Para siswa kelas 5 diperkenalkan dengan latihan soal Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) untuk bagian 6 semester 2 sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Mereka diberikan pemahaman yang mendalam tentang pentingnya menjaga kebugaran jasmani, aktivitas fisik, dan kesehatan bagi perkembangan tubuh dan kesejahteraan mereka. Dalam latihan soal ini, mereka diberikan kesempatan untuk memahami manfaat dari rutinitas latihan fisik yang teratur dan pentingnya memperhatikan kesehatan tubuh melalui pola hidup sehat.
Selanjutnya, para siswa diajak untuk mengenal gerak berirama dan olahraga senam sebagai bagian dari latihan soal PJOK. Mereka belajar tentang betapa pentingnya gerak berirama dalam membantu meningkatkan koordinasi tubuh, fleksibilitas, dan kebugaran jasmani secara keseluruhan. Selain itu, melalui olahraga senam, mereka diberikan pemahaman tentang bagaimana senam dapat membantu menjaga kekuatan otot, meningkatkan postur tubuh, serta meningkatkan keseimbangan dan koordinasi.
Selama latihan, siswa juga diperkenalkan dengan pembelajaran melalui permainan sebagai metode untuk memperkuat keterampilan olahraga dan meningkatkan motivasi belajar. Mereka diberikan kesempatan untuk belajar dengan cara yang menyenangkan dan interaktif melalui berbagai permainan yang dirancang untuk mengintegrasikan keterampilan yang dipelajari di seluruh kurikulum. Pendekatan tema keterampilan ini memungkinkan siswa untuk mengalami pembelajaran yang holistik dan menyenangkan, sambil meningkatkan kemampuan mereka dalam olahraga dan kebugaran jasmani secara keseluruhan.
Latihan Soal PJOK Kelas 5 Bagian 6 Semester 2 Kurikulum Merdeka
1. Kebugaran Jasmani, Aktivitas Fisik, dan Kesehatan:
1. Apa yang dimaksud dengan kebugaran jasmani?
a. Kemampuan tubuh untuk beraktivitas sehari-hari
b. Kekuatan otot
c. Kemampuan tubuh untuk melakukan aktivitas fisik tanpa kelelahan
d. Kemampuan tubuh untuk beradaptasi dengan lingkungan
2. Aktivitas fisik memiliki dampak positif terhadap kesehatan, kecuali:
a. Mengurangi risiko penyakit jantung
b. Menurunkan tekanan darah
c. Meningkatkan risiko obesitas
d. Meningkatkan kesehatan mental
3. Manfaat kebugaran jasmani yang dapat diperoleh dari aktivitas fisik adalah:
a. Meningkatkan risiko penyakit kronis
b. Mengurangi kekuatan otot
c. Meningkatkan kesehatan mental
d. Mengurangi fleksibilitas tubuh
2. Gerak Berirama:
4. Apa yang dimaksud dengan gerak berirama?
a. Gerakan yang dilakukan secara acak
b. Gerakan yang dilakukan dengan ritme dan pola tertentu
c. Gerakan yang dilakukan tanpa perencanaan
d. Gerakan yang dilakukan dengan kecepatan tinggi
5. Manfaat utama dari gerak berirama adalah:
a. Meningkatkan koordinasi motorik
b. Menurunkan fleksibilitas tubuh
c. Mengurangi kesehatan mental
d. Menurunkan energi
6. Apa yang menjadi fokus utama dalam gerak berirama?
a. Keselarasan gerakan
b. Kecepatan gerakan
c. Kekuatan fisik
d. Fleksibilitas tubuh
3. Olahraga Senam:
7. Apa yang dimaksud dengan senam?
a. Latihan fisik yang dilakukan dengan musik
b. Gerakan tubuh yang dilakukan secara teratur
c. Olahraga yang dilakukan dengan permainan
d. Latihan fisik yang dilakukan secara individu
8. Manfaat dari olahraga senam termasuk:
a. Menurunkan fleksibilitas tubuh
b. Meningkatkan koordinasi motorik
c. Meningkatkan risiko penyakit jantung
d. Menurunkan kebugaran jasmani
9. Apa yang menjadi unsur penting dalam senam?
a. Kecepatan gerakan
b. Keselarasan gerakan
c. Kompetisi
d. Kekuatan fisik
4. Pembelajaran dengan Permainan:
10. Apa yang dimaksud dengan pembelajaran dengan permainan?
a. Pembelajaran yang menggunakan permainan sebagai sarana
b. Pembelajaran yang tidak melibatkan permainan
c. Pembelajaran yang bersifat serius dan formal
d. Pembelajaran yang tidak menarik
11. Manfaat pembelajaran dengan permainan termasuk:
a. Menurunkan kreativitas
b. Meningkatkan kemampuan berpikir kritis
c. Meningkatkan kebosanan
d. Mengurangi interaksi sosial
12. Apa yang dapat dipelajari melalui permainan?
a. Hanya keterampilan fisik
b. Hanya keterampilan akademik
c. Keterampilan sosial, keterampilan fisik, dan keterampilan akademik
d. Hanya keterampilan sosial
5. Mengintegrasikan Pendekatan Tema Keterampilan di Seluruh Kurikulum:
13. Apa yang dimaksud dengan pendekatan tema keterampilan?
a. Pendekatan pembelajaran yang berfokus pada pengembangan keterampilan tertentu
b. Pendekatan pembelajaran yang tidak melibatkan keterampilan
c. Pendekatan pembelajaran yang hanya berfokus pada pengetahuan
d. Pendekatan pembelajaran yang tidak terstruktur
14. Manfaat dari mengintegrasikan pendekatan tema keterampilan di seluruh kurikulum adalah:
a. Memisahkan antara pengetahuan dan keterampilan
b. Mengurangi relevansi pembelajaran dengan kehidupan nyata
c. Meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif
d. Meningkatkan kesulitan dalam pembelajaran
15. Apa yang dimaksud dengan integrasi keterampilan di seluruh kurikulum?
a. Memisahkan keterampilan dari kurikulum
b. Menggunakan keterampilan hanya dalam satu mata pelajaran
c. Memasukkan keterampilan ke dalam semua mata pelajaran
d. Mengurangi keterampilan dalam kurikulum
Kunci Jawaban:
1. c
2. c
3. c
4. b
5. a
6. a
7. b
8. b
9. b
10. a
11. b
12. c
13. a
14. c
15. c