Soal STS MTK Kelas 4 Semester 2 / Genap Kurikulum Merdeka

Download Soal Sumatif Tengah Semester (STS) Genap Kelas 4 MTK Kurikulum Merdeka dalam bentuk Ms. Word lengkap dengan Kunci Jawaban. Bapak/ibu guru, telah kami siapkan File untuk persiapan menjelang Penilaian Tengah Semester 2 / Penilaian Sumatif Tengah Semester Genap. Soal ini telah kami susun dengan rapi, sehingga bapak / ibu tinggal merubah kop soal saja.

Sumatif Tengah Semester (STS) adalah salah satu komponen penting dalam sistem pendidikan yang bertujuan untuk menilai capaian belajar siswa setelah mereka menyelesaikan 1,2 atau 3 bab semester pembelajaran. STS biasanya digunakan sebagai alat penilaian yang kuat untuk mengukur sejauh mana siswa telah memahami dan menguasai materi pelajaran yang telah diajarkan selama setengah semester (Tiga Bulan). Kita akan membahas lebih lanjut mengenai pentingnya STS, bagaimana STS disusun, dan dampaknya terhadap siswa dan proses pendidikan secara keseluruhan. Download Soal Sumatif Tengah Semester (STS) atau PAS Kelas 4 untuk Mapel MTK Semester Genap Kurmer Tahun 2023, 2024, 2025, 2026, 2027.

Salah satu tujuan utama dari STS MTK Kelas 4 Semester Genap adalah untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. STS biasanya mencakup berbagai jenis tes, tugas, dan proyek yang dirancang untuk menguji pengetahuan dan pemahaman siswa. Dengan demikian, hasil dari STS memberikan gambaran yang jelas tentang sejauh mana siswa telah mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Ini membantu guru untuk menilai efektivitas metode pengajaran mereka dan memberikan umpan balik kepada siswa untuk meningkatkan pemahaman mereka.

STS merupakan salah satu wujud asesmen yang dicoba oleh satuan pendidikan dengan tujuan untuk mengenali ketercapaian Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) pada Capaian Pembelajaran (CP) yang sudah dijalani oleh peserta didik sepanjang satu semester/6 bulan.

STS juga merupakan alat yang penting dalam proses penilaian pendidikan. Hasil STS Kelas 4 digunakan untuk menentukan apakah siswa layak naik ke tingkat berikutnya atau mendapatkan kelulusan. Oleh karena itu, hasil dari STS sangat memengaruhi jenjang pendidikan siswa. Ini juga berpengaruh pada citra sekolah dan guru, karena hasil STS sering digunakan untuk mengukur kinerja mereka.

Proses penyusunan STS melibatkan beberapa tahap yang cermat. Guru harus merencanakan dan merancang instrumen penilaian yang sesuai dengan kurikulum dan tujuan pembelajaran. Instrumen tersebut dapat berupa tes tertulis, proyek, presentasi, atau jenis penilaian lainnya. Selain itu, guru juga harus mempertimbangkan berbagai aspek penting seperti kesetaraan, validitas, dan reliabilitas instrumen penilaian.

Selama pelaksanaan STS MTK Kelas 4 Semester Genap Kurikulum Merdeka, siswa diuji sesuai dengan instrumen penilaian yang telah disusun. Guru harus memastikan bahwa ujian dilaksanakan secara adil dan berintegritas. Selain itu, mereka juga perlu memberikan bimbingan dan dukungan kepada siswa agar mereka bisa menunjukkan potensi terbaik mereka dalam menghadapi STS.

Hasil STS Genap Kurmer memiliki dampak yang signifikan pada siswa. Hasil positif dalam STS MTK dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa dan memberikan dorongan motivasi untuk belajar lebih baik. Namun, hasil negatif dalam STS juga bisa menjadi pelajaran berharga yang mengingatkan siswa untuk bekerja lebih keras dan memperbaiki pemahaman mereka. Oleh karena itu, STS bukan hanya alat penilaian, tetapi juga alat pembelajaran yang berharga.

Selain itu, hasil STS MTK Kelas 4 Semester Genap juga memengaruhi sistem pendidikan secara keseluruhan. Hasil ini digunakan untuk mengukur efektivitas kurikulum dan metode pengajaran yang diterapkan di sekolah. Hasil STS juga dapat mengungkapkan kebutuhan untuk perubahan atau perbaikan dalam sistem pendidikan. Oleh karena itu, STS merupakan alat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.

Dalam kesimpulannya, Sumatif Tengah Semester (STS) MTK Kelas 4 Semester Genap Kurikulum Merdeka adalah penilaian yang penting dalam sistem pendidikan. STS membantu mengukur capaian belajar siswa, memengaruhi jenjang pendidikan siswa, dan memengaruhi proses pendidikan secara keseluruhan. Dalam proses penyusunannya, perlu memperhatikan kesetaraan, validitas, dan reliabilitas instrumen penilaian. Hasil STS memberikan dampak besar pada siswa dan sistem pendidikan. Oleh karena itu, penting untuk memperlakukan STS MTK Kelas 4 Semester Genap dengan serius dan menggunakan hasilnya untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan.

Unduh Soal STS MTK Kelas 4 Semester Genap Kurikulum Merdeka

  • Semester 1 : Cek Disini
  • Semester 2 : MTK
I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar !
1. Kertas lipat dapat digunakan sebagai alat untuk menghitung luas satuan permukaan sebuah bidang. Kertas lipat termasuk alat ukur ....
a. satuan baku
b. satuan tidak baku
c. satuan meter
d. satuan hektar

2. Satu jerigen minyak dapat dipindahkan dalam 10 buah botol. Maka, volume satu jerigen minyak sama dengan ....
a. 5 botol minyak
b. 10 botol minyak
c. 15 botol minyak
d. 20 botol minyak

3. Perhatikan gambar berikut!

Contoh Soal PTS/STS Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka Gambar 1

Luas bidang di atas adalah .... persegi satuan.
a. 20
b. 24
c. 26
d. 30

4. Perhatikan gambar berikut !

Contoh Soal PTS/STS Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka Gambar 2
Pernyataan yang benar berdasarkan gambar bidang di atas adalah ....
a. Bidang B luasnya paling besar
b. Bidang A luasnya paling besar
c. Bidang A lebih kecil dari bidang B
d. Bidang C luasnya paling besar

5. Perhatikan gambar di samping !
Contoh Soal PTS/STS Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka Gambar 3
Bila panjang sisi AB dari persegi di atas 13 cm, maka luasnya adalah ....
a. 56 cm²
c. 144 cm²
b. 96 cm²
d. 169 cm²

6. Perhatikan gambar di samping !
Contoh Soal PTS/STS Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka Gambar 4
Luas gambar daun di atas kira-kira …. petak.
a. 6
b. 8
c. 10
d. 15

7. Perhatikan gambar berikut!

Contoh Soal PTS/STS Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka Gambar 5

Pernyataan yang benar berdasarkan gambar di atas adalah....
a. Volume air di wadah B paling sedikit
b. Volume air di wadah B dan D sama besar
c. Volume air di wadah C lebih sedikit dari wadah D
d. Volume air di wadah A lebih banyak dari wadah B

8. Berikut ini yang termasuk alat ukur volume tidak baku adalah .....
a. gelas
b. meteran
c. timbangan
d. penggaris

9. Perhatikan gambar berikut!
Contoh Soal PTS/STS Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka Gambar 6
Volume bangun di atas adalah ....
a. 136 cm³
b. 186 cm³
c. 216 cm³
d. 236 cm³

10. Empat buah rusuk kubus panjangnya 56 cm. Volume kubus tersebut adalah ....
a. 5.744 cm³
b. 4.744 cm³
c. 3.744 cm³
d. 2.744 cm³

11. Perhatikan gambar berikut ! 

Contoh Soal PTS/STS Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka Gambar 7

Volume balok di atas adalah ... kubus satuan.
a. 64
b. 72
c. 80
d. 88

12. Panjang, lebar, dan tinggi balok adalah 14 cm, 12 cm, dan 8 cm. Volume balok tersebut adalah …. cm³.
a. 1.345
b. 1.344
c. 1.343
d. 1.342

13. Perhatikan gambar berikut! 

Contoh Soal PTS/STS Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka Gambar 8
Bangun yang ditunjukkan oleh gambar termasuk bangun ....
a. segi banyak beraturan
b. segi banyak tidak beraturan
c. segi banyak bebas
d. segi banyak sembarang

14. Belah ketupat merupakan contoh ....
a. segi banyak beraturan
b. segi banyak tidak beraturan
c. segi banyak bebas
d. segi banyak terbatas

15. Perhatikan sifat-sifat bangun datar berikut !
(i) Mempunyai empat sisi sama panjang.
(ii) Sudut yang berhadapan sama besar.
(iii) Kedua diagonalnya berpotongan tegak lurus.
(iv) Mempunyai dua simetri lipat.
Bangun datar tersebut adalah ….
a. persegi
b. jajar genjang
c. layang-layang
d. belah ketupat

16. Perhatikan gambar di bawah!
Contoh Soal PTS/STS Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka Gambar 9
Banyak simetri putar bangun datar di atas adalah....
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4

17. Bangun datar yang memiliki sifat-sifat sebagai berikut !
(1) Mempunyai dua pasang sisi sejajar.
(2) Sudut yang berhadapan sama besar.
(3) Mempunyai satu sumbu simetri.
Bangun yang dimaksud adalah .... 
a. persegi panjang
b. belah ketupat
c. jajar genjang
d. trapesium sama kaki

18. Perhatikan gambar berikut ini! 

Contoh Soal PTS/STS Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka Gambar 10

Panjang sisi OR sama dengan panjang sisi ....
a. OP
b. PQ
c. QR
d. RP

19. Bangun persegi panjang memiliki garis diagonal sebanyak.....
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4

20. Perhatikan gambar di samping !
Contoh Soal PTS/STS Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka Gambar 11
Banyak sisi yang sama panjang pada bangun di atas adalah ....
a. 4
b. 3
c. 2
d. 1

21. Berikut diberikan sifat-sifat segi empat ....
(1) Keempat sisinya sama panjang.
(2) Keempat sudutnya siku-siku.
Bangun datar yang dimaksud adalah....
a. persegi
b. persegi panjang
c. jajargenjang
d. trapesium

22. Sebuah bangun datar memiliki sifat-sifat sebagai berikut 
(1) Mempunyai sepasang sisi yang sejajar.
(2) Mempunyai sepasang sudut siku-siku.
(3) Kedua diagonalnya tidak sama panjang.

Bangun datar yang dimaksud adalah ....
a. trapesium siku-siku
b. jajar genjang
c. belah ketupat
d. layang-layang

23. Perhatikan gambar di samping !

Contoh Soal PTS/STS Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka Gambar 12

Pada bangun jajar genjang di atas, sisi yang panjangnya sama dengan sisi CD adalah sisi ....
a. BC
b. AB
c. AD
d. AC

24. Bangun persegi panjang memiliki garis diagonal sebanyak ....
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4

25. Berikut ciri-ciri bangun segitiga sama kaki adalah ....
a. tiga sisi sama panjang
b. tiga sudut sama besar
c. dua sisi sama panjang
d. tiga sisi beda panjang

26. Perhatikan bidang berikut!
Contoh Soal PTS/STS Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka Gambar 13
Luas bidang tersebut adalah ....
a. 6 satuan persegi
b. 7 satuan persegi
c. 8 satuan persegi
d. 9 satuan persegi

27. Suatu persegi panjang memiliki panjang 28 cm dan lebar 9 cm, maka luasnya adalah ... cm².
a. 242
b. 250
c. 252
d. 262

28. Perhatikan gambar berikut!

Contoh Soal PTS/STS Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka Gambar 14

Volume balok dan kubus pada gambar jika digabung adalah ….
a. 125 kubus satuan
b. 127 kubus satuan
c. 137 kubus satuan
d. 150 kubus satuan

29. Rania membuat sebuah bangun datar dengan 8 sisi dan 8 sudut. Bangun datar tersebut termasuk contoh ....
a. segi banyak bebas
b. segi banyak lepas
c. segi banyak beraturan
d. segi banyak tidak beraturan

30. Perhatikan sifat-sifat bangun datar berikut!
(i) Mempunyai empat sisi yang berhadapan sama panjang.
(ii) Sudut yang berhadapan sama besar.
(iii) Kedua diagonalnya berpotongan tegak lurus.
(iv) Mempunyai dua buah simetri lipat.
Bangun datar tersebut adalah ….
a. persegi panjang
b. jajar genjang
c. layang-layang
d. belah ketupat

II. Isilah titik-titik berikut dengan jawaban yang benar !
1. Perhatikan gambar berikut!
Contoh Soal PTS/STS Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka Gambar 15
Luas bidang di atas adalah ………………………………………………………………………………………

2. Ubin berukuran 35 cm x 35 cm. Luas ubin adalah ...............................................................................
3. Sebuah kotak dapat diisi penuh dengan 75 rubik yang panjang rusuknya10 cm. Volume kotak tersebut adalah ………………………………………………………………………….………………….. cm³.
4. Jika satu ember dapat terisi penuh oleh 16 gelas air, maka volume setengah ember
tersebut adalah ……………………………………………………………………………………………………
5. Kardus berbentuk balok dengan ukuran panjang 25 cm, lebar 20 cm, dan tinggi 15 cm.
Volume dari kardus tersebut adalah ……………………………………………………………………………
6. Perhatikan gambar berikut!

Contoh Soal PTS/STS Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka Gambar 16
Gambar bangun persegi panjang ditunjukkan oleh huruf
7. Bangun yang ketiga sisinya sama panjang disebut ………………….…………………………………….
8. Pada segitiga sama sisi, besar semua sudutnya adalah ………………………………………………….
9. Dua buah segitiga siku-siku yang sama besar bila dihimpitkan pada sisi miringnya akan membentuk bangun ……………………………………………………………………………………………………………..
10. Perhatikan gambar berikut!
Contoh Soal PTS/STS Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka Gambar 17
Segitiga siku-siku ditunjukkan oleh huruf .................................................................................................

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang jelas dan benar!
1. Perhatikan bidang berikut!
Contoh Soal PTS/STS Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka Gambar 18
Hitunglah luas bidang tersebut!
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………….

2. Persegi panjang mempunyai panjang 12 cm dan lebar 9 cm.
Tentukan luas persegi panjang tersebut !
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………….

3. Hitunglah volume balok dengan panjang 10 cm, lebar 8 cm, dan tinggi 7 cm !
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………….

4. Panjang semua rusuk sebuah kubus 240 cm.
a. Berapa panjang rusuk kubus ?
b. Berapa volume kubus tersebut ?
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………….

5. Tuliskan 3 contoh bangun segi banyak tidak beraturan !
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………….



Kunci Jawaban Room I

1. b. satuan tidak baku
2. b. 10 botol minyak
3. d. 30
4. d. Bidang C luasnya paling besar
5. d. 169 cm²
6. a. 6
7. c. Volume air di wadah C lebih sedikit dari wadah D
8. a. gelas
9. c. 216 cm³
10. d. 2.744 cm³
11. c. 80
12. b. 1.344
13. a. segi banyak beraturan
14. b. segi banyak tidak beraturan
15. d. belah ketupat
16. a. 1
17. c. jajar genjang
18. b. PQ
19. b. 2
20. a. 4
21. a. persegi
22. a. trapesium siku-siku
23. b. AB
24. b. 2
25. c. dua sisi sama panjang
26. d. 9 satuan persegi
27. c. 252
28. b. 127 kubus satuan
29. c. segi banyak beraturan
30. d. belah ketupat

Kunci Jawaban Room II

1. 20 satuan persegi
2. 1.255 cm²
3. 75.000
4. 8 gelas air
5. 7.500 cm³
6. B dan E
7. segitiga sama sisi
8. 60°
9. persegi panjang
10. B dan D

Kunci Jawaban Room III

1. Luas bidang tersebut adalah 9 satuan persegi

2. L = p x l
L = 12 x 9
L = 108 cm2
Jadi, luas persegi panjang tersebut adalah 108 cm²

3. V = p x l x t
V = 10 x 6 x 7
V = 560 cm3
Jadi, volume balok tersebut adalah 560 cm³

4. a. Berapa panjang rusuk kubus ?
Panjang semua rusuk sebuah kubus 240 cm.
Panjang rusuk kubus = 240 : 12 = 20 cm
b. Berapa volume kubus tersebut ?
V = r x r x r
V = 20 x 20 x 20
V = 8.000 cm³

5. 3 contoh bangun segi banyak tidak beraturan = persegi panjang, jajar genjang, trapesium

Super Lengkap : Soal Sumatif Tengah Semester Genap dan Genap 

 

Soal STS MTK Kelas 4 Semester Genap Kurikulum Merdeka

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Blog ads

ADS