Latihan Soal IPAS Kelas 5 Bab 7 Daerahku Kebanggaanku

Latihan Soal IPAS Kelas 5 Bab 7 Kurikulum Merdeka - Dalam mempelajari topik A tentang budaya daerahku, saya menemukan bahwa budaya yang kaya dan beragam merupakan salah satu hal yang membuat daerahku begitu istimewa. Setiap harinya, kita dapat melihat berbagai tradisi dan adat istiadat yang masih dijaga dengan baik oleh masyarakat setempat. Mulai dari upacara adat hingga tarian tradisional, semua itu menjadi bagian tak terpisahkan dari identitas budaya daerahku. Keberagaman ini tidak hanya memperkaya warisan budaya, tetapi juga memperkuat rasa kebersamaan di antara penduduk daerah.

Berbicara tentang kondisi perekonomian di daerahku, saya menyadari bahwa ada potensi besar yang belum sepenuhnya dimanfaatkan. Meskipun masih ada tantangan dalam hal infrastruktur dan akses pasar, namun sumber daya alam yang melimpah serta semangat kewirausahaan masyarakat telah menjadi landasan kuat bagi perkembangan ekonomi daerah. Dengan upaya yang lebih besar dalam meningkatkan investasi dan pembangunan infrastruktur, saya yakin perekonomian daerahku akan semakin berkembang pesat.

Menyelami lebih dalam tentang daerahku, saya semakin kagum dengan keindahan alam dan keunikan potensi wisatanya. Dari pantai yang memikat hingga gunung yang menantang, daerahku sungguh luar biasa dalam hal keindahan alamnya. Selain itu, berbagai destinasi wisata budaya dan kuliner juga menambah daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung. Dengan mempromosikan potensi wisata ini secara lebih luas, saya yakin daerahku akan semakin dikenal dan menjadi tujuan wisata yang populer bagi banyak orang.

Latihan Soal  IPAS Kelas 5 SD/ MI Semester 2 Kurikulum Merdeka Bab 7 Daerahku Kebanggaanku

1. Di bawah ini pernyataan yang tepat tentang warisan kebudayaan tak benda adalah ....
a. kebudayaan hasil dari akulturasi budaya- budaya lainnya
b. kebudayaan berdasarkan peninggalan masa lalu
c. kebudayaan yang mengacu pada warisan budaya tak dapat diindra
d. kebudayaan yang merupakan peninggalan seniman masa lalu


2. Di bawah ini adalah contoh- contoh warisan budaya benda, kecuali ....
a. senjata tradisional
b. rumah adat
c. pakaian adat
d. tarian tradisional


3. Penyebab terbentuknya warisan budaya adalah ....
a. pengaruh iklim 
b. letak geografis suatu daerah
c. akulturasi dari budaya lain 
d. pengaruh budaya modern


4. Berikut ini yag termasuk dalam warisan budaya benda adalah ....
a. tarian adat
b. cerita rakyat
c. senjata tradisional
d. pantun


5. Warisan budaya non benda mengacu sebagai hasil karya bersifat abstrak, artinya ....
a. tidak dapat diindra oleh mata dan tangan namun jelas- jelas ada
b. dapat diindra oleh mata dan tangan
c. tidak dapat diindra oleh mata dan tangan serta hanya merupakan hayalan
d. sifatnya yang fiktif atau tidak benar- benar ada


6. Pencak silat merupakan seni bela diri tradisional asli Indonesia. Agar tidak punah, maka upaya yang dapat dilakukan ....
a. memasukkan pencak silats ebagai pelajaran disekolah
b. mendirikan klub pencak silat 
c. mengenalkan pencak silat ke dunia internasional melalui even budaya 
d. semua jawaban benar 


7. Pelestarian budaya untuk bangunan- bangunan bersejarah dilakukan dengan cara ....
a. mendirikan replika bangunan yang sama persis
b. merestorasi bangunan yang mengalami kerusakan sehingga seperti mulanya
c. mengubah bangunan menjadi tempat wisata
d. mengubah struktur bangunan menjadi lebih kuat


8. Contoh bangunan peninggalan masa lalu yang berhasil mengalami restorasi adalah ....
a. Lawang Sewu di Semarang
b. Monumen Nasional di Jakarta
c. Masjid Istiqlal di jakarta
d. Monumen Garuda Wisnu Kencana di Bali


9. Di bawah ini contoh warisan budaya Indonesia yang sudah diakui oleh UNESCO adalah ....
a. Pencak Silat
b. Wayang Kulit
c. Gamelan
d. semua jawaban benar 


10. Salah satu peran kita sebagai pelajar dalam hal menjaga warisan budaya adalah ....
a. mengunjungi setiap waktu
b. mempelajari warisan budaya yang ada
c. ikut serta menggalang dana untuk restorasi
d. melakukan pemugaran terhadap warisan budaya yang rusak
 

Latihan Soal IPAS Kelas 5 Bab 7 Kurikulum Merdeka

1. Ada berapa jenis warisan budaya itu?

a. Satu jenis
b. Dua jenis
c. Tiga jenis
d. Empat jenis

Jawaban: b. Dua jenis

2. Apa contoh dari warisan budaya benda?

a. Musik dan tarian
b. Gedung, alat musik, dan pakaian adat
c. Miniatur candi
d. Adanya akulturasi dari budaya lain

Jawaban: b. Gedung, alat musik, dan pakaian adat

3. Warisan budaya tak benda contohnya adalah:

a. Pakaian adat
b. Candi Borobudur
c. Musik dan tarian
d. Akulturasi dari budaya lain

Jawaban: c. Musik dan tarian

4. Apa yang menyebabkan terbentuknya warisan budaya?

a. Pemugaran
b. Pemeliharaan
c. Akulturasi dari budaya lain
d. Pelestarian

Jawaban: c. Akulturasi dari budaya lain

5. Apa tujuan dari pelestarian warisan budaya?

a. Agar rusak atau punah
b. Agar tidak terlihat
c. Agar terbentuk
d. Agar dilestarikan

Jawaban: d. Agar dilestarikan

6. Cara apa yang dapat dilakukan untuk melestarikan warisan budaya?

a. Melupakan warisan budaya
b. Pemugaran dan mempelajari warisan budaya
c. Membuang warisan budaya
d. Menggantikan warisan budaya

Jawaban: b. Pemugaran dan mempelajari warisan budaya


7. Contoh dari budaya benda adalah:

a. Musik dan tarian
b. Patung, bangunan bersejarah, dan alat musik tradisional
c. Adat istiadat dan kebiasaan
d. Keterampilan dan bahasa

Jawaban: b. Patung, bangunan bersejarah, dan alat musik tradisional


8. Mengapa penting untuk memasukkan warisan budaya sebagai pelajaran di sekolah?

a. Agar warisan budaya menjadi tidak terlihat
b. Agar warisan budaya hanya dikenal di tingkat nasional
c. Agar generasi muda dapat memahami dan melestarikan warisan budaya
d. Agar warisan budaya hilang dari perhatian masyarakat

Jawaban: c. Agar generasi muda dapat memahami dan melestarikan warisan budaya

9. Apa dampak dari hilangnya warisan budaya?

a. Tidak ada dampak
b. Menurunkan minat masyarakat terhadap warisan budaya
c. Meningkatkan kepopuleran warisan budaya
d. Membuat warisan budaya lebih terlihat

Jawaban: b. Menurunkan minat masyarakat terhadap warisan budaya

10. Apa tujuan utama dari pelestarian warisan budaya?

a. Agar warisan budaya menjadi rusak
b. Agar warisan budaya hilang dari perhatian masyarakat
c. Agar warisan budaya tetap terjaga dan dilestarikan
d. Agar warisan budaya hanya dikenal di tingkat nasional

Jawaban: c. Agar warisan budaya tetap terjaga dan dilestarikan

Upaya apa yang dapat dilakukan untuk melestarikan warisan budaya?
a. Mengabaikan warisan budaya
b. Menghancurkan warisan budaya
c. Pemugaran dan pembongkaran warisan budaya
d. Pemugaran dan pembelajaran warisan budaya

Jawaban: d. Pemugaran dan pembelajaran warisan budaya

11. Apa yang dimaksud dengan pemugaran warisan budaya?

a. Merusak warisan budaya
b. Merawat dan mengembalikan keutuhan warisan budaya yang rusak
c. Menghilangkan warisan budaya dari perhatian masyarakat
d. Menyebabkan warisan budaya hilang

Jawaban: b. Merawat dan mengembalikan keutuhan warisan budaya yang rusak

12. Apa yang dimaksud dengan budaya benda?

a. Warisan budaya yang tidak dapat dilihat
b. Warisan budaya yang dapat dilihat, diraba, dan memiliki wujud fisik
c. Warisan budaya yang hanya bisa diraba
d. Warisan budaya yang hanya dapat dilihat

Jawaban: b. Warisan budaya yang dapat dilihat, diraba, dan memiliki wujud fisik

13. Contoh warisan budaya benda termasuk:

a. Musik dan tarian
b. Keterampilan dan bahasa
c. Bangunan dan alat musik
d. Kebiasaan dan adat istiadat

Jawaban: c. Bangunan dan alat musik

14. Apa yang membedakan budaya benda dengan budaya tak benda?

a. Budaya benda hanya dapat dilihat, sedangkan budaya tak benda hanya bisa diraba
b. Budaya benda memiliki wujud fisik, sedangkan budaya tak benda tidak memiliki wujud fisik
c. Budaya benda hanya terbentuk melalui akulturasi
d. Budaya tak benda lebih populer daripada budaya benda

Jawaban: b. Budaya benda memiliki wujud fisik, sedangkan budaya tak benda tidak memiliki wujud fisik

15. Contoh warisan budaya tak benda adalah:

a. Bangunan dan pakaian
b. Musik dan tarian
c. Senjata tradisional dan alat musik
d. Keterampilan dan pakaian adat

Jawaban: b. Musik dan tarian

16. Apa yang dapat menyebabkan rusaknya warisan budaya?

a. Pemugaran
b. Pembersihan
c. Pemeliharaan
d. Tidak adanya tindakan menjaga

Jawaban: d. Tidak adanya tindakan menjaga

17. Kapan Candi Borobudur pertama kali mengalami pemugaran?

a. Abad ke-8
b. Abad ke-19
c. Tahun 1907
d. Tahun 1991

Jawaban: c. Tahun 1907

18. Siapa yang menemukan candi Borobudur pada abad ke-19?

a. Kerajaan Mataram Kuno
b. UNESCO
c. Sir Thomas Stamford Raffles
d. Anak cucu kita

Jawaban: c. Sir Thomas Stamford Raffles

19. Apa tujuan dari pemugaran Candi Borobudur?

a. Untuk merusak candi
b. Untuk membersihkan candi
c. Untuk mengembalikan keutuhan dan kekuatan candi
d. Untuk membuat candi menjadi lebih buram

Jawaban: c. Untuk mengembalikan keutuhan dan kekuatan candi

20. Mengapa Candi Borobudur diakui sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO?

a. Karena dibangun pada abad ke-8
b. Karena pertama kali ditemukan oleh Sir Thomas Stamford Raffles
c. Karena telah mengalami pemugaran
d. Karena merupakan warisan budaya benda

Jawaban: d. Karena merupakan warisan budaya benda


21. Apa yang menyebabkan kepopuleran pencak silat kalah dari bela diri asal negara lain?

a. Kurangnya klub pencak silat
b. Kesenian Melayu Nusantara
c. Tidak dilibatkannya pencak silat dalam film internasional
d. Kepopuleran bela diri asal negara lain seperti karate dan taekwondo

Jawaban: c. Tidak dilibatkannya pencak silat dalam film internasional


22. Apa yang dilakukan untuk memunculkan kembali kepopuleran pencak silat di masyarakat Indonesia?

a. Mengurangi jumlah klub pencak silat
b. Menghilangkan pencak silat dari kurikulum sekolah
c. Memasukkan pencak silat sebagai pelajaran di sekolah
d. Tidak mengadakan lomba pencak silat

Jawaban: c. Memasukkan pencak silat sebagai pelajaran di sekolah

23. Bagaimana upaya lain yang dilakukan untuk mengembalikan kepopuleran pencak silat?

a. Memasukkan pencak silat sebagai pelajaran di sekolah
b. Mengurangi jumlah klub pencak silat
c. Tidak mengadakan lomba pencak silat
d. Menghilangkan pencak silat dari film internasional

Jawaban: a. Memasukkan pencak silat sebagai pelajaran di sekolah

24. Apa yang dihasilkan dari mengadakan lomba-lomba pencak silat tingkat nasional maupun internasional?

a. Menurunkan minat masyarakat terhadap pencak silat
b. Meningkatkan kepopuleran pencak silat di dunia
c. Membuat pencak silat hanya dikenal di tingkat nasional
d. Menjadikan pencak silat lebih tidak terlihat di masyarakat

Jawaban: b. Meningkatkan kepopuleran pencak silat di dunia

25. Bagaimana pencak silat diperkenalkan ke dunia internasional?

a. Melalui pendirian klub pencak silat
b. Melalui kesenian Melayu Nusantara
c. Melalui film-film internasional
d. Melalui lomba-lomba tingkat nasional

Jawaban: c. Melalui film-film internasional

Demikian Latihan soal IPAS kelas 5 SD MI Kurikulum Merdeka, Pilgan dan kunci jawaban Topik Materi Bab 7 Daerahku Kebanggaanku Topik A: Seperti Apakah Budaya Daerahku? Persiapan Ulangan Harian, PTS, PAS, PAT maupun Sumatif.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Blog ads

ADS