Latihan Soal IPAS Kelas 5 Bab 7 Kurikulum Merdeka - Dalam mempelajari topik A tentang budaya daerahku, saya menemukan bahwa budaya yang kaya dan beragam merupakan salah satu hal yang membuat daerahku begitu istimewa. Setiap harinya, kita dapat melihat berbagai tradisi dan adat istiadat yang masih dijaga dengan baik oleh masyarakat setempat. Mulai dari upacara adat hingga tarian tradisional, semua itu menjadi bagian tak terpisahkan dari identitas budaya daerahku. Keberagaman ini tidak hanya memperkaya warisan budaya, tetapi juga memperkuat rasa kebersamaan di antara penduduk daerah.
Berbicara tentang kondisi perekonomian di daerahku, saya menyadari bahwa ada potensi besar yang belum sepenuhnya dimanfaatkan. Meskipun masih ada tantangan dalam hal infrastruktur dan akses pasar, namun sumber daya alam yang melimpah serta semangat kewirausahaan masyarakat telah menjadi landasan kuat bagi perkembangan ekonomi daerah. Dengan upaya yang lebih besar dalam meningkatkan investasi dan pembangunan infrastruktur, saya yakin perekonomian daerahku akan semakin berkembang pesat.
Menyelami lebih dalam tentang daerahku, saya semakin kagum dengan keindahan alam dan keunikan potensi wisatanya. Dari pantai yang memikat hingga gunung yang menantang, daerahku sungguh luar biasa dalam hal keindahan alamnya. Selain itu, berbagai destinasi wisata budaya dan kuliner juga menambah daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung. Dengan mempromosikan potensi wisata ini secara lebih luas, saya yakin daerahku akan semakin dikenal dan menjadi tujuan wisata yang populer bagi banyak orang.
Latihan Soal IPAS Kelas 5 SD/ MI Semester 2 Kurikulum Merdeka Bab 7 Daerahku Kebanggaanku
Latihan Soal IPAS Kelas 5 Bab 7 Kurikulum Merdeka
1. Ada berapa jenis warisan budaya itu?
a. Satu jenis
b. Dua jenis
c. Tiga jenis
d. Empat jenis
Jawaban: b. Dua jenis
2. Apa contoh dari warisan budaya benda?
a. Musik dan tarian
b. Gedung, alat musik, dan pakaian adat
c. Miniatur candi
d. Adanya akulturasi dari budaya lain
Jawaban: b. Gedung, alat musik, dan pakaian adat
3. Warisan budaya tak benda contohnya adalah:
a. Pakaian adat
b. Candi Borobudur
c. Musik dan tarian
d. Akulturasi dari budaya lain
Jawaban: c. Musik dan tarian
4. Apa yang menyebabkan terbentuknya warisan budaya?
a. Pemugaran
b. Pemeliharaan
c. Akulturasi dari budaya lain
d. Pelestarian
Jawaban: c. Akulturasi dari budaya lain
5. Apa tujuan dari pelestarian warisan budaya?
a. Agar rusak atau punah
b. Agar tidak terlihat
c. Agar terbentuk
d. Agar dilestarikan
Jawaban: d. Agar dilestarikan
6. Cara apa yang dapat dilakukan untuk melestarikan warisan budaya?
a. Melupakan warisan budaya
b. Pemugaran dan mempelajari warisan budaya
c. Membuang warisan budaya
d. Menggantikan warisan budaya
Jawaban: b. Pemugaran dan mempelajari warisan budaya
7. Contoh dari budaya benda adalah:
a. Musik dan tarian
b. Patung, bangunan bersejarah, dan alat musik tradisional
c. Adat istiadat dan kebiasaan
d. Keterampilan dan bahasa
Jawaban: b. Patung, bangunan bersejarah, dan alat musik tradisional
8. Mengapa penting untuk memasukkan warisan budaya sebagai pelajaran di sekolah?
a. Agar warisan budaya menjadi tidak terlihat
b. Agar warisan budaya hanya dikenal di tingkat nasional
c. Agar generasi muda dapat memahami dan melestarikan warisan budaya
d. Agar warisan budaya hilang dari perhatian masyarakat
Jawaban: c. Agar generasi muda dapat memahami dan melestarikan warisan budaya
9. Apa dampak dari hilangnya warisan budaya?
a. Tidak ada dampak
b. Menurunkan minat masyarakat terhadap warisan budaya
c. Meningkatkan kepopuleran warisan budaya
d. Membuat warisan budaya lebih terlihat
Jawaban: b. Menurunkan minat masyarakat terhadap warisan budaya
10. Apa tujuan utama dari pelestarian warisan budaya?
a. Agar warisan budaya menjadi rusak
b. Agar warisan budaya hilang dari perhatian masyarakat
c. Agar warisan budaya tetap terjaga dan dilestarikan
d. Agar warisan budaya hanya dikenal di tingkat nasional
Jawaban: c. Agar warisan budaya tetap terjaga dan dilestarikan
Upaya apa yang dapat dilakukan untuk melestarikan warisan budaya?
a. Mengabaikan warisan budaya
b. Menghancurkan warisan budaya
c. Pemugaran dan pembongkaran warisan budaya
d. Pemugaran dan pembelajaran warisan budaya
Jawaban: d. Pemugaran dan pembelajaran warisan budaya
11. Apa yang dimaksud dengan pemugaran warisan budaya?
a. Merusak warisan budaya
b. Merawat dan mengembalikan keutuhan warisan budaya yang rusak
c. Menghilangkan warisan budaya dari perhatian masyarakat
d. Menyebabkan warisan budaya hilang
Jawaban: b. Merawat dan mengembalikan keutuhan warisan budaya yang rusak
12. Apa yang dimaksud dengan budaya benda?
a. Warisan budaya yang tidak dapat dilihat
b. Warisan budaya yang dapat dilihat, diraba, dan memiliki wujud fisik
c. Warisan budaya yang hanya bisa diraba
d. Warisan budaya yang hanya dapat dilihat
Jawaban: b. Warisan budaya yang dapat dilihat, diraba, dan memiliki wujud fisik
13. Contoh warisan budaya benda termasuk:
a. Musik dan tarian
b. Keterampilan dan bahasa
c. Bangunan dan alat musik
d. Kebiasaan dan adat istiadat
Jawaban: c. Bangunan dan alat musik
14. Apa yang membedakan budaya benda dengan budaya tak benda?
a. Budaya benda hanya dapat dilihat, sedangkan budaya tak benda hanya bisa diraba
b. Budaya benda memiliki wujud fisik, sedangkan budaya tak benda tidak memiliki wujud fisik
c. Budaya benda hanya terbentuk melalui akulturasi
d. Budaya tak benda lebih populer daripada budaya benda
Jawaban: b. Budaya benda memiliki wujud fisik, sedangkan budaya tak benda tidak memiliki wujud fisik
15. Contoh warisan budaya tak benda adalah:
a. Bangunan dan pakaian
b. Musik dan tarian
c. Senjata tradisional dan alat musik
d. Keterampilan dan pakaian adat
Jawaban: b. Musik dan tarian
16. Apa yang dapat menyebabkan rusaknya warisan budaya?
a. Pemugaran
b. Pembersihan
c. Pemeliharaan
d. Tidak adanya tindakan menjaga
Jawaban: d. Tidak adanya tindakan menjaga
17. Kapan Candi Borobudur pertama kali mengalami pemugaran?
a. Abad ke-8
b. Abad ke-19
c. Tahun 1907
d. Tahun 1991
Jawaban: c. Tahun 1907
18. Siapa yang menemukan candi Borobudur pada abad ke-19?
a. Kerajaan Mataram Kuno
b. UNESCO
c. Sir Thomas Stamford Raffles
d. Anak cucu kita
Jawaban: c. Sir Thomas Stamford Raffles
19. Apa tujuan dari pemugaran Candi Borobudur?
a. Untuk merusak candi
b. Untuk membersihkan candi
c. Untuk mengembalikan keutuhan dan kekuatan candi
d. Untuk membuat candi menjadi lebih buram
Jawaban: c. Untuk mengembalikan keutuhan dan kekuatan candi
20. Mengapa Candi Borobudur diakui sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO?
a. Karena dibangun pada abad ke-8
b. Karena pertama kali ditemukan oleh Sir Thomas Stamford Raffles
c. Karena telah mengalami pemugaran
d. Karena merupakan warisan budaya benda
Jawaban: d. Karena merupakan warisan budaya benda
21. Apa yang menyebabkan kepopuleran pencak silat kalah dari bela diri asal negara lain?
a. Kurangnya klub pencak silat
b. Kesenian Melayu Nusantara
c. Tidak dilibatkannya pencak silat dalam film internasional
d. Kepopuleran bela diri asal negara lain seperti karate dan taekwondo
Jawaban: c. Tidak dilibatkannya pencak silat dalam film internasional
22. Apa yang dilakukan untuk memunculkan kembali kepopuleran pencak silat di masyarakat Indonesia?
a. Mengurangi jumlah klub pencak silat
b. Menghilangkan pencak silat dari kurikulum sekolah
c. Memasukkan pencak silat sebagai pelajaran di sekolah
d. Tidak mengadakan lomba pencak silat
Jawaban: c. Memasukkan pencak silat sebagai pelajaran di sekolah
23. Bagaimana upaya lain yang dilakukan untuk mengembalikan kepopuleran pencak silat?
a. Memasukkan pencak silat sebagai pelajaran di sekolah
b. Mengurangi jumlah klub pencak silat
c. Tidak mengadakan lomba pencak silat
d. Menghilangkan pencak silat dari film internasional
Jawaban: a. Memasukkan pencak silat sebagai pelajaran di sekolah
24. Apa yang dihasilkan dari mengadakan lomba-lomba pencak silat tingkat nasional maupun internasional?
a. Menurunkan minat masyarakat terhadap pencak silat
b. Meningkatkan kepopuleran pencak silat di dunia
c. Membuat pencak silat hanya dikenal di tingkat nasional
d. Menjadikan pencak silat lebih tidak terlihat di masyarakat
Jawaban: b. Meningkatkan kepopuleran pencak silat di dunia
25. Bagaimana pencak silat diperkenalkan ke dunia internasional?
a. Melalui pendirian klub pencak silat
b. Melalui kesenian Melayu Nusantara
c. Melalui film-film internasional
d. Melalui lomba-lomba tingkat nasional
Jawaban: c. Melalui film-film internasional
Demikian Latihan soal IPAS kelas 5 SD MI Kurikulum Merdeka, Pilgan dan kunci jawaban Topik Materi Bab 7 Daerahku Kebanggaanku Topik A: Seperti Apakah Budaya Daerahku? Persiapan Ulangan Harian, PTS, PAS, PAT maupun Sumatif.