Download Soal Sumatif Tengah Semester (STS) Genap Kelas 5 IPA Kurikulum Merdeka dalam bentuk Ms. Word lengkap dengan Kunci Jawaban. Bapak/ibu guru, telah kami siapkan File untuk persiapan menjelang Penilaian Tengah Semester 2 / Penilaian Sumatif Tengah Semester Genap. Soal ini telah kami susun dengan rapi, sehingga bapak / ibu tinggal merubah kop soal saja.
Sumatif Tengah Semester (STS) adalah salah satu komponen penting dalam sistem pendidikan yang bertujuan untuk menilai capaian belajar siswa setelah mereka menyelesaikan 1,2 atau 3 bab semester pembelajaran. STS biasanya digunakan sebagai alat penilaian yang kuat untuk mengukur sejauh mana siswa telah memahami dan menguasai materi pelajaran yang telah diajarkan selama setengah semester (Tiga Bulan). Kita akan membahas lebih lanjut mengenai pentingnya STS, bagaimana STS disusun, dan dampaknya terhadap siswa dan proses pendidikan secara keseluruhan. Download Soal Sumatif Tengah Semester (STS) atau PAS Kelas 5 untuk Mapel IPA Semester Genap Kurmer Tahun 2023, 2024, 2025, 2026, 2027.
Salah satu tujuan utama dari STS IPA Kelas 5 Semester Genap adalah untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. STS biasanya mencakup berbagai jenis tes, tugas, dan proyek yang dirancang untuk menguji pengetahuan dan pemahaman siswa. Dengan demikian, hasil dari STS memberikan gambaran yang jelas tentang sejauh mana siswa telah mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Ini membantu guru untuk menilai efektivitas metode pengajaran mereka dan memberikan umpan balik kepada siswa untuk meningkatkan pemahaman mereka.
STS merupakan salah satu wujud asesmen yang dicoba oleh satuan pendidikan dengan tujuan untuk mengenali ketercapaian Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) pada Capaian Pembelajaran (CP) yang sudah dijalani oleh peserta didik sepanjang satu semester/6 bulan.
STS juga merupakan alat yang penting dalam proses penilaian pendidikan. Hasil STS Kelas 5 digunakan untuk menentukan apakah siswa layak naik ke tingkat berikutnya atau mendapatkan kelulusan. Oleh karena itu, hasil dari STS sangat memengaruhi jenjang pendidikan siswa. Ini juga berpengaruh pada citra sekolah dan guru, karena hasil STS sering digunakan untuk mengukur kinerja mereka.
Proses penyusunan STS melibatkan beberapa tahap yang cermat. Guru harus merencanakan dan merancang instrumen penilaian yang sesuai dengan kurikulum dan tujuan pembelajaran. Instrumen tersebut dapat berupa tes tertulis, proyek, presentasi, atau jenis penilaian lainnya. Selain itu, guru juga harus mempertimbangkan berbagai aspek penting seperti kesetaraan, validitas, dan reliabilitas instrumen penilaian.
Selama pelaksanaan STS IPA Kelas 5 Semester Genap Kurikulum Merdeka, siswa diuji sesuai dengan instrumen penilaian yang telah disusun. Guru harus memastikan bahwa ujian dilaksanakan secara adil dan berintegritas. Selain itu, mereka juga perlu memberikan bimbingan dan dukungan kepada siswa agar mereka bisa menunjukkan potensi terbaik mereka dalam menghadapi STS.
Hasil STS Genap Kurmer memiliki dampak yang signifikan pada siswa. Hasil positif dalam STS IPA dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa dan memberikan dorongan motivasi untuk belajar lebih baik. Namun, hasil negatif dalam STS juga bisa menjadi pelajaran berharga yang mengingatkan siswa untuk bekerja lebih keras dan memperbaiki pemahaman mereka. Oleh karena itu, STS bukan hanya alat penilaian, tetapi juga alat pembelajaran yang berharga.
Selain itu, hasil STS IPA Kelas 5 Semester Genap juga memengaruhi sistem pendidikan secara keseluruhan. Hasil ini digunakan untuk mengukur efektivitas kurikulum dan metode pengajaran yang diterapkan di sekolah. Hasil STS juga dapat mengungkapkan kebutuhan untuk perubahan atau perbaikan dalam sistem pendidikan. Oleh karena itu, STS merupakan alat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.
Dalam kesimpulannya, Sumatif Tengah Semester (STS) IPA Kelas 5 Semester Genap Kurikulum Merdeka adalah penilaian yang penting dalam sistem pendidikan. STS membantu mengukur capaian belajar siswa, memengaruhi jenjang pendidikan siswa, dan memengaruhi proses pendidikan secara keseluruhan. Dalam proses penyusunannya, perlu memperhatikan kesetaraan, validitas, dan reliabilitas instrumen penilaian. Hasil STS memberikan dampak besar pada siswa dan sistem pendidikan. Oleh karena itu, penting untuk memperlakukan STS IPA Kelas 5 Semester Genap dengan serius dan menggunakan hasilnya untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan.
Unduh Soal STS IPA Kelas 5 Semester Genap Kurikulum Merdeka
- Semester 1 : Cek Disini
- Semester 2 : IPA
1. Disebut dengan istilah apakah salah satu bentuk energi yang dapat berpindah dari benda yang suhunya lebih rendah?
A. suhu
B. energi
C. kalor
D. benda
Jawaban: C
2. Kalor dapat berpindah Ketika … suhu dalam benda
A. dinaikkan
B. diturunkan
C. disamakan
D. diratakan
Jawaban: A
3. Saat mengaduk air teh panas, kiki merasakan panas pada bagian gagang sendok. Bagian yang berperan sebagai sumber energi panas adalah …
A. teh
B. sendok
C. air panas
D. gagang sendok
Jawaban: C
4. Ibu memasak nasi menggunakan rice cooker. Bagian yang berperan sebagai energi panas adalah …
A. rice cooker
B. beras
C. listrik
D. air
Jawaban: C
5. Perubahan benda oleh kalor yang mengakibatkan pertambahan ukuran dan volume benda, disebut …
A. pemuaian
B. penyusutan
C. perpindahan
D. pleburan
Jawaban: A
6. Sumber panas yang digunakan ketika Lili memasak air menggunakan kompor gas adalah …
A. air
B. panci
C. kompor
D. matahari
Jawaban: C
7. Berikut ini proses yang terjadi pada siklus air, kecuali …
A. penguapan
B. pengendapan
C. presipitasi
D. pengembunan
Jawaban: B
8. Pohon-pohon mempunyai arti penting dalam daur air. Pohon-pohon tersebut berfungsi untuk…
A. menurunkan penguapan
B. menyimpan air hujan
C. menghasilkan air tanah
D. mengendapkan air hujan
Jawaban: B
9. Uap air yang suhunya turun akan berubah menjadi air. Air ini akan berkumpul di angkasa kemudian turun menjadi …
A. hujan
B. angin
C. kabut
D. pelangi
Jawaban: A
10. Salah satu tahapan siklus air adalah evaporasi. Evaporasi adalah …
A. proses penguapan yang terjadi pada makhluk hidup
B. pencairan awan hitam hingga jatuh menjadi hujan
C. proses penguapan yang terjadi di laut, sungai atau danau akibat terkena sinar matahari
D. proses berubahnya partikel akibat suhu dingin
Jawaban: C
11. Selain manusia, tumbuhan juga membutuhkan air antara lain untuk proses …
A. Respirasi
B. Fotosintesis
C. Pengguguran
D. Pelapukan
Jawaban: B
12. Perputaran air yang ada di bumi disebut …
A. Siklus hidup
B. Siklus air
C. Daur hidup
D. Perubahan wujud
Jawaban: B
13. Ikan-ikan di sungai akan mati jika tidak ada air, hal ini menandakan bahwa ada jenis hewan yang membutuhkan air sebagai …
A. Sumber makanan
B. Alat transportasi
C. Tempat hidupnya
D. Alat berkembangbiak
Jawaban: C
14. Daur air mempunyai 3 proses utama yaitu …
A. evaporasi – kondensasi – presipitasi
B. kondensasi – presipitasi – evaporasi
C. presipitasi – kondensasi – evaporasi
D. evaporasi – presipitasi – kondensasi
Jawaban: A
15. Air digunakan untuk mandi dan mencuci sayuran. Hal tersebut menunjukkan fungsi air sebagai …
A. pelarut
B. pembersih
C. pengotor
D. peluruh
Jawaban: B
16. Salah satu contoh tindakan penghematan air yaitu …
A. menyiram tanaman dengan air keran
B. mematikan keran setelah selesai digunakan
C. mencuci pakaian setiap hari
D. mencuci kendaraan rutin setiap hari
Jawaban: B
17. Air di bumi tidak pernah habis digunakan, hal ini menunjukkan bahwa air mengalami …
A. pencampuran
B. pengurangan
C. perputaran
D. penambahan
Jawaban: C
18. Air hujan yang turun akan terserap ke dalam …
A. tumbuhan
B. sumur
C. sungai
D. tanah
Jawaban: D
19. Air merupakan sumber kehidupan bagi …
A. manusia
B. hewan
C. tumbuhan
D. makhluk hidup
Jawaban: D
20. Air merupakan kebutuhan manusia yang paling vital, maka kita harus …
A. menggunakan secara baik dan tidak berlebihan
B. menggunakan dengan semaunya
C. mencemari dengan sampah
D. membuang sampah di selokan
Jawaban: A
21. Manfaat kegiatan penghijauan kecuali …
A. lingkungan semakin asri
B. udara semakin segar
C. adanya daerah resapan air
D. memicu polusi udara
Jawaban: D
22. Persediaan air bersih semakin berkurang karena …
A. kekeringan
B. saluran air tidak ada
C. cadangan air tanah berkurang
D. jarang hujan
Jawaban: C
23. Zat tunggal tersusun dari satu jenis zat yang …
A. bisa diuraikan
B. tidak bisa diuraikan lagi
C. bisa dicampur
D. memiliki reaksi kimia
Jawaban: C
24. Benda di bawah ini yang termasuk zat tunggal adalah …
A. air jernih
B. sirup
C. air teh
D. es cream
Jawaban: A
25. Contoh zat tunggal adalah …
A. air gula
B. teh manis
C. udara
D. garam
Jawaban: D
Super Lengkap : Soal Sumatif Tengah Semester Genap dan Genap
- Download : Soal STS Sekolah Dasar (SD): Kelas 1,2,3,4,5,6
- Download : Soal STS Sekolah Menengah Pertama (SMP): Kelas 7,8,9
- Download : Soal STS Sekolah Menengah Atas (SMA): Kelas 10,11,12
Soal STS IPA Kelas 5 Semester Genap Kurikulum Merdeka