Download Soal Sumatif Tengah Semester (STS) Genap Kelas 3 SBdP Kurikulum Merdeka dalam bentuk Ms. Word lengkap dengan Kunci Jawaban. Bapak/ibu guru, telah kami siapkan File untuk persiapan menjelang Penilaian Tengah Semester 2 / Penilaian Sumatif Tengah Semester Genap. Soal ini telah kami susun dengan rapi, sehingga bapak / ibu tinggal merubah kop soal saja.
Sumatif Tengah Semester (STS) adalah salah satu komponen penting dalam sistem pendidikan yang bertujuan untuk menilai capaian belajar siswa setelah mereka menyelesaikan 1,2 atau 3 bab semester pembelajaran. STS biasanya digunakan sebagai alat penilaian yang kuat untuk mengukur sejauh mana siswa telah memahami dan menguasai materi pelajaran yang telah diajarkan selama setengah semester (Tiga Bulan). Kita akan membahas lebih lanjut mengenai pentingnya STS, bagaimana STS disusun, dan dampaknya terhadap siswa dan proses pendidikan secara keseluruhan. Download Soal Sumatif Tengah Semester (STS) atau PTS Kelas 3 untuk Mapel SBdP Semester Genap Kurmer Tahun 2023, 2024, 2025, 2026, 2027.
Salah satu tujuan utama dari STS SBdP Kelas 3 Semester Genap adalah untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. STS biasanya mencakup berbagai jenis tes, tugas, dan proyek yang dirancang untuk menguji pengetahuan dan pemahaman siswa. Dengan demikian, hasil dari STS memberikan gambaran yang jelas tentang sejauh mana siswa telah mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Ini membantu guru untuk menilai efektivitas metode pengajaran mereka dan memberikan umpan balik kepada siswa untuk meningkatkan pemahaman mereka.
STS merupakan salah satu wujud asesmen yang dicoba oleh satuan pendidikan dengan tujuan untuk mengenali ketercapaian Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) pada Capaian Pembelajaran (CP) yang sudah dijalani oleh peserta didik sepanjang satu semester/6 bulan.
STS juga merupakan alat yang penting dalam proses penilaian pendidikan. Hasil STS Kelas 3 digunakan untuk menentukan apakah siswa layak naik ke tingkat berikutnya atau mendapatkan kelulusan. Oleh karena itu, hasil dari STS sangat memengaruhi jenjang pendidikan siswa. Ini juga berpengaruh pada citra sekolah dan guru, karena hasil STS sering digunakan untuk mengukur kinerja mereka.
Proses penyusunan STS melibatkan beberapa tahap yang cermat. Guru harus merencanakan dan merancang instrumen penilaian yang sesuai dengan kurikulum dan tujuan pembelajaran. Instrumen tersebut dapat berupa tes tertulis, proyek, presentasi, atau jenis penilaian lainnya. Selain itu, guru juga harus mempertimbangkan berbagai aspek penting seperti kesetaraan, validitas, dan reliabilitas instrumen penilaian.
Selama pelaksanaan STS SBdP Kelas 3 Semester Genap Kurikulum Merdeka, siswa diuji sesuai dengan instrumen penilaian yang telah disusun. Guru harus memastikan bahwa ujian dilaksanakan secara adil dan berintegritas. Selain itu, mereka juga perlu memberikan bimbingan dan dukungan kepada siswa agar mereka bisa menunjukkan potensi terbaik mereka dalam menghadapi STS.
Hasil STS Genap Kurmer memiliki dampak yang signifikan pada siswa. Hasil positif dalam STS SBdP dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa dan memberikan dorongan motivasi untuk belajar lebih baik. Namun, hasil negatif dalam STS juga bisa menjadi pelajaran berharga yang mengingatkan siswa untuk bekerja lebih keras dan memperbaiki pemahaman mereka. Oleh karena itu, STS bukan hanya alat penilaian, tetapi juga alat pembelajaran yang berharga.
Selain itu, hasil STS SBdP Kelas 3 Semester Genap juga memengaruhi sistem pendidikan secara keseluruhan. Hasil ini digunakan untuk mengukur efektivitas kurikulum dan metode pengajaran yang diterapkan di sekolah. Hasil STS juga dapat mengungkapkan kebutuhan untuk perubahan atau perbaikan dalam sistem pendidikan. Oleh karena itu, STS merupakan alat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.
Dalam kesimpulannya, Sumatif Tengah Semester (STS) SBdP Kelas 3 Semester Genap Kurikulum Merdeka adalah penilaian yang penting dalam sistem pendidikan. STS membantu mengukur capaian belajar siswa, memengaruhi jenjang pendidikan siswa, dan memengaruhi proses pendidikan secara keseluruhan. Dalam proses penyusunannya, perlu memperhatikan kesetaraan, validitas, dan reliabilitas instrumen penilaian. Hasil STS memberikan dampak besar pada siswa dan sistem pendidikan. Oleh karena itu, penting untuk memperlakukan STS SBdP Kelas 3 Semester Genap dengan serius dan menggunakan hasilnya untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan.
Unduh Soal STS SBdP Kelas 3 Semester Genap Kurikulum Merdeka
- Semester 1 : Cek Disini
- Semester 2 : SBdP
Contoh Soal PTS SBdP Kelas 3 Semester 2 dan Jawabannya
Berikut ini sejumlah contoh soal PTS kelas 3 semester 2 dan kunci jawabannya.
Pilihan Ganda
1. Nama kertas yang digunakan untuk membuat kincir ialah…
a. Kertas manila
b. Kertas gambar
c. Kertas karton
d. Kertas origami/lipat
Jawaban: d
2. Benda yang dipakai untuk memutar kincir dengan memanfaatkan air disebut…
a. Kincir air
b. Kincir angin
c. Generator
d. Turbin
Jawaban: a
3. Lagu “Ambilkan Bulan Bu” diciptakan oleh…
a. W.R Supratman
b. A.T Mahmud
c. Ibu Sud
d. Cornel Simanjuntak
Jawaban: b
4. Kedet adalah salah satu gerakan tari, yang artinya adalah…
a. Gerakan kepala seolah menarik dagu
b. Kepala tegak digerakkan ke samping kanan dan kiri
c. Gerak kepala dengan memfokuskan putaran dagu seolah menulis angka angka delapan dengan diakhiri gerak hedot
d. Gerak kepala membuat lengkungan ke bawah kiri dan kanan
Jawaban: a
5. Gerakan kepala yang harus dilakukan saat pertama menirukan burung ketilang ialah…
a. Ulangi gerakan sebanyak 8 hitungan dengan cepat
b. Miringkan kepala ke kiri satu kali dan kembali ke tengah
c. Menganggukkan kepala sebanyak 4 hitungan dengan cepat
d. Kepala menoleh ke kiri satu kali, lalu ke tengah
Jawaban: b
6. Unsur utama dalam tari adalah…
a. Properti tari
b. Tata rias
c. Iringan tari
d. Gerakan
Jawaban: d
7. Dinamika gerak tari yang ditandai dengan gemulainya penari disebut…
a. Gerak kuat
b. Gerak semangat
c. Gerak lemah
d. Gerak bertenaga
Jawaban: c
8. Unsur gambar dekoratif yang paling kecil adalah…
a. Titik
b. Garis
c. Bidang
d. Warna
Jawaban: a
9. Tekstur sebuah karya dapat dirasakan melalui…
a. Penglihatan
b. Peraba
c. Pengecap
d. Pendengaran
10. Musikus merupakan orang yang ahli…
a. Membuat lagu
b. Melantunkan lagu
c. Bernyanyi
d. Musik
Jawaban: d
11. Lagu “Desaku Yang Kucinta” berasal dari daerah…
a. Kalimantan Barat
b. Kalimantan Timur
c. Nusa Tenggara Barat
d. Nusa Tenggara Timur
Jawaban: d
12. Jika setiap birama terdapat empat ketukan, termasuk jenis birama…
a. 4/4
b. 3/4
c. 6/8
d. 2/4
Jawaban: a
13. Salah satu contoh lagu daerah yang menggunakan birama 4/4 adalah…
a. Manuk Dadali
b. Ampar-Ampar Pisang
c. Cik Cik Periuk
d. Si Jali-Jali
Jawaban: d
14. Dalam dinamika gerak tari, ruang berarti…
a. Properti tari
b. Pakaian untuk menari
c. Tempat untuk bergerak
d. Waktu untuk menari
Jawaban: c
15. Garis jika digabungkan dapat menjadi…
a. Tekstur
b. Titik
c. Warna
d. Bidang
Jawaban: d
16. Teknik potong atau memotong berarti…
a. Membiarkan satu benda utuh
b. Menyetarakan dua benda
c. Memisahkan satu benda menjadi dua
d. Menyatukan dua benda menjadi satu
Jawaban: c
17. Alat yang digunakan untuk merekatkan kertas karton adalah…
a. Semen
b. Spidol
c. Gunting
d. Lem
Jawaban: d
18. Berikut ini jenis bahan kerajinan jenis anorganik, kecuali…
a. Kayu
b. Botol
c. Sabun
d. Plastik
Jawaban: a
19. Teknik dengan cara mencetak atau menyusun atau membentuk bahan sesuai model yang akan dibuat disebut…
a. Sambung
b. Potong
c. Konstruksi
d. Lunak
Jawaban: c
20. Produk kerajinan berkualitas baik jika mempunyai sifat estetis, maksudnya…
a. Berurut
b. Beda
c. Indah
d. Baru
Jawaban: c
Esai
1. Sebutkan 3 alat musik ritmis!
Jawaban: Marakas, rebana, kastanyet, gendang, dan tamborin
2. Bagaimana cara membuat kincir angin kertas?
Jawaban:
- Balik kertas lipat origami. Buat garis miring di kertas, kemudian lipat. Beri tanda titik pada jarak 6 cm.
- Gunting ujung kertas mengikuti garis miring hingga tanda titik (ukuran 6 cm).
- Tarik semua ujung kertas yang telah digunting ke bagian tengah.
- Tusuk sedotan pada bagian tengah dengan paku payung sehingga menjadi batang kincir angin.
- Tempelkan kain karton berbentuk lingkaran sehingga ujung paku payung bisa tertutup.
Jawaban:
- Karton bekas
- Tali
- Lem
- Gunting
- Stik es krim atau batang bambu
- Pembolong kertas
Jawaban:
- Gerakkan kepala miring ke kiri satu kali, kembali ke tengah.
- Gerakkan kepala miring ke kanan satu kali, kembali ke tengah. Gerakkan secara bergantian. Ulangi sebanyak 8 hitungan dengan lambat.
- Menganggukkan kepala. Ulangi sebanyak 4 hitungan dengan cepat.
- Kepala menoleh ke kiri satu kali, lalu ke tengah. Kepala menoleh ke kanan satu kali, lalu ke tengah. Gerakkan secara bergantian.
- Ulangi gerakan ini sebanyak 8 hitungan dengan cepat.
Jawaban:
- Tempelkan dua potongan bagian kain yang bentuknya sama
- Perhatikan posisi jarum pada kain. Tusukkan jarum sesuai gambar
- Menjahit feston ke seluruh pinggiran potongan kain
- Menempel potongan bagian kain yang sudah dijahit ke ke kain utama.
Super Lengkap : Soal Sumatif Tengah Semester Genap dan Genap
- Download : Soal STS Sekolah Dasar (SD): Kelas 1,2,3,4,5,6
- Download : Soal STS Sekolah Menengah Pertama (SMP): Kelas 7,8,9
- Download : Soal STS Sekolah Menengah Atas (SMA): Kelas 10,11,12
Soal STS SBdP Kelas 3 Semester Genap Kurikulum Merdeka