Soal STS Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) Kelas 7 Semester 2 / Genap Kurikulum Merdeka

Download Soal Sumatif Tengah Semester (STS) Genap Kelas 7 Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) Kurikulum Merdeka dalam bentuk Ms. Word lengkap dengan Kunci Jawaban. Bapak/ibu guru, telah kami siapkan File untuk persiapan menjelang Penilaian Tengah Semester 2 / Penilaian Sumatif Tengah Semester Genap. Soal ini telah kami susun dengan rapi, sehingga bapak / ibu tinggal merubah kop soal saja.

Sumatif Tengah Semester (STS) adalah salah satu komponen penting dalam sistem pendidikan yang bertujuan untuk menilai capaian belajar siswa setelah mereka menyelesaikan 1,2 atau 3 bab semester pembelajaran. STS biasanya digunakan sebagai alat penilaian yang kuat untuk mengukur sejauh mana siswa telah memahami dan menguasai materi pelajaran yang telah diajarkan selama setengah semester (Tiga Bulan). Kita akan membahas lebih lanjut mengenai pentingnya STS, bagaimana STS disusun, dan dampaknya terhadap siswa dan proses pendidikan secara keseluruhan. Download Soal Sumatif Tengah Semester (STS) atau PAS Kelas 7 untuk Mapel Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) Semester Genap Kurmer Tahun 2023, 2024, 2025, 2026, 2027.

Salah satu tujuan utama dari STS Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) Kelas 7 Semester Genap adalah untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. STS biasanya mencakup berbagai jenis tes, tugas, dan proyek yang dirancang untuk menguji pengetahuan dan pemahaman siswa. Dengan demikian, hasil dari STS memberikan gambaran yang jelas tentang sejauh mana siswa telah mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Ini membantu guru untuk menilai efektivitas metode pengajaran mereka dan memberikan umpan balik kepada siswa untuk meningkatkan pemahaman mereka.

STS merupakan salah satu wujud asesmen yang dicoba oleh satuan pendidikan dengan tujuan untuk mengenali ketercapaian Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) pada Capaian Pembelajaran (CP) yang sudah dijalani oleh peserta didik sepanjang satu semester/6 bulan.

STS juga merupakan alat yang penting dalam proses penilaian pendidikan. Hasil STS Kelas 7 digunakan untuk menentukan apakah siswa layak naik ke tingkat berikutnya atau mendapatkan kelulusan. Oleh karena itu, hasil dari STS sangat memengaruhi jenjang pendidikan siswa. Ini juga berpengaruh pada citra sekolah dan guru, karena hasil STS sering digunakan untuk mengukur kinerja mereka.

Proses penyusunan STS melibatkan beberapa tahap yang cermat. Guru harus merencanakan dan merancang instrumen penilaian yang sesuai dengan kurikulum dan tujuan pembelajaran. Instrumen tersebut dapat berupa tes tertulis, proyek, presentasi, atau jenis penilaian lainnya. Selain itu, guru juga harus mempertimbangkan berbagai aspek penting seperti kesetaraan, validitas, dan reliabilitas instrumen penilaian.

Selama pelaksanaan STS Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) Kelas 7 Semester Genap Kurikulum Merdeka, siswa diuji sesuai dengan instrumen penilaian yang telah disusun. Guru harus memastikan bahwa ujian dilaksanakan secara adil dan berintegritas. Selain itu, mereka juga perlu memberikan bimbingan dan dukungan kepada siswa agar mereka bisa menunjukkan potensi terbaik mereka dalam menghadapi STS.

Hasil STS Genap Kurmer memiliki dampak yang signifikan pada siswa. Hasil positif dalam STS Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa dan memberikan dorongan motivasi untuk belajar lebih baik. Namun, hasil negatif dalam STS juga bisa menjadi pelajaran berharga yang mengingatkan siswa untuk bekerja lebih keras dan memperbaiki pemahaman mereka. Oleh karena itu, STS bukan hanya alat penilaian, tetapi juga alat pembelajaran yang berharga.

Selain itu, hasil STS Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) Kelas 7 Semester Genap juga memengaruhi sistem pendidikan secara keseluruhan. Hasil ini digunakan untuk mengukur efektivitas kurikulum dan metode pengajaran yang diterapkan di sekolah. Hasil STS juga dapat mengungkapkan kebutuhan untuk perubahan atau perbaikan dalam sistem pendidikan. Oleh karena itu, STS merupakan alat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.

Dalam kesimpulannya, Sumatif Tengah Semester (STS) Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) Kelas 7 Semester Genap Kurikulum Merdeka adalah penilaian yang penting dalam sistem pendidikan. STS membantu mengukur capaian belajar siswa, memengaruhi jenjang pendidikan siswa, dan memengaruhi proses pendidikan secara keseluruhan. Dalam proses penyusunannya, perlu memperhatikan kesetaraan, validitas, dan reliabilitas instrumen penilaian. Hasil STS memberikan dampak besar pada siswa dan sistem pendidikan. Oleh karena itu, penting untuk memperlakukan STS Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) Kelas 7 Semester Genap dengan serius dan menggunakan hasilnya untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan.

Unduh Soal STS Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) Kelas 7 Semester Genap Kurikulum Merdeka

  • Semester 1 : Cek Disini
  • Semester 2 : Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU)


Contoh Soal PTS Prakarya Kelas 7 Semester 2 Kurikulum Merdeka

Berikut adalah contoh-contoh soal PTS pelajaran Prakarya untuk Kelas 7 Semester 2 Kurikulum Merdeka beserta jawabannya. Jawaban benar ditulis dengan cetak tebal.

1. Yadi mendapat tugas membuat kerajinan dari bahan limbah kertas. Dia mempunyai ide membuat kipas sederhana. Teknik apa yang akan di pakai oleh Yadi untuk membuat produk tersebut...

A. Teknik Sobek
B. Teknik Bubur
C. Teknik Anyam
D. Teknik Lipat

2. Salah satu karya kerajinan yang mudah untuk dibentuk dan bahan limbahnya sangat mudah untuk di cari ialah botol plastik. Hasil produk yang paling mudah dan dibentuk sehingga mempunyai nilai manfaat ialah...
A. Baju
B. Pot bunga

C. Tirai
D. Sapu

3. Ayah Susi ialah seorang penjahit di pasar daerah Indramayu.Susi hendak membuat sebuah kerajinan dari bahan limbah kain yang biasanya berserakan di tempat ayahnya bekerja.Disebut apakah limbah potongan kain tersebut...
A. Kain perca

B. Kain bekas
C. Kain textile
D. Kain sutera

4. Hal paling utama dalam penyajian dan pengemasan agar indah dipandang dan layak dipamerkan ialah salah satu prinsip dari...
A. Utility
B. Flexibility
C. Safety
D. Aesthetic


5. Berikut ini yaitu beberapa hasil limbah lunak organik yang benar...
A. Jerami, kulit jagung, serbuk gergaji, besi
B. Kulit bawang, kulit jagung, pelepah pisang, serbuk gergaji

C. Besi, pelepah pisang, kulit jagung, botol
D. Kulit jangung, pelepah pisang, kaca, besi

6. Pengertian dari limbah lunak organik yaitu...
A. Limbah daur ulang yang keras dan memerlukan alat modern dalam pembuatannya
B. Limbah yang mudah dibentuk dengan menggunakan tenaga ekstra dalam proses pembuatannya
C. Limbah yang terdiri atas kandungan bahan yang lentur dan mudah dibentuk atau diolah secara sederhana

D. Limbah yang diperuntukan hanya untuk pameran dan tidak untuk diperjualbelikan.

7. Salah satu manfaat dari kerajinan tangan ialah fungsinya sebagai produk yang dapat dijadikan sebagai pemanis ruangan. Ini merupakan salah satu prinsip dari benda kerajinan, ialah...
A. Safety
B. Flexibility
C. Utility
D. Aesthetic


8. Kerajinan batok kelapa bisa difungsikan menjadi piring. supaya produk dapat dipakai maka zat pewarna yang akan digunakan harus aman dan tidak berbahaya. Ini merupakan salah satu prinsip dari...
A. Safety
B. Flexibility
C. Utility
D. Aesthetic

9. Limbah lunak yang mempunyai kandungan airnya tinggi berdasarkan dari cirinya ialah...
A. Limbah batok kelapa
B. Limbah non organik
C. Limbah padat
D. Limbah organik


10. Contoh hasil dari kerajinan dari limbah bahan plastik dan mempunyai nilai fungsional yaitu...
A. Kipas plastik lipat

B. Bunga plastik
C. Menara botol
D. Tempat buku

11. Untuk mengurangi jumlah sampah agar tidak mengganggu lingkungan maka perlu diadakan pengolahan limbah. Berikut ini ialah prinsip prinsip pengolahan limbah yang benar...
A. Reduce, Reuse dan Recovery
B. Reduce, Reuse dan Recycle
C. Reduce, Reuse dan Remain
D. Recycle, Reuse dan Remark

12. Perhatikan urutan proses berikut :
(1) Pemilahan bahan limbah lunak
(2) Pembersihan limbah lunak
(3) Pengeringan
(4) Pewarnaan bahan limbah lunak
(5) Penghalusan bahan agar siap dipakai
(6) Pengeringan setelah pewarnaan
Yang merupakan urutan proses pengolahan bahan limbah lunak yang sesuai ialah..
A. 456123
B. 246531
C. 654321
D. 123465


13. Hana tinggal dekat dengan pasar. Dia mendapat tugas untuk membuat kerajinan dari bahan anorganik. Menurutmu, limbah anorganik apa yang bisa ditemukan Hana di sekitar tempatnya...
A. Botol plastik, kaleng, batok kelapa dan jerami
B. Kain, kantong plastik, besi dan batok kelapa
C. Botol plastik, botol kaca, kain dan jerami
D. Botol plastik, kain, kantong plastik dan kaca


14. Andi mendapat tugas dari guru untuk membuat kerajinan tangan. Karena Andi tinggal berdekatan dengan hutan maka Andi akan membuat patung dari batang pohon yang telah tumbang. Teknik apakah yang akan digunakan Andi dalam proses pembuatan kerajinan terebut...
A. Menganyam
B. Menenun
C. Ukir
D. Bordir

15. Berikut ialah klasifikasi sayuran yang benar berdasarkan pada bagian-bagian yang dikonsumsi...
A. Sayuran daun, Tomat
B. Sayuran buah, Tomat

C. Sayuran batang, Bawang
D. Sayuran akar, Bayam

16. Contoh klasifikasi sayuran berdasarkan sayuran polong yang benar ialah... Polong, kapri, kedelai, buncis

17. Di daerah Jawa Barat mempunyai kebiasaan memakan sayuran mentah yang biasa disebut "Lalaban". Jenis apa sajakah yang biasa dijadikan menu Lalaban tersebut... Mentimun, selada, daun singkong, leunca

18. Sayuran dengan pigmen berwarna hijau banyak mengandung vitamin yang berguna bagi tubuh, yaitu vitamin... Vitamin K dan vitamin C

19. Contoh sayuran yang bisa diambil daunnya untuk dikonsumsi adalah... Bayam, kangkung, sawi, daun kemangi

20. Contoh tumbuhan sayuran yang memiliki rasa pedas ketika dikonsumsi adalah... Cabai, lombok, paprika, wasabi.

Super Lengkap : Soal Sumatif Tengah Semester Genap dan Genap 

 

Soal STS Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) Kelas 7 Semester Genap Kurikulum Merdeka

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Blog ads

ADS