitas kurikulum dan metode pengajaran yang diterapkan di sekolah. Hasil STS juga dapat mengungkapkan kebutuhan untuk perubahan atau perbaikan dalam sistem pendidikan. Oleh karena itu, STS merupakan alat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.

Dalam kesimpulannya, Sumatif Tengah Semester (STS)  Fisika Kelas 11 Semester Genap Kurikulum Merdeka adalah penilaian yang penting dalam sistem pendidikan. STS membantu mengukur capaian belajar siswa, memengaruhi jenjang pendidikan siswa, dan memengaruhi proses pendidikan secara keseluruhan. Dalam proses penyusunannya, perlu memperhatikan kesetaraan, validitas, dan reliabilitas instrumen penilaian. Hasil STS memberikan dampak besar pada siswa dan sistem pendidikan. Oleh karena itu, penting untuk memperlakukan STS  Fisika Kelas 11 Semester Genap dengan serius dan menggunakan hasilnya untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan.

Unduh Soal STS  Fisika Kelas 11 Semester Genap Kurikulum Merdeka

  • Semester 1 : Cek Disini
  • Semester 2 :  Fisika


Contoh Soal PTS Fisika Kelas 11 Kurikulum Merdeka dan Jawabannya


Soal Pilihan Ganda PTS Fisika Kelas 11 Semester 2 Kurikulum Merdeka

1. Jika sebuah pipa organa terbuka ditiup sampai timbul nada atas ketiga maka akan terjadi ….
A. 4 Perut dan 4 Simpul
B. 4 Perut dan 5 Simpul
C. 3 Perut dan 3 Simpul
D. 4 Perut dan 3 Simpul
E. 3 Perut dan 4 Simpul
Jawaban: A

2. Pada percobaan pipa organa terbuka, resonansi pertama terdengar pada ketinggian kolom udara 30 cm, maka resonansi kedua akan terdengar pada ketinggian kolom udara
A. 120 cm
B. 60 cm
C. 45 cm
D. 90 cm
E. 75 cm
Jawaban: B

3. Diketahui 16 gram Oksigen (M = 32 gr/mol) berada pada tekanan 1 atm dan suhu 270C, apabila diberikan nilai R = 8,314 J/mol.K, maka volume gas tersebut adalah ….
A. 1,2500 m3
B. 0,1250 m3
C. 0,2500 m3
D. 0,0125 m3
E. 2,5000 m3
Jawaban: D

4. Gas bermassa 4 kg bersuhu 270C berada dalam tabung yang berlubang.
Jika tabung dipanasi hingga suhu 1270C, maka massa gas yang tersisa dari tabung adalah ….
A. 2 kg
B. 5 kg
C. 1 kg
D. 3 kg
E. 4 kg
Jawaban: D

5. Sebuah ruang tertutup berisi gas ideal dengan suhu T dan kecepatan partikel gas didalamnya v. Jika suhu gas dinaikkan menjadi 2T maka kecepatan partikel gas tersebut menjadi ….
A. √2 v
B. ½ v
C. 2 v
D. ½√2 v
E. 2 √2 v
Jawaban: A

6. Di bawah ini adalah besaran-besaran dalam fisika,
(1) panjang
(2) massa
(3) kuat arus
(4), gaya
Yang merupakan besaran pokok adalah...
A. 1 dan 3
B. 1, 2, dan 3
C. 2 dan 4
D. 3 dan 4
E. 2, 3, dan 4
Jawaban: B

7. Di bawah ini merupakan kelompok besaran turunan, kecuali...
A. massa, massa jenis, volume
B. panjang, waktu, volume
C. massa, suhu, kecepatan
D. panjang, kuat arus, suhu
E. usaha, kecepatan, berat
Jawaban: D

8. Sebuah benda bermassa 3 kg bergerak dengan kecepatan 10 m/s, maka besar momentum benda . . . A. 7 kg.m/s
B. 30 kg.m/s
C. 13 kg.m/s
D. 15 kg.m/s
E. 150 kg.m/s
Jawaban: A

9. Sebuah impuls sebesar 30 N.s dikerjakan pada suatu massa 6 kg. Jika sebelum adanya impuls memiliki laju 10 m/s, maka lajunya setelah ada impuls tersebut adalah . . . .
A. 30 m/s
B. 60 m/s
C. 8 m/s
D. 10 m/s
E. 15 m/s
Jawaban: E

10. Dua bola A dan B mula-mula bergerak seperti gambar berikut. Kedua bola kemudian bertumbukan sehingga kecepatan bola A menjadi 1 m/s , maka kecepatan bola B menjadi .
A. 3 m/s
B. 4 m/s
C. 2 m/s
D. 1 m/s
E. 5 m/s
Jawaban: E

11. Sebuah bola dijatuhkan dari ketinggian 100 cm di atas lantai seperti gambar, maka tinggi pantulan kedua (h2) adalah….
A. 20 cm
B. 48 cm
C. 36 cm
D. 45 cm
E. 50 cm
Jawaban: C

12. Perhatikan pernyataan berikut !
1. Besarnya impuls sebanding dengan perubahan momentum
2.Semakin kecil waktu kontak dua benda saat tumbukan, impuls yang ditimbulkan semakin besar.
3. Impuls sebanding dengan gaya yang diberikan suatu benda
4. Nilai Impuls bergantung pada momentum akhir benda saja
Pernyataan yang benar tentang impuls pada dua benda yang bertumbukan ditunjukkan oleh angka...
A. 2 dan 4
B. 2 dan 3
C. 1 dan 3
D. 3 dan 4
E. 1 dan 2
Jawaban: C

13. Termometer X yang telah ditera menunjukkan angka -30o pada titik beku air dan 90o pada titik didih air. Suhu 60oX sama dengan...
A. 20 oC
B. 50 oC
C. 45 oC
D. 80 oC
E. 75 oC
Jawaban: E

14. Sebatang logam dipanaskan sehingga suhunya 80 oC panjangnya menjadi 115 cm. Jika koefisien muai panjang logam 3.10-3 oC-1 dan suhu mula-mula logam 30oC, maka panjang mula-mula logam adalah…
A. 103 cm
B. 102,5 cm
C. 100 cm
D. 102 cm
E. 101,5 cm
Jawaban: C

15. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Konduktivitas logam
(2) Perbedaan suhu ujung-ujung logam
(3) Panjang logam
(4) Massa logam
Faktor-faktor yang menentukan laju perambatan kalor pada logam adalah…
A. (3) dan (4)
B. (2) dan (4)
C. (4) saja
D. (1), (2) dan (3
E. (1) dan (4)
Jawaban: D



Soal Essay PTS Fisika Kelas 11 Semester 2 Kurikulum Merdeka

16. Dua buah vektor besarnya sama, satu sama lain membentuk sudut x. Jika perbandingan resultan dan selisih kedua vektor adalah akar 3, tentukan nilai x tersebut?
Jawaban: 60 derajat

17. Air mengalir pada sebuah sungai dengan kelajuan 3 m/s. sebuah perahu menyeberangi dengan laju 4 m/s tegak lurus terhadap arah arus. Jika lebar sungai 80 m, berapa jarak tempuh perahu untuk tiba di seberang?
Jawaban: 100 m

18. Dua buah vektor kecepatan v1 dan v2 saling mengapit sudut 60 derajat. Resultan keduanya 35 m/s. jika v1:v2=5:3 maka besar vektor v1 dan v2 adalah..
Jawaban: V1=25 m/s dan v2=15 m/s

19. Dua buah vektor saling membentuk sudut 58 derajat. Jika resultan membentuk 53 derajat terhadap vektor kedua yang besarnya 10 N, berapa besar vektor pertama?
Jawaban: 16 N

20. Besar dan arah vektor A=8i + 8j adalah...
Jawaban: 8 akar 2 satuan 45 derajat.

Super Lengkap : Soal Sumatif Tengah Semester Genap dan Genap 

 

Soal STS  Fisika Kelas 11 Semester Genap Kurikulum Merdeka

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Blog ads

ADS