Soal STS SBdP Kelas 5 Semester 2 / Genap Kurikulum Merdeka

Soal Sumatif Tengah Semester (STS) /PTS/UTS Genap Kelas 5 SBdP Kurikulum Merdeka dalam bentuk Ms. Word lengkap dengan Kunci Jawaban. Bapak/ibu guru, telah kami siapkan File untuk persiapan menjelang Penilaian Tengah Semester 2 / Penilaian Sumatif Tengah Semester Genap. Soal ini telah kami susun dengan rapi, sehingga bapak / ibu tinggal merubah kop soal saja.

Sumatif Tengah Semester (STS) adalah salah satu komponen penting dalam sistem pendidikan yang bertujuan untuk menilai capaian belajar siswa setelah mereka menyelesaikan 1,2 atau 3 bab semester pembelajaran. STS biasanya digunakan sebagai alat penilaian yang kuat untuk mengukur sejauh mana siswa telah memahami dan menguasai materi pelajaran yang telah diajarkan selama setengah semester (Tiga Bulan). Kita akan membahas lebih lanjut mengenai pentingnya STS, bagaimana STS disusun, dan dampaknya terhadap siswa dan proses pendidikan secara keseluruhan. Download Soal Sumatif Tengah Semester (STS) atau PAS Kelas 5 untuk Mapel SBdP Semester Genap Kurmer Tahun 2023, 2024, 2025, 2026, 2027.

Salah satu tujuan utama dari STS SBdP Kelas 5 Semester Genap adalah untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. STS biasanya mencakup berbagai jenis tes, tugas, dan proyek yang dirancang untuk menguji pengetahuan dan pemahaman siswa. Dengan demikian, hasil dari STS memberikan gambaran yang jelas tentang sejauh mana siswa telah mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Ini membantu guru untuk menilai efektivitas metode pengajaran mereka dan memberikan umpan balik kepada siswa untuk meningkatkan pemahaman mereka.

STS merupakan salah satu wujud asesmen yang dicoba oleh satuan pendidikan dengan tujuan untuk mengenali ketercapaian Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) pada Capaian Pembelajaran (CP) yang sudah dijalani oleh peserta didik sepanjang satu semester/6 bulan.

STS juga merupakan alat yang penting dalam proses penilaian pendidikan. Hasil STS Kelas 5 digunakan untuk menentukan apakah siswa layak naik ke tingkat berikutnya atau mendapatkan kelulusan. Oleh karena itu, hasil dari PTS sangat memengaruhi jenjang pendidikan siswa. Ini juga berpengaruh pada citra sekolah dan guru, karena hasil UTS sering digunakan untuk mengukur kinerja mereka.

Proses penyusunan STS melibatkan beberapa tahap yang cermat. Guru harus merencanakan dan merancang instrumen penilaian yang sesuai dengan kurikulum dan tujuan pembelajaran. Instrumen tersebut dapat berupa tes tertulis, proyek, presentasi, atau jenis penilaian lainnya. Selain itu, guru juga harus mempertimbangkan berbagai aspek penting seperti kesetaraan, validitas, dan reliabilitas instrumen penilaian.

Selama pelaksanaan STS SBdP Kelas 5 Semester Genap Kurikulum Merdeka, siswa diuji sesuai dengan instrumen penilaian yang telah disusun. Guru harus memastikan bahwa ujian dilaksanakan secara adil dan berintegritas. Selain itu, mereka juga perlu memberikan bimbingan dan dukungan kepada siswa agar mereka bisa menunjukkan potensi terbaik mereka dalam menghadapi STS.

Hasil STS Genap Kurmer memiliki dampak yang signifikan pada siswa. Hasil positif dalam STS SBdP dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa dan memberikan dorongan motivasi untuk belajar lebih baik. Namun, hasil negatif dalam STS juga bisa menjadi pelajaran berharga yang mengingatkan siswa untuk bekerja lebih keras dan memperbaiki pemahaman mereka. Oleh karena itu, STS bukan hanya alat penilaian, tetapi juga alat pembelajaran yang berharga.

Selain itu, hasil STS SBdP Kelas 5 Semester Genap juga memengaruhi sistem pendidikan secara keseluruhan. Hasil ini digunakan untuk mengukur efektivitas kurikulum dan metode pengajaran yang diterapkan di sekolah. Hasil STS juga dapat mengungkapkan kebutuhan untuk perubahan atau perbaikan dalam sistem pendidikan. Oleh karena itu, STS merupakan alat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.

Dalam kesimpulannya, Sumatif Tengah Semester (STS) SBdP Kelas 5 Semester Genap Kurikulum Merdeka adalah penilaian yang penting dalam sistem pendidikan. STS membantu mengukur capaian belajar siswa, memengaruhi jenjang pendidikan siswa, dan memengaruhi proses pendidikan secara keseluruhan. Dalam proses penyusunannya, perlu memperhatikan kesetaraan, validitas, dan reliabilitas instrumen penilaian. Hasil STS memberikan dampak besar pada siswa dan sistem pendidikan. Oleh karena itu, penting untuk memperlakukan STS SBdP Kelas 5 Semester Genap dengan serius dan menggunakan hasilnya untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan.

Unduh Soal STS SBdP Kelas 5 Semester Genap Kurikulum Merdeka

  • Semester 1 : Cek Disini
  • Semester 2 : SBdP


Berikut selengkapnya soal dan jawaban Latihan STS atau PTS dan UTS pelajaran SBdP untuk siswa kelas 5 SD / MI Semester Genap dilansir dari sejumlah sumber:


1.    Patung di dinding candi disebut. . . .

a. patung

b. stupa

c. bantuan

d. kuil


2.    Batik sederhana bisa dilakukan dengan satu cara. . . .

a. penulisan

b. cap

c. mencetak

d. menyelam


3.    Pewarna untuk pewarnaan bahan polos menjadi lebih indah. . . .

a. wantex

b. kapur

c. warnanya

d. nilon


4.    Disebut motif seni dekoratif dengan panjang, lebar dan tinggi. . .

a. sebuah dimensi

b. dua dimensi

c. tiga dimensi

d. empat dimensi


5. Gambar motif yang dibuat dengan pola biasa dan digunakan sebagai hiasan disebut ………


a. motif dekoratif

b. bantuan

c. pelindung

d. disain


• 30 SOAL Bahasa Indonesia Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka, Kunci Jawaban UAS PAS SAS Semester Ganjil


6.      Di bawah ini adalah langkah-langkah menggambar ilustrasi, kecuali ....

b.      menggunting bahan

c.       persiapan alat dan bahan

d.      menentukan tema/gagasan

e.       membuat sektsa


7.      Gambar yang menunjukkan kegiatan orang-orang atau binatang-binatang dalam suatu peristiwa disebut ....

a.       gambar ilustrasi

b.      gambar sketsa

c.       gambar cerita

d.      gambar kaper


8.      Gambar Ilustrasi berbentuk dekoratif yang berfungsi sebagai pengisi bidang kosong disebut ….

a.       kartun                             

b.      karikatur 

c.       vignette

d.      komik                    


9.      Di bawah ini merupakan alat dan bahan untuk mengambar ilustrasi dengan teknik kering, kecuali ....

a.      krayon

b.     pulpen

c.      Cat air

d.      pensil


10.    Di bawah ini adalah contoh motif dekoratif dua dimensi, kecuali. . . .

a. batik

b. menenun

c. patung itu

d. lagu


Kunci Jawaban

1.      C

2.      D

3.      A

4.      C

5.      A

6.      A

7.      C

8.      C

9.      C

10.      C

 

Soal STS SBdP Kelas 5 Semester Genap Kurikulum Merdeka

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Blog ads

ADS