Soal STS MTK Kelas 6 Semester 2 / Genap Kurikulum Merdeka

Soal Asesmen Sumatif Tengah Semester (STS) Genap Kelas 6 MTK Kurikulum Merdeka dalam bentuk Ms. Word lengkap dengan Kunci Jawaban. Bapak/ibu guru, telah kami siapkan File untuk persiapan menjelang Penilaian Tengah Semester 2 / Penilaian Sumatif Tengah Semester Genap. Soal ini telah kami susun dengan rapi, sehingga bapak / ibu tinggal merubah kop soal saja.

Sumatif Tengah Semester (STS) adalah salah satu komponen penting dalam sistem pendidikan yang bertujuan untuk menilai capaian belajar siswa setelah mereka menyelesaikan 1,2 atau 3 bab semester pembelajaran. STS biasanya digunakan sebagai alat penilaian yang kuat untuk mengukur sejauh mana siswa telah memahami dan menguasai materi pelajaran yang telah diajarkan selama setengah semester (Tiga Bulan). Kita akan membahas lebih lanjut mengenai pentingnya STS, bagaimana STS disusun, dan dampaknya terhadap siswa dan proses pendidikan secara keseluruhan. Download Soal Sumatif Tengah Semester (STS) atau PAS Kelas 6 untuk Mapel MTK Semester Genap Kurmer Tahun 2023, 2024, 2025, 2026, 2027.

Salah satu tujuan utama dari STS MTK Kelas 6 Semester Genap adalah untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. STS biasanya mencakup berbagai jenis tes, tugas, dan proyek yang dirancang untuk menguji pengetahuan dan pemahaman siswa. Dengan demikian, hasil dari STS memberikan gambaran yang jelas tentang sejauh mana siswa telah mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Ini membantu guru untuk menilai efektivitas metode pengajaran mereka dan memberikan umpan balik kepada siswa untuk meningkatkan pemahaman mereka.

STS merupakan salah satu wujud asesmen yang dicoba oleh satuan pendidikan dengan tujuan untuk mengenali ketercapaian Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) pada Capaian Pembelajaran (CP) yang sudah dijalani oleh peserta didik sepanjang satu semester/6 bulan.

STS juga merupakan alat yang penting dalam proses penilaian pendidikan. Hasil STS Kelas 6 digunakan untuk menentukan apakah siswa layak naik ke tingkat berikutnya atau mendapatkan kelulusan. Oleh karena itu, hasil dari STS sangat memengaruhi jenjang pendidikan siswa. Ini juga berpengaruh pada citra sekolah dan guru, karena hasil STS sering digunakan untuk mengukur kinerja mereka.

Proses penyusunan STS melibatkan beberapa tahap yang cermat. Guru harus merencanakan dan merancang instrumen penilaian yang sesuai dengan kurikulum dan tujuan pembelajaran. Instrumen tersebut dapat berupa tes tertulis, proyek, presentasi, atau jenis penilaian lainnya. Selain itu, guru juga harus mempertimbangkan berbagai aspek penting seperti kesetaraan, validitas, dan reliabilitas instrumen penilaian.

Selama pelaksanaan STS MTK Kelas 6 Semester Genap Kurikulum Merdeka, siswa diuji sesuai dengan instrumen penilaian yang telah disusun. Guru harus memastikan bahwa ujian dilaksanakan secara adil dan berintegritas. Selain itu, mereka juga perlu memberikan bimbingan dan dukungan kepada siswa agar mereka bisa menunjukkan potensi terbaik mereka dalam menghadapi STS.

Hasil STS Genap Kurmer memiliki dampak yang signifikan pada siswa. Hasil positif dalam STS MTK dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa dan memberikan dorongan motivasi untuk belajar lebih baik. Namun, hasil negatif dalam STS juga bisa menjadi pelajaran berharga yang mengingatkan siswa untuk bekerja lebih keras dan memperbaiki pemahaman mereka. Oleh karena itu, STS bukan hanya alat penilaian, tetapi juga alat pembelajaran yang berharga.

Selain itu, hasil STS MTK Kelas 6 Semester Genap juga memengaruhi sistem pendidikan secara keseluruhan. Hasil ini digunakan untuk mengukur efektivitas kurikulum dan metode pengajaran yang diterapkan di sekolah. Hasil STS juga dapat mengungkapkan kebutuhan untuk perubahan atau perbaikan dalam sistem pendidikan. Oleh karena itu, STS merupakan alat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.

Dalam kesimpulannya, Sumatif Tengah Semester (STS) MTK Kelas 6 Semester Genap Kurikulum Merdeka adalah penilaian yang penting dalam sistem pendidikan. STS membantu mengukur capaian belajar siswa, memengaruhi jenjang pendidikan siswa, dan memengaruhi proses pendidikan secara keseluruhan. Dalam proses penyusunannya, perlu memperhatikan kesetaraan, validitas, dan reliabilitas instrumen penilaian. Hasil STS memberikan dampak besar pada siswa dan sistem pendidikan. Oleh karena itu, penting untuk memperlakukan STS MTK Kelas 6 Semester Genap dengan serius dan menggunakan hasilnya untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan.

Unduh Soal STS MTK Kelas 6 Semester Genap Kurikulum Merdeka

  • Semester 1 : Cek Disini
  • Semester 2 : MTK

 

Contoh Soal PTS Matematika Kelas 6 SD Semester 2 dan Jawaban
1. Perhatikan sifat-sifat berikut!

- Mempunyai 6 titik sudut
- Mempunyai 5 sisi
- Mempunyai 9 rusuk
- Sisi tegak berbentuk persegi panjang

Bengun dengan empat sifat tersebut adalah..

A. Tabung
B. Kerucut
C. Prisma segitiga
D. Limas segitiga

Jawaban: C

2. Banyak rusuk pada prisma segi lima adalah..

A. 15
B. 18
C. 30
D. 12

Jawaban: A

3. Bangun ruang yang sama-sama mempunyai satu titik puncak adalah..

A. Bola dan prisma
B. Prisma dan balok
C. Limas dan tabung
D. Kerucut dan limas

Jawaban: D

4. Kerucut merupakan salah satu bangun ruang yang memiliki sisi yang banyaknya..

A. 2
B. 3
C. 4
D. 5

Jawaban: A

5. Pernyataan yang benar untuk bangun ruang bola adalah..

A. Memiliki sebuah titik sudut
B. Memiliki 2 titik sudut
C. Tidak memiliki bidang sisi
D. Tidak memiliki rusuk

Jawaban: D

6. Ada 2 buah bola yang masing-masing jari-jarinya 20 cm dan 40 cm. Maka perbandingan volume kedua bola adalah..

A. 1 : 8
B. 1 : 4
C. 1 : 3
D. 1 : 2

Jawaban: A
Pembahasan:
r1= 20 cm
r2= 40 cm

Vbola= 4/3πr³

V1/V2 = r13³/r2³
= 20³/40³
= 1/8

7. Volume bola voli mempunyai diameter 14 cm, maka volume udara yang ada di dalam bola voli tersebut adalah...

A. 1.439 cm³
B. 1.437,33 cm ³
C. 1.429 cm³
D. 1.429,33 cm³

Jawaban: B
Pembahasan:
d= 14 cm
r= 7 cm

V=4/3πr³
= 4/3 x 22/7 x 7 x 7 x 7
= 1.437,33

8. Kawat sepanjang 12 meter akan dibuat kerangka balok yang berukuran panjang 27 cm, lebar 21 cm, dan tinggi 12 cm. Panjang kawat yang dibutuhkan untuk membuat kerangka balok adalah..

A. 2,4 m
B. 5 m
C. 6 m
D. 8 m

Jawaban: B
Pembahasan:
Keliling balok= 2(p+l) + 2(p+t) + 2(l+t)
= 2 (27+21) + 2(27+12) + 2(21+12)
= 2x48 + 2x39 + 2x33
= 96 + 78 + 66
= 240 cm
= 2,4 m

9. Sebuah tabung berdiameter 14 cm dengan tinggi 34 cm. Luas seluruh permukaan tabung adalah..

A. 4.224 cm²
B. 2.112 cm²
C. 1.804 cm²
D. 902 cm²

Jawaban: C
Pembahasan:
d=14 cm artinya r= 7 cm
t= 34 cm
Luas tabung= 2πr² + 2πr²
= 1.496 + 308
= 1.804 cm²


10. Dalam ukuran pemusatan data, nilai tengah setelah diurutkan disebut..

A. Mean
B. Median
C. Modus
D. Frekuensi

Jawaban: B

11. Berikut ini adalah nilai matematika 10 siswa yang diambil dari suatu kelas: 78 56 66 70 48 82 80 70 76 70. Modus dari data tersebut adalah..

A. 60
B. 70
C. 80
C. 82

Jawaban: B

12. Modus dari data nilai siswa dalam pelajaran matematika 72, 69, 63, 72, 79, 67, 77, 67, 65 adalah..

A. 67
B. 67 dan 72
C. 72
D. 79

Jawaban: B

13. Median dari data nilai ulangan matematika siswa 5,6,6,6,7,7,8,9,10 adalah..

A. 5
B. 6
C. 6,5
D. 8

Jawaban: C
Pembahasan:
Urutkan data menjadi 3,4,4,5,5,6,7,7,7,8,9,9
Banyaknya data (n)= 12
Median= (6+7)/2 = 13/2 = 6,5

14. Mean dari data nilai ulangan mata pelajaran IPA 5,8,7,9,7,6,7,9,10,8 adalah..

A. 7,6
B. 6,7
C. 5,6
D. 4,6

Jawaban: A
Pembahasan:
Mean= jumlah data/banyak data
= 5+8+7+9+7+6+7+9+10/10
= 76/10
=7,6

15. Mean data 8,10,6,7,12,5,3,x adalah 8. Maka nilai x adalah...

A. 13
B. 12
C. 11
D. 10

Jawaban: A
Pembahasan;
Rata-rata= total seluruh nilai/total seluruh siswa
8= 8+10+6+7+12+5+3+x/8
64= 51 + x
64-51= x
13= x


Soal STS MTK Kelas 6 Semester Genap Kurikulum Merdeka

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Blog ads

ADS