Soal STS IPS Kelas 8 Semester 2 / Genap Kurikulum Merdeka

Download Soal Sumatif Tengah Semester (STS) Genap Kelas 8 IPS Kurikulum Merdeka dalam bentuk Ms. Word lengkap dengan Kunci Jawaban. Bapak/ibu guru, telah kami siapkan File untuk persiapan menjelang Penilaian Tengah Semester 2 / Penilaian Sumatif Tengah Semester Genap. Soal ini telah kami susun dengan rapi, sehingga bapak / ibu tinggal merubah kop soal saja.

Sumatif Tengah Semester (STS) adalah salah satu komponen penting dalam sistem pendidikan yang bertujuan untuk menilai capaian belajar siswa setelah mereka menyelesaikan 1,2 atau 3 bab semester pembelajaran. STS biasanya digunakan sebagai alat penilaian yang kuat untuk mengukur sejauh mana siswa telah memahami dan menguasai materi pelajaran yang telah diajarkan selama setengah semester (Tiga Bulan). Kita akan membahas lebih lanjut mengenai pentingnya STS, bagaimana STS disusun, dan dampaknya terhadap siswa dan proses pendidikan secara keseluruhan. Download Soal Sumatif Tengah Semester (STS) atau PAS Kelas 8 untuk Mapel IPS Semester Genap Kurmer Tahun 2023, 2024, 2025, 2026, 2027.

Salah satu tujuan utama dari STS IPS Kelas 8 Semester Genap adalah untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. STS biasanya mencakup berbagai jenis tes, tugas, dan proyek yang dirancang untuk menguji pengetahuan dan pemahaman siswa. Dengan demikian, hasil dari STS memberikan gambaran yang jelas tentang sejauh mana siswa telah mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Ini membantu guru untuk menilai efektivitas metode pengajaran mereka dan memberikan umpan balik kepada siswa untuk meningkatkan pemahaman mereka.

STS merupakan salah satu wujud asesmen yang dicoba oleh satuan pendidikan dengan tujuan untuk mengenali ketercapaian Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) pada Capaian Pembelajaran (CP) yang sudah dijalani oleh peserta didik sepanjang satu semester/6 bulan.

STS juga merupakan alat yang penting dalam proses penilaian pendidikan. Hasil STS Kelas 8 digunakan untuk menentukan apakah siswa layak naik ke tingkat berikutnya atau mendapatkan kelulusan. Oleh karena itu, hasil dari STS sangat memengaruhi jenjang pendidikan siswa. Ini juga berpengaruh pada citra sekolah dan guru, karena hasil STS sering digunakan untuk mengukur kinerja mereka.

Proses penyusunan STS melibatkan beberapa tahap yang cermat. Guru harus merencanakan dan merancang instrumen penilaian yang sesuai dengan kurikulum dan tujuan pembelajaran. Instrumen tersebut dapat berupa tes tertulis, proyek, presentasi, atau jenis penilaian lainnya. Selain itu, guru juga harus mempertimbangkan berbagai aspek penting seperti kesetaraan, validitas, dan reliabilitas instrumen penilaian.

Selama pelaksanaan STS IPS Kelas 8 Semester Genap Kurikulum Merdeka, siswa diuji sesuai dengan instrumen penilaian yang telah disusun. Guru harus memastikan bahwa ujian dilaksanakan secara adil dan berintegritas. Selain itu, mereka juga perlu memberikan bimbingan dan dukungan kepada siswa agar mereka bisa menunjukkan potensi terbaik mereka dalam menghadapi STS.

Hasil STS Genap Kurmer memiliki dampak yang signifikan pada siswa. Hasil positif dalam STS IPS dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa dan memberikan dorongan motivasi untuk belajar lebih baik. Namun, hasil negatif dalam STS juga bisa menjadi pelajaran berharga yang mengingatkan siswa untuk bekerja lebih keras dan memperbaiki pemahaman mereka. Oleh karena itu, STS bukan hanya alat penilaian, tetapi juga alat pembelajaran yang berharga.

Selain itu, hasil STS IPS Kelas 8 Semester Genap juga memengaruhi sistem pendidikan secara keseluruhan. Hasil ini digunakan untuk mengukur efektivitas kurikulum dan metode pengajaran yang diterapkan di sekolah. Hasil STS juga dapat mengungkapkan kebutuhan untuk perubahan atau perbaikan dalam sistem pendidikan. Oleh karena itu, STS merupakan alat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.

Dalam kesimpulannya, Sumatif Tengah Semester (STS) IPS Kelas 8 Semester Genap Kurikulum Merdeka adalah penilaian yang penting dalam sistem pendidikan. STS membantu mengukur capaian belajar siswa, memengaruhi jenjang pendidikan siswa, dan memengaruhi proses pendidikan secara keseluruhan. Dalam proses penyusunannya, perlu memperhatikan kesetaraan, validitas, dan reliabilitas instrumen penilaian. Hasil STS memberikan dampak besar pada siswa dan sistem pendidikan. Oleh karena itu, penting untuk memperlakukan STS IPS Kelas 8 Semester Genap dengan serius dan menggunakan hasilnya untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan.

Unduh Soal STS IPS Kelas 8 Semester Genap Kurikulum Merdeka

  • Semester 1 : Cek Disini
  • Semester 2 : IPS


Soal Nomor 1

1. Arti dari ekonomi maritim adalah usaha atau kegiatan ekonomi yang .....
A. berhubungan dengan laut
B. berhubungan dengan pertanian
C. memanfaatkan perdagangan
D. mengusahakan industri wisata

Jawaban: A

Soal Nomor 2

2. Transportasi laut memegang peranan penting dalam perdagangan, sebab .....
A. laut memiliki andil yang besar dalam perekonomian
B. keduanya ibarat dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan
C. menjadi penghubung berbagai kegiatan perekonomian dan pembangunan antarpulau
D. menjadi penjaga stabilitas keamanan negara dari tindakan penyelundupan

Jawaban: C

Soal Nomor 3

3. Strategi yang mendesak dalam pembangunan ekonomi pertanian Indonesia adalah .....
A. meningkatkan kerja sama dengan para investor
B. meningkatkan kapasitas sumber daya manusia petani
C. meningkatkan kapasitas sumber daya manusia pedagang
D. menjaga stabilitas keamanan dalam satu kawasan

Jawaban: B

Soal Nomor 4

4. Jenis padi yang sudah mulai ditinggalkan petani dan tidak dibudidayakan lagi yaitu .....
A. jenis padi bir
B. jenis padi C64
C. jenis padi bulu
D. jenis Bagendit

Jawaban: C

Soal Nomor 5

5. Di bawah ini yang bukan merupakan potensi agrikultur Indonesia adalah .....
A. rempah-rempah
B. buah-buahan dan sayuran segar
C. Bahan Bakar Nabati (BBN)
D. silika dan guano

Jawaban: D

Soal Nomor 6

6. Retribusi pendapatan adalah .....
A. pendistribusian kembali pendapatan masyarakat kelompok kaya kepada kelompok miskin baik berasal dari pajak atau pungutan lain
B. seluruh pendapatan yang diterima oleh seluruh anggota masyarakat atau seluruh rumah tangga keluarga
C. pendapatan yang diterima oleh seluruh masyarakat dalam satu tahun
D. seluruh pendapatan kelompok kaya dalam satu tahun

Jawaban: B

Soal Nomor 7

7. Di bawah ini yang termasuk program redistribusi untuk pemerataan distribusi pendapatan di Indonesia adalah .....
A. kredit lunak dan jaminan kredit berbasis komunitas
B. jaminan akses kebutuhan bagi rakyat menengah
C. jaminan usaha untuk industri-industri besar
D. program kerja sama dengan perusahaan asing

Jawaban: D

Soal Nomor 8

8. Alternatif praktik retribusi pendapatan di Indonesia antara lain di bawah ini, kecuali .....
A. pajak
B. subsidi
C. kredit lunak
D. pegadaian

Jawaban: A

Soal Nomor 9

9. Salah satu peran penting agrikultural di Indonesia yaitu .....
A. tersedianya bibit yang bermutu bagi para petani
B. penyerap banyak tenaga kerja yang mengurangi pengangguran
C. akses teknologi pertanian semakin pesat di daerah-daerah
D. semakin luasnya lahan pertanian dan perkebunan pemerintah

Jawaban: A

Soal Nomor 10

10. Berikut ini yang bukan merupakan hambatan dalam pengembangan ekonomi pertanian adalah .....
A. modal kecil
B. penggunaan teknologi masih sederhana
C. sangat dipengaruhi musim
D. pengelolaan secara mekanik

Jawaban: D

Soal Nomor 11

11. Pada masa pemerintahan Raffless, Raffless menulis buku yang berjudul....
A. History of Java
B. History of Dutch
C. History of Europe
D. History of Indies

Jawaban: A

Soal Nomor 12

12. Pendiri Kesultanan Mataram adalah ...
A. Sultan Hasanuddin
B. Sultan Agung
C. Raden Fatah
D. Fatahillah

Jawaban: B

Soal Nomor 13

13. VOC didirikan pada tanggal ...
A. 20 Maret 1602
B. 31 Desember 1799
C. 20 Maret 1607
D. 31 Desember 1600

Jawaban: A

Soal Nomor 14

14. Nama Organisasi Perdagangan Inggris yang menjadi sarana penjajahan adalah ...
A. Vereeniging Oost Indies Compagnie
B. West Indies Company
C. Vereeniging Westen Indies Compagnie
D. East Indies Company

Jawaban: D

Soal Nomor 15

15. Setiap daerah memiliki keunggulan yang berbeda sehingga dapat bertukar hasil sumber daya alamnya. Keunggulan komparatif daerah Jawa Barat adalah memproduksi beras sedangkan Lampung adalah memproduksi kopi. Sehingga kedua daerah tersebut dapat bekerjasama dan saling menguntungkan apabila ….
A.Jawa Barat memproduksi kopi
B.Lampung memproduksi beras
C.Jawa Barat membeli kopi dari Lampung dan Lampung membeli beras dari Jawa Barat
D.Keduanya daerah tersebut membeli hasil sumber daya alam dari tempat lainnya

Jawaban: C


Soal Essay

16. Tugas dari pelaku ekonomi rumah tangga pemerintah adalah ...

Jawaban: Mengatur roda perekonomian, mengonsumsi barang dan jasa, serta mengatur kebijakan kegiatan ekspor impor

17. Pak Ardi adalah seorang pegawai swasta dan memiliki usaha penyewaan kost. Pendapatan Pak Ardi setiap bulan untuk belanja kebutuhan keluarganya. Sebagai seorang pegawai swasta dan memiliki usaha pendapatan Pak Ardi disebut ….

Jawaban: Uang sewa untuk pendapatan menyewakan kost

18. Segala sesuatu yang disediakan oleh alam untuk digunakan sebagai faktor pendukung produksi barang dan jasa disebut ...

Jawaban: Faktor produksi alam

19. Hal terpenting pada faktor produksi kewirausahaan adalah ...

Jawaban: Kreativitas dan inovasi

20. Peran utama konsumen adalah ...

Jawaban: Sebagai pengguna hasil produksi dan pemasok hasil produksi.

Super Lengkap : Soal Sumatif Tengah Semester Genap dan Genap 

 

Soal STS IPS Kelas 8 Semester Genap Kurikulum Merdeka

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Blog ads

ADS