Soal STS PAI Kelas 5 Semester 2 / Genap Kurikulum Merdeka

Download Soal Sumatif Tengah Semester (STS) Genap Kelas 5 PAI Kurikulum Merdeka dalam bentuk Ms. Word lengkap dengan Kunci Jawaban. Bapak/ibu guru, telah kami siapkan File untuk persiapan menjelang Penilaian Tengah Semester 2 / Penilaian Sumatif Tengah Semester Genap. Soal ini telah kami susun dengan rapi, sehingga bapak / ibu tinggal merubah kop soal saja.

Sumatif Tengah Semester (STS) adalah salah satu komponen penting dalam sistem pendidikan yang bertujuan untuk menilai capaian belajar siswa setelah mereka menyelesaikan 1,2 atau 3 bab semester pembelajaran. STS biasanya digunakan sebagai alat penilaian yang kuat untuk mengukur sejauh mana siswa telah memahami dan menguasai materi pelajaran yang telah diajarkan selama setengah semester (Tiga Bulan). Kita akan membahas lebih lanjut mengenai pentingnya STS, bagaimana STS disusun, dan dampaknya terhadap siswa dan proses pendidikan secara keseluruhan. Download Soal Sumatif Tengah Semester (STS) atau PAS Kelas 5 untuk Mapel PAI Semester Genap Kurmer Tahun 2023, 2024, 2025, 2026, 2027.

Salah satu tujuan utama dari STS PAI Kelas 5 Semester Genap adalah untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. STS biasanya mencakup berbagai jenis tes, tugas, dan proyek yang dirancang untuk menguji pengetahuan dan pemahaman siswa. Dengan demikian, hasil dari STS memberikan gambaran yang jelas tentang sejauh mana siswa telah mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Ini membantu guru untuk menilai efektivitas metode pengajaran mereka dan memberikan umpan balik kepada siswa untuk meningkatkan pemahaman mereka.

STS merupakan salah satu wujud asesmen yang dicoba oleh satuan pendidikan dengan tujuan untuk mengenali ketercapaian Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) pada Capaian Pembelajaran (CP) yang sudah dijalani oleh peserta didik sepanjang satu semester/6 bulan.

STS juga merupakan alat yang penting dalam proses penilaian pendidikan. Hasil STS Kelas 5 digunakan untuk menentukan apakah siswa layak naik ke tingkat berikutnya atau mendapatkan kelulusan. Oleh karena itu, hasil dari STS sangat memengaruhi jenjang pendidikan siswa. Ini juga berpengaruh pada citra sekolah dan guru, karena hasil STS sering digunakan untuk mengukur kinerja mereka.

Proses penyusunan STS melibatkan beberapa tahap yang cermat. Guru harus merencanakan dan merancang instrumen penilaian yang sesuai dengan kurikulum dan tujuan pembelajaran. Instrumen tersebut dapat berupa tes tertulis, proyek, presentasi, atau jenis penilaian lainnya. Selain itu, guru juga harus mempertimbangkan berbagai aspek penting seperti kesetaraan, validitas, dan reliabilitas instrumen penilaian.

Selama pelaksanaan STS PAI Kelas 5 Semester Genap Kurikulum Merdeka, siswa diuji sesuai dengan instrumen penilaian yang telah disusun. Guru harus memastikan bahwa ujian dilaksanakan secara adil dan berintegritas. Selain itu, mereka juga perlu memberikan bimbingan dan dukungan kepada siswa agar mereka bisa menunjukkan potensi terbaik mereka dalam menghadapi STS.

Hasil STS Genap Kurmer memiliki dampak yang signifikan pada siswa. Hasil positif dalam STS PAI dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa dan memberikan dorongan motivasi untuk belajar lebih baik. Namun, hasil negatif dalam STS juga bisa menjadi pelajaran berharga yang mengingatkan siswa untuk bekerja lebih keras dan memperbaiki pemahaman mereka. Oleh karena itu, STS bukan hanya alat penilaian, tetapi juga alat pembelajaran yang berharga.

Selain itu, hasil STS PAI Kelas 5 Semester Genap juga memengaruhi sistem pendidikan secara keseluruhan. Hasil ini digunakan untuk mengukur efektivitas kurikulum dan metode pengajaran yang diterapkan di sekolah. Hasil STS juga dapat mengungkapkan kebutuhan untuk perubahan atau perbaikan dalam sistem pendidikan. Oleh karena itu, STS merupakan alat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.

Dalam kesimpulannya, Sumatif Tengah Semester (STS) PAI Kelas 5 Semester Genap Kurikulum Merdeka adalah penilaian yang penting dalam sistem pendidikan. STS membantu mengukur capaian belajar siswa, memengaruhi jenjang pendidikan siswa, dan memengaruhi proses pendidikan secara keseluruhan. Dalam proses penyusunannya, perlu memperhatikan kesetaraan, validitas, dan reliabilitas instrumen penilaian. Hasil STS memberikan dampak besar pada siswa dan sistem pendidikan. Oleh karena itu, penting untuk memperlakukan STS PAI Kelas 5 Semester Genap dengan serius dan menggunakan hasilnya untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan.

Unduh Soal STS PAI Kelas 5 Semester Genap Kurikulum Merdeka

  • Semester 1 : Cek Disini
  • Semester 2 : PAI


1.  “Seorang rasul  harus menyampaikan pesan Allah Swt. kepada umat walaupun terasa sulit atau dianggap membahayakan. Rasul tidak boleh menyembunyikan sesuatu yang telah diberikan Allah Swt. kepadanya.” Nabi bersifat …

a.      Siddiq

b.      Fatanah

c.       Amanah

d.      Tabligh


2.  Sederhana secara bahasa artinya ….


a.       Menghargai diri secara berlebihan

b.      Pelit 

c.       Tidak berlebih-lebihan

d.      terlampau hemat


3.  dapat mempersulit hidup merupakan akibat dari sifat ….


a.       Boros

b.      Kikir

c.       Ikhlas

d.      Sederhana


4.  Ikhlas berarti ….


a.       Mempersulit hidup

b.      Bersih

c.       Boros

d.      Sederhana


5.  Beramal yaitu …


a.       Mempunyai ketetapan hati

b.      Tidak kikir

c.       Tidak boros

d.      Melakukan perbuatan baik


6. ﻭﻴﻣﻧﻌﻭﻥﺍﻠﻣﺎﻋﻭﻦ arti ayat di samping adalah….

a. Lalu Dia menjadikan mereka seperti daun-daun yang dimakan ulat

b. Dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin

c. Dan enggan (menolong dengan) barang berguna

d. Yang melempari mereka dengan batu (berasal) dari tanah yang terbakar


7.” Itulah orang yang menghardik anak yatim.”Merupakan arti Surah Al – Ma’un     ayat  adalah …

a. 1                 

b. 2         

c. 3       

d. 4


8. Surah Al Fiil menceritakan tentang kegagalan penyerangan Kakbah oleh pasukan gajah yang dipimpin ….

a. Fir’aun                       

b. Namrud         

c. Abrahah                             

d. Abu Jahal


9. Lafa   ﻂﻳﺮﺍﺍﺒﺎﺒﻳﻞartinya … .

a. burung berbondong-bondong   

b. tentara bergajah   

c. tipu daya mereka                     

d. yang melempari mereka


10. Pasukan bergajah hancur lebur diibaratkan bagaikan…

a. kotoran  hewan                           

b. daun yang dimakan ulat 

c. pasir         

d. debu


11.  Jumlah nabi dan rasul yang wajib kita imani ada….

a. 10     

b. 25

c. 75     

d. 99


12. Diantara hikmah beriman kepada Nabi dan Rasul adalah mendapatkan ….

a. cemooh orang banyak 

b. keteladanan yang baik

c. nikmat yang banyak karena pemberian rasul

d. rezeki yang banyak karena bekerja


13. Al Ma’un artinya….

a. berbuat riya     

b. barang –barang yang berguna

c. nikmat yang banyak       

d. mendustakan agama


14. Jumlah ayatd alam surah Al Ma’un adalah…ayat

a. empat             

b. lima 

c. enam   

d. tujuh


15. Surah Al Ma’un memberikan peringatan terhadap orang-orang yang  ….

a. mendustakan agama     

b. suka beramal soleh   

c. malas bekerja                 

d. mendustakan kata-kata


16. Rasul yang membawa ajaran Islam dan sekaligus sebagai rasul terakhir   adalah…

a. Nabi Muhammad SAW               

b. Nabi Ibrahim as           

c. Nabi Adam as                 

d. Nabi Isa as


17.Diantara Rasul Ulul Azmi yang diberi mukjizat dapat menurunkan makanan  dari langit adalah…

a. Nabi Ibrahim as                           

b. Nabi Muhammad SAW   

c. Nabi Musa as             

d. Nabi Isa as


18.Nabi yang mendapat julukan bapak para nabi dan bergelar nabi ulul azmi adalah…

a. Nabi Nuh as                                 

b. Nabi Ibrahim as 

c. Nabi Musa as                       

d. Nabi Isa as


19. Berikut yang termasuk sifat wajib Rasul adalah….

a. amanah                                       

b. kizib         

c. khianat                                 

d. baladah


20. Rasul Allah adalah manusia pilihan Allah SWT yang diberi amanah untuk….

a. menyampaikan pesan Allah SWT untuk semua makhluk hidup

b. membimbing manusia dari golongan sendiri

c. membiarkan manusia agar hidupnya tersesat

d. menyampaikan wahyu agar hidup manusia berada pada jalan benar


21. Rukun iman yang keempat adalah...

a. Iman Allah SWT.

b. Iman kepada malaikat

c. Iman kepada kitab

d. Iman kepada rasul


22. Perhatihan pernyataan di bawah ini !

1. dapat memegang kepercayaan

2. menyampaikan wahyu kepada umatnya

3. tidak mampu menghadapi masalah kaumnya.

4. selalu benar dalam berbicara

Yang termasuk sifat perilaku para rasul adalah...


a. 1, 2 dan 3

b. 1, 2 dan 4

c. 2, 3 dan 4

d. 1, 3 dan 4


23. Fatonah merupakan salah satu sifat bagi rasul, artinya...

a. cerdas

b. curang

c. menyembunyikan

d. jujur


24. Hasan diberi amanah oleh Pak Guru berupa surat undangan rapat wali murid kepada orang tuanya, maka sikap Hasan adalah...

a. menyimpan saja di tas

b. membuang surat di tempat sampah

c. menyampaikan surat kepada orang tuanya

d. disimpan di laci meja sekolah


25. Berikut ini yang termasuk rasul-rasul ulul azmi adalah...

a. Adam, Ibrahim, Musa, Muhammad

b. Ibrahim, Ilyas, Muhammad, Musa

c. Musa, Isa, Ibrohim. Muhammad

d. Idris, Nuh, Isa, Muhammad


Kunci Jawaban

1. D

2.  C

3.  A

4.  B

5.  D

6.  C

7.  B

8.  C

9.  A

10.  B

11.  B

12.  B

13.  B

14.  D

15.  A

16.  A

17.   D

18.   B

19.   A

20.  D

21.  D

22.   B

23.   A

24.   C

25.   C


 

Soal STS PAI Kelas 5 Semester Genap Kurikulum Merdeka

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Blog ads

ADS