Soal STS PJOK Kelas 5 Semester 2 / Genap Kurikulum Merdeka

Download Soal Sumatif Tengah Semester (STS) Genap Kelas 5 PJOK Kurikulum Merdeka dalam bentuk Ms. Word lengkap dengan Kunci Jawaban. Bapak/ibu guru, telah kami siapkan File untuk persiapan menjelang Penilaian Tengah Semester 2 / Penilaian Sumatif Tengah Semester Genap. Soal ini telah kami susun dengan rapi, sehingga bapak / ibu tinggal merubah kop soal saja.

Sumatif Tengah Semester (STS) adalah salah satu komponen penting dalam sistem pendidikan yang bertujuan untuk menilai capaian belajar siswa setelah mereka menyelesaikan 1,2 atau 3 bab semester pembelajaran. STS biasanya digunakan sebagai alat penilaian yang kuat untuk mengukur sejauh mana siswa telah memahami dan menguasai materi pelajaran yang telah diajarkan selama setengah semester (Tiga Bulan). Kita akan membahas lebih lanjut mengenai pentingnya STS, bagaimana STS disusun, dan dampaknya terhadap siswa dan proses pendidikan secara keseluruhan. Download Soal Sumatif Tengah Semester (STS) atau PAS Kelas 5 untuk Mapel PJOK Semester Genap Kurmer Tahun 2023, 2024, 2025, 2026, 2027.

Salah satu tujuan utama dari STS PJOK Kelas 5 Semester Genap adalah untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. STS biasanya mencakup berbagai jenis tes, tugas, dan proyek yang dirancang untuk menguji pengetahuan dan pemahaman siswa. Dengan demikian, hasil dari STS memberikan gambaran yang jelas tentang sejauh mana siswa telah mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Ini membantu guru untuk menilai efektivitas metode pengajaran mereka dan memberikan umpan balik kepada siswa untuk meningkatkan pemahaman mereka.

STS merupakan salah satu wujud asesmen yang dicoba oleh satuan pendidikan dengan tujuan untuk mengenali ketercapaian Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) pada Capaian Pembelajaran (CP) yang sudah dijalani oleh peserta didik sepanjang satu semester/6 bulan.

STS juga merupakan alat yang penting dalam proses penilaian pendidikan. Hasil STS Kelas 5 digunakan untuk menentukan apakah siswa layak naik ke tingkat berikutnya atau mendapatkan kelulusan. Oleh karena itu, hasil dari STS sangat memengaruhi jenjang pendidikan siswa. Ini juga berpengaruh pada citra sekolah dan guru, karena hasil STS sering digunakan untuk mengukur kinerja mereka.

Proses penyusunan STS melibatkan beberapa tahap yang cermat. Guru harus merencanakan dan merancang instrumen penilaian yang sesuai dengan kurikulum dan tujuan pembelajaran. Instrumen tersebut dapat berupa tes tertulis, proyek, presentasi, atau jenis penilaian lainnya. Selain itu, guru juga harus mempertimbangkan berbagai aspek penting seperti kesetaraan, validitas, dan reliabilitas instrumen penilaian.

Selama pelaksanaan STS PJOK Kelas 5 Semester Genap Kurikulum Merdeka, siswa diuji sesuai dengan instrumen penilaian yang telah disusun. Guru harus memastikan bahwa ujian dilaksanakan secara adil dan berintegritas. Selain itu, mereka juga perlu memberikan bimbingan dan dukungan kepada siswa agar mereka bisa menunjukkan potensi terbaik mereka dalam menghadapi STS.

Hasil STS Genap Kurmer memiliki dampak yang signifikan pada siswa. Hasil positif dalam STS PJOK dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa dan memberikan dorongan motivasi untuk belajar lebih baik. Namun, hasil negatif dalam STS juga bisa menjadi pelajaran berharga yang mengingatkan siswa untuk bekerja lebih keras dan memperbaiki pemahaman mereka. Oleh karena itu, STS bukan hanya alat penilaian, tetapi juga alat pembelajaran yang berharga.

Selain itu, hasil STS PJOK Kelas 5 Semester Genap juga memengaruhi sistem pendidikan secara keseluruhan. Hasil ini digunakan untuk mengukur efektivitas kurikulum dan metode pengajaran yang diterapkan di sekolah. Hasil STS juga dapat mengungkapkan kebutuhan untuk perubahan atau perbaikan dalam sistem pendidikan. Oleh karena itu, STS merupakan alat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.

Dalam kesimpulannya, Sumatif Tengah Semester (STS) PJOK Kelas 5 Semester Genap Kurikulum Merdeka adalah penilaian yang penting dalam sistem pendidikan. STS membantu mengukur capaian belajar siswa, memengaruhi jenjang pendidikan siswa, dan memengaruhi proses pendidikan secara keseluruhan. Dalam proses penyusunannya, perlu memperhatikan kesetaraan, validitas, dan reliabilitas instrumen penilaian. Hasil STS memberikan dampak besar pada siswa dan sistem pendidikan. Oleh karena itu, penting untuk memperlakukan STS PJOK Kelas 5 Semester Genap dengan serius dan menggunakan hasilnya untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan.

Unduh Soal STS PJOK Kelas 5 Semester Genap Kurikulum Merdeka

  • Semester 1 : Cek Disini
  • Semester 2 : PJOK
I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar !
1. Perhatikan gambar di samping !
Contoh Soal PTS PJOK Kelas 5 Semester 2 T.A 2022/2023 Gambar 1

Gerak yang dilakukan anak pada gambar adalah ....
a. bergantung
b. mengayun
c. berputar
d. tolakan
2. Perhatikan uraian berikut.
(1) Tekuk kedua kaki diikuti dengan menarik kedua tangan ke belakang untuk melakukan tolakan, lalu raih palang.
(2) Berdiri tegak di bawah palang, pandangan mengarah ke palang.
(3) Ayunkan badan ke depan dan ke belakang.
(4) Mendarat menggunakan kedua kaki dengan posisi ditekuk dan kedua tangan diluruskan ke depan.
(5) Bergantung menggunakan kedua tangan dan pegang palang dengan kuat.
(6) Lepaskan pegangan lalu putar badan.
Urutan gerak yang tepat berdasarkan uraian di atas adalah....
a. (2), (1), (5), (3), (6), dan (4)
b. (2), (5), (3), (6), (4), dan (1)
c. (2), (3), (6), (4), (1), dan (5)
d. (2), (6), (4), (1), (5), dan (3)

3. Dita berjalan dengan melangkahkan kaki secara bergantian menuju palang sejajar. Kemudian, Dita menolakkan satu kaki dikuti ayunan kedua tangan ke atas. Selanjutnya, Dita bergantung di palang, lalu mengayunkan kedua kaki ke depan dan ke belakang. Kemudian, Dita mendarat dengan kedua kaki ditekuk dan tangan diluruskan ke depan. Berdasarkan uraian pada soal, Dita melakukan kombinasi gerak ....
a. bertumpu, tolakan, melayang, dan mendarat
b. tolakan, melayang, mendarat, dan keseimbangan
c. tolakan, bergantung, berayun, putaran, dan mendarat
d. berjalan, tolakan, bergantung, berayun, dan mendarat

4. Perhatikan gambar berikut.
Contoh Soal PTS PJOK Kelas 5 Semester 2 T.A 2022/2023 Gambar 2
Posisi tangan anak pada gambar saat melakukan gerak adalah ....
a. direntangkan
b. diayunkan
c. diputar
d. ditekuk

5. Perhatikan langkah melakukan loncat kangkang menggunakan peti lompat berikut !
(1) Berdiri tegak, pandangan ke depan.
(2) Berlari pelan, lalu berlari cepat menuju peti lompat.
(3) Tolakkan kedua kaki saat berada di depan peti lompat dengan tumpuan kedua tangan.
(4) Saat di atas peti lompat ….
(5) Melayang dengan kedua tangan dan kaki diluruskan ke depan.
(6) Mendarat dengan kedua kaki ditekuk, tangan diluruskan ke depan, dan badan dicondongkan ke depan.
Langkah yang tepat untuk melengkapi titik-titik adalah ....
a. gulingkan badan ke depan
b. buka lebar kedua kaki ke samping
c. langkahkan kaki ke depan dan ke belakang
d. angkat badan hingga tubuh melayang

6. Perhatikan uraian kombinasi gerak berjalan, tolakan, bergantung, berayun, dan mendarat
menggunakan palang sejajar berikut.
(1) Bergantunglah di palang dan pegang palang dengan kuat menggunakan
kedua tangan.
(2) Tolakkan satu kaki ke atas diikuti ayunan kedua tangan ke atas untuk meraih palang.
(3) Ayunkan kaki ke depan dan ke belakang.
(4) Mendaratlah menggunakan kedua kaki dengan posisi ditekuk 
(5) Berjalanlah dengan melangkahkan kaki secara bergantian menuju palang sejajar.
Urutan yang tepat dari kombinasi gerak pada uraian di atas adalah ....
a. (5), (3), (4), (1), (2) 
b. (5), (3), (2), (4), (1) 
c. (5), (2), (1), (3), (4)
d. (5), (2), (4), (1), (3)

7. Anita berdiri di atas balok keseimbangan. Kemudian, Anita berjalan ke depan sampai di ujung balok keseimbangan. Saat berjalan, kedua tangan Anita direntangkan. Kombinasi gerak yang dilakukan Anita adalah ....
a. berjalan dan putaran
b. berjalan dan ayunan
c. berjalan dan tolakan
d. berjalan dan keseimbangan

8. Kombinasi gerak yang digunakan saat melakukan gerak bergantung pada palang sejajar adalah ….
a. tolakan, melayang, mendarat, dan keseimbangan
b. berjalan, tolakan, bergantung, berayun, dan mendarat
c. tolakan, bergantung, berayun, putaran, dan mendarat
d. berlari, tolakan, bertumpu, melayang, dan mendarat

9. Kombinasi gerak yang dilakukan dalam gerakan kuda-kuda lompat adalah ....
a. berjalan, tolakan, melayang, mendarat, dan keseimbangan
b. berlari, bertumpu, tolakan, putaran, dan mendarat
c. berlari, tolakan, bertumpu, melayang, dan mendarat
d. berjalan, tolakan, bergantung, berayun, dan mendarat


10. Tino melakukan gerak loncat kangkang menggunakan peti lompat. Tumpuan dalam gerak loncat kangkang menggunakan  ….
a. dua kaki
b. satu kaki
c. dua tangan
d. dua kaki

11. Neno akan melakukan gerak langkah kaki berbelok-belok ke depan dan langkah kaki ke belakang. Pada hitungan 1 Neno melangkahkan kaki kanan serong ke kanan depan. Gerak selanjutnya yang dilakukan Neno adalah ....
a. kaki kiri dirapatkan dengan kaki kanan
b. kaki kanan dirapatkan dengan kaki kiri
c. langkahkan kaki kiri serong ke kiri depan
d. langkahkan kaki kiri ke belakang

12. Sikap awal melakukan kombinasi gerak langkah kaki segitiga dan langkah kaki ke depan belakang adalah ….
a. berdiri tegak, kedua kaki dibuka selebar bahu, kedua tangan merapat di samping badan 
b. berdiri tegak, kaki dibuka selebar bahu, kedua tangan ditekuk di depan dada, telapak tangan menghadap ke bawah 
c. berdiri tegak, pandangan mengarah ke depan, kedua tangan ditekuk di depan dada dengan posisi telapak tangan menghadap ke bawah
d. berdiri tegak, pandangan mengarah ke depan, kedua tangan ditekuk di pinggang

13. Kombinasi gerak yang dilakukan dalam aktivitas gerak berirama adalah ….
a. ayunan lengan dan lompatan kaki
b. ayunan lengan dan langkah kaki
c. ayunan kaki dan putaran kepala
d. ayunan kaki dan putaran badan

14. Aditya akan melakukan kombinasi gerak langkah kaki berbelok-belok ke depan dan ayunan lengan lurus ke depan menekuk. Aditya berdiri tegak, pandangan mengarah ke depan, kedua lengan di depan dada dengan posisi ditekuk serta telapak tangan mengepal. Aditya melangkahkan kaki kanan diikuti dengan dorongan kedua tangan lurus ke depan. Kemudian, Aditya merapatkan kaki kiri dengan kaki kanan, lalu kedua lengan ditekuk kembali di depan dada. Langkah selanjutnya yang dilakukan Aditya adalah ….
a. Melangkahkan kaki kiri serong ke kiri depan diikuti dorongan kedua lengan lurus ke depan.
b. Merapatkan kaki kanan dengan kaki kiri, lalu kedua lengan ditekuk kembali di depan dada.
c. Melangkahkan kaki kiri ke samping kiri diikuti ayunan lengan kiri ke atas dari samping badan.
d. Merapatkan kaki kanan dengan kaki kiri diikuti ayunan lengan kiri ke bawah dari samping badan.

15. Cintia melakukan aktvitas senam berirama.
Aktivitas gerak senam berirama dilakukan dengan .... atau iringan musik.
a. hitungan
b. ketukan
c. tepukan
d. sorakan

16. Ade melakukan kombinasi gerak langkah kaki ke samping dan ayunan lengan ke atas bawah. Posisi awal lengan Ade sebelum melakukan gerakan adalah ....
a. ditekuk di depan dada dengan telapak tangan menghadap ke bawah
b. ditekuk di depan dada dengan telapak tangan mengepal
c. direntangkan ke samping badan
d. dirapatkan di samping badan

17. Posisi awal berdiri tegak, kaki dibuka selebar bahu, pandangan mengarah ke depan, kedua lengan ditekuk di depan dada, telapak tangan menghadap ke bawah. Luruskan kedua lengan ke depan secara bersamaan. Kemudian, tekuk kedua lengan di depan dada. Luruskan kembali kedua lengan ke depan secara bersamaan. Kemudian, tekuk kembali kedua lengan di depan dada.
Uraian tersebut merupakan langkah-langkah gerak ….
a. langkah segitiga dan langkah ke depan dan belakang
b. langkah berbelok-belok ke depan dan langkah ke belakang
c. ayunan lengan lurus ke depan menekuk dan ayunan lengan pompa
d  ayunan satu lengan ke atas bawah dan ayunan dua lengan ke atas bawah

18. Rino sedang melakukan kombinasi gerak ayunan lengan lurus ke depan menekuk dan ayunan lengan pompa. Arah ayunan lengan pompa dilakukan ke ....
a. depan ke depan dada
b. bawah ke depan dada
c. samping ke depan dada
d. atas ke depan dada

19. Langkahkan kaki kiri serong ke kiri depan, diikuti dorongan kedua lengan lurus ke depan. Rapatkan kaki kanan dengan kaki kiri, lalu kedua lengan ditekuk kembali di depan dada.
Uraian di atas sesuai dengan langkah-langkah melakukan kombinasi gerak ….
a. langkah kaki berbelok-belok ke depan dan ayunan lengan lurus ke depan menekuk
b. langkah kaki ke depan belakang dan ayunan dua lengan menyilang ke depan
c. langkah kaki ke samping dan ayunan lengan ke atas bawah
d. langkah segitiga dan ayunan dua lengan ke samping

20. Kombinasi gerak langkah kaki dan gerak ayunan lengan dilakukan dengan posisi ....
a. telentang
b. duduk
c. telungkup
d. berdiri

21. Dalam renang gaya dada, gerak yang dilakukan dengan cepat dan mengapung di dalam air disebut dengan gerak ....
a. pengambilan napas
b. meluncur
c. gerakan lengan
d. gerakan kaki

22. Elsa akan melakukan renang gaya dada. Gerak awal yang dilakukan Elsa adalah ....
a. meluncur
b. mengayunkan kaki
c. pengambilan napas
d. mengayunkan lengan

23. Sania akan meluncur untuk melakukan renang gaya dada. Posisi awal Sania adalah ....
a. duduk
b. berdiri
c. telungkup
d. telentang

24. Dalam renang gaya dada, pengambilan napas dilakukan dengan mengeluarkan kepala ke permukaan air, lalu ....
a. mengeluarkan oksigen menggunakan hidung
b. menghirup oksigen dengan mulut
c. mengeluarkan oksigen dengan mulut
d. menahan napas

25. Perhatikan gerak meluncur dalam renang gaya dada berikut !
(1) Berdiri di tepi kolam, kedua kaki dirapatkan dan kedua lengan diluruskan ke atas.
(2) Bungkukkan badan lurus di permukaan air dengan kedua lengan diluruskan ke depan.
(3) Kemudian, tekuk satu kaki dan tempelkan pada dinding kolam. Dorong badan ke depan dengan
cara menolakkan kedua kaki pada dinding kolam.
(4) Luruskan kedua kaki, lengan, dan badan sejajar dengan permukaan air.
Posisi meluncur ditunjukkan oleh angka ....
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)

26. Perhatikan uraian berikut.
(1) Kedua lengan dibuka ke samping dengan cara mengayun di dalam air.
(2) Kedua kaki diluruskan ke samping sambil diayunkan ke samping hingga posisi merapat kembali.
(3) Badan telungkup, kedua lengan, dan kaki diluruskan sejajar dengan permukaan air.
(4) Tarik kedua lengan ke bawah dengan posisi ditekuk, lalu kedua kaki ke depan diikuti gerak menekuk kaki dan telapak tangan dirapatkan
(5) Luruskan kedua lengan ke depan, lalu buka kedua kaki ke samping dengan posisi ditekuk.
Urutan yang tepat melakukan kombinasi gerak lengan dan kaki dalam renang gaya dada adalah ....
a. (3), (1), (4), (5), dan (2)
b. (3), (4), (5), (2), dan (1)
c. (3), (5), (2), (1), dan (4)
d. (3), (2), (1), (4), dan (5)

27. Perhatikan uraian berikut.
(1) Kedua tangan diluruskan ke depan dan kepala masuk ke air.
(2) Ambil napas dengan mulut dengan posisi dagu berada di permukaan air.
(3) Kemudian, luruskan kembali kedua tangan dan kembali ke posisi semula.
(4) Badan telungkup di air dengan kedua kaki diluruskan ke belakang.
(5) Tarik kedua tangan ke bawah, lalu angkat kepala ke permukaan air.
Urutan langkah yang tepat untuk melakukan gerak pengambilan napas dalam renang gaya dada adalah ....
a. (4), (5), (2), (3), dan (1)
b. (4), (3), (5), (1), dan (2)
c. (4), (1), (5), (2), dan (3)
d. (4), (2), (3), (1), dan (5)

28. Andika melakukan renang gaya dada. Renang gaya dada disebut juga dengan gaya ....
a. katak
b. butterfly
c. back 
d. crawl

29. Aldo akan melakukan renang gaya dada. Pada saat berenang, Aldo menggerakkan lengan secara ....
a. bertolakan
b. bergantian
c. bersamaan
d. bersilangan

30. Posisi badan saat melakukan gerak meluncur dalam aktivitas renang adalah .....
a. telentang sejajar dengan permukaan air
b. telungkup sejajar dengan permukaan air
c. berdiri dengan menginjak-injak air
d. miring ke kanan dan ke kiri

II. Isilah titik-titik berikut dengan jawaban yang benar!
1. Posisi kaki saat melayang di atas peti pada loncat kangkang adalah dibuka lebar ke ........................
2. Mencondongkan badan ke depan saal melakukan gerak mendarat setelah berguling menggunakan peti lompat bertujuan untuk menjaga ………………………………………………………………………......
3. Gerak tolakan menggunakan balok keseimbangan dilakukan dengan tumpuan ……………………….
4. Andi melakukan gerak loncat kangkang. Nana berlari menuju peti lompat. Andi menolakkan kedua kaki saat berada di depan peti lompat dengan tumpuan …………………………………..…………………
5. Kombinasi gerak langkah kaki ke samping dan menekuk dilakukan dengan posisi tangan berada di ……………………………………………………………………………………………………………………….
6. Posisi awal saat melakukan kombinasi gerak ayunan satu lengan ke atas bawah dan ayunan dua lengan ke atas bawah adalah berdiri tegak, kedua kaki dibuka …. Kedua tangan merapat di samping badan, dan pandangan mengarah ke depan.
7. Arah ayunan lengan saat melakukan ayunan lengan pompa ke arah …………………………………
8. Dalam renang gaya dada, gerak yang dilakukan untuk memulai renang adalah ………………………
9. Posisi telapak tangan saat melakukan gerak lengan dalam renang gaya dada adalah ……………….
10. Dino melakukan kombinasi gerak lengan dan pengambilan napas dalam renang gaya dada. Posisi kepala Dino saat kedua tangan ditarik ke bawah adalah …………..………………….…………... ke atas.

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uralan yang jelas dan benar!
1. Nelia akan melakukan kombinasi gerak berguling menggunakan peti lompat. Bagaimana sikap awal yang dilakukan Nelia?
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………..

2. Arman melakukan gerak berjalan menggunakan balok keseimbangan. Arman berdiri di atas balok keseimbangan, pandangan mengarah ke depan. Satu kaki berada di depan dan kaki lainnya berada di belakang. Arman merentangkan kedua tangan untuk menjaga keseimbangan. Tuliskan langkah
selanjutnya yang dilakukan Arman !
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………..

3. Sebutkan dua macam kombinasi gerak ayunan lengan dalam aktivitas gerak berirama !
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………..

4. Sebutkan tiga macam gerak dasar dalam renang gaya dada !
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………..

5. Tuliskan tujuan melakukan gerakan kaki dalam renang gaya dada !
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………..


Kunci Jawaban Room I

1. b. mengayun
2. a. (2), (1), (5), (3), (6), dan (4)
3. d. berjalan, tolakan, bergantung, berayun, dan mendarat
4. a. direntangkan
5. b. buka lebar kedua kaki ke samping
6. c. (5), (2), (1), (3), (4)
7. d. berjalan dan keseimbangan
8. b. berjalan, tolakan, bergantung, berayun, dan mendarat
9. a. berjalan, tolakan, melayang, mendarat, dan keseimbangan
10. c. dua tangan
11. a. kaki kiri dirapatkan dengan kaki kanan
12. c. berdiri tegak, pandangan mengarah ke depan, kedua tangan ditekuk di depan dada dengan posisi telapak tangan menghadap ke bawah
13. b. ayunan lengan dan langkah kaki
14. a. Melangkahkan kaki kiri serong ke kiri depan diikuti dorongan kedua lengan lurus ke depan.
15. b. ketukan
16. d. dirapatkan di samping badan
17. d  ayunan satu lengan ke atas bawah dan ayunan dua lengan ke atas bawah
18. a. depan ke depan dada
19. a. langkah kaki berbelok-belok ke depan dan ayunan lengan lurus ke depan menekuk
20. d. berdiri
21. b. meluncur
22. a. meluncur
23. b. berdiri
24. b. menghirup oksigen dengan mulut
25. d. (4)
26. b. (3), (4), (5), (2), dan (1)
27. a. (4), (5), (2), (3), dan (1)
28. a. katak
29. c. bersamaan
30. b. telungkup sejajar dengan permukaan air

Kunci Jawaban Room II

1. samping
2. keseimbangan
3. kaki
4. kedua tangan
5. pinggang
6. selebar bahu
7. depan
8. meluncur
9. menghadap ke bawah
10. mendongak

Kunci Jawaban Room III

1. berdiri tegak, pandangan mengarah ke depan, kemudian berlari
2. mendarat menggunakan dengan kedua kaki dengan posisi di tekuk. Posisi tangan diluruskan ke depan untuk menjaga keseimbangan
3. kombinasi gerak langkah kaki ke samping dan menekuk, kombinasi gerak langkah kaki berbelok-belok ke depan dan langkah kaki ke belakang, kombinasi gerak ayunan satu lengan ke atas bawah dan ayunan dua lengan ke atas bawah 
4. gerak meluncur, gerak lengan, gerak kaki, dan penganbilan napas
5. memberikan daya dorong ke depan

Super Lengkap : Soal Sumatif Tengah Semester Genap dan Genap 

 

Soal STS PJOK Kelas 5 Semester Genap Kurikulum Merdeka

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Blog ads

ADS