Download Soal Sumatif Tengah Semester (STS) Genap Kelas 7 IPA Kurikulum Merdeka dalam bentuk Ms. Word lengkap dengan Kunci Jawaban. Bapak/ibu guru, telah kami siapkan File untuk persiapan menjelang Penilaian Tengah Semester 2 / Penilaian Sumatif Tengah Semester Genap. Soal ini telah kami susun dengan rapi, sehingga bapak / ibu tinggal merubah kop soal saja.
Sumatif Tengah Semester (STS) adalah salah satu komponen penting dalam sistem pendidikan yang bertujuan untuk menilai capaian belajar siswa setelah mereka menyelesaikan 1,2 atau 3 bab semester pembelajaran. STS biasanya digunakan sebagai alat penilaian yang kuat untuk mengukur sejauh mana siswa telah memahami dan menguasai materi pelajaran yang telah diajarkan selama setengah semester (Tiga Bulan). Kita akan membahas lebih lanjut mengenai pentingnya STS, bagaimana STS disusun, dan dampaknya terhadap siswa dan proses pendidikan secara keseluruhan. Download Soal Sumatif Tengah Semester (STS) atau PAS Kelas 7 untuk Mapel IPA Semester Genap Kurmer Tahun 2023, 2024, 2025, 2026, 2027.
Salah satu tujuan utama dari STS IPA Kelas 7 Semester Genap adalah untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. STS biasanya mencakup berbagai jenis tes, tugas, dan proyek yang dirancang untuk menguji pengetahuan dan pemahaman siswa. Dengan demikian, hasil dari STS memberikan gambaran yang jelas tentang sejauh mana siswa telah mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Ini membantu guru untuk menilai efektivitas metode pengajaran mereka dan memberikan umpan balik kepada siswa untuk meningkatkan pemahaman mereka.
STS merupakan salah satu wujud asesmen yang dicoba oleh satuan pendidikan dengan tujuan untuk mengenali ketercapaian Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) pada Capaian Pembelajaran (CP) yang sudah dijalani oleh peserta didik sepanjang satu semester/6 bulan.
STS juga merupakan alat yang penting dalam proses penilaian pendidikan. Hasil STS Kelas 7 digunakan untuk menentukan apakah siswa layak naik ke tingkat berikutnya atau mendapatkan kelulusan. Oleh karena itu, hasil dari STS sangat memengaruhi jenjang pendidikan siswa. Ini juga berpengaruh pada citra sekolah dan guru, karena hasil STS sering digunakan untuk mengukur kinerja mereka.
Proses penyusunan STS melibatkan beberapa tahap yang cermat. Guru harus merencanakan dan merancang instrumen penilaian yang sesuai dengan kurikulum dan tujuan pembelajaran. Instrumen tersebut dapat berupa tes tertulis, proyek, presentasi, atau jenis penilaian lainnya. Selain itu, guru juga harus mempertimbangkan berbagai aspek penting seperti kesetaraan, validitas, dan reliabilitas instrumen penilaian.
Selama pelaksanaan STS IPA Kelas 7 Semester Genap Kurikulum Merdeka, siswa diuji sesuai dengan instrumen penilaian yang telah disusun. Guru harus memastikan bahwa ujian dilaksanakan secara adil dan berintegritas. Selain itu, mereka juga perlu memberikan bimbingan dan dukungan kepada siswa agar mereka bisa menunjukkan potensi terbaik mereka dalam menghadapi STS.
Hasil STS Genap Kurmer memiliki dampak yang signifikan pada siswa. Hasil positif dalam STS IPA dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa dan memberikan dorongan motivasi untuk belajar lebih baik. Namun, hasil negatif dalam STS juga bisa menjadi pelajaran berharga yang mengingatkan siswa untuk bekerja lebih keras dan memperbaiki pemahaman mereka. Oleh karena itu, STS bukan hanya alat penilaian, tetapi juga alat pembelajaran yang berharga.
Selain itu, hasil STS IPA Kelas 7 Semester Genap juga memengaruhi sistem pendidikan secara keseluruhan. Hasil ini digunakan untuk mengukur efektivitas kurikulum dan metode pengajaran yang diterapkan di sekolah. Hasil STS juga dapat mengungkapkan kebutuhan untuk perubahan atau perbaikan dalam sistem pendidikan. Oleh karena itu, STS merupakan alat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.
Dalam kesimpulannya, Sumatif Tengah Semester (STS) IPA Kelas 7 Semester Genap Kurikulum Merdeka adalah penilaian yang penting dalam sistem pendidikan. STS membantu mengukur capaian belajar siswa, memengaruhi jenjang pendidikan siswa, dan memengaruhi proses pendidikan secara keseluruhan. Dalam proses penyusunannya, perlu memperhatikan kesetaraan, validitas, dan reliabilitas instrumen penilaian. Hasil STS memberikan dampak besar pada siswa dan sistem pendidikan. Oleh karena itu, penting untuk memperlakukan STS IPA Kelas 7 Semester Genap dengan serius dan menggunakan hasilnya untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan.
Unduh Soal STS IPA Kelas 7 Semester Genap Kurikulum Merdeka
- Semester 1 : Cek Disini
- Semester 2 : IPA
Contoh Latihan Soal UTS IPA Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka
1. Dalam melakukan sebuah eksperimen, langkah pertama yang akan dilakukan oleh seorang ilmuwan yaitu....
a. Langkah-langkah metode ilmiah
b. Langkah-langkah metode analisis
c. Pelatihan keterampilan proses sains
d. Hipotesis kemudian mempertanyakan hipotesis tersebut
Jawaban: a. Langkah-langkah metode ilmiah
Perhatikan langkah-langkah percobaan berikut ini untuk menjawab pertanyaan no 2-4
1. Potong kertas isap atau tisu dengan ukuran 4 x 12 cm
2. Beri garis dengan spidol berwarna 2 cm dari ujung kertas
3. Ambil beaker glass dan isi dengan air setinggi 1 cm
4. Buatlah prediksi, terkait apa yang akan terjadi pada garis hitam tersebut ketika kertas dicelupkan ke dalam air
5. Celupkan kertas dengan posisi garis berada sedikit di atas permukaan air
2. Langkah-langkah yang dilakukan pada prosedur poin (4) pada percobaan tersebut adalah....
a. Pengamatan
b. Membuat inferensi
c. Berhipotesis
d. Mengomunikasikan
Jawaban: c. Berhipotesis
3. Kegiatan pengamatan pada percobaan ini melibatkan panca indra...
a. Telinga
b. Lidah
c. Kulit
d. Mata
Jawaban: d. Mata
4. Cara terbaik dalam menyampaikan hasil percobaan tersebut adalah dengan.....
a. Membuat grafik perbandingan panjang setiap warna spidol
b. Menampilkan kertas hasil percobaan secara langsung
c. Membuat tabel berisi warna yang terbentuk dari setiap spidol
d. Menceritakan langsung hasil percobaan tersebut
Jawaban: b. Menampilkan kertas hasil percobaan secara langsung
5. Untuk mengukur volume pecahan genting yang bentuknya tidak beraturan, kita memerlukan....
a. Stopwatch
b. Mistar dan neraca
c. Gelas ukur dan gelas berpancuran
d. Jangka sorong dan mikrometer sekrup
Jawaban: c. Gelas ukur dan gelas berpancuran
6. Tinggi badan Anto 155 cm. Berdasarkan pernyataan tersebut, yang termasuk besaran adalah .....
a. Badan
b. Tinggi
c. 155
d. cm
Jawaban: b. Tinggi
7. Air garam termasuk ke dalam ....
a. Senyawa
b. Larutan
c. Koloid
d. Unsur
Jawaban: b. Larutan
8. Koloid terdiri dari .....
a. Zat terdispersi dan zat pendispersi
b. Zat pelarut dan zat terlarut
c. Zat terdispersi dan zat pelarut
d. Zat pelarut dan zat pendispersi
Jawaban: a. Zat terdispersi dan zat pendispersi
9. Campuran yang paling mudah mengendap adalah .....
a. larutan
b. larutan ion
c. koloid
d. suspensi
Jawaban: d. suspensi
10. Air susu kemasan termasuk ke dalam....
a. unsur
b. senyawa
c. campuran
d. atom
Jawaban: c. campuran
11. Saat memperbaiki listrik sebaiknya kita menggunakan alas kaki berbahan dasar karet. Hal tersebut dikarenakan....
a. sifat kimia bahan karet yang sulit menghantarkan listrik
b. sifat fisika bahan karet yang sulit menghantarkan listrik
c. sifat kimia bahan karet yang mudah menghantarkan listrik
d. sifat fisika bahan karet yang mudah menghantarkan listrik
Jawaban: b. sifat fisika bahan karet yang sulit menghantarkan listrik
12. Berikut ini yang merupakan salah satu ciri perubahan kimia adalah .....
a. dapat kembali ke bentuk semula
b. hanya wujudnya yang berubah
c. memiliki sifat baru yang berbeda dari sifat semula
d. memiliki siklus perubahan
Jawaban: c. memiliki sifat baru yang berbeda dari sifat semula
13. Kegiatan yang memanfaatkan proses perubahan wujud benda cair menjadi benda gas yaitu.....
a. peleburan perak
b. pembentukan stalaktit
c. penggunaan parfum
d. pembuatan gula merah
Jawaban: c. penggunaan parfum
14. Bensin dalam wadah terbuka, semakin lama akan menjadi semakin sedikit karena terjadi .....
a. bensin mudah menguap
b. bensin bereaksi dengan udara
c. bensin meresap kedalam wadah
d. bensin bereaksi dengan wadah
Jawaban: a. bensin mudah menguap
15. Peristiwa pengembunan terjadi pada.....
a. air dalam lemari pendingin
b. pembuatan garam di pantai
c. pengisian gas elpiji
d. kapur barus dalam ruangan terbuka
Jawaban: c. pengisian gas elpiji
16. Nusa Tenggara Timur, di kabupaten Kupang memiliki air tanah yang mengandung kapur. Cara tradisional para warga untuk memisahkan air dari air kapur agar air tersebut dapat dikonsumsi yaitu dengan menggunakan teknik ....
a. destilasi
b. penguapan
c. sentrifugasi
d. filtrasi
Jawaban: d. filtrasi
17. Perhatikan cerita berikut ini!
Iman sangat menyukai es buah-buahan, ia hendak membuat es tersebut dan membagikannya untuk teman-teman di hari ulang tahunnya. Ia memetik buah jambu kemudian memotongnya kecil-kecil dan mencampurnya dengan air gula, kemudian ia membungkusnya dengan plastik kemudian dimasukan ke dalam lemari pendingin. Es tersebut dibagikan kepada-temannya, teman-teman Iman senang sekali dapat menikmati es buah buatan Iman.
Berdasarkan teks di atas, peristiwa perubahan wujud yang terjadi adalah ....
a. mencair, pada saat jambu dipotong kecil-kecil
b. membeku, setelah memasukkannya ke dalam lemari pendingin
c. terlarut, saat air dicampur dengan gula
d. menguap, saat dibagikan kepada teman-temannya
Jawaban: b. membeku, setelah memasukkannya ke dalam lemari pendingin
18. Perhatikan ciri-ciri larutan berikut!
(1) Menyebabkan korosi pada logam
(2) Mengubah warna lakmus biru menjadi merah
(3) Bilangan pH-nya kurang dari 7
(4) Di dalam larutan melepaskan ion hidroksil
(5) Mudah bersenyawa dengan air
Berdasarkan ciri-ciri tersebut yang termasuk dalam larutan asam, yaitu....
a. 1, 2, dan 3
b. 1, 3, dan 4
c. 2, 3, dan 4
d. 2, 3, dan 5
Jawaban: b. 1, 3, dan 4
19. Kertas lakmus biru akan berubah menjadi merah bila dicelupkan ke air cuka. Hal ini terjadi pada larutan .....
a. soda kue
b. sabun
c. amonia
d. asam klorida
Jawaban: d. asam klorida
20. Larutan air kapur dengan pH= 12 apabila diuji dengan indikator alami kubis ungu, maka perubahan warna yang terjadi adalah .....
a. kuning
b. merah muda
c. hijau/biru
d. tidak berwarna
Jawaban: c. hijau/biru
Contoh Soal PTS IPA Kelas 7 SMP Semester 2 dan Kunci Jawaban Type 2
1. Salah satu ciri benda mati adalah...
A. Tumbuh dan berkembang
B. Tidak peka terhadap rangsang
C. Mengambil dan menggunakan energi
D. Mampu bergerak
Jawaban: B
2. Apa ciri khas dari daun putri malu (Mimosa pudica)?
A. Bisa bernapas
B. Daunnya mudah rapuh
C. Berkembang biak
D. Daunnya menguncup jika disentuh
Jawaban: D
3. Proses pengubahan senyawa sederhana (karbon dioksida dan air) menjadi senyawa kompleks (glukosa) disebut..
A. Transfer energi
B. Autotomi
C. Mimikri
D. Fotosintesis
Jawaban: D
4. Makhluk hidup yang bisa membuat makanannya sendiri disebut...
A. Konsumen
B. Pengurai
C. Heterotrof
D. Autotrof
Jawaban: D
5. Pada dasarnya energi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan. Hukum tersebut dinamakan...
A. Hukum Mendel
B. Hukum Kekekalan Energi
C. Hukum Newton
D. Hukum Pascal
Jawaban: B
6. Ekskresi adalah proses pengeluaran...
A. Zat sisa metabolisme
B. Zat hasil peredaran darah
C. Zat yang terkandung dalam empedu
D. Zat asam dalam lambung
Jawaban: A
7. Berikut adalah makhluk hidup yang memiliki satu sel, kecuali...
A. Amoeba
B. Paramecium
C. Euglena
D. Semut
Jawaban: D
8. Tujuan mendasar dari klasifikasi makhluk hidup yang dilakukan ilmuwan adalah...
A. Mendeskripsikan organisme secara detail dari setiap kelompok
B. Sebagai bahan penelitian
C. Keperluan pendidikan
D. Konsep yang wajib dilakukan dalam ilmu biologi
Jawaban: A
9. Jenis hewan yang memiliki ciri berambut dan melahirkan adalah..
A. Aves
B. Reptil
C. Mamalia
D. Pisces
Jawaban: C
10. Urutan takson yang benar adalah..
A. Kelas - Ordo - Spesies - Kingdom
B. Kingdom - Filum - Kelas - Ordo
C. Ordo - Filum - Spesies - Kelas
D. Kingdom - Ordo - Kelas - Filum
Jawaban: B
11. Kingdom yang memuat jenis-jenis tumbuhan adalah..
A. Protista
B. Plantae
C. Fungi
D. Animalia
Jawaban: B
12. Zea mays var tunicata memiliki genus..
A. Zea
B. Mays
C. Var
D. Tunicata
Jawaban: A
13. Yang merupakan ciri dari kingdom Monera adalah...
A. Eukariotik
B. Mikroskopis
C. Tidak memiliki dinding sel
D. Reproduksi secara generatif
Jawaban: B
14. Contoh protista mirip hewan adalah...
A. Gracilaria
B. Gelidium
C. Plasmodium
D. Eucheuma
Jawaban: C
15. Jamur yang berfungsi dalam pembuatan tempe adalah..
A. Rhizopus oryzae
B. Saccharomyces cerevisiae
C. Volvariella volvacea
D. Malassezia sp
Jawaban: A
16. Aspergillus oryzae berfungsi dalam pembuatan..
A. Keju
B. Sake
C. Antibiotik
D. Alkohol
Jawaban: B
17. Filum dari kingdom Animalia yang biasanya menempel di dasar lautan dan berpori adalah..
A. Coelenterata
B. Porifera
C. Annelida
D. Mollusca
Jawaban: B
18. Suatu sistem di mana terjadi hubungan (interaksi) saling ketergantungan antara komponen-komponen di dalamnya, baik yang berupa makhluk hidup maupun yang tidak hidup disebut..
A. Ekologi
B. Populasi
C. Habitat
D. Ekosistem
Jawaban: D
19. Lapisan Bumi yang di dalamnya terdapat kehidupan disebut..
A. Biosfer
B. Bioma
C. Habitat
D. Mikrohabitat
Jawaban: A
20. Elang, rumput, belalang, dan tikus. Di antara hewan-hewan tersebut yang menduduki posisi konsumen puncak dalam rantai makanan adalah...
A. Rumput
B. Tikus
C. Elang
D. Belalang
Jawaban: C
Soal STS IPA Kelas 7 Semester Genap Kurikulum Merdeka