Dalam latihan soal Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka kelas 8, Bab 5 tentang menciptakan puisi, siswa diajak untuk mengembangkan kreativitas dan pemahaman mereka tentang sastra. Para siswa diberi berbagai pertanyaan dan latihan yang dirancang untuk memperdalam pemahaman mereka tentang unsur-unsur puisi, seperti rima, irama, dan metafora. Selain itu, mereka juga diajak untuk memahami makna dan pesan yang tersirat dalam puisi serta meresponsnya secara kritis.
Selama latihan ini, siswa juga diberi kesempatan untuk menciptakan puisi mereka sendiri. Mereka diminta untuk menggali inspirasi dari pengalaman pribadi, alam sekitar, atau tema-tema universal yang mereka pelajari dalam kelas. Proses menciptakan puisi ini tidak hanya melatih keterampilan menulis, tetapi juga membantu siswa menyampaikan gagasan dan perasaan mereka dengan bahasa yang kreatif dan indah.
Melalui latihan ini, diharapkan siswa dapat meningkatkan pemahaman mereka tentang keindahan sastra serta meningkatkan keterampilan menulis kreatif mereka. Lebih dari sekadar memahami struktur puisi, siswa juga diajak untuk memahami dan mengapresiasi ekspresi diri serta keberagaman bentuk dan gaya puisi. Hal ini dapat membantu mereka tidak hanya menjadi pembaca yang lebih peka terhadap puisi, tetapi juga penulis yang lebih terampil dan kreatif dalam mengungkapkan ide dan perasaan mereka melalui kata-kata.
Latihan Soal Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka Kelas 8 Bab 5 Menciptakan Puisi
1. Larik-larik puisi yang dikumpulkan menjadi satu kesatuan disebut ....
a. Baris
b. Kalimat
c. Bait
d. Paragraf
Jawaban : C
2. Apa yang dimaksud dengan rima ....
a. Rima adalah Kata kiasan yang dapat menghidupkan efek dan menimbulkan konotasi.
b. Rima adalah teks yang menginformasikan tentang pokok pikiran yang dapat memperluas pengetahuan pembaca.
c. Rima adalah Persamaan bunyi pada puisi baik di awal, tengah, maupun akhir.
d. Rima adalah pemilihan kata yang dilakukan oleh penyair dalam puisinya.
Jawaban : C
3. Salah satu puisi karya Chairil Anwar adalah ....
a. Kau
b. Dia
c. Doa
d. hamba
Jawaban : C
....
Dalam termangu aku masih menyebut nama-Mu
....
CayaMu panas suci Tinggal kerlip lilin di kelam sunyi.
4. Puisi di atas berjudul ....
a. Aku ingin
b. Lilin
c. Tuhanku
d. Doa
Jawaban : D
Kalau klasifikasi sorga ditentukan jumlah langit yang melapisinya
Maka negeri kita bagai maskapai rokok, sorga langit ke tujuh klasifikasinya
5. Majas yang terkandung dalam puisi tersebut yaitu ....
a. Majas metafora
b. Majas simile
c. Majas repetisi
d. Majas personifikasi
Jawaban : B
Pagiku hilang sudah melayang
Hari mudaku sudah pergi
Sekarang petang dating membayang
Batang usiaku sudah tinggi
6. Makna kata "petang" pada larik ketiga puisi tersebut adalah ....
a. Waktu sorehari
b. Kehidupan manusia
c. Suasana senja
d. Masa tua
Jawaban : D
Soal untuk nomor 7-9
Burung dara janta yang nakal
Yang sejak dulu kau piara
Kini terbang dan telah menemui jodohnya
la telah meninggalkan kandang yang telah kau buatkan
7. Puisi tersebut termasuk puisi adalah ....
a. Diafan
b. Prismatis
c. Elegi
d. Ode
Jawaban : A
8. Makna kata "kendang" dalam puisi tersebut adalah ....
a. Kampung halaman
b. Rumah
c. Tempat tinggal yang terpisah
d. Negeri asing
Jawaban : B
9. Majas ayang digunakan dalam puisi tersebut adalah ...
a. Hiperbola
b. Simile
c. Metafora
d. Repetisi
Jawaban : C
Soal untuk nomor 10-11
Kerling danau di pagi hari
Lonceng gereja bukit itali
Jika musim tiba nanti
Jemput abang di teluk napoli
10. Rima akhir bait puisi berpola
a. а-а-а-а
b. a-b-a-b
c. a-i-a-i
d. a-b-c-d
Jawaban : A
11. Cuplikan bait puisi di atas bertema tentang ....
a. Keagamaan
b. Kerinduan
c. Kekecewaan
d. Kesedihan
Jawaban : B
12. jika drama,prosa,puisi dan majas merupakan macam-macam sastra, maka majas secara pengertian umum adalah ....
a. Gaya bahasa yang digunakan untuk menyampaikan pesannya yang penuh dengan kiasan
b. Gaya bahasa yang dituangkan melalui imajinasinya
c. Gaya bahasa yang menyampur adukan segala lingkup kehidupan
d. Semua jawaban benar
Jawaban : A
13. Di bawah ini merupakan beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membaca puisi, kecuali ....
a. Vokal, ekspresi, dan rima
b. Mimik, penghayatan, dan intonasi
c. Penghayatan, ekspresi, dan rima
d. Intonasi, ekspresi, dan vokal
Jawaban : D
14. Tujuan membaca sebuah puisi dalam hati secara berulang-ulang adalah ....
a. Menghafal puisi
b. Memahami puisi
c. Berlatih membaca dengan baik
d. Memahami isi dan cara membaca puisi
Jawaban : D
15. Pemilihan kata dalam menulis sebuah puisi disebut dengan istilah ....
a. Tipografi
b. Diksi
c. Imaji
d. Majas
Jawaban : B
Soal Uraian
1. Apa yang dimaksud rima dan irama dalam puisi?
Jawaban :
Rima adalah pengulangan bunti yang berselang, baik dalam puisi maupun pada bagian akhir.
Irama adalah bunyi-bunyi yang berulang, teratur dan variasi bunyi menimbulkan gerak yang hidup, seperti air mengalir.
2. Apa yang dimaksud puisi diafan?
Jawaban :
Puisi diafan berarti puisi yang isinya mudah dipahami. Puisi diafan sering disebut puisi polos.
3. Apa yang dimaksud majas metafora? Berikan contohnya!
Jawaban :
Metafora diartikan sebagai pemakaian kata atau kelompok kata bukan dengan arti sebenarnya, melainkan sebagai lukisan yang berdasarkan persamaan atau perbandingan.
Contoh:
- Tulang punggung : penopang
- Buah hati : anak kesayangan
4. Apa yang disebut simile? berikan contohnya!
Jawaban :
Simile adalah perbandingan yang langsung menyatakan sesuatu sama dengan hal lainnya dengan menggunakan kata-kata pembanding: seperti, sama, sebagai, bagaikan, bak, laksana, dan umpama.
Contoh:
- Matanya seperti Bintang timur
- Bagai air di daun talas
5. Sebutkan Langkah-Langkah mendeklamasikan puisi!
Jawaban :
1. Bacalah puisi secara berulang-ulang.
2. Tandailah kata-kata sulit dan ucapkanlah kata-kata tersebut berulang kali.
3. Tandailah kalimat yang mengandung repetisi atau pengulangan.