Soal STS Kimia Kelas 11 Semester 2 / Genap Kurikulum Merdeka

Download Soal Sumatif Tengah Semester (STS) Genap Kelas 11  Kimia Kurikulum Merdeka dalam bentuk Ms. Word lengkap dengan Kunci Jawaban. Bapak/ibu guru, telah kami siapkan File untuk persiapan menjelang Penilaian Tengah Semester 2 / Penilaian Sumatif Tengah Semester Genap. Soal ini telah kami susun dengan rapi, sehingga bapak / ibu tinggal merubah kop soal saja.

Sumatif Tengah Semester (STS) adalah salah satu komponen penting dalam sistem pendidikan yang bertujuan untuk menilai capaian belajar siswa setelah mereka menyelesaikan 1,2 atau 3 bab semester pembelajaran. STS biasanya digunakan sebagai alat penilaian yang kuat untuk mengukur sejauh mana siswa telah memahami dan menguasai materi pelajaran yang telah diajarkan selama setengah semester (Tiga Bulan). Kita akan membahas lebih lanjut mengenai pentingnya STS, bagaimana STS disusun, dan dampaknya terhadap siswa dan proses pendidikan secara keseluruhan. Download Soal Sumatif Tengah Semester (STS) atau PAS Kelas 11 untuk Mapel  Kimia Semester Genap Kurmer Tahun 2023, 2024, 2025, 2026, 2027.

Salah satu tujuan utama dari STS  Kimia Kelas 11 Semester Genap adalah untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. STS biasanya mencakup berbagai jenis tes, tugas, dan proyek yang dirancang untuk menguji pengetahuan dan pemahaman siswa. Dengan demikian, hasil dari STS memberikan gambaran yang jelas tentang sejauh mana siswa telah mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Ini membantu guru untuk menilai efektivitas metode pengajaran mereka dan memberikan umpan balik kepada siswa untuk meningkatkan pemahaman mereka.

STS merupakan salah satu wujud asesmen yang dicoba oleh satuan pendidikan dengan tujuan untuk mengenali ketercapaian Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) pada Capaian Pembelajaran (CP) yang sudah dijalani oleh peserta didik sepanjang satu semester/6 bulan.

STS juga merupakan alat yang penting dalam proses penilaian pendidikan. Hasil STS Kelas 11 digunakan untuk menentukan apakah siswa layak naik ke tingkat berikutnya atau mendapatkan kelulusan. Oleh karena itu, hasil dari STS sangat memengaruhi jenjang pendidikan siswa. Ini juga berpengaruh pada citra sekolah dan guru, karena hasil STS sering digunakan untuk mengukur kinerja mereka.

Proses penyusunan STS melibatkan beberapa tahap yang cermat. Guru harus merencanakan dan merancang instrumen penilaian yang sesuai dengan kurikulum dan tujuan pembelajaran. Instrumen tersebut dapat berupa tes tertulis, proyek, presentasi, atau jenis penilaian lainnya. Selain itu, guru juga harus mempertimbangkan berbagai aspek penting seperti kesetaraan, validitas, dan reliabilitas instrumen penilaian.

Selama pelaksanaan STS  Kimia Kelas 11 Semester Genap Kurikulum Merdeka, siswa diuji sesuai dengan instrumen penilaian yang telah disusun. Guru harus memastikan bahwa ujian dilaksanakan secara adil dan berintegritas. Selain itu, mereka juga perlu memberikan bimbingan dan dukungan kepada siswa agar mereka bisa menunjukkan potensi terbaik mereka dalam menghadapi STS.

Hasil STS Genap Kurmer memiliki dampak yang signifikan pada siswa. Hasil positif dalam STS  Kimia dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa dan memberikan dorongan motivasi untuk belajar lebih baik. Namun, hasil negatif dalam STS juga bisa menjadi pelajaran berharga yang mengingatkan siswa untuk bekerja lebih keras dan memperbaiki pemahaman mereka. Oleh karena itu, STS bukan hanya alat penilaian, tetapi juga alat pembelajaran yang berharga.

Selain itu, hasil STS  Kimia Kelas 11 Semester Genap juga memengaruhi sistem pendidikan secara keseluruhan. Hasil ini digunakan untuk mengukur efektivitas kurikulum dan metode pengajaran yang diterapkan di sekolah. Hasil STS juga dapat mengungkapkan kebutuhan untuk perubahan atau perbaikan dalam sistem pendidikan. Oleh karena itu, STS merupakan alat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.

Dalam kesimpulannya, Sumatif Tengah Semester (STS)  Kimia Kelas 11 Semester Genap Kurikulum Merdeka adalah penilaian yang penting dalam sistem pendidikan. STS membantu mengukur capaian belajar siswa, memengaruhi jenjang pendidikan siswa, dan memengaruhi proses pendidikan secara keseluruhan. Dalam proses penyusunannya, perlu memperhatikan kesetaraan, validitas, dan reliabilitas instrumen penilaian. Hasil STS memberikan dampak besar pada siswa dan sistem pendidikan. Oleh karena itu, penting untuk memperlakukan STS  Kimia Kelas 11 Semester Genap dengan serius dan menggunakan hasilnya untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan.

Unduh Soal STS  Kimia Kelas 11 Semester Genap Kurikulum Merdeka

  • Semester 1 : Cek Disini
  • Semester 2 :  Kimia



Berikut disajikan 15 soal kimia pilihan ganda dan 5 soal esai beserta kunci jawabannya:

Pilihan Ganda

1. Larutan penyangga asam terbentuk jika asam lemah bereaksi dengan basa kuat dan terdapat sisa asam lemah. Untuk membuat suatu larutan penyangga asam, seorang siswa mencampur 200 ml larutan HCOOH 0,1 M (Ka HCOOH = 10-4) dengan 100 ml larutan NaOH 0,1 M. pH larutan yang dihasilkan adalah ....

A. 6
B. 7
C. 5
D. 3
E. 4

Jawaban: E

2. Ionisasi larutan asam lemah bergantung harga tetapan ionisasi (Ka) atau derajat ionisasi (alpha). Konsentrasi ion H+ yang terdapat dalam 200 ml larutan CH3COOH 0,5 M dengan Ka = 1,8 x 10-5 sebesar ....

A, 3 x 10 -3 M
B. 2 x 10 -3 M
C. 4 x 10 -4 M
D. 3 x 10 -2 M
E. 8 x 10 -6 M

Jawaban: A

3. Komposisi senyawa yang terkandung dalam bensin dapat ditentukan dengan bilangan oktan. Bensin dengan bilangan oktana 80 memiliki komposisi senyawa ....

A. 20% isooktana dan 80% n-heptana
B. 20% isooktana dan 80% n-heksana
C. 20% n-heksana dan 80% isooktana
D. 20% n-pentana dan 80% isooktana
E. 20% n-heptana dan 80% isooktana

Jawaban: E

4. Larutan CH3COOK 0,1 M (Ka CH3COOH = 10-5) merupakan garam yang terhidrolisis sebagian dalam air dan memiliki pH sebesar ….

A. 9
B. 10
C. 11
D. 12
E. 8

Jawaban: A

5. Perhatikan reaksi asam basa Bronsted-Lowry berikut ini :

(1) RNH2 + H2O → RNH3+ + OH-
(2) H2PO4- + H2O → HPO42- +H3O+
(3) HCO3- + H2O → H2CO3 + OH-

H2O yang bersifat basa terdapat pada reaksi ... .

A. 1 dan 2
B. 1
C. 3
D. 1 dan 3
E. 2

Jawaban: E

6. Dari campuran larutan-larutan berikut yang merupakan penyangga adalah ....

A. Larutan NH3 dengan larutan (NH4)2SO4
B. Larutan NaOH dengan larutan NaCl
C. Larutan NaOH dengan larutan Ba(HCOO)2
D. Larutan H2SO4 dengan larutan Na2SO4
E. Larutan HCl dengan larutan NaCl

Jawaban: A

7. Dari beberapa sifat koloid berikut :
(1) Elektroforesis
(2) Efek Tyndall
(3) Koagulasi
(4) Adsorpsi
(5) Dialisis
Penggunaan tawas dalam mengendapkan lumpur koloid dan norit sebagai karbon aktif merupakan penerapan sifat koloid nomor ....

A. (3) dan (4)
B, (1) dan (2)
C. (4) dan (5)
D. (2) dan (3)
E (3) dan (5)

Jawaban: A

8. Polutan asap pabrik dalam udara merupakan koloid.....

A. Cair dalam gas
B. Padat dalam gas
C. Gas dalam cair
D. Gas dalam gas
E. Gas dalam padat

Jawaban: B

9. Sifat dialisis koloid terdapat dalam….

A. Penyembuhan sakit perut dengan norit
B. Menghilangkan bau badan dengan deodorant
C. Warna langit yang berwarna pada senja hari
D. Pembuatan tahu dari air kedelai dengan batu tahu
E. Proses cuci darah untuk pasien gagal ginjal

Jawaban: E

10. Diberikan lima macam reaksi sebagai berikut :
Dari reaksi di atas, yang dapat menghasilkan larutan penyangga adalah…

A. II
B. IV
C. I
D. III
E. V

Jawaban: C

11. Buih pada air laut adalah sistem dispersi…

A. Zat cair terdispersi dalam zat cair
B. Zat padat terdispersi dalam zat cair
C. Gas terdispersi dalam zat cair
D. Zat cair terdispersi dalam gas
E. Gas terdispersi dalam zat padat

Jawaban: C

12. Di antara garam-garam berikut ini yang kelarutannya paling besar adalah ….

A. Ag2S, Ksp =1,6x10-49
B. AgCl, Ksp = 10-10
C. Ag2C2O4, Ksp =3,2x10-12
D. AgI, Ksp = 10-16
E. Ag2C2O4, Ksp =1,1x10-11

Jawaban: E

13. Jika diketahui KaCH3COOH=10-5, maka pH larutan garam Ca(CH3COO)2 0,2 M adalah…

A. 5
B. 5 – log 2
C. 9 + log 2
D. 9 – log 2
E. 9

Jawaban: C

14. Perhatikan reaksi berikut ini :
HCO3- (ag) + OH-(ag)? CO32-(ag) + H2O(ag)

Dari reaksi tersebut, menurut Bronsted-Lowry yang dapat dinyatakan sebagai asam adalah ….

A. CO32- dan H2O
B. OH- dan H2O
C. HCO3- dan CO32-
D. HCO3- dan H2O
E. OH- dan CO32-
Jawaban: D

15. pH campuran dari larutan 1 liter 0,1 mol HX dengan 1 liter 0,4 mol NaX adalah….

A. 5,6
B. 5
C. 4,4
D. 4,6
E. 5,4

Jawaban: B



Contoh Soal Esai

1. Perhatikan senyawa berikut:
  • HCl dan H3O+
  • H2O dan Cl-
  • HCl dan Cl-
  • H3O+ dan HCl
  • H3O+ dan Cl-
Di antara pilihan tersebut, mana kah yang merupakan pasangan asam basa konjugasi pada reaksi HCl(ag) + H2O (l) H3O+(ag)+Cl-(ag)?

Jawaban:

Yang merupakan pasangan asam basa konjugasi adalah HCl dan Cl-. Mengacu pada teori Bronsted Lowry, asam adalah senyawa yang dapat menyumbangkan H+, HCl menyumbangkan satu H+, sisanya adalah Cl- merupakan basa konjugasi.
Pasangan asam basa konjugasi merupakan:
  • Pasangan asam dengan basa konjugasI
  • Pasangan basa dengan asam konjugasi

2. Berapa pH dari larutan [HCl] dengan konsentrasi 1 x 10-8 M?

Jawaban:

[H+] = 10-7 + 10-8
[H+] = 10.10-8 + 10-8

= 11 x 10-8

pH= - log[H+]

pH= - log(11 x 10-8)

= 8 – log 11

= 6,9→ mendekati 7

[HCl] dengan konsentrasi 1 x10-8 M, artinya konsentrasi asam sangat encer, sehingga mendekati netral (pH 7)

Derajat keasaman larutan asam paling rendah pada pH dibawah 7, jika pH diatas 7 artinya menuju sifat basa.


3. Bagaimana cara muatan partikel koloid ditentukan?

Jawaban:

Partikel koloid ditentukan dengan cara elektroforesis. Jika ke dalam koloid dikenakan arus searah melalui elektroda, maka koloid bermuatan positif akan bergerak menuju elektroda negatif dan sesampai di elektroda negatif akan terjadi penetralan muatan dan koloid akan menggumpal (koagulasi), sebaliknya koloid negatif akan bergerak menuju elektroda positif. Hal ini merupakan sistem kerja elektroforesis.

4. Pada larutan penyangga CH3COOH dengan garam CH3COONa ditambahkan sedikit asam, maka bagaimana penambahan tersebut dapat dinetralkan?

Jawaban:

Penambahan tersebut akan dinetralkan oleh CH3COO-(aq).

Dalam larutan penyangga CH3COOH , CH3COONa jika ditambahkan sedikit asam, maka penambahan asam tersebut akan dinetralkan oleh basa konjugasi CH3COO- membentuk CH3COOH

CH3COONa(aq)ßà CH3COO-(aq) + Na+(aq)
CH3COO-(aq) + H+(aq) ßàCH3COOH(aq)


5. Berikut ini data hasil titrasi HCl dengan larutan NaOH 0,1M:

Percobaan I
Volume HCl yang dititrasi: 25mL
Volume NaOH yang digunakan: 20mL

Percobaan II
Volume HCl yang dititrasi: 25mL
Volume NaOH yang digunakan

Percobaan III
Volume HCl yang dititrasi: 25mL
Volume NaOH yang digunakan: 19mL

Berdasarkan data tersebut, berapa konsentrasi larutan HCl dalam satuan M?
Jawaban:

Volume NaOH rata-rata yang dibutuhkan:
(20 + 21 + 19) = 20 ml
3
Misal konsentrasi HCl = M1, NaOH = M2
Volume HCl = V1, NaOH = V2
M1. V1= M2. V2
0,1 x 20 = M2 x 25
M2 = 2/25 M
= 0,080 M
Konsentrasi HCl = 0,080 M


Super Lengkap : Soal Sumatif Tengah Semester Genap dan Genap 

 

Soal STS  Kimia Kelas 11 Semester Genap Kurikulum Merdeka

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Blog ads

ADS