Soal STS PKN Kelas 10 Semester 2 / Genap Kurikulum Merdeka

Download Soal Sumatif Tengah Semester (STS) Genap Kelas 10  PKN Kurikulum Merdeka dalam bentuk Ms. Word lengkap dengan Kunci Jawaban. Bapak/ibu guru, telah kami siapkan File untuk persiapan menjelang Penilaian Tengah Semester 2 / Penilaian Sumatif Tengah Semester Genap. Soal ini telah kami susun dengan rapi, sehingga bapak / ibu tinggal merubah kop soal saja.

Sumatif Tengah Semester (STS) adalah salah satu komponen penting dalam sistem pendidikan yang bertujuan untuk menilai capaian belajar siswa setelah mereka menyelesaikan 1,2 atau 3 bab semester pembelajaran. STS biasanya digunakan sebagai alat penilaian yang kuat untuk mengukur sejauh mana siswa telah memahami dan menguasai materi pelajaran yang telah diajarkan selama setengah semester (Tiga Bulan). Kita akan membahas lebih lanjut mengenai pentingnya STS, bagaimana STS disusun, dan dampaknya terhadap siswa dan proses pendidikan secara keseluruhan. Download Soal Sumatif Tengah Semester (STS) atau PAS Kelas 10 untuk Mapel  PKN Semester Genap Kurmer Tahun 2023, 2024, 2025, 2026, 2027.

Salah satu tujuan utama dari STS  PKN Kelas 10 Semester Genap adalah untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. STS biasanya mencakup berbagai jenis tes, tugas, dan proyek yang dirancang untuk menguji pengetahuan dan pemahaman siswa. Dengan demikian, hasil dari STS memberikan gambaran yang jelas tentang sejauh mana siswa telah mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Ini membantu guru untuk menilai efektivitas metode pengajaran mereka dan memberikan umpan balik kepada siswa untuk meningkatkan pemahaman mereka.

STS merupakan salah satu wujud asesmen yang dicoba oleh satuan pendidikan dengan tujuan untuk mengenali ketercapaian Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) pada Capaian Pembelajaran (CP) yang sudah dijalani oleh peserta didik sepanjang satu semester/6 bulan.

STS juga merupakan alat yang penting dalam proses penilaian pendidikan. Hasil STS Kelas 10 digunakan untuk menentukan apakah siswa layak naik ke tingkat berikutnya atau mendapatkan kelulusan. Oleh karena itu, hasil dari STS sangat memengaruhi jenjang pendidikan siswa. Ini juga berpengaruh pada citra sekolah dan guru, karena hasil STS sering digunakan untuk mengukur kinerja mereka.

Proses penyusunan STS melibatkan beberapa tahap yang cermat. Guru harus merencanakan dan merancang instrumen penilaian yang sesuai dengan kurikulum dan tujuan pembelajaran. Instrumen tersebut dapat berupa tes tertulis, proyek, presentasi, atau jenis penilaian lainnya. Selain itu, guru juga harus mempertimbangkan berbagai aspek penting seperti kesetaraan, validitas, dan reliabilitas instrumen penilaian.

Selama pelaksanaan STS  PKN Kelas 10 Semester Genap Kurikulum Merdeka, siswa diuji sesuai dengan instrumen penilaian yang telah disusun. Guru harus memastikan bahwa ujian dilaksanakan secara adil dan berintegritas. Selain itu, mereka juga perlu memberikan bimbingan dan dukungan kepada siswa agar mereka bisa menunjukkan potensi terbaik mereka dalam menghadapi STS.

Hasil STS Genap Kurmer memiliki dampak yang signifikan pada siswa. Hasil positif dalam STS  PKN dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa dan memberikan dorongan motivasi untuk belajar lebih baik. Namun, hasil negatif dalam STS juga bisa menjadi pelajaran berharga yang mengingatkan siswa untuk bekerja lebih keras dan memperbaiki pemahaman mereka. Oleh karena itu, STS bukan hanya alat penilaian, tetapi juga alat pembelajaran yang berharga.

Selain itu, hasil STS  PKN Kelas 10 Semester Genap juga memengaruhi sistem pendidikan secara keseluruhan. Hasil ini digunakan untuk mengukur efektivitas kurikulum dan metode pengajaran yang diterapkan di sekolah. Hasil STS juga dapat mengungkapkan kebutuhan untuk perubahan atau perbaikan dalam sistem pendidikan. Oleh karena itu, STS merupakan alat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.

Dalam kesimpulannya, Sumatif Tengah Semester (STS)  PKN Kelas 10 Semester Genap Kurikulum Merdeka adalah penilaian yang penting dalam sistem pendidikan. STS membantu mengukur capaian belajar siswa, memengaruhi jenjang pendidikan siswa, dan memengaruhi proses pendidikan secara keseluruhan. Dalam proses penyusunannya, perlu memperhatikan kesetaraan, validitas, dan reliabilitas instrumen penilaian. Hasil STS memberikan dampak besar pada siswa dan sistem pendidikan. Oleh karena itu, penting untuk memperlakukan STS  PKN Kelas 10 Semester Genap dengan serius dan menggunakan hasilnya untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan.

Unduh Soal STS  PKN Kelas 10 Semester Genap Kurikulum Merdeka

  • Semester 1 : Cek Disini
  • Semester 2 :  PKN



A. Pilihan Ganda

1. Organisasi Internasional yang tidak diikuti oleh Indonesia adalah...

a. APEC
b. ASEAN
c. GNB
d. PBB
e. FBI

2. Dibawah ini yang merupakan negara pendiri ASEAN adalah...

a. Malaysia, Kamboja, Thailand, Laos, Singapura
b. Malaysia, Timor Leste, Indonesia, Brunei
c. Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina
d. Indonesia, Thailand, Kamboja, Singapura, Malaysia
e. Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Kamboja

3. “TNI terdiri atas Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara sebagai alat negara untuk mempertahankan, melindungi, dan memelihara keutuhan dan kedaulatan negara”. Kalimat diatas tercantum dalam UUD 1945...

a. Pasal 30 ayat 1
b. Pasal 30 ayat 2
c. Pasal 30 ayat 3
d. Pasal 30 ayat 4
e. Pasal 30 ayat 5

4. Landasan ideologi politik luar negeri Indonesia adalah….

a. Pancasila
b. UUD 1945
c. GBHN
d. Bhineka Tunggal Ika
e. Peraturan Presiden

5. Hubungan dengan sifat global dan meliputi semua hubungan yang melampaui batas-batas ketatanegaraan disebut...

a. Hubungan Internasional
b. Organisasi Internasional
c. Politik Internasional
d. Hubungan Luar Negeri
e. Politik Luar Negeri

6. Hubungan internasional dipengaruhi oleh beberapa faktor. Di bawah ini yang termasuk faktor eksternal yaitu....

a. Kekhawatiran terancamnya kelangsungan hidup
b. Terjadinya proses kudeta oleh negara lain
c. Intervensi yang dilakukan suatu negara
d. Suatu negara tidak dapat berdiri sendiri
e. Pemberontakan dalam negeri

7. Pendidikan kewarganegaraan dapat dijadikan wahana bagi peserta didik dalam pembelaan negara karena dapat menanamkan….

a. Jiwa anti penjajah
b. Nasionalisme dan patriotisme
c. Keberanian
d. Rasa solidaritas
e. Paham disintegrasi

8. Upaya untuk merusak instalasi penting militer dan objek vital nasional yang membahayakan keselamatan bangsa disebut…

a. Bombardir
b. Invasi
c. Blokade
d. Sabotase
e. Agresi

9. Salah satu tujuan dibentuknya PBB adalah….

a. Pusat segala kerja sama internasional
b. Menyelesaikan perselisihan secara damai
c. Tidak ikut campur urusan dalam negeri suatu negara
d. Menghormati persamaan dan kedaulatan suatu negara
e. Memelihara keamanan dan perdamaian internasional

10. ASEAN didirikan pada tanggal ....

a. 8 Agustus 1967
b. 8 Agustus 1964
c. 30 September 1945
d. 4 Mei 1945
e. 23 Juli 1997

11. Tokoh Indonesia yang berperan aktif dalam pembentukan ASEAN pada tahun 1967 adalah ....

a. A. H. Nasution
b. Adam Malik
c. Soekarno
d. Soeharto
e. Moh. Hatta

12. Penyebab pentingnya melakukan perjanjian internasional antarbangsa dan negara yaitu untuk….

a. Lebih menjamin adanya kepastian hukum
b. Memelihara kesungguhan masing-masing negara
c. Meningkatkan kegiatan hubungan diplomatik
d. Menghormati kedaulatan negara yang merdeka
e. Memudahkan kerjasama luar negeri di berbagai bidang

13. Mohammad Hatta merupakan tokoh yang menyampaikan pidato Indonesia “Mendayung Antara Dua Karang” yang menjadi prinsip corak politik luar negeri Indonesia yang...

a. Tertutup Aktif
b. Bebas Aktif
c. Bebas Pasif
d. Tertutup Pasif
e. Tirai Bambu

14. Salah satu pentingnya hubungan internasional bagi Indonesia adalah...

a. Pembentukan persahabatan antara Indonesia dan semua negara di dunia
b. Perjanjian internasional yang telah disepakati
c. Kepentingan Indonesia bermacam-macam
d. Memudahkan Indonesia membuat ide kreatif memajukan bangsa
e. Menciptakan keuntungan negara luar



B. Esai

1. PBB merupakan salah satu organisasi terbesar di dunia. Jumlah anggotanya mencapai hampir seluruh negara di dunia. Indonesia pernah keluar di PBB saat berkonfrontasi dengan Malaysia. Secara resmi Indonesia keluar dari PBB karena konfrontasi tersebut pada tanggal...

2. Perjanjian yang hanya mengatur kepentingan dua negara saja disebut ....

3. Ancaman dari dalam negeri yang bersifat militer disebut...

4. Apa yang dimaksud dengan embargo ekonomi?

5. Sebutkan negara pendiri ASEAN!



Kunci Jawaban

A. Pilihan Ganda

1. E
2. C
3. C
4. A
5. A
6. D
7. B
8. D
9. E
10. A
11. B
12. D
13. B
14. A


B. Esai

1. 7 Januari 1965
2. Perjanjian Bilateral
3. Agresi
4. Larangan untuk melakukan semua kegiatan ekonomi dengan negara yang diberi sanksi embargo.
5. Indonesia, Thailand, Filipina, Singapura, dan Malaysia.


Super Lengkap : Soal Sumatif Tengah Semester Genap dan Genap 

 

Soal STS  PKN Kelas 10 Semester Genap Kurikulum Merdeka

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Blog ads

ADS