Soal STS PKN Kelas 4 Semester 2 / Genap Kurikulum Merdeka

Download Soal Sumatif Tengah Semester (STS) Genap Kelas 4 PKN Kurikulum Merdeka dalam bentuk Ms. Word lengkap dengan Kunci Jawaban. Bapak/ibu guru, telah kami siapkan File untuk persiapan menjelang Penilaian Tengah Semester 2 / Penilaian Sumatif Tengah Semester Genap. Soal ini telah kami susun dengan rapi, sehingga bapak / ibu tinggal merubah kop soal saja.

Sumatif Tengah Semester (STS) adalah salah satu komponen penting dalam sistem pendidikan yang bertujuan untuk menilai capaian belajar siswa setelah mereka menyelesaikan 1,2 atau 3 bab semester pembelajaran. STS biasanya digunakan sebagai alat penilaian yang kuat untuk mengukur sejauh mana siswa telah memahami dan menguasai materi pelajaran yang telah diajarkan selama setengah semester (Tiga Bulan). Kita akan membahas lebih lanjut mengenai pentingnya STS, bagaimana STS disusun, dan dampaknya terhadap siswa dan proses pendidikan secara keseluruhan. Download Soal Sumatif Tengah Semester (STS) atau PAS Kelas 4 untuk Mapel PKN Semester Genap Kurmer Tahun 2023, 2024, 2025, 2026, 2027.

Salah satu tujuan utama dari STS PKN Kelas 4 Semester Genap adalah untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. STS biasanya mencakup berbagai jenis tes, tugas, dan proyek yang dirancang untuk menguji pengetahuan dan pemahaman siswa. Dengan demikian, hasil dari STS memberikan gambaran yang jelas tentang sejauh mana siswa telah mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Ini membantu guru untuk menilai efektivitas metode pengajaran mereka dan memberikan umpan balik kepada siswa untuk meningkatkan pemahaman mereka.

STS merupakan salah satu wujud asesmen yang dicoba oleh satuan pendidikan dengan tujuan untuk mengenali ketercapaian Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) pada Capaian Pembelajaran (CP) yang sudah dijalani oleh peserta didik sepanjang satu semester/6 bulan.

STS juga merupakan alat yang penting dalam proses penilaian pendidikan. Hasil STS Kelas 4 digunakan untuk menentukan apakah siswa layak naik ke tingkat berikutnya atau mendapatkan kelulusan. Oleh karena itu, hasil dari STS sangat memengaruhi jenjang pendidikan siswa. Ini juga berpengaruh pada citra sekolah dan guru, karena hasil STS sering digunakan untuk mengukur kinerja mereka.

Proses penyusunan STS melibatkan beberapa tahap yang cermat. Guru harus merencanakan dan merancang instrumen penilaian yang sesuai dengan kurikulum dan tujuan pembelajaran. Instrumen tersebut dapat berupa tes tertulis, proyek, presentasi, atau jenis penilaian lainnya. Selain itu, guru juga harus mempertimbangkan berbagai aspek penting seperti kesetaraan, validitas, dan reliabilitas instrumen penilaian.

Selama pelaksanaan STS PKN Kelas 4 Semester Genap Kurikulum Merdeka, siswa diuji sesuai dengan instrumen penilaian yang telah disusun. Guru harus memastikan bahwa ujian dilaksanakan secara adil dan berintegritas. Selain itu, mereka juga perlu memberikan bimbingan dan dukungan kepada siswa agar mereka bisa menunjukkan potensi terbaik mereka dalam menghadapi STS.

Hasil STS Genap Kurmer memiliki dampak yang signifikan pada siswa. Hasil positif dalam STS PKN dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa dan memberikan dorongan motivasi untuk belajar lebih baik. Namun, hasil negatif dalam STS juga bisa menjadi pelajaran berharga yang mengingatkan siswa untuk bekerja lebih keras dan memperbaiki pemahaman mereka. Oleh karena itu, STS bukan hanya alat penilaian, tetapi juga alat pembelajaran yang berharga.

Selain itu, hasil STS PKN Kelas 4 Semester Genap juga memengaruhi sistem pendidikan secara keseluruhan. Hasil ini digunakan untuk mengukur efektivitas kurikulum dan metode pengajaran yang diterapkan di sekolah. Hasil STS juga dapat mengungkapkan kebutuhan untuk perubahan atau perbaikan dalam sistem pendidikan. Oleh karena itu, STS merupakan alat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.

Dalam kesimpulannya, Sumatif Tengah Semester (STS) PKN Kelas 4 Semester Genap Kurikulum Merdeka adalah penilaian yang penting dalam sistem pendidikan. STS membantu mengukur capaian belajar siswa, memengaruhi jenjang pendidikan siswa, dan memengaruhi proses pendidikan secara keseluruhan. Dalam proses penyusunannya, perlu memperhatikan kesetaraan, validitas, dan reliabilitas instrumen penilaian. Hasil STS memberikan dampak besar pada siswa dan sistem pendidikan. Oleh karena itu, penting untuk memperlakukan STS PKN Kelas 4 Semester Genap dengan serius dan menggunakan hasilnya untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan.

Unduh Soal STS PKN Kelas 4 Semester Genap Kurikulum Merdeka

  • Semester 1 : Cek Disini
  • Semester 2 : PKN
I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar !
1. Semboyan bangsa Indonesia adalah Bhinneka Tunggal Ika yang memiliki makna ....
a. Berbeda-beda tetapi tetap sama jua.
b. Bersama-sama tetapi tetap berbeda pula.
c. Berbeda-beda tetapi tetap satu jua
d. Bersama-sama dan tetap bersatu pula.

2. Kalimat Bhineka tunggal Ika diambil dari bahasa ….
a. Jawa kuno
b. Sansekerta
c. Indonesia
d. Latin

3. Kalimat Bhinneka Tunggal Ika terdapat dalam sebuah buku yang berjudul ....
a. Negara Kertagama
b. Sutasoma
c. Babad Tanah Jawi
d. Mahabharata

4. Salah satu alasan digunakannya kalimat Bhinneka tunggal ika sebagai semboyan negara adalah kondisi bangsa Indonesia yang mirip dengan kondisi kerajaan ....
a. Singosari
b. Kediri
c. Sriwijaya
d. Majapahit

5. Berikut ini bukan termasuk pemahaman untuk mewujudkan persatuan dalam keberagaman adalah ....
a. pembangunan berjalan lancar
b. pergaulan antarsesama yang lebih akrab
c. kehidupan yang serasi, selaras, dan seimbang
d. terbentuknya satu masyarakat yang sama ras, agama, suku dan bahasa

6. Sikap yang harus dikembangkan dalam mewujudkan persatuan dalam keragaman adalah….
a. menghapuskan semua perbedaan
b. memandang rendah suku dan budaya lain
c. menganggap suku dan budaya sendiri sebagai yang paling baik
d. menerima keragaman suku dan budaya sebagai kekayaan bangsa

7. Keanekaragaman bangsa Indonesia salah satunya dalam hal ....
a. dasar negara
b. sistem pemerintahan
c. agama
d. bahasa nasional

8. Salah satu cara memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa dapat ditempuh melalui.....
a. kerjasama intern umat beragama
b. hubungan baik antar pemuka agama
c. dialog antar agama yang berbeda
d. kerjasama antar umat beragama

9. Perilaku yang dapat merusak persatuan dan kesatuan dalam keberagaman di Indonesia yaitu .... 
a. menonjolkan kelebihan suatu golongan daripada golongan lain
b. mengembangkan budaya daerah sebagai akar budaya nasional
c. memupuk rasa toleransi terhadap sesama
d. memberi kebebasan kepada orang lain untuk beribadah

10. Berikut ini contoh sikap yang tidak sesuai dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika di lingkungan sekolah adalah ....
a. tidak membeda-bedakan teman yang berasal dari daerah yang berbeda dengan kita.
b. menghormati perbedaan pendapat dalam musyawarah kelas
c. semua warga sekolah memiliki tujuan yang sama untuk menciptakan lingkungan menjadi aman dan nyaman.
d. rukun dengan teman agar bisa melakukan kerja sama ketika ulangan

11. Pengertian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah...
a. Negara yang terdiri dari pulau-pulau dan menjadi satu kesatuan
b. Negara dimana pemerintah pusat sebagai pemegang kendali yang menjalankan kedaulatan tertinggi 
c. Negara yang terdiri dari beberapa pulau besar
d. Negara yang memiliki banyak wilayah

12. Negara kita terdiri dari ribuan pulau yang berjajar di antara....
a. Jawa dan Sumatera
b. Sabang dan Marauke
c. Aceh dan Papua
d. Sumatera dan Kalimantan

13. Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang terletak di kawasan....
a. Asia Selatan
b. Asia Tenggara
c. Asia Timur
d. Asia Barat

14. Pancasila Setelah melalui beberapa proses persidangan, Pancasila akhirnya dapat disahkan pada
sebagai dasar Negara pada tanggal ....
a. 18 Agustus 1945
b. 17 Agustus 1945
c. 16 Agustus 1945
d. 15 Agustus 1945

15. Pancasila dapat mempersatukan bangsa Indonesia dan memberi petunjuk dalam mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan lahir dan batin bagi masyarakat Indonesia yang beraneka ragam sifatnya. Dari pernyataan tersebut, Pancasila berfungsi sebagai ....
a. pandangan hidup bangsa Indonesia
b. perjanjian luhur
c. kepribadian bangsa
d. dasar negara

16. Indonesia adalah negara dengan keberagaman suku, etnik, budaya, agama, serta karakteristik dan keunikan di setiap wilayahnya. Pada dasarnya keberagaman masyarakat Indonesia menjadi modal dasar dalam pembangunan bangsa. Oleh karena itu, sangat diperlukan sikap atau perilaku warga negara yang dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, seperti sikap saling menghargai dan menghormati.
Berdasarkan ilustrasi, salah satu arti penting sikap/perilaku yang menunjang terciptanya kondisi tersebut adalah untuk ....
a. terciptanya kehidupan yang tertib, aman, dan damai
b. kehidupan yang selaras dan seimbang
c. masyarakat yang makmur
d. kehidupan yang sejahtera

17. Perhatikan beberapa hal berikut.
(1) Pancasila
(2) UUD NRI 1945
(3) Bendera Merah Putih
(4) Lagu-lagu daerah
(5) Bahasa Indonesia
Alat pemersatu bangsa yang dimiliki oleh Indonesia ditunjukkan oleh nomor....
a. 1, 2 dan, 4
b. 1, 3 dan, 4
c. 1, 3 dan, 5
d. 2, 3 dan, 5

18. Keutuhan negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan tanggung jawab....
a. pemerintah
b. tentara
c. para pemuda
d. seluruh rakyat Indonesia

19. Kekuatan, kemampuan dan daya tahan negara dalam menghadapi tantangan, ancaman dan gangguan yang datang dari dalam maupun dari luar negeri yang dapat membaha-yakan bangsa dan negara disebut ….
a. ketahanan nasional
b. keutuhan negara
c. persatuan nasional
d. persaudaraan nasional

20. Contoh ancaman dari diri sendiri yang dapat menimbulkan perpecahan diantaranya ....
a. serangan udara negara musuh
b. dendam dan iri hati
c. perang antarsuku
d. perebutan kekuasaan

21. Gotong royong dalam masyarakat sudah melekat dan menjadi kebiasaan dalam berbagai kegiatan. Gotong royong sesuai dengan pengamalan Pancasila yaitu sila ke ….
a. dua
b. tiga
c. empat
d. lima

22. Gotong royong adalah melakukan pekerjaan secara ….
a. bergantian
b. bersama-sama
c. individu
d. mandiri

23. Gotong royong dapat membuat pekerjaan berat terasa ....
a. lebih berat
b. biasa saja
c. lebih ringan
d. sangat berat

24. Berikut ini kegiatan yang tidak dapat dilaksanakan secara gotong royong adalah ....
a. mengerjakan ulangan
b. membersihkan kelas
c. berlatih bernyanyi
d. membersihkan saluran air

25. Kita tidak boleh bergotong royong dalam ....
a. kebaikan
b. keburukan
c. keselamatan
d. kemuliaan

26. Gotong royong akan membuat semua pekerjaan ....
a. cepat selesai
b. menjadi lebih berat
c. lama selesainya
d. susah

27. Dengan membiasana gotong royong maka akan memperkuat rasa ....
a. kebencian
b. permusuhan
c. persaudaraan
d. pertengkaran

28. Membersihkan lingkungan sekolah adalah tanggung jawab ....
a. ketua kelas
b. semua warga sekolah
c. penjaga sekolah
d. kepala sekolah

29. Kita harus mengutamakan kepentingan umum daripada kepentingan ....
a. bersama
b. kelompok
c. pribadi
d. golongan

30. Contoh kegiatan gotong royong di lingkungan masyarakat adalah ….
a. merapikan ruangan kelas
b. membersihkan selokan di sekolah
c. membantu teman yang kesulitan
d. memperbaiki pos ronda

II. Isilah titik-titik berikut dengan jawaban yang benar !
1. Keberagaman dalam masyarakat harus disikapi dengan ………..........................................................
2. Setiap warga negara Republik Indonesia harus memahami bahwa NKRI adalah sebagai suatu
wilayah yang .............................................................................................................................................
3. Istilah Bhinneka Tunggal Ika diambil dari kitab yang dikarang oleh .....................................................
4. Teman-teman Andi berasal dari berbagai suku. Agar dapat terwujud persatuan dan kesatuan maka sikap Andi dan teman-temannya adalah ……………………………………………………………………….
5. Sistem pemerintahan yang digunakan oleh negara Indonesia adalah …………………………………..
6. Fungsi utama Pancasila adalah sebagai ………………………………………………………………...….
7. Lambang Negara Indonesia adalah ………………………………………………………………………….
8. Indonesia merupakan sebuah negara kesatuan yang terdiri atas berbagai .........................................
9.  Gotong royong merupakan ciri khas bangsa Indonesia yang harus …………………………...............
10. Budaya gotong royong terdiri dari dua bentuk yaitu ……………………………………………………...

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang jelas dan benar!
1. Mengapa kita harus mengembangkan sikap saling menghargai dan menghormati keanekaragaman budaya?
Jawab : .....................................................................................................................................................
........................................................................................

2. Mengapa Pancasila menjadi faktor yang dapat mempersatukan bangsa Indonesia?
Jawab : .....................................................................................................................................................
........................................................................................

3. Sebutkan tiga contoh perilaku yang menunjukkan sikap menjaga keutuhan negara dalam kehidupan di keluarga, di sekolah, di masyarakat, dan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara!
Jawab : .....................................................................................................................................................
........................................................................................

4. Jelaskan apa yang dimaksud dengan gotong royong itu !
Jawab : .....................................................................................................................................................
........................................................................................

5. Sebutkan manfaat kegiatan gotong royong?
Jawab : .....................................................................................................................................................
........................................................................................


Kunci Jawaban Room I

1. c. Berbeda-beda tetapi tetap satu jua
2. a. Jawa kuno
3. b. Sutasoma
4. d. Majapahit
5. d. terbentuknya satu masyarakat yang sama ras, agama, suku dan bahasa
6. d. menerima keragaman suku dan budaya sebagai kekayaan bangsa
7. c. agama
8. d. kerjasama antar umat beragama
9. a. menonjolkan kelebihan suatu golongan daripada golongan lain
10. d. rukun dengan teman agar bisa melakukan kerja sama ketika ulangan
11. b. Negara dimana pemerintah pusat sebagai pemegang kendali yang menjalankan kedaulatan tertinggi 
12. b. Sabang dan Marauke
13. B. Asia Tenggara
14. a. 18 Agustus 1945
15. a. pandangan hidup bangsa Indonesia
16. a. terciptanya kehidupan yang tertib, aman, dan damai
17. c. 1, 3 dan, 5
18. d. seluruh rakyat Indonesia
19. a. ketahanan nasional
20. b. dendam dan iri hati
21. b. tiga
22. b. bersama-sam
23. c. lebih ringan
24. a. mengerjakan ulangan
25. b. keburukan
26. a. cepat selesai
27. c. persaudaraan
28. b. semua warga sekolah
29. c. pribadi
30. d. memperbaiki pos ronda

Kunci Jawaban Room II

1. toleransi yang tinggi
2. berdaulat
3. Mpu Tantular
4. saling menghormati
5. presidensial
6. dasar negara
7. burung garuda
8. suku, bahasa, agama, adat istiadat, dan budaya
9.  dilestarikan
10. gotong royong tolong menolong dan gotong royong kerja bakti
 

Kunci Jawaban Room III

1. agar tidak terjadi perpecahan sehingga masyarakat Indonesia yang majemuk bisa hidup rukun, damai dan harmonis.
2. karena Pancasila menjadi dasar negara yang mengandung nilai-nilai dasar yang diakui oleh seluruh rakyat Indonesia
3. membantu orang tua, menghormati guru, mengikuti kegiatan kerja bakti, mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku. 
4. Gotong royong adalah bekerja bersama-sama.
5. pekerjaan berat menjadi ringan, pekerjaan cepat selesai, mencerminkan kerukunan

Super Lengkap : Soal Sumatif Tengah Semester Genap dan Genap 

 

Soal STS PKN Kelas 4 Semester Genap Kurikulum Merdeka

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Blog ads

ADS