Soal STS Sosiologi Kelas 11 Semester 2 / Genap Kurikulum Merdeka

Download Soal Sumatif Tengah Semester (STS) Genap Kelas 11  Sosiologi Kurikulum Merdeka dalam bentuk Ms. Word lengkap dengan Kunci Jawaban. Bapak/ibu guru, telah kami siapkan File untuk persiapan menjelang Penilaian Tengah Semester 2 / Penilaian Sumatif Tengah Semester Genap. Soal ini telah kami susun dengan rapi, sehingga bapak / ibu tinggal merubah kop soal saja.

Sumatif Tengah Semester (STS) adalah salah satu komponen penting dalam sistem pendidikan yang bertujuan untuk menilai capaian belajar siswa setelah mereka menyelesaikan 1,2 atau 3 bab semester pembelajaran. STS biasanya digunakan sebagai alat penilaian yang kuat untuk mengukur sejauh mana siswa telah memahami dan menguasai materi pelajaran yang telah diajarkan selama setengah semester (Tiga Bulan). Kita akan membahas lebih lanjut mengenai pentingnya STS, bagaimana STS disusun, dan dampaknya terhadap siswa dan proses pendidikan secara keseluruhan. Download Soal Sumatif Tengah Semester (STS) atau PAS Kelas 11 untuk Mapel  Sosiologi Semester Genap Kurmer Tahun 2023, 2024, 2025, 2026, 2027.

Salah satu tujuan utama dari STS  Sosiologi Kelas 11 Semester Genap adalah untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. STS biasanya mencakup berbagai jenis tes, tugas, dan proyek yang dirancang untuk menguji pengetahuan dan pemahaman siswa. Dengan demikian, hasil dari STS memberikan gambaran yang jelas tentang sejauh mana siswa telah mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Ini membantu guru untuk menilai efektivitas metode pengajaran mereka dan memberikan umpan balik kepada siswa untuk meningkatkan pemahaman mereka.

STS merupakan salah satu wujud asesmen yang dicoba oleh satuan pendidikan dengan tujuan untuk mengenali ketercapaian Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) pada Capaian Pembelajaran (CP) yang sudah dijalani oleh peserta didik sepanjang satu semester/6 bulan.

STS juga merupakan alat yang penting dalam proses penilaian pendidikan. Hasil STS Kelas 11 digunakan untuk menentukan apakah siswa layak naik ke tingkat berikutnya atau mendapatkan kelulusan. Oleh karena itu, hasil dari STS sangat memengaruhi jenjang pendidikan siswa. Ini juga berpengaruh pada citra sekolah dan guru, karena hasil STS sering digunakan untuk mengukur kinerja mereka.

Proses penyusunan STS melibatkan beberapa tahap yang cermat. Guru harus merencanakan dan merancang instrumen penilaian yang sesuai dengan kurikulum dan tujuan pembelajaran. Instrumen tersebut dapat berupa tes tertulis, proyek, presentasi, atau jenis penilaian lainnya. Selain itu, guru juga harus mempertimbangkan berbagai aspek penting seperti kesetaraan, validitas, dan reliabilitas instrumen penilaian.

Selama pelaksanaan STS  Sosiologi Kelas 11 Semester Genap Kurikulum Merdeka, siswa diuji sesuai dengan instrumen penilaian yang telah disusun. Guru harus memastikan bahwa ujian dilaksanakan secara adil dan berintegritas. Selain itu, mereka juga perlu memberikan bimbingan dan dukungan kepada siswa agar mereka bisa menunjukkan potensi terbaik mereka dalam menghadapi STS.

Hasil STS Genap Kurmer memiliki dampak yang signifikan pada siswa. Hasil positif dalam STS  Sosiologi dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa dan memberikan dorongan motivasi untuk belajar lebih baik. Namun, hasil negatif dalam STS juga bisa menjadi pelajaran berharga yang mengingatkan siswa untuk bekerja lebih keras dan memperbaiki pemahaman mereka. Oleh karena itu, STS bukan hanya alat penilaian, tetapi juga alat pembelajaran yang berharga.

Selain itu, hasil STS  Sosiologi Kelas 11 Semester Genap juga memengaruhi sistem pendidikan secara keseluruhan. Hasil ini digunakan untuk mengukur efektivitas kurikulum dan metode pengajaran yang diterapkan di sekolah. Hasil STS juga dapat mengungkapkan kebutuhan untuk perubahan atau perbaikan dalam sistem pendidikan. Oleh karena itu, STS merupakan alat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.

Dalam kesimpulannya, Sumatif Tengah Semester (STS)  Sosiologi Kelas 11 Semester Genap Kurikulum Merdeka adalah penilaian yang penting dalam sistem pendidikan. STS membantu mengukur capaian belajar siswa, memengaruhi jenjang pendidikan siswa, dan memengaruhi proses pendidikan secara keseluruhan. Dalam proses penyusunannya, perlu memperhatikan kesetaraan, validitas, dan reliabilitas instrumen penilaian. Hasil STS memberikan dampak besar pada siswa dan sistem pendidikan. Oleh karena itu, penting untuk memperlakukan STS  Sosiologi Kelas 11 Semester Genap dengan serius dan menggunakan hasilnya untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan.

Unduh Soal STS  Sosiologi Kelas 11 Semester Genap Kurikulum Merdeka

  • Semester 1 : Cek Disini
  • Semester 2 :  Sosiologi


Contoh Soal PTS Sosiologi Kelas 11 Kurikulum Merdeka dan Jawabannya


Berikut ini adalah contoh soal dari mata pelajaran sosiologi kelas 11 kurikulum merdeka mengutip dari laman resmi kemendikbud. Contoh soal dibawah ini bisa dijadikan sebagai bahan untuk belajar namun bukan sebagai acuan untuk soal yang akan keluar di PTS nanti. Kunci jawaban tersedia di akhir soal.

1. Seseorang yang memiliki status guru, dosen, dokter dan pengacara harus menempuh pendidikan formal terlebih dahulu, baik pendidikan formal statra sarjana atau pendidikan formal yang lebih tinggi. Cara yang dilakukan oleh seseorang tersebut adalah dengan cara:

a. Assimilation status
b. Achived status
c. Ascribe status
d. Aculturation status
e. Assigned status

2. Pelapisan sosial dengan sistem kasta dikatakan bersifat tertutup, karena:

a. Kasta harus diterima sebagai sebuah takdir yang harus dijalani
b. Kasta diperoleh melalui kelahiran
c. Kasta menjadikan seseorang menjalankan peranan dengan baik
d. Kasta merupakan kedudukan manusia sesuai dengan profesinya
e. Tidak memberi kesempatan seseorang berpindah kasta

3. Perhatikan hal berikut,
1) Dinamis
2)Statis
3)Abstrak
4)Konkret
5)Dimensi vertikal dan horizontal.

Dari beberapa pernyataan diatas, manakah yang termasuk kedalam ciri-ciri struktur sosial:

a. 1, 4, dan 5b. 1, 2, dan 4
c. 2, 3, dan 5
d. 1, 3, dan 5
e. 1, 2, dan 3

4. Wujud diferensiasi sosial dalam kebudayaan masyarakat dapat ditandai oleh hal-hal berikut yaitu:

a. Masyarakat tidak menunjukan perbedaan golongan profesi
b. Intoleransi antaranggota masyarakat
c. Terjadinya kerjasama yang erat antar kasta
d. Tidak adanya diskriminasi
e. Penggolongan penduduk tidak menunjukan tingkatan atau hierarki

5. Perbedaan masyarakat berdasarkan ras, suku bangsa, maupun agama tidak dapat digolongkan sebagai pelapisan sosial karena pelapisan sosial:

a. Tidak memiliki perbedaan peranan sosial
b. Menunjukan keanekaragaman bagi suatu kelompok masyarakat tertentu
c. Merupakan ciri masyarakat heterogen
d. Tidak membedakan masyarakat kedalam kelas-kelas sosial
e. Tidak menimbulkan pertentangan peranan sosial

6. Perbedaan stratifikasi sosial dan deferensiasi sosial adalah:

a. Deferensiasi sosial sesuatu yang bersifat abstrak sedangkan stratifikasi sosial suatu yang konkrit
b. Stratifikasi sosial cenderung terdapat diperkotaan sedang deferensiasi pada pedesaan
c. Deferensiasi sosial dan stratifikasi sosial memiliki perbedaan yang signifikan pada ciri-ciri struktur sosial
d. Stratifikasi sosial merupakan pengelompokan yang bersifat hierarki sedangkan deferensiasi sosial tidak
e. Stratifikasi sosial cenderung menimbulkan konflik daripada deferensiasi sosial

7. Stratifikasi memiliki dua proses yang disengaja dan yang terjadi dengan sendirinya. Salah satu stratifikasi yang terjadi dengan sendirinya, kecuali:
a. Kepandaian seseorang
b. Sifat atau karakter yang diturunkan dari orangtua
c. Harta yang dimilikinya
d. Perusahaan yang dibangun oleh tim yang solid
e. Jenis kelamin yang dimiliki oleh seseorang sejak lahir

8. Sistem stratifikasi yang sifatnya tertutup pada saat ini masih berlaku di berbagai daerah salah satunya adalah India, menurut kitab ajaranya masyarakat di India dibagi menjadi empat lapisan di antaranya adalah:

a. Brahmana, Satria, Waisya dan Sudra
b. Brahmana, Satria, Jaba dan Sudra
c. Triwangsa, Brahmana, Waihsya dan Jaba
d. Triwangsa, Jaba, Brahmana dan Satria
e. Triwangsa, Jaba, Sudra dan Paria

9. Bentuk startifikasi yang dilihat dari segi dasar-dasar pelapisan sosial terdiri dari:

a. Kehormatan, kekuasaan, Naik-turun, kekayaan
b. Kekayaan, kekuasaan, kehormatan dan ilmu pengetahuan
c. Terbuka, tertutup, kehormatan dan kekuasaan
d. Natural, Naik-turun, kekayaan dan kekuasaan
e. Terbuka, tertutup, kekayaan dan ilmu pengetahuan

10. Struktur masyarakat Indonesia itu sangat beragam mulai dari struktur masyarakat pada masa penjajahan hingga masyarakat pada zaman modern. Struktur pada masyarakat penjajahan atau masyarakat kolonial terdiri dari:

a. Golongan Belanda atau sekutu, golongan Jepang, dan golongan pribumi
b. Golongan bangsawan, golongan priyayi, dan golongan rakyat kecil
c. Golongan kulit putih, golongan asia timur dan bangsawan, dan golongan rakyat biasa
d. Golongan tuan tanah, golongan petani penggarap, golongan buruh
e. Golongan kulit putih, golongan Jepang, dan golongan rakyat biasa

Kunci jawaban

1. B
2. E
3. D
4. E
5. D
6. D
7. D
8. A
9. B
10. C

Super Lengkap : Soal Sumatif Tengah Semester Genap dan Genap 

 

Soal STS  Sosiologi Kelas 11 Semester Genap Kurikulum Merdeka

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Blog ads

ADS